Wajib Tahu! 6 Ciri Ikan Cupang yang Sehat Sebelum Membelinya

Apa saja ciri-ciri ikan cupang yang sehat? Untuk lebih lengkap dan jelasnya, cermati ulasan di bawah ini mengenai ciri-ciri ikan cupang sehat!

Ciri-ciri ikan cupang sehat menjadi salah satu hal penting yang harus Anda ketahui sebelum membelinya untuk dipelihara. Ciri-ciri ikan cupang sehat ini bisa kita kenali melalui fisiknya.

Seperti yang kita ketahui, ikan cupang telah menjadi hewan peliharaan primadona di kalangan penggemar ikan hias, maka tidak heran jika banyak penjual ikan cupang di toko-toko ikan maupun online.

Laman kompas.com menyebutkan bahwa dengan memelihara ikan cupang menjadi salah satu kegiatan yang dianggap dapat mencegah rasa bosan dan menghilangkan stres para ilmuwan. Namun, seperti apa ciri-ciri ikan cupang sehat? Cermati berikut ini :

Wajib Tahu! 6 Ciri Ikan Cupang yang Sehat Sebelum Membelinya
Gambar Via : kompas



Ciri-Ciri Ikan Cupang Sehat yang Harus Anda Ketahui


Dengan keindahan warna dan siripnya menjadi daya tarik tersendiri dan menghadirkan keceriaan bagi siapa saja yang memeliharanya, seiring dengan tingkah ikan cupang yang sangat agresif.

Bagi Anda yang baru berencana membeli ikan cupang untuk dipelihara di rumah perlu memastikan bahwa ikan cupang yang Anda pilih benar-benar sehat. Dilansir dari situs kompas.com dan beberapa sumber lainnya, inilah ciri-ciri ikan cupang yang sehat :

Wajib Tahu! Inilah Tanda Ikan Cupang Sehat Sebelum Anda Membelinya



1. Ikan Cupang Bergerak Aktif


Jika Anda melihat ikan cupang aktif bergerak dan merespon dengan baik saat Anda melihat atau mendekatinya, itu tandanya ikan cupang dalam keadaan sehat dan berkualitas baik.

2. Ikan Cupang Memiliki Warna yang Cerah


Ciri ikan cupang yang sehat selanjutnya yaitu berwarna cerah, kecuali pada ikan cupang yang warnanya putih. Warna pucat pada cupang ini menunjukkan bahwa mereka tidak terlalu sehat.

Baca Juga :


Selain itu, warna pucat pada ikan cupang Anda juga menandakan bahwa ia tidak diberi makan dengan benar. Karena makanan juga bisa mempengaruhi tingkat kecerahan warna pada ikan cupang.

4. Mata Jernih


Ciri-ciri lain dari ikan cupang yang sehat adalah memiliki mata yang jernih dan tidak keruh ataupun melotot.

Apabila warna matanya keruh dan menonjol, itu tandanya ada penyakit mata dan infeksi bakteri. Oleh karena itu, pastikan ikan cupang yang Anda beli memiliki mata yang indah dan jernih.

4. Tidak Ada Luka


Sudah barang pasti, untuk mengetahui ikan cupang yang sehat yaitu dengan memastikan cupang yang akan kamu beli tidak terluka.

Jika Anda melihat sirip ikan rusak atau robek, itu tandanya adalah tanda busuk sirip (fin rot). Jika bukan disebabkan hal tersebut, kemungkinan lain yaitu karena mereka menggigit ekornya sendiri.

Baca Juga :


Luka ikan cupang dapat terinfeksi dengan cepat, terutama jika ikan Anda stres. Dan jika Anda membeli ikan cupang yang stres dan membawanya pulang, hal ini bisa meningkatkan tingkat stres pada ikan cupang.

Selain itu, jika Anda ingin membeli ikan cupang, Anda perlu memperhatikan seluruh tubuhnya. Ikan cupang yang sehat tidak memiliki bercak jamur atau beludru di tubuhnya.

5. Mereka Tidak Bersembunyi


Jika ikan cupang bersembunyi, biasanya itu merupakan tanda bahwa ikan cupang Anda sakit atau lemah. Ciri-ciri ikan cupang yang sehat tidak bersembunyi dari ikan lain.

Ikan yang sakit ini akan bersembunyi untuk berusaha menjauhi dari ikan lain karena merasa terancam.  Jadi apabila menjumpai ikan cupang yang seperti ini, seharusnya jangan Anda pilih.

6. Ikan Cupang akan Merespon saat Jari Anda Diletakkan di sisi Akuarium


Ini adalah pertanda baik jika ikan cupang akan merespon saat Anda meletakkan jari di dekat akuarium. Walaupun tidak semua ikan cupang melakukan ini.

Ketika mereka mengerti dan berusaha menabrakkan dirinya ke tangan yang menempel di akuarium, biasanya itu pertanda bahwa mereka itu sehat.

Itulah Ciri-Ciri Ikan Cupang Sehat yang Wajib Anda Ketahui Saat Membeli Ikan Cupang


Demikian ulasan mengenai ciri-ciri ikan cupang sehat beserta penjelasannya. Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan Anda saat ingin membeli ikan cupang. Jangan lupa untuk mengecek ciri-ciri di atas saat membeli ikan cupang ya!

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Wajib Tahu! 6 Ciri Ikan Cupang yang Sehat Sebelum Membelinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel