5 Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Aduan Agar Kuat & Ganas

Cara merawat cupang aduan menjadi hal yang penting untuk Anda ketahui, khususnya bagi pecinta aduan cupang agar paham akan perawatan cupang aduan. Cara merawat cupang aduan mungkin sedikit berbeda dengan cupang hias atau jenis cupang lainnya.

Seperti yang kita ketahui, cupang menjadi salah satu hewan peliharaan yang populer di Indonesia. Bukan hanya cupang hias, namun cupang khusus untuk aduan pun sangat diminati bagi sebagian orang. Tak jarang terdapat kontes aduan cupang dengan hadiah yang menggiurkan.

Hanya ikan cupang terbaik dan terkuat yang akan menjadi juara. Sisanya harus kembali ke akuarium yang dipenuhi bekas luka. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara merawat ikan cupang aduan agar bisa memenangkan pertandingan. 

Seperti apa cara merawat  cupang aduan? Seperti yang terlansir dalam portaljember dan media lainnya, berkut cara merawat cupang aduan agar berani dan menang :

5 Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Aduan Agar Kuat & Ganas
Gambar Via : portaljember


Ternyata Begini! Cara Merawat Cupang Aduan Agar Kuat dan Ganas

Seperti yang kita ketahui, bukan hanya genetik yang mempengaruhi cupang aduan. Namun juga latihan atau cara merawat cupang aduan sangat memengaruhi performa cupang dalam menghadapi lawan.

Nah, sebelum berlanjut mengenai cara merawat ikan cupang aduan. Patut Anda perhatikan apa saja persiapan sebelum latihan. Diantaranya yaitu :

  • Pastikan bahwa ikan cupang Anda adalah ikan cupang aduan, bukan ikan cupang hias. Untuk membedakannya Anda bisa baca artikel berikut: Perbedaan Ikan Cupang Hias dan Aduan yang Mudah Dikenali
  • Perhatikan kesehatan ikan, karena hal ini sangat penting. Ciri ikan cupang aduan yang sehat yaitu memiliki warna yang cerah dan sirip yang sempurna.
  • Jika terdapat banyak buih di permukaan kolam, ini juga pertanda bahwa ikan tersebut sehat dan pastinya memiliki daya juang yang baik.
  • Memberi cupang makanan yang berkualitas. Misalnya dengan memberi jentik nyamuk 7-8 kali sehari atau di waktu lain tiap hari. Untuk makanan lainnya bisa dilihat di ulasan berikut :
  • Mereka juga berbeda dengan makanan lain, seperti cacing merah, tapi tidak banyak.  Jangan biarkan keringat Anda mengental dan menutup.
  • Sebelum Anda memulai pelatihan, pastikan cupang Anda mengenal pemiliknya. Ciri sudah mengenal pemiliknya yaitu saat pemiliknya datang, cupang akan berenang mendekatinya. Untuk mengenal pemiliknya, biasanya cupang memerlukan waktu sekitar satu minggu.

Setelah menyelesaikan semua persiapan, sekarang saatnya untuk mulai menerapkan cara merawat ikan cupang aduan dengan metode pelatihan berikut.

Cara Melatih Ikan Cupang agar Kuat dan Ganas


1. Latih Cupang Aduan Menggunakan Jari

Caranya dengan mengetuk kaca akuarium. Saat ikan memperhatikan, gerakkan jari Anda ke atas/bawah, kanan/kiri. Tingkatkan kecepatan seiring cupang mulai mengejarnya. Latihan ini bertujuan untuk melatih insting cupang aduan saat melihat lawannya bergerak.

Baca Juga : Jenis Ikan Cupang Plakat atau Aduan Terganas dan Gambarnya

Anda bisa menerapkan latihan ini selama lima hingga sepuluh menit setiap hari. Agar cupang tidak bosan, sesekali beri hadiah pada ikan dengan makanan ketika sudah melakukan latihan dengan benar.

2. Latihan Ikan Cupang Aduan dengan Melawan Arus

Tentu, latihan ini bertujuan untuk melstih kekuatan otot fsn ketahanan tubuh cupang aduan. Langkah pertama, Anda bisa menyiapkam mangkuk atau baskom, kemudian isi dengan air.

Jika sudah terisi, masukkan cupang dalam wadah tersebut dan biarkan sejenak untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Sebelum melakukan praktiknya, Anda harus mencuci kedua tangan dengan ar hangat (tidak menggunakan sabun).

Jika cupang sudah beradaptasi dengan ciri-ciri sudah tampak tenang, putar air secara perlahan sehingga cupang mencoba untuk melawan arus tersebut.

Anda bisa menerapkan latihan ini selama lima menit sehari. Hentikan latihan jika ikan cupang sudah tampak lemah dan tidak dapat melawan arus lagi.

3. Latihan Membuka Sirip Cupang Aduan

Sirip samping ataupun ekor menjadi salah satu senjata untuk menakut-nakuti lawan. Semakin lebar sirip berkembang, lawan pun akan semakin takut.

Latih ikan agar terbiasa membuka siripnya di depan lawan menggunakan cermin dan pensil. Untuk cara pertama menggunakan cermin yang diletakkan di sisi akuarium, lalu letakkan pensil di sebelah cermin saat ikan mulai mengembangkan siripnya di depan cermin.

Baca Juga : 20+ Jenis Ikan Cupang Cantik beserta Ciri-Ciri dan Gambarnya

Memang terkadang ikan cupang akan menolak untuk bercermin, namun Anda harus tetap mencobanya. Semakin lama bertahan, semakin mudah cupang untuk membuka siripnya. Jika sudah dimikian, cermin sudah tidak dibutuhkan lagi dan bisa dipraktekkan dengan pensil.

4. Latihan Pernapasan Ikan Cupang Aduan

Anda dapat menggunakan dua jenis metode pelatihan untuk melatih pernapasan ikan cupang. Pertama, biarkan ikan cupang tanpa air terlebih dahulu.

Caranya, siapkan piring cekung, lalu isi dengan air. Pindahkan cegukan ke piring tersebut, biarkan ikan cupang sekitar satu menit kemudian kembalikan ke akuarium.

Cara yang kedua yaitu sebaliknya, siapkan wadah yang cukup tinggi lalu isi seluruhnya dengan air.  Semakin tinggi wadahnya, makan akan semakin baik.

Setelelah terisi penuh, masukkan ikan cupang ke dalam wadah tersebut. Biarkan ikan cupang berenang sampai dasar wadah, kembalikan pancing kembali agar berenang ke permukaan menggunakan umpan berupa makanan.

Apabila ikan berenang semakin dalam dan kemudian bisa kembali ke permukaan, maka akan semakin baik pula pernapasan dan daya tahan tubuhnya.

Untuk menerapkannya, Anda bisa melatihnya beberapa kali sehari. Namun hentikan jika cupang sudah tampak lelah dan tidak sanggup melakukannya.

5. Latihan Mengejar

Caranya dengan menyiapkan akuarium yang besar dengan air yang cukup penuh (sebaiknya 25 liter). Kemudian isi dengan tiga sampai lima ikan cupang betina yang berukuran kecil.

Letakkan juga di dalamnya beberapa gulma untuk menjadi tempat persembunyian cupang betina. Saat pertama bertemu, cupang jantan mungkin tidak terlalu aktif dalam mengejar cupang betina. Namun, saat hari kedua, cupang jantan akan aktif mengejar cupang betina.

Baca Juga : 8+ Jenis Makanan Ikan Cupang agar Warnanya Cerah dan Bagus

Jika sudah mulai aktif, biarkan cupang jantan mengejar betina selama setengah jam dalam sehari. Lakukan latihan ini selama tujuh hari. Lambat laun, rasa percaya diri ikan cupang meningkat dan ia terbiasa melatih tubuhnya.

Apabila cupang jantan sangat agresif dalam mengejar cupang betina, itu pertanda bahwa ia siap untuk bertarung.

Itulah Cara Merawat Ikan Cupang Aduan agar Kuat dan Ganas

Demikian cara merawat ikan cupang aduan agar menjadi berani dan ganas, sehingga sering menang dalam pertandingan atau kontes aduan. Dapat disimpulkan bahwa, semakin sering Anda melatih ikan cupang, maka performa keberanian saat diadu akan semakin meningkat.

Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mudah Merawat Ikan Cupang Aduan Agar Kuat & Ganas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel