10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi

Apa saja rekomendasi wisata yang ada di Jepara? Berikut ulasan mengenai macam-macam wisata yang ada di Jepara yang patut sobat kunjungi!

Sejak zaman dahulu, Jepara sudah menjadi salah satu daerah tersohor di pulau Jawa. Daerah yang dikenal karena seni ukirnya ini juga memiliki tokoh yang berpengaruh seperti Ratu Kalinyamat dan R.A Kartini.

Selain itu, tentunya Jepara juga memiliki panorama yang sangat indah, sehingga tidak heran jika banyak pelancong merekomendasikan wilayah ini sebagai salah satu destinasi wisata wajib untuk dikunjungi.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jepara yang Lagi Hits dan Terbaru 

Tempat wisata di Jepara terbilang cukup lengkap, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata keluarga hingga wisata religi. Nah, penasaran kan apa saja wisata jepara yang wajib sobat kunjungi? Simak ulasan rekomendasi wisata Jepara di bawah ini!

Macam-Macam Destinasi Wisata di Jepara yang Wajib Sobat Kunjungi

1. Karimun Jawa

10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi
foto : liputan6

Bisa dikatakan keindahan tempat wisata Karimunjawa seolah seperti surga yang tersembunyi. Hal ini dikarenakan bentuknya yang berupa kepulauan, tentu saja Karimun jawa memberikan keindahan pemandangan laut dan pulau yang mempesona, baik saat matahari terbit ataupun saat matahari terbenam.

Tidak hanya hasil laut dan bumi, siapa sih yang tidak tahu bahwa Karimun Jawa menjadi pulau yang banyak dikunjungi sebagai daerah wisata. Nah, kegiatan wisata apa aja sih yang bisa sobat lakukan di Pulau Karimunjawa?

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi

Pertama, sudah tentu wisata yang menggunakan laut sebagai tempatnya, seperti snorkelling, scuba diving, berenang, memancing, berwisata ke tempat penangkaran hiu, berkunjung ke pulau lain, menikmati matahari tenggelam dan juga terbit, mengunjungi hutan mangrove yang ada di sekitar pulau Karimunjawa, dan tentu mengabadikan momen dengan berfoto.

Walaupun wisata berpusat pada laut, namun tentu saja masih ada pembeda yang membuat wisatawan terpikat akan keindahan pulau Karimunjawa. Saat berkunjung, sobat disuguhkan dengan pemandangan yang tidak biasa mengenai laut dan pulau layaknya sedang berwisata ke luar negeri atau ke pulau-pulau terkenal di dunia.

Fasilitas di pulau Karimunjawa tergolong sangat lengkap, mulai dari hotel murah di Karimunjawa, villa murah, homestay murah, dan penginapan murah banyak tersebar di Pulau ini. Harganya pun beragam, mulai dari tarik ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

2. Air Terjun Gembong

10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi
foto : javatravel

Objek wisata air terjun Gembong terletak di dukuh Papasan Bangsri, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia. Untuk sampai ke air terjun Gembong ini harus memalui akses yang mengasyikan dan menantang, selain tracking sobat wisata juga dapat melakukan olahraga Bottle file area ini karena medannya sangat mendukung dan menantang.

Air terjun Gembong sendiri merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter dengan aliran air yang sangat deras. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing tinggi di kiri dan kananya, di bawahnya terdapat kolam yang dalam khas air terjun.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)

Disarankan untuk tidak berenang di tempat ini karena dapat membahayakan keselamatan, jadi untuk sobat yang ingin mampir ke air terjun ini bisa banget untuk sekadar refreshing bersama keluarga. 

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

3. Air Terjun Songgo Langit

10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi
foto : pinhome

Air terjun ini bukan hanya memiliki pesona keindahan, namun juga terkenal dengan air terjun yang memiliki cerita legenda dan mistis yang menjadi bagian yang tak terpisahkan darinya. Air yang mengalir menuju air terjun songgolangit bukan berasal dari sumber mata air langsung, tetapi dari sungai yang ada di atasnya.

Di atas air terjun tersebut terhampar area persawahan yang begitu luas dan ditengah-tengahnya terdapat sungai yang aliran airnya menuju air terjun songgolangit. Dengan demikian, arus air terjun songgolangit sangat dipengaruhi musim. Jika musim hujan tiba akan sangat deras, begitupun sebaliknya jika musim kemarau tiba kondisi airnya tidak begitu besar.

Untuk tinggi air terjun songgolangit sekitar 80 m dan lebar 2 m, sehingga menempatkan air terjun songgolangit ini menjadi air terjun terbesar yang ada di lereng gunung Muria. Air terjun ini cocok banget nih buat tempat refreshing dan hunting foto bagi para sobat wisata.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

4. Pulau Panjang

10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi
foto : pegi-pegi

Berbicara mengenai sumber daya alam Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. kali ini datang dari pantai pulau panjang. Pantai pasir putih ini tidak hanya memanjakan wisatawan dengan suasana menenangkan, namun juga berhasil menyita perhatian wisatawan karena kejernihan air yang dimilikinya.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru

Daya tarik pertama yang ditawarkan oleh pantai pulau panjang adalah persewaan berkemah yang bisa digunakan oleh setiap wisatawan. Berhubung lokasi masih sangat asri dan sedikit orang yang mengetahuinya, sobat wisata bisa merasakan bermalam di alam bebas yang masih sangat terjaga. Tidak hanya itu, suasana bertambah menyenangkan dengan api unggun yang ditemani dengan duburan ombak laut.

Selain itu, dengan keindahan alam bawah lautnya, tak heran jika pulau Panjang dijadikan spot snorkeling untuk para pecinta alam.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

5. Pantai Bandengan

10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi
foto : dolanyuk

Pantai Bandengan merupakan pantai di kota Jepara yang memiliki pasir berwarna putih. Pantai Bandengan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata pantai. Banyak kegiatan pantai pada umumnya yang bisa dilakukan di pantai ini, misalnya seperti berenang, bermain perahu, voli pantai, dan hal menarik lainnya yang bisa dilakukan saat piknik atau liburan di Pantai Bandengan ini.

Dengan memiliki pemandangan berupa hamparan pohon yang sejuk dan rimbun, hal ini menyebabkan suasana yang nyaman dan sejuk saat siang hari tiba. Sehingga hal ini akan membuat sobat bisa betah berada di pantai ini. Keistimewaan lain yang dimiliki oleh pantai ini adalah adanya festival kebudayaan yang seru.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

6. Pantai Kartini

10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi
foto : tripzilla

Pantai Kartini menjadi salah satu kebanggaan pariwisata masyarakat Jepara. Tidak hanya sebagai wisata alam, pantai ini juga dilengkapi berbagai wahana seru untuk edukasi dan rekreasi anak serta tempat piknik yang ramah bagi keluarg.

Sedikit berbeda dengan pantai pada umumnya, pantai Kartini menyuguhkan beragam wahana pelengkap objek wisata, misalnya sebuah gedung berbentuk kura-kura raksasa yang menjadi ikon dari pantai Kartini ini.

Baca Juga : Tempat Wisata Religi Berbagai Agama Di Semarang

Didalamnya terdapat dua lantai, untuk lantai pertama menawarkan akuarium yang super besar, vee spa, dan kolam sentuh kura-kura. Spot  ini sangat nyaman untuk orang tua yang ingin santai sekaligus menunggu anak-anak yang bermain. 

Di lantai kedua terdapat tempat edukasi bagi anak-anak. Terdapat banyak hal menarik yang dipertontonkan, misalnya kipas angin tanpa baling-baling, simulator pesawat terbang, dan juga alat peraga sensor.

Untuk tempat yang paling menarik dan selalu ramai dikunjungi pengunjung yaitu adalah eigrp. Menarik untuk dikunjungi bukan?

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

7. Pantai Guamanik

10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi
foto : pegi-pegi

Pantai Guamanik terletak di desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Pada sekarang ini memang baru dibuka untuk wisatawan dan dikelola oleh rumah sakit daerah wilayah setempat.

Pantai ini belum terlalu ramai, jadi kita bisa sepuasnya menikmati keindahan pantai tanpa harus bingung mencari tempat yang nyaman. Pantai guamanik bisa dibilang sebagai tempat wisata sekaligus upaya pemberdayaan masyarakat kusta dari Rumah Sakit Dokter Reihatta.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Alam Gunung Di Jawa Tengah Yang Menakjubkan

Lokasi ini memang merupakan lokasi rehabilitasi mantan penderita kusta, tapi tenang aja karena warganya sudah sembuh total dan tidak akan menularkan bakteri kusta. Nah, dengan meramaikan wisata pantai ini kita telah ikut membantu warga desa untuk memperbaiki taraf hidupnya mereka.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

8. Hutan Wisata Sreni

10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi
foto : sumber78

Menikmati liburan di wanawisata yang indah adalah salah satu alternatif pilihan berlibur hebat di Kota Jepara. Menikmati sejuknya udara dan pemandangan alam yang sangat indah di kawasan hutan lindung pohon pinus di lereng gunung Muria ini, memang menjadi salah satu tujuan wisata pilihan di Jepara.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Purbalingga Yang Kece Dan Wajib Anda Kunjungi

Wanawisata Sreni Indah berada di Bata Gede, Nalumsari, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Selain sebagai tempat wisata, tempat ini sering digunakan untuk event Jambore tingkat nasional.

Namun, kalau ada yang hanya ingin sekedar berwisata, sobat bisa juga menikmati lokasi bersantai di warung-warung kopi yang ada di sini. Di sini telah tersedia beberapa spot foto yang instagramable banget dengan latar belakang pemandangan yang sangat indah.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

9. Museum R.A. Kartini

10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi
foto : okezone

Jepara, selain dikenal dengan wisata pantainya ternyata juga terdapat sebuah museum yang sangat bersejarah yakni Museum R.A. Kartini. Museum ini berdiri di atas tanah seluas 5210 m dan di dalamnya menyimpan benda-benda peninggalan R.A. Kartini maupun RMP Sosrokartono.

Museum ini terbagi dalam beberapa ruangan besar yakni ruang yang berisi koleksi peninggalan R.A. Kartini berupa benda peninggalan dan foto semasa hidupnya. Seperti meja, kursi, foto-foto Kartini, Radio koleksi, piring Kartini, gerobak Kartini dan lain-lain.

Baca Juga : Serba Serbi Wisata Religi Purbalinga

Selain itu, juga terdapat ruang yang berisi koleksi benda-benda yang bernilai sejarah antara lain terdapat tulang ikan raksasa Jo Duo dengan panjang kurang lebih 16 m berat kurang lebih 6 ton lebar empat meter tinggi 2 m dan kurang lebih berumur 220 tahun. Tulang ikan ini ditemukan di perairan Karimunjawa pada pertengahan bulan April 1989.

Museum RA Kartini terletak di Jalan alun-alun No 1, Jepara, Jawa Tengah. Lokasi museum sangat strategis karena di sebelah timur museum ini terdapat kantor pusat pemerintahan Kabupaten Jepara. Sementara sebelah selatan ada alun-alun kota yang terkenal dengan ukiran nya ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

10. Jepara Ocean Park

10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi
foto : sikidang

Wisata Jepara bertambah dengan diresmikannya Jepara Ocean Park yang merupakan objek wisata bahari terbesar di Jawa Tengah. Dari kejauhan, sobat udah bisa melihat megahnya Jepara Ocean Park ini. 

Keindahan yang sobat lihat sama seperti kemegahan foto Jepara Ocean Park yang bisa sobat jumpai di berbagai laman web atau media sosial lainnya. Sobat tidak akan kesulitan dalam mencarinya karena objek yang satu ini cukup populer di kalangan netizen.

Memang benar, jika dilihat-lihat lokasi Jepara Ocean Park ini memang bisa dibilang sangat strategis. Posisinya yang tidak jauh dari kota membuat para sobat wisata mudah untuk menemukannya. Selain itu, tempatnya yang berada di tepi pantai juga menjadikan wisatawan bisa menikmati dua wisata sekaligus yaitu pantai dan wisata air di Jepara Ocean Park yang beragam.

Gimana? Penasaran kan untuk menikmati wisata air yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi ke wisata bersama keluarga ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

Itulah Rekomendasi Destinasi Wisata di Jepara yang Lagi Hits untuk Kunjungi

Demikian ulasan mengenai macam-macam wisata yang ada di Jepara, Jawa Tengah. Semoga dengan ulasan di atas bisa menjadi inspirasi dan gambaran mengenai apa saja wisata yang ada di Jepara. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel