10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer

Apa saja rekomendasi wisata yang ada di Kebumen? Untuk sobat yang ingin berlibur atau berencana berwisata ke Kebumen, simak ulasan berikut ini sebagai gambaran apa saja wisata yang ada di Kebumen.

Berada dijalur mudik pantai selatan, terdapat beragam destinasi khas yang disajikan oleh Kebumen. Wilayah ini memiliki karakter yang nature kuat, mulai nuansa pantai, susur goa, dan juga kawasan pegunungan. 

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru dan Terhits 

Seperti daerah lain pada umumnya, ternyata Kebumen juga menyimpan berbagai destinasi wisata yang indah dan menarik. Banyak yang menganggap bahwa Kebumen hanya memiliki wisata berupa pantai, namun tidak berlaku hal demikian jika sobat wisata membaca ulasan di bawah ini.

Penasaran apa saja wisata yang ada di Kebumen? yuk simak ulasannya mengenai tempat wisata di Kebumen terbaru dan terhits di bawah ini!

Tempat Wisata di Kebumen yang Wajib Dikunjungi 

1. Goa Jatijajar

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer
foto : wisatajateng

Wisata goa tentunya menyimpan sejumlah kekayaan alam sekaligus cerita entah berupa legenda ataupun misteri yang kerap hidup di tengah masyarakatnya. Dengan menyusuri perut bumi yang tampak gelap tentunya memiliki sensasi tersendiri.

Goa Jatijajar bisa menjadi pilihan menarik untuk menikmati waktu berlibur bersama keluarga, gua ini terbentuk dari batuan kapur dan merupakan salah satu gua tertua di Indonesia. Gua ini memiliki mulut lebar dengan langit-langit yang cukup tinggi. 

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)

Keindahannya terletak pada munculnya stalakmit dan stalaktit yang semakin menambah eksotisme goa Jatijajar. Saat ini, goa Jatijajar dikelola dengan baik sehingga nyaman dilalui, seperti memiliki tangga dan pencahayaan yang baik, sehingga memungkinkan wisatawan untuk masuk kedalamnya.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

2. Bukit Hud

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer
foto : travelspromo

Tempat ini tepatnya berada di Kebumen bagian selatan. Obyek wisata ini berlokasi di dusun Karangtengah, desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Berjarak sekitar 34 km dari pusat Kota Kebumen.

Bukit wisata ini bisa ditempuh dalam waktu satu jam berkendara. Sobat bisa menikmati keindahan alam yang sangat menakjubkan.

Berbatasan langsung dengan samudera Hindia, pastinya memberikan keuntungan tersendiri. Bukan hanya pantai yang hijau dan alami, tapi juga bukit yang sangat menawan. Dari bukit ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai dengan besarnya ombak yang bergulung-gulung.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru

Berbeda dengan wisata pantai dimana untuk menikmatinya, para wisatawan harus mengunjungi pantai secara langsung, namun tidak demikian ketika sobat wisata berkunjung ke bukit Hud. Keindahan lautan dan pantai dapat dinikmati dari atas bukit. 

Bukit ini memiliki ketinggian 150 meter diatas permukaan laut. Dari atas bukit , sobat dapat menikmati luasnya samudera Hindia yang menghampar luas. Selain itu, tidak ada batu karang yang menghalangi ombak menuju pantai. Jadi, ombak yang bergulung-gulung seolah berkejaran satu sama lain menimbulkan riak putih ditepi pantai dengan air laut yang berwarna biru bergradasi.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

3. Pantai Petanahan

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer
foto : pesisir

Pantai Petanahan berlokasi di desa Karanggadung, Kecamatan Petanahan, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai Petanahan menyajikan suasana pantai yang masih alami dan menawan. Wisata pantai Petanahan memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Sangat disayangkan jika sobat berada di kota Kebumen tidak mengunjungi wisata pantai yang mempunyai keindahan yang tiada duanya. 

Baca Juga : Serba Serbi Wisata Religi Purbalinga

Wisata pantai Petanahan sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan sobat. Keindahan wisata pantai Petanahan ini sangatlah baik bagi sobat wisata yang berada di dekat atau di kejauhan untuk mengunjungi tempat ini.

Di pantai ini terdapat tebing rendah yang berdiri kokoh sebagai pemisah bibir pantai dengan kawasan penghijauan hutan yang ditumbuhi pepohonan jenis cemara udang serta warung-warung. Nah, disini sobat bisa menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan santai dan pastinya menunggu datangnya matahari terbenam.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

4. Pantai Suwuk

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer
foto : ksmtour

Pantai Suwuk terletak di Dusun Suwuk, Desa Tambak Mulyo, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Pantai Suwuk memiliki daya pikat pemandangan yang indah sepanjang barat dengan keberadaan bukit yang berjumlah tiga.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata di Batam Terbaru & Terhits untuk Dikunjungi

Bukit tersebut menjulang dengan kokoh, ditambah dengan hamparan pasir hitamnya yang luas membuatnya semakin eksotis. Selain itu, rimbunnya pohon cemara udang, tanaman pandan, dan rerumputan. 

Karena kerimbunan dan pasir hitamnya yang luas, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai arena offroad bagi para pecintanya. Selain itu, wisatawan juga bisa sekadar berkeliling atau bahkan main kejar-kejaran.  Dijamin asik banget deh.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

5. Brudjul Adventure Park

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer
foto : gongradio

Brudjul Adventure Park atau yang biasa kita kenal sebagai BAP yang terletak di desa Peniron, Kecamatan Penjagoan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini merupakan tempat wisata petualangan yang menyatu dengan alam disekitarnya. Disebut sebagai wisata petualangan karena akses untuk menuju kesana harus ditempuh melalui jalan yang berkelok-kelok dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Baca Juga : Tempat Wisata Di Purbalingga Yang Kece Dan Wajib Anda Kunjungi

Selain itu, di sepanjang perjalanannya kita harus mendaki perbukitan yang dikelilingi bebatuan dan pepohonan karet, pinus, dan juga Jati. Petualangan akan semakin terasa saat menaiki wahana flying fox yang dimodifikasi dengan sepeda.

Pengunjung tidak perlu khawatir jatuh karena wahana ini sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman dan juga telah dilakukan pengecekan kelayakan sebelumnya. Selain itu, masih banyak wahana yang bisa sobat nikmati, misalnya seperti rumah pohon, hammock, sirkuit BMX dan sirkuit sepeda gunung. So, tunggu apalagi? agendakan waktu sobat untuk berwisata kesana ya!

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

6. Benteng Van der Wijk

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer
foto : inibaru

Benteng ini adalah benteng pertahanan Hindia Belanda yang dibangun sekitar abad ke-19. Terletak di kota Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, kira-kira hanya tiga ratus meter dari Jalan Raya Kebumen-Jogjakarta.

Benteng Ini adalah salah satu objek wisata menarik di jalur pantai selatan. Nama vanderwick sendiri berasal dari nama komandan pada saat itu yang karirnya cukup cemerlang dalam membungkam perlawanan rakyat Aceh. 

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi

Pada awal didirikannya, banteng ini diberi nama Fort ke Ciyus atau benteng cochius dari nama salah seorang jenderal belanda, Frans David course yang pernah ditugaskan di daerah Bagelen atau salah satu wilayah karesidenan Kedu.

Para wisatawan tidak hanya menikmati kemegahan banteng ini, pengelola juga melengkapi wisata ini dengan taman bermain anak seperti, kincir putar, mobil-mobilan dan lain-lain. 

Selain itu, pengelola juga menyediakan kereta mini yang mengangkut sobat wisata dari pintu gerbang utama menuju benteng yang memang jaraknya agak jauh. Ada pula patung dinosaurus raksasa yang pastinya membuat anak-anak menjadi senang dan gembira.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

7. Gua Petruk

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer
foto : tempatwisataindonesia

Lokasi goa Petruk berada di Dusun mandayana, Desa Candirenggo, Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Wisata ini membuktikan bahwa Salah Kebumen tidak hanya memiliki wisata berupa pantai dan perbukitan, tetapi juga situs geologi berupa gua-gua di kawasan karst Gombong Selatan.

Dari sekian banyak gua yang terletak di daerah ini, gua Petruk merupakan gua yang paling dijaga dan dirawat ke alamiannya, bahkan pengelola memutuskan untuk tidak memasang penerangan di dalamnya. 

Maka dari itu, untuk menikmati stalaktit dan stalakmit yang didominasi dengan bentuk seperti lakon petruk ini, pengunjung bisa menggunakan headlamp dan helm khusus yang disediakan oleh petugas.

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Alam Gunung Di Jawa Tengah Yang Menakjubkan

Selain itu, ada baiknya sobat mengenakan baju tahan air karena didalam gua banyak genangan air yang harus sobat lewati. Saat menjelajahi gua ini pastinya akan berasa menantang adrenalin dan pastinya bakal menjadi momen yang mengesankan.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

8. Alian Butterfly Park

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer
foto : grid

Alian Butterfly Park adalah wisata edukasi yang ada di Kebumen, destinasi wisata ini menawarkan ragam jenis dan banyaknya kupu-kupu yang terbang bebas di sepanjang area. Selain itu, banyak keragaman jenis bunga yang terdapat disana, sehingga Butterfly Park ini diklaim memiliki bunga dan kupu-kupu terlengkap di Pulau Jawa.

Jika kalian ingin berlibur sambil melihat banyak kupu-kupu terbang, disarankan untuk mengunjungi destinasi wisata ini pada pagi hari. Hal ini dikarenakan, kebanyakan kupu-kupu dan serangga mengambil nektar dari bunga-bunga yang ada di Alian Butterfly Park ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

9. Curug Silangit

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer
foto : wisatalengkap

Curug silangit merupakan wisata alam tersembunyi di pegunungan Menoreh. Tidak sedikit dari para traveller mengincar air terjun cantik ini menjadi tujuan wisata, terutama pada hari libur nasional dan akhir pekan.

Baca Juga : Tempat Wisata Religi Berbagai Agama Di Semarang

Hawa sejuk pegunungan pun dapat sobat rasakan yang terkadang berkabut tipis dan gerimis akan semakin mendukung suasananya hening. Suara alami yang terdengar hanya hembusan angin semilir, nyanyian burung dan daun berjatuhan diikuti suara gemericik air curug akan merelaksasi pikiran sobat wisata dari hiruk pikuknya kehidupan di kota.

Selain itu, di bawah air terjun juga terdapat kolam yang bisa sobat gunakan untuk berenang atau sekadar basah-basahan saja. Oh ya, banyak wisatawan juga yang mengunjungi wisata ini hanya sekadar untuk berburu foto dengan latar curug Silangit. 

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

10. Wisata Alam Jembangan

10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer
foto : tripadvisor

Wisata ini menyajikan keindahan telaga hijau yang disertai dengan megahnya jembatan gantung dengan perahu-perahu kecil yang ada di sekitar danau menambah apik tempat ini.

Untuk berkeliling di telaga ini, bisa menggunakan perahu yang disewakan pengelola dermaga. Telaga  ini memiliki air yang tenang dengan luas telaga 33.279 hektar dan yang lebih memukau lagi tidak ada sampah di sini, jadi sangat nyaman dan asri bukan.

Hal yang menjadi icon dari Jembangan Wisata Kebumen adalah restoran apung dan jembatannya. Wisatawan tidak perlu khawatir akan bosan lagi disini, karena banyak wahana yang bisa menjadi pilihan, diantaranya jembangan pantas Zoo, sepeda air, zona outbound, kolam untuk memancing perahu kora-kora dan Wahana mainan anak seperti ayunan, perosotan putaran dan lain sebagainya.

Perahu yang disediakan ada dua macam, yang pertama unit kecil dengan tenaga manusia atau dengan tenaga kayuh. Kemudian kedua yaitu unit besar berupa perahu berbentuk naga dengan tenaga mesin.

Nah, untuk para kawula muda biasanya menggunakan tempat ini sebagai tempat nongkrong yang mengasyikkan atau sekedar untuk mendapatkan foto Wisata Jembangan. Karena wisata ini terawat dengan baik dan mulus, sehingga recommended banget untuk suasana yang nyaman bahkan suasana romantis bersama pasangan.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

Itulah Tempat Wista di Kebumen Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi

Demikian ulasan mengenai rekomendasi destinasi wisata di Kebumen yang wajib sobat kunjungi. Semoga ulasan di atas dapat menjadi inspirasi bagi sobat wisata yang akan berencana berkunjung ke tempat wisata ini. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "10 Tempat Wisata di Kebumen Terbaru yang Sedang Hits dan Populer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel