Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]

Apa saja macam-macam permainan bola besar? Nah, di bawah ini akan dijelaskan macam-macam permainan bola besar yang harus diketahui sobat semua. 

Macam-macam permainan bola besar menjadi salah satu jenis permainan yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan usia. Sudah kita ketahui bahwa ada berbagai macam permainan di dunia ini, salah satunya yaitu permainan bola besar. Sebenarnya apa itu permainan bola besar? apa saja jenis-jenis permainan bola besar? Simak penjelasannya di bawah ini.

Macam-Macam Permainan Bola Besar beserta Penjelasannya dan Gambarnya 


Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]


Pengertian Permainan Bola Besar

Macam-macam permainan bola besar ini umumnya mengunakan alat atau media permainan berupa bola yang berukuran besar. Rata-rata ukuran bola yang digunakan dalam permainan bola besar yaitu lebih dari 50 cm. 

Permainan bola besar pun umumnya dimankan secara beregu atau berkelompok yang dilakukan di sebuah lapangan. Apa saja macam-macam permainan bola besar? Cermati ulasan berikut ini :

Macam-macam Permainan Bola Besar dan Penjelasannya 

Berikut macam-macam permainan bola besar yang banyak tersebar di seluruh penjuru dunia. Diantaranya yaitu :
  • Sepak bola
  • Basket
  • Voli
  • Futsal
  • Bola Tangan 
  • Bowling
  • Polo Air
  • Rugby
  • Sepak Bola Pantai
  • Voli Pantai
Berikut penjelasan lengkapnya mengenai macam-macam permainan bola besar di atas :

1. Sepak bola

Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]

Sepak bola adalah sejenis olahraga yang sudah sangat populer di seluruh dunia. Tak hanya kaum laki-laki yang memainkannya, kaum perempuan pun tak kalah professional dalam permainan ini. Sepak bola merupakan olahraga yang dimainkan secara berkelompok atau beregu dengan menggunakan sebuah bola yang terbuat dari karet.

Baca Juga :
Tujuan dari permainan sepak bola yaitu mencetak gol atau memasukan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan. Selain itu, pemain juga harus sebisa mungkin untuk mempertahankan gawangnya dari serangan lawan supaya tidak kebobolan.

Permainan sepak bola ini dimainkan oleh dua tim yang saling berlawanan. Dimana setiap timnya terdiri dari 11 pemain (kesebelasan). Dari 11 pemain tersebut biasanya terbagi menjadi pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan yang memiliki tugas masing-masing.

Pertandingan sepak bola dimainkan di sebuah lapangan yang memiliki panjang 100-120 meter dan lebar 45-90 meter. Pertandingan sepak bola ini terdiri dari 2 babak, dengan masing-masing babak waktunya adalah 45 menit (2 x 45 menit). Selain itu, antara babak pertama dan kedua terdapat waktu istirahar selama 15 menit.

Apabila terjadi draw atau skornya imbang, maka ada tambahan waktu selama 2 x 15 menit untuk menentukan siapa pemenangnya. Jika dengan waktu tambahan tersebut kedudukan masing imbang, maka akan diadakan babak adu finalti.

2. Basket

Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]

Permainan basket merupakan permainan yang dimainkan oleh dua regu yang saling berhadapan dengan 5 pemain setiap regunya. Permainan bola basket diciptakan oleh Dr. James Naismith pada tanggal 15 Desember 1981. Hingga sekarang permainan ini juga tak kalah populer dengan sepak bola, khususnya juga di Indonesia. 

Tujuan dari permainan bola basket ini yaitu memasukkan bola ke ring lawan untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, tim yang memperoleh poin terbanyak sampai pertandingan selesai maka akan menjadi pemenangnya.

Baca Juga : 
Permainan bola basket ini dimainkan oleh 5 pemain setiap regunya. Dari 5 pemain tersebut terbagi menjadi seorang point guard, center, dan forward yang memiliki tugasnya masing-masing dalam permainan. Selain itu, terdapat juga pemain cadangan yang umumnya berjumlah 5 pemain, namun ada juga pertandingan dengan 7 pemain cadangan.

Permainan bola basket dimainkan di sebuah lapangan, yang mana terdapat dua ukuran standar yang digunakan, yaitu ukuran standar internasional dan ukuran standar NBA (Amerika Serikat). Untuk standar internasional berukuran 26 x 14 meter. Sedangkan standar NBA berukuran 28,5 x 15 meter. Sementara itu, tinggi ring yaitu 3,05 meter dan diameter ring basket adalah 40 cm.

Pertandingan bola basket ini terdiri dari 4 empat babak, dengan masing-masing babak waktunya adalah 10 menit. Lain halnya dengan aturan NBA, waktu yang digunakan yaitu 4×12 menit. Selain itu, terdapat juga waktu istirahat selama 10 menit di setiap pergantian babak.


3. Voli


Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]

Permainan bola voli ini bertujuan untuk menjatuhkan bola ke bidang permainan lawan dengan teknik-teknik tertentu. Bola voli dimankan oleh dua tim yang terdiri dari 6 pemain setiap tim. Lapangan bola voli pun terdiri dari dua bagian yang terpisahkan oleh net di tengah. 

Baca Juga :
Permainan voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Pada awalnya, permainan ini dikenal dengan istilah Minitonette. Sementara itu bahasa inggris disebut dengan istilah Volley Ball. Permainan ini cukup populer baik du Indonesia maupun di dunia. Olahraga ini juga dimainkan oleh pria ataupun wanita di lapangan indoor maupun outdoor.

Induk organisasi bola voli nasional yaitu PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Sedangkan induk organisasi bola voli internasional adalah FIVB (Federation Internationale of Volly Ball).

4. Futsal


Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]

Tahukah kamu? Nama futsal ternyata berasal dari bahasa Spanyol. Futsal sendiri berasal dari dua kata, yaitu futbol (sepakbola) dan sala (ruangan), jadi futsal adalah sepak bola yang dimainkan dalam ruangan. 


Bola yang digunakan dalam permainan ini memiliki ukuran diameter 62-64 cm. Permainan ini dimainkan oleh dua regu yang terdiri dari 5 pemain setiap timnya. Untuk pertandingan pertama futsal dilakukan di Uruguay pada tahun 1930. Untuk induk organisasi internasionalnya yaitu FIFA, sedangkan tingkat nasionalnya yaitu FFI (Federasai Futsal Indonesia).

5. Bola Tangan


Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]



Permainan bola tangan merupakan duplikat dari permainan sepak bola, hanya saja yang membedakan yaitu permainan inin dimainkan menggunakan tangan buka kaki. Tujuannya pun sama yaitu memasukan bola ke gawang lawan.

Permainan bola tangan pertama kali dimainkan di Yunani, tepatnya pada tahun 130  200 masehi. Namun, untuk permaian bola tangan modern mulai dikembangkan pada abad ke 19. Kemudian di tahun 1946 dibentuklah Federasi Bola Tangan Internasional. Sementara itu, untuk kejuaraan dunianya pertama kali digelar pada tahun 1954.

6. Bowling

Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]

Permainan bowling dimainkan dengan cara menggelindingkan bola dengan tujuan untuk menjatuhkan 10 pin yang telah disusun dalam bentuk segitiga. Lapangan permainan bowling berada di indoor (dalam ruangan). Permainan bowling bisa dikatakan olahraga yang tidak terlalu populer di Indonesia. Permainan ini biasanya dapat kita jumpai di mall-mall besar.


7. Polo Air


Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]



Permainan polo air dimainkan secara beregu dengan tujuan memasukan bola ke gawang lawan. Bisa dikatakan bahwa permainan polo air ini menyerupai sepakbola namun dimainkan di air. Tak hanya itu, di permainan polo air pun terdapat gabungan dari permainan dari sepakbola, renang, basket, dan bola tangan.


Permainan polo air bisa dibilang masih kurang familiar bagi masyarakat Indonesia. Namun permainan ini ternyata sudah dipertandingkan di berbagai kejuaran PON, SEA Games, ASIAN Games, dan kejuaraan lainnya. Bahkan pada perhelatan SEA Games 2019, Timnas Polo Air Indonesia lah yang berhasil menyabet medali emas.

8. Rugby


Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]

Permainan Rugby ini hampir menyerupai dengan permainan American Football, namun masih terdapat sedikit perbedaan dari keduanya. Permainan rugby ini memiliki tujuan untuk mencetak poin dengan cara membawa bola, menendang, atau melempar bola hingga menyentuh garis belakang bidang permainan lawan.

Permainan rugby ini memang tidak terlalu populer bagi masyarakat Indonesia dan bisa dikatakan masih jarang yang tahu mengenai permainan ini. Permainan rugby ini umumnya lebih populer di Amerika dan Eropa.

9. Sepakbola Pantai


Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]

Sepak bola pantai ini merupakan varian dari permainan sepak bola. Permainan sepak bola pantai ini hampir sama dengan permainan futsal, hanya saja pada sepak bola pantai ini dimainkan di lapangan dengan alas berpasir. Tujuan permainannya pun sama dengan permainan sepak bola dan futsal, yaitu mencetak gol ke gawang lawan.

Tak hanya itu, permainan ini juga memiliki keunikan tersendiri yaitu pemainnya yang tidak menggunakan sepatu alias nyeker. 

10. Voli Pantai


Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]



Voli pantai merupakan varian dari permainan bola voli. Namun jika di permainan bola voli biasa memiliki 6 orang pemain, maka di permainan bola voli pantai ini terdiri dari 2 orang pemain setiap timnya. Selain itu, permainan voli pantai ini juga tidak mengenal adanya pergantian pemain. Sehingga dari awal dimulainya permainan hingga selesai, pemainnya pun akan tetap sama.

Itulah macam-macam permainan bola kecil beserta penjelasannya

Sekian ulasan mengenai macam-macam permainan bola kecil beserta penjelasannya lengkap. Semoga penjelasan di atas dapat bermafaat bagi sobat dalam mempelajari materi ini. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Macam-macam Permainan Bola Besar [Penjelasan & Gambarnya]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel