Nama Posisi Pemain Sepak Bola beserta Tugasnya (Lengkap)

Nama posisi pemain sepak bola beserta tugasnya (lengkap). Dari posisi penjaga gawang, bek, gelandang, dan striker.

Posisi pemain sepak bola menjadi salah satu prasyarat sebelum berlangsungnya permainan. Dengan adanya posisi setiap pemain, maka pembagian tugas menjadi terkoordinir sehingga bisa memenangkan pertandingan.

Dalam sepak bola terdiri dari kesebelasan, dari 11 pemain tersebut dibagi menjadi beberapa posisi. Seperti apa pembagiannya, cermati ulasan berikut ini.

Secara umum, posisi pemain dalam sepak bola dapat dibedakan menjadi :

1. Goal Keeper
2. Pemain belakang (bek)
3. Pemain tengah (midfielder)
4. Pemain depan (striker)

Setiap pemain di atas pastinya memiliki posisi dan tugasnya masing-masing untuk menyusun strategi dalam bertahan maupun menyerang. Seperti apa tugasnya, mari kita cermati rincian di bawah ini :

Nama Posisi Pemain Sepak Bola beserta Tugasnya (Lengkap)


Nama Posisi Pemain Sepak Bola beserta Tugasnya (Lengkap) 


1. Goal Keeper atau Penjaga Gawang

Goal keeper (GK) atau penjaga gawang merupakan pemain yang berada di pertahanan terakhir atau pemain barisan pertama yang mengawali serangan melalui tendangan gawang. Ciri khas dari seorang kiper yaitu berada di area gawang,  memakai jersey yang berbeda dengan kesepuluh pemain lain, dan mengenakan sarung tangan.

Kiper juga memiliki keistimewaan dari pemain yang lain yaitu dapat menyentuh bola dengan tangan selama masih di area kotak penalti sendiri. Pemain kiper haruslah memiliki feeling atau insting yang kuat, refleks yang sempurna, kecepatan dan kelincahan.

Selain itu seorang kiper juga harus memiliki tendangan atau lemparan yang baik untuk mengoper ke pemain lawan. Sehingga tak jarang, seorang kiper memiliki perawakan yang besar dan tinggi.
Tugas kiper :
  • Menyelamatkan gawang dari kebobolan (saving) dengan berbagai cara, misalnya menepis, menyundul, meninju, ataupun menangkap bola. 
  • Clearing  (membersihkan) yaitu usaha dalam mencegah dan menjaga bola supaya tidak mendekati area kotak penalti (gawang).
  • Mengkoordinir atau mengarahkan pemain belakang (bek) untuk mempersiapkan diri pada saat serangan tim lain ataupun tendangan servis (tendangan bebas atau corner kick) 
  • Mengoper atau membuang bola setelah melakukan saving.


2. Pemain belakang (Defender atau Bek)

Sesuai namanya posisi pemain ini berada di belakang area pertahanan atau tepatnya di depan kiper dan belakang gelandang. Tugas utamanya mencegah dan mengamankan bola di area pertahanan.

Selain itu, pemain bek yang memiliki postur tinggi akan maju ke depan saat terjadi tendangan sudut atau tendangan bebas. Momen inilah yang bisa dimanfaatkan oleh pemain bek untuk mencetak gol dengan sundulan.

Macam-macam posisi dan pembagian tugas bek
  • Bek Tengah (center bek) 
Ialah 2 orang pemain belakang (Untuk 4 pemain belakang) yang posisinya berada di tengah daerah pertahanan. Tugas utamanya adalah menjaga dan mengamankan daerah pertahanan bagian tengah.

Posisi pemain ini biasanya diisi oleh pemain yang berperawakan besar dan tinggi. Sesuai tugasnya untuk sweeper atau menyapu datangnya bola (baik dengan tendangan maupun susulan).
  • Bek sayap atau samping (full bek atau wing bek) 
Bek samping yaitu dua orang pemain belakang yang berada di sisi kanan dan kiri area pertahanan. Tugasnya ialah menjaga dan mengamankan daerah pertahanan di sisi lapangan, baik kanan maupun kiri. Selain itu, tak jarang juga para pemain bek sayap juga dapat membantu penyerangan dengan melakukan over lap (maju ke depan melebihi garis tengah).

Full bek terbagi menjadi dua, yaitu full bek kanan di sisi sebelah kanan dan full bek kiri di sisi sebelah kiri. Dalam sepak bola modern, peran full bek sangat vital untuk membantu penyerangan (over lap). Sehingga tak jarang posisi pemain ini diisi materi pemain yang memiliki kecepatan, kelincahan dan akurasi umpan yang baik, serta memiliki kekuatan dan fisik yang baik. Karena harus bertahan dan membantu menyerang.

3. Pemain tengah (Gelandang atau Midfielder) 


Merupakan pemain yang posisinya berada di antara pemain depan (striker) dan pemain belakang (bek). Sehingga tugas pokoknya yaitu menghubungkan bola dari pemain belakang ke pemain depan. Ini dilakukan agar serangan tidak menembus pertahanan sendiri.

Seorang pemain gelandang haruslah memiliki tenaga yang kuat, karena merekalah sebagai kreator dalam pola penyerangan maupun pertahanan.

Karena tugasnya memberi umpan kepada striker, seorang midfielder harus memiliki kemampuan dribbling dan penguasaan bola yang kuat.

Macam-macam posisi dan pembagian tugas gelandan :
  • Gelandang bertahan (defending midfielder)
Atau biasa disingkat DM, posisi pemain ini berada di depan pemain belakang. Tugasnya ialah mencegah datangnya bola menuju daerah pertahanan. Sehingga saat bola masuk ke garis pertahanan pemain inilah yang akan menjaga dan  merebut bolanya.

Selain itu, ada tambahan tugas lagi yaitu pada saat full bek kanan atau kiri melakukan over lap (membantu menyerang), pemain gelandang bertahan harus turun untuk mem-back up posisi daerah pertahanan samping.
  • Gelandang tengah (Center Midfielder)  
Sama seperti namanya, pemain ini berposisi di lapangan tengah. Tugas utamanya ialah untuk menjaga sektor tengah, membantu pertahanan tengah dan samping (sayap), dan mengatur ritme atau tempo permainan. Pemain inilah yang pertama harus memutus serangan dari lawan.
  • Gelandang serang (Attacking Midfielder) 
Pemain ini harus memiliki keterampilan penguasaan bola yang baik, karena tugasnya ialah sebagai kreator serangan atau otaknya dalam menyusun sebuah serangan. Gelandang serang harus terampil menyusun pola strategis atau memanfaatkan celah pertahanan lawan, sehingga dapat menciptakan peluang untuk mencetak gol.
  • Gelandang sayap (Winger)
Gelandang sayap sebenarnya tugasnya hampir sama dengan gelandang serang yaitu membantu dalam menyusun serangan. Namun perbedaannya ialah posisinya, dimana gelandang sayap berada di samping atau sisi lapangan baik kanan maupun kiri. Ciri khas dari pemain gelandang sayap biasanya memiliki kecepatan dan akurasi umpan yang baik kepada striker.

4. Pemain depan (striker atau penyerang)

Striker atau penyerang merupakan posisi pemain yang berada di depan dan dekat dengan gawang lawan. Tugas pokok sebagai seorang stiker yaitu membuat gol ke gawang lawan.

Seorang striker harus memiliki kecepatan, teknik penguasaan bola yang kuat, dan akurasi dalam menendang bola. Biasanya dalam permainan striker tidak terlalu banyak melakukan gerakan, namun saat diberi umpan, stiker harus bisa untuk mencetak gol.

Posisi dan pembagian tugas pemain depan
  • Penyerang tengah (center forward)
Merupakan posisi inti dari seorang striker untuk dijadikan target man sehingga bisa  mencetak gol Selain itu, center forward juga memiliki tugas untuk mengalihkan perhatian untuk memberi ruang supaya pemain gelandang serang dan sayap melakukan penetrasi menembus pertahanan lawan.
  • Striker bayangan (second striker) 
Merupakan pemain penyerang yang diletakkan di belakang center forward. Tugasnya ialah membantu center forward dan bekerja sama untuk mencetak gol.
  • Penyerang sayap (Wings Forward) 
Pemain ini bisa disebut juga second striker atau withdrawn striker. Merupakan penyerang yang ditarik ke belakang untuk melakukan serangan. Selain tugas pokoknya sama untuk mencetak gol, pemain ini juga  membantu menyerang dari sektor samping lapangan (sayap).

Nah, dari beberapa posisi dan tugas setiap pemain, muncullah penggunaan formasi. Formasi adalah penempatan pemain dengan tugasnya masing-masing. Seperti apa firmasi sepak bola, kalian bisa membacanya di sisi :

Baca juga : 5 Formasi Sepak Bola Terbaik Beserta Keunggulan & Kelemahan

Penutup

Itulah ulasan mengenai posisi pemain sepak bola dan tugasnya masing-masing. Dengan adanya pembagian tugas pada setiap posisi, akan meminimalisir rasa lelah dan strategi akan berjalan lancar. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Nama Posisi Pemain Sepak Bola beserta Tugasnya (Lengkap) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel