Posisi Pemain Basket beserta Penjelasan & Tugasnya (Lengkap)

Posisi pemain basket  (penjelasan & tugasnya) : point guard, shooting guard, small forward, power forward, dan center

Posisi pemain bola basket memiliki arti yang sangat penting, setiap posisi memiliki tugasnya masing-masing, sehingga akan menyeimbangkan permainan pada saat menyerang (offensive) dan bertahan (defensive).

Selain itu, dengan adanya pembagian posisi dan tugas pemain basket membuat permainan menjadi terkoordinir, rapi, dan sesuai dengan strategi awal dari pelatih. Permainan bola basket terdiri dari lima orang pemain, dengan posisi dan tugasnya berbeda. Apa saja posisi pemain basket dan tugasnya masing-masing, cermati ulasan di bawah ini!

Posisi Pemain Basket beserta Penjelasan & Tugasnya (Lengkap) 


Posisi Pemain Basket beserta Penjelasan & Tugasnya (Lengkap)
Gambar via materibelajar 

Seperti yang dilansir laman basketball.web.id, posisi pemain bola basket dapat dibedakan menjadi dua yaitu berdasarkan tugasnya dan posisi atau letaknya di lapangan.

Pada umumnya, posisi pemain basket berdasarkan tugasnya terbagi menjadi 5 posisi, yaitu :

1. Point Guard (PG)
2. Sepotong Guard (SG)
3. Small Forward
4. Power Forward
5. Center

Sedangkan berdasarkan posisi atau letak pemain terbagi menjadi 2 yaitu :

1. Backcourt
2. Frontcourt

Untuk lebih jelas dan terperinci mengenai posisi pemain basket dan tugasnya masing-masing. Perhatian ulasan di bawah ini :

Posisi pemain basket berdasarkan tugasnya masing-masing


1. Point Guard

Point Guard (PG) adalah posisi pemain sebagai playmaker tim yang bertugas untuk mengatur ritme permainan baik membawa bola, memberikan bola, ataupun menciptakan assist kepada pemain lain. Biasanya pemainnya memiliki postur kecil namun cepat dan lincah.

Point guard banyak mendapatkan sorotan karena posisinya di tengah untuk lapangan mengendalikan permainan tim (playmaker).

Seorang pemain yang berposisi point guard biasanya memiliki postur yang tidak terlalu besar. Tak jarang posturnya lebih kecil dari empat pemain lainnya, inilah yang membuat PG  memiliki kecepatan dan kelincahan.

Selain itu, point Guard harus memiliki kemampuan passing yang bagus, pandai membaca permainan, dan bertindak cepat dan efisien. Contoh pemain di posisi point guard yaitu Steph Curry, Chrish Paul, Jasson Kidd, dan masih banyak lainnya.

2. Shooting Guard

Shooting guard adalah pemain yang bertugas untuk menjaga area garis parimeter saat melakukan serangan (offensive) dan menjadi blocker pemain lawan disaat melakukan pertahanan (defensive).

Seorang pemain shooting guard mempunyai tugas pokok untuk mendulang poin bagi timnya dari jarang yang jauh. Sehingga pemain ini harus memiliki kemampuan shooting yang baik. Mulai dari 3-point, lay up, fadeaway shoot, dunk, corner shoot, dan cath and shoot. Pemain posisi ini juga harus pandai dalam mencari area kosong untuk melepaskan tembakan.

Dari situlah, banyak yang menjuluki pemain yang berposisi ini sebagai 3-and-D atau pemain yang bertanggung jawab untuk melakukan shooting 3 point.

Selain itu, shooting guard juga dijuluki sebagai spot up shooter karena pemain ini tidak harus memiliki passing dan handling yang bagus. Melainkan harus memiliki kemampuan off ball movement untuk mencari ruang tembak dan kemahiran dalam menembak si segala area lapangan.

Contoh pemain proffesional yang bermain di posisi shooting guard yaitu Kobe Bryant, James Harden, Kyle Korver, dan lainnya. Umumnya para pemain tersebut menjadi penyumbang poin dari timnya masing-masing dan kemampuan defense yang sangat baik.

3. Small Forward

Small forward merupakan posisi pemain depan yang diberi kebebasan atau fleksibilitas untuk mencari ruang kosong. Dengan begitu, small forward bisa menembus pertahanan lawan guna mencetak poin.

Seorang small forward biasanya diisi oleh pemain yang bermanteri kemampuan basket yang apik, seperti kelincahan, shooting, passing, dan berbagai macam akil basket tingkat tinggi lainnya. Sehingga sangat diminati bagi banyak pemain.

Posisi inilah yang biasanya mencadi acuan dalam membangun sebuah tim, dimana posisi ini biasanya menjadi scoring utama bagi timnya.

Kemampuan passing dan shooting sangat dibutuhkan untuk mengcover setiap area lapangan. Skill yang dimilikinya harus bisa menerobos pertahanan lawan agar bisa melakukan lay-up ataupun dunk.

Selain itu, kelincahan dan kecepatannya dibutuhkan dalam momen fastbreak atau transisi. Tak hanya itu, small forward juga bisa menjadi main defender atau parimeter defender. Di dunia basket modern,  posisi ini biasanya diisi oleh pemain yang memiliki insting mencetak poin yang tinggi.

Contoh pemain yang berperan sebagai small guard yaitu Kevin Durant, Lebron James, Paul George, Jimmy Butler, dan banyak lainnya.

4. Power Forward

Power Forward yaitu posisi yang diisi oleh pemain dengan kemampuan bertahan yang baik serta mempunyai tinggi badan yang hampir sama dengan center. Di NBA rata-rata pemain Power forward memiliki tinggi 198-210 cm.

Dengan postur yang tinggi dan besar, tugas pokok pemain ini yaitu merebound bola, dimana saat bertahan agar bola tidak jatuh ke tangan lawan dan saat menyerang, pemain ini akan menciptakan kesempatan lagi agar mendapatkan poin.

Posisi Power forward sering juga disebut sebagai back-up center karena pemain ini bermain sangat dekat dengan tim baik saat ofense maupun defense. Pemain power forward harus memiliki skill yang komplit dan gerakannya lincah serta kemampuan shooting yang bagus.

Jika kemampuan seorang power forward terus diasah, bukan tidak mungkin pemain ini akan sulit dihentikan. Dalam kenyataannya pemain inilah yang paling banyak mencetak double-double bahkan double-triple dalam pertandingan.

Contoh pemain profesional yang berperan sebagai power forward yaitu Drymond Green, Giannis, Anthony Davis, Blake Griffin, dan banyak lainnya.

5. Center

Center yaitu pemain yang memiliki postur tubuh jangkung, tertinggi dalam sebuah tim dan memiliki rebounding yang baik. Tak heran pemain ini juga mendapat julukan big man karena tinggi badannya bisa mencapai 213 cm.

Tugas utamanya di penyerangan dan pertahanan. Saat menyerang, center harus mampu melihat temannya yang kosong untuk diberi umpan (karena posisinya di tengah, sangat mudah untuk passing ke area manapun).

Sedangkan saat bertahan, center bertugas mengamankan ringnya dari tembakan jarak dekat, seperti lay up maupun dunk. Di dunia basket modern center merupakan pemain yang kompleks, dialah yang bertugas sebagai protector, shoot blocker, dan bertanggung jawab dalam defense.

Selain itu, dengan tinggi badan di atas rata-rata, center juga bisa menjadi pemantul atau finisher untuk timnya. Center juga memiliki persentase shooting yang tertinggi karena posisi bermainnya di area dekat ring lawan dan close range.

Contoh pemain proffesional yang bermain di posisi center ialah Karl Anthony Towns, Nikola Jokic, Brook Lopez, Joel Embiid, dan banyak lainnya.

Pemain Basket Berdasarkan Posisi Bermain


1. Backcourt

Disebut juga sebagai Guard atau penjaga yaitu posisi pemain yang banyak bermain di luar area lingkar 3-point line. Saat menyerang, backcourt akan berada di barisan paling belakang untuk melindungi 3 pemain di depannya. Sedangkan saat tim dalam keadaan bertahan, backcourt berada di area paling luar dan menjadi pelindung pertama dari serangan lawan.

2. Frontcourt

Yaitu pemain yang bertugas dalam barisan terdepan atau dekat dengan area ring lawan. Komposisi frontcourt terdiri dari 3 pemain yaitu 2 forward dan 1 center. Dalam situasi bertahan, frontcourt menjadi tembok terakhir dalam bertahan (berkebalikan dengan backcourt).

Istilah Posisi Pemain Basket

  • General Floor
Yaitu istilah untuk point Guard untuk menjalankan tugas dalam mendistribusikan bola dan menjalankan strategi serangan.
  • Wing
Yaitu istilah yang digunakan untuk pemain yang berposisi di parimeter area, yaitu Small forward dan shooting forward. Tugas dari winger yaitu kreator dalam membangun sebuah serangan.
  • Swingman
Istilah yang digunakan untuk pemain yang bisa berperan dalam dua posisi sekaligus, yaitu shooting guard dan Small guard. Kedua posisi ini memiliki karakteristik yang tak jauh berbeda, sehingga pemain bisa melakukannya untuk menjadi swingman.
  • Pivot
Istilah untuk center dalam permainan bola basket, artinya center menjadi pusat dari pergerakan bola. Dengan kata lain, pivot menjadi titik pacu, karena pemain ini sangat dibutuhkan saat menjalankan strategi big ball.
  • Combo Guard
Istilah bagi pemain yang bisa berperan dalam dua posisi sekaligus. Yaitu antara Shooting Guard dan point Guard. Pemain ini memiliki kemampuan dribbling dan handling yang bagus layaknya shooting Guard begitupun sebaliknya juga.
  • Combo Forward
Yaitu istilah untuk pemain yang bisa memerankan Small forward dan Power forward dalam satu waktu. Ataupun pemain yang mampu switching sesuai kebutuhan tim. Posisi ini banyak diisi oleh pemain yang memiliki kelincahan dan postur tinggi besar.
  • Point Forward
Yaitu istilah frontcourt atau pemain depan yang memiliki kemampuan playmaker layaknya poin Guard. Selain itu, posisi ini menjadi finisher yang handal dan akurasi umpan yang baik. Contohnya Lebron James.
  • Bigman
Istilah yang diberikan untuk pemain yang berperan sebagai Power forward dan center dalam satu pertandingan. Tugasnya selain melakukan rebound, bigman harus bisa dalam mencetak angka.

Penutup

Itulah nama-nama posisi pemain basket beserta tugasnya dan istilah-istilah dalam posisi bola basket. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Posisi Pemain Basket beserta Penjelasan & Tugasnya (Lengkap) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel