17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Macam-macam permainan bola kecil terbagi menjadi salah satu jenis permainan yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan usia. Sudah kita ketahui bahwa ada berbagai macam permainan di dunia ini, salah satunya yaitu permainan bola kecil. Sebenarnya apa itu permainan bola kecil? apa saja jenis-jenis permainan bola kecil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Macam-Macam Permainan Bola Kecil beserta Penjelasan & Gambar


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Pengertian Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil merupakan permainan menggunakan bola berukuran kecil sebagai media utama dalam bermain. Permainan bola kecil juga membutuhkan alat pendukung lain seperti raket, tongkat, bet, dan lain lainnya. Selain itu, aturan dan cara bermainnya pun cenderung baku dengan durasi permainan yang terbatas.

Permainan bola kecil sangat bagus dalam mengembangkan dan meningkatkan kemampuan kekuatan, kecepatan, kelincahan, kelentukan, koordinasi, daya tahan otot, serta baik juga untuk menjaga kesehatan paru-paru dan jantung. Khususnya bagi anak-anak, permainan ini sangat bagus dalam meningkatkan tumbuh kembang anak. Selain itu, manfaat lain yaitu dapat melatih sikap kerja sama, disiplin, taat terhadap peraturan, dan sportifitas.

Dari beberapa manfaat permainan bola kecil di atas, tak jarang juga permainan bola kecil seperti tenis lapangan, tenis meja, billiard, dan sejenisnya diperlombakan dalam tingkat nasional maupun internasional.

Jenis-Jenis Permainan Bola Kecil

Permainan yang menggunakan bola kecil sevagai onjek utamanya ini memiliki banyak jenisnya. Berikut macam-macam permainan bola kecil yang disertai penjelasan dan gambarnya. Diantaranya yaitu :
  • Tenis Lapangan
  • Tenis Meja
  • Bulu Tangkis
  • Kriket
  • Golf
  • Kasti
  • Softball
  • Baseball
  • Rounders
  • Tolak Peluru
  • Kippers
  • Lacrosse
  • Hokey
  • Billiard
  • Karambol
  • Kelereng
  • Squash 
Berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai permainan bola kecil tersebut.

1. Tenis Lapangan


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Tenis lapangan adalah olahraga yang dilakukan dengan memukul bola karet kecil dengan menggunakan raket yang berukuran cukup besar. Permainan tenis modern ditemukan pada abad ke-19 di Birmingham, Inggris. Kemudian dikenal dengan nama tenis lapangan rumput. Tujuan permainan tenis lapangan yaitu memainkan bola dengan teknik tertentu supaya lawan tidak dapat mengembelikan bola tersebut, sehingga akan memperoleh poin.

Permainan ini biasanya dimainkan antara dua pemain (single) atau dua pasangan (double) yang saling berlawanan. Tenis lapangan ini menggunakan area permainan berupa lapangan dengan dibatasi net di tengahnya. Tenis lapangan merupakan salah satu cabang olahraga Olimpiade dan bisa dimainkan oleh semua kalangan usia. Bahkan orang-orang yang menggunakan kursi roda sekalipun. 

2. Tenis Meja


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Tenis meja atau populer dengan sebutan ping pong adalah suatu olahraga yang menggunakan raket (bet) untuk memukul bola plastik kecil dengan area permainan berupa meja. Permainan ini umumnya dimainkan oleh dua orang (single) atau dua pasangan (double) yang saling berlawanan.

Baca Juga : 
Dapat dikatakan bahwa tenis meja ini mengadaptasi dari permainan tenis lapangan, sehingga cara bermainnya pun hampir mirip. Perbedaannya terletak pada area permainan dan alat yang digunakan.  Berikut peralatan yang digunakan dalam permainan tenis meja berupa :
  • Bet, yaitu berupa raket kecil yang terbuat dari kayu dan dilapisi oleh karet .
  • Sebuah bola pingpong yang terbuat dari plastik
  • Meja yang digunakan sebagai lapangan permainan 
Tak kalah dengan tenis lapangan, permainan tenis meja ini juga mempunyai banyak penggemar. Bahkan permainan ini menjadi salah satu cabang olahraga Olimpiade. Induk organisasi tenis meja di Indonesia yaitu PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia). 

Sedangkan induk organisasi tenis meja dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation) yang memiliki anggota hingga 140 negara. Sementara itu, sejak tahun 1961 PTMSI sudah resmi termasuk dalam salah satu anggota ITTF.

3. Bulutangkis


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Bulu tangkis atau disebut juga badminton adalah suatu olahraga yang menggunakan raket untuk memukul bola berupa shuttlecock. Permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang (tunggal) dan dua pasangan (ganda) yang saling berlawanan. Kemudian dalam pertandingan bulutangkis terbagi menjadi lia partai, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.


Permainan bulutangkis ini bertujuan untuk memukul bola (shuttlecock) supaya jatuh ke daerah lawan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang serupa (mengembalikan shuttlecock tersebut). Shuttlecock sendiri terbuat dari bulu angsa yang berbentuk kerucut terbuk ake atas. Sedangkan untuk raket biasanya tersusun dari karbon dan beberapa senar untuk memantulkan shuttlecock.

Bulu tangkis merupakan salah satu permainan yang terkenal di dunia, khususnya di Indonesia yang terkenal dengan atlet-atlet bulutangkis kelas dunianya. Tak jarang di Indonesia banyak sekali pusat-pusat pembinaan bulutangkis. 
Induk organisasi bulutangkis Indonesia yaitu PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia). Sedangkan induk organisasi bulutangkis dunia yaitu BWF (Badminton World Federation).

4. Kriket


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Kriket adalah sebuah olahraga tim yang dimainkan antara dua kelompok dengan jumlah pemainnya yaitu sebelas orang. Permainan ini bertujuan untuk mencetak angka (run) sebanyak banyaknya dibanding lawan.  Permainan ini berlangsung sampai lima hari dengan durasi 6 jam permainan setiap harinya.

Bola yang digunakan dalam permainan kriket ini biasanya dibungkus dengan laon, sehingga bola tersebut tidak berbentuk bulat kembali.

Permainan kriket secara modern berawal dari Inggris, kemudia olahraga ini populer di negara-negara persemakmuran. Perminan ini merupakan olahraga penting di Inggris, Wales, Selandia Baru, Australia, Afrika Selatan, Zimbabwe, dan wilayah Karibia dengan penduduknya yang berbahasa inggriis. Selain itu, permainan ini juga populer di daratan Asia, seperti Pakistan, India, dan Sri Lanka.

5. Golf


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Golf adalah permainan yang dimainkan dengan cara memukul bola golf dengan stik golf untuk dimasukan ke dalam hole (lubang). Permainan ini dapat dimankan secara perorangan atau tim, mereka akan saling bersaing untuk memasukkan bola ke dalam lubang di lapangan menggunakan alat pemukul.

Bola golf ini memiliki ukuran 50 mm yang terbut dari karet dengan lapisan fiber di permukaannya. Kemudian bola akan dipukul menggunakan satu satu set tongkat pemukul yang disebut klab (stik golf). Permainan golf termasuk dalam salah satu permainan yang tidak memiliki lapangan standar. Permainan ini hanya dimainkan di padang golf yang memiliki desain unik, dan umumnya terdapat dari 9 sampai 18 hole (lubang).

Peraturan utama dalam permainan golf yaitu memukul bola dengan stik golf dari daerah teeing ground ke dalam lubang di lapangan dengan beberapa teknik pukulan sesuai aturan yang berlaku. 

Meskipun peralatan golf mempunyai harga yang terjangkau, namun kebanyakan permainan ini dimainkan oleh kalangan kelas atas. Hal ini disebabkan karena permainan membutuhkan are bermain yang luas. Selain itu, untuk menyewa lapangan pun sobat perlu merogoh kocek dalam-dalam.

6. Kasti


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]
Gambar Via : desonline
Kasti adalah jenis olahraga yang dimainkan oleh dua kelompok menggunakan bola tenis sebagai media atau alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu. Pemenang dari permainan kasti ini yaitu kelompok yang berhasil menumpuk batu tersebut dengan cepat tanpa terkena pukulan bola dari lawan yang menjaganya.

Pada awal permainan, akan ditentukan dulu mana kelompok penjaga dan mana kelompok yang akan dikejar. Penentuan ini bisa dilakukan dengan cara suit atau menggunakan undian koin. Kemudian, kelompok yang bertugas menjadi penjaga harus segera menangkap bola secepat mungkin setelah tumpukan batu tersebut dirobohkan oleh kelompok yang dikejar.

Apabila bola berhasil mengenai dan menyentuh lawan, maka kelompok yang anggotanya tersentuh bola akan menjadi penjaga tumpukan batu. Sebaliknya, kelompok yang tadi berjaga akan menjadi kelompok yang akan dikejar. Dalam permainan kasti ini, kerjasama antar anggota kelompok sangat diperlukan seperti halnya olahraga softball dan bisball.

7. Softball


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Softball adalah permainan hasil perkembangan dari olahraga sejenisnya, yaitu baseball. Softball ini dimainkan secara beregu yang yang terdiri dari dua tim saling berlawanan. Di Indonesia sendiri, permainan ini mempunyai kemiripan dengan bola kasti, namun pada softball ini memerlukan ketangkasan dan strategi pemikiran yang matang.

Permainan softball ini diciptakan oleh George Hancock pada tahun 1887 di Chicago, Amerika Serikat. Di awal penemuan, permainan ini dimainkan di area yang tertutup. Namun, seiring perkembangan zaman yaitu tahun 1930, permainan ini dimainkan di ruang terbuka.

Secara singkat, cara memainkan permainan ini dilakukan dengan pemukul yang akan memukul bola yang dilempar oleh pitcher (pelempar). Seorang pemain yang memukul tadi bisa mengulangi pelemparan jika lemparannya tidak sesuai, namun dengan 3 kali percobaan.

Kemudian pelempar bola memiliki tugas berjaga di lapangan, sedangkan 3 anggota regunya berjaga di tiga home base, 4 berada di luar lapangan, dan 1 di home plate. Nah, pemain pemukul tadi harus bisa mengelilingi semua base sebelum bola mengenai base yang akan dituju olehnya. 

Kemudian, nantinya setiap tim akan bersaing dalam mengumpulkan angka (run) yaitu dengan cara pelari harus berlari melewati setiap base hingga menyentuh base terakhir (home plate). Perlengkapan yang dibutuhkan dalam softball yaitu bat (alat pemukul), bola softball, body protector, glove (pelindung tangan), masker, lapangan sesuai standar, dan leght guard.

8. Baseball


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Baseball atau populer dengan nama bisbol adalah adalah permaianan yang dimainkan dua tim yang saling berlawanan. Permainan ini hampir mirip dengan bola kasti, namun bola yang digunakan pada baseball lebih berat. Selain itu, untuk menjaga keselamatan pemain juga membutuhkan pelindung kepala dan pakaian khusus.

Secara singkat, cara memainkan permainan ini yaitu dengan memukul bola yang dilempar pemain lawan. Apabila bola berhasil dipukul, pemukul harus bergegas lari secapat mungkin ke base-base yang berada di sudut lapangan.

Kemudian tim pelempar harus segera menangkap bola hasil pukulan tadi dan berusaha melempar bola kembali ka arah pemukul sebelum pemain pemukul mencapai salah satu base. Jika pemain pemukul tadi terkena bola lemparan, maka semua anggoota pemukul akan berubah menjadi pelempar. Begitu pun seterusnya.

Tim yang memukul akan mendapat angka jika berhasil berlari berlawanan arah dengan jarum jam untuk melewati basenya dan kembali lagi ke home plate. Selain itu, untuk membedakan permainan ini dengan softball, maka ada yang menamainya dengan hardball.

9. Rounders


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Rounders merupakan sejenis permainan bola kecil yang menyerupai permainan bola kasti, namun terdapat perbedaan sedikit pada cara bermainnya. Permainan rounders ini dimainkan secara beregu dengan jumlah pemain 12 dan beberapa pemain cadangan.
Setiap pemain rounders harus menguasai teknik dasar permainan seperti kemampuan menangkap, melempar, dan menghindar dari sentuhan bola ketika melakukan perlombaan.

Selain itu, pemain juga harus mempunyai kemampuan yang kuat dalam memukul bola dan berlari mengelilingi lapangan yang ditandai dengan titik base atau berupa tiang. Pemain yang memukul bola harus bebrlari mengelilingi lapangan. Nah, tim yang berhasil mengelilingi lapangan terbanyak itulah pemenangnya.

10. Tolak Peluru


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Tolak peluru merupakan sejenis olahraga yang dilakukan dengan gerakan menolak atau mendorong bola besi (peluru) dengan berat yang ditentukan. Permainan ini juga termasuk ke dalam cabang olahraga atletik dan termasuk dalam kategori nomor lempar. Pelemparan peluru dilakukan dari bahu dengan menggunakan satu tangan untuk mencapai jarak terjauh.

Cabang olahraga ini sering dimainkan dalam skala nasional maupun internasional. Bahkan di sekolah-sekolah pun terdapat materi olahraga khusus yang mengajarkan materi ini.

11. Kippers


Kippers adalah sejenis permainan yang mempunyai kemiripan dengan permainan kasti, mulai dari luas lapangan, bentuk lapangan, jumlah pemain, dan cara bermainnya. Namun, perbedaannya terletak pada pelambung bola. Dimana pada permainan kippers ini tidak memiliki seorang pelambung bola, sedangkan pada permainan kasti terdapat seorang pelambung bola. Dalam permainan kippers, peran pelambung bola dilakukan oleh pemukul bola sekaligus. Perminan kippers ini dimainkan oleh 12 pemain dan beberapa pemain caadangan. 

12. Lacrosse


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Lacrosse merupakan sejenis permainan tim yang menggunakan bola dan tongkat berjaring sebagai media atau alat yang digunakan dalam permainan. Permainan ini dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 10 orang. Dalam satu tim lacrosse, terdiri dari 1 penjaga gawang, 3 pemain belakang atau bertahan, 3 pemain tengah, dan 3 pemain penyerang.

Bidang permainan yang digunakan memiliki ukuran 100 x 55 m dengan ditutupi rumput diatasnya. Sedangkan gawang lacrosse memiliki ukuran panjang 1.8 meter dan lebar 1.8 meter. Kemudian untuk satu pertandingan terdiri dari empat babak yang masing-masing berdurasi 20 menit.

13. Hockey


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Hoki adalah permainan yang dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan tongkat pemukul (stick). Tujuan permainan ini hampir sama dengan sepak bola, yaitu memasukan bola ke gawang. Hanya saja, dalam hoki menggunakan stick dan bentuk bolanya pipih melingkar. Terdapat beberapa jenis permainan hoki, diantaranya yaitu :
  • Hoki ruangan (indoor hockey)
  • Hoki es (ice hockey)
  • Hoki lapangan (field hockey)

14. Billiard


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Billiard atau populer dengan nama bola sodok merupakan sejenis permainan yang termasuk dalam cabang olahraga yang memerlukan konsentrasi tinggi. Pasalnya, dalam olahraga ini membutuhkan pemahaman dan ketahanan mental yang baik, serta harus ditunjang juga dengan kemampuan fisik yang prima. Tujuan permainan ini yaitu memasukan bola ke dalam empat lubang di pojokan meja.

Permainan ini dimainkan di atas meja dengan beberapa peralatan bantu khusus seperti tongkat sodok, bola yang bernomor, dan alat untuk mengumpulkan bola. Billiard juga dapat dimainkan secara perorangan (tunggal) maupun berpasangan (ganda). Terdapat beberapa jenis permainan billiard, diantaranya yaitu :
  • English Billiard
  • Pool
  • Carrom

15. Karambol


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]

Karambol adalah sejenis permainan disebut-sebut sebagai modifikasi dari permainan billiard. Pasalnya, dalam permainan kalambol ini juga memakai meja sebagai area bermain, selain itu tujuan permainan karambol ini pun harus memasukan bola ke empat lubang di pojokan.Dalam dunia internasional, permainan ini dikenal dengan nama karum, karom, finger billiard, couronne, carom, dan lainnya.

Berbeda dengan permainan yang menggunakan meja lainnya, karambol tidak membutuhkan alat bantu untuk menggerakkan bolanya, melainkan dengan menggunakan jari tangan sebagai penggeraknya. Oleh karena itu, karambol juga disebut dengan finger billiard (permainan billiard dengan jari tangan). 

Bolanya pun berbeda dengan billiard, pada permainan karambol ini menggunakan bola berbentuk cakram kecil. Cara menggerakkan bolanya yaitu dengan menyentil pada cakram yang ingin ditarget.

16. Kelereng


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]
Gambar Via : inibaru
Kelereng merupakan sejenis permainan tradisional yang eksis, legendaris dan sering dimainkan pada zaman dahulu. Kelereng diperkirakan telah muncul sejak zaman kerajaan. Hal ini dapat dibuktikan dengan penemuan kelereng berukuran besar di Kompleks Makam Kotagede, Yogyakarta.
Sementara itu, kelereng yang kita kenal dan diperjual belikan sekarang ini adalah mainan kecil berbentuk bulat yang terbuat dari kaca. 

Selain manfaatnya untuk melestarikan permainan tradisional, permainan kelereng juga mampu meningkatkan kemampuan motorik halus.
Buktinya yaitu dengan melakukan gerakan jari serta pengaturan kekuatan dan kecepatan kelereng dengan menggunakan jari-jari saat akan menggerakannya. Nah kegiaitan ini sangat bermanfaat dalam mengasah kemampuan motorik halus.

17. Squash


17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]



Squash adalah sejenis permainan yang dimainkan oleh dua pemain saling berlawanan dengan cara memukul bola menggunakan raket ke arah dinding yang ada di depannya. Pukulan ini akan berlanjut terus sampai ada salah satu pemain yang gagal mengembalikan bola lagi. Permainan yang berasal dari Inggris ini memang sangat jarang dikenal di Indonesia.

Itulah macam-macam permainan bola kecil (penjelasan & gambarnya)  

Demikian ulasan mengenai macam-macam permainan bola kecil beserta penjelasanya. Ada berbagai jenis permainan bola kecil yang dapat kita mainkan bersama teman dan keluarga. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Belum ada Komentar untuk "17+ Macam-Macam Permainan Bola Kecil [Penjelasan & Gambar]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel