Cara Memegang Raket Bulutangkis (Kelebihan dan Kekurangan)

Cara memegang raket merupakan sebuah teknik dasar yang harus dikuasai oleh para atlet bulutangkis. Cara memegang raket dengan tepat dan benar pastinya akan membuat performa saat bermain semakin menjadi nyaman, sehingga dapat dengan mudah memenangkan pertandingan.

Cara memegang raket bagi setiap pemain pasti berbeda-beda, hal ini didasarkan pada kenyamanan dari teknik memegang raketnya masing-masing. Dengan teknik dan cara memegang raket yang baik dan benar akan menghasilkan kualitas pukulan-pukulan yang bagus dan berkualitas. 

Cara Memegang Raket Bulutangkis beserta Gambar (Kelebihan dan Kekurangan)


Dalam permainan bulu tangkis, terdapat beberapa cara memegang raket diantaranya yaitu :
  • Forehand grip 
  • Backhand grip
  • Amerika grip
  • Combination grip
  • Teknik memegang raket ala Inggris
  • Smash grip
Untuk lebih jelasnya mengenai cara memegang raket beserta kelebihan dan kelemahan dari masing-masing teknik memegang raket. Cermati ulasan berikut ini !

Untuk penjelasan lengkap mengenai teknik pukulan dalam bulutangkis bisa dibaca di sini

1. Cara Memegang Raket Forehand Grip



Cara Memegang Raket Bulutangkis (Kelebihan dan Kekurangan)
Gambar via : tutorialolahraga
Farehand grip adalah cara memegang raket seperti berjabat tangan, di mana pegangan telapak tangan yang menghadap ke depan dan tangan harus melakukannya dalam posisi miring. Anda bisa mengunakan tangan kanan maupun kiri sesuai dengan kebiasaan dan teknik.

Selanjutnya, apa yang menandai jika cara memegang raket forehand grip sudah benar?

Yaitu, pada saat anda memegang bagian pegangan raket, perhatikan dan pastikan bahwa ibu jari dan jari telunjuk membentuk huruf V sebagai celahnya. Hal inilah yang menandakan cara Anda memegang raket sudah benar.


Beberapa teknik yang harus dilakukan dalam memegang raket forehand grip agar menghasilkan pukulan yang berkualitas, diantaranya yaitu :
  • Gunakan jari tertentu untuk memegang dengan benar, sehingga akan menghasilkan pukulan yang berkualitas dan bagus.
  • Gunakan tiga jari untuk menyeimbangkan yaitu dengan menggenggam raket dengan jari tengah, jari manis dan jari kelingking sehingga berat yang di hasilkan raket dapat seimbang.  Sedangkan jari telunjuk diletakkan agak terpisah berguna untuk mendorong  raket ke arah depan saat memukul forehand.
  • Teknik memegang raket forehand harus dibiasakan atau dipraktikan dalam latihan setiap harinya agar hasil pukulannya terlatih dan berkualitas.

Kelebihan teknik forehand grip

Kelebihan dari teknik forehand yaitu pukulannya yang tidak memerlukan kekuatan lebih untuk pergelangan tangan dan pada bagian sendi bahu. Selain itu, pegangan ini akan lebih mudah untuk memukul bola di sebelah depan kanan (bagi yang menggunakan tangan kanan) dan sebaliknya di sebelah depan kiri (bagi yang menggunakan tnagan kiri). 


Selain itu, Anda tidak perlu memutar pegangan raket untuk memukul shuttlecock yang arah datangnya dari depan sesuai dengan tangan yang memegang. Teknik memegang raket dengan forehand merupakan salah satu teknik dasar bulutangskis, sehingga cukup mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan.

Kelemahan teknik forehand grip

Cara memegang raket dengan forehand akan membuat pemain sedikit kesulitan dalam mengembalikan shuttlecock yang berada di depan net (netting). Dengan begitu, anda akan kesulitan untuk mengembalikan shuttlecock  kepada lawan, karena terjadi ketidakseimbangan dan kurang efektif saat menggunakan forehand untuk permainan netting.


2. Cara Memegang Raket Backhand Grip


Cara Memegang Raket Bulutangkis (Kelebihan dan Kekurangan)
Gambar via : tutorialolahraga
Teknik backhand grip agak menyerupai teknik memegang raket dengan forehand, namun posisi pegangan harus dimasukan sedikit ke dalam. Sehingga dapat disimpulkan bahwa backhand grip yaitu cara memegang raket dalam posisi miring dan posisi pegangan backhand membentuk huruf V yang sedikit dimasukan ke dalam, lalu pegang raket erat-erat saat mengayunkannya.

Beberapa teknik yang harus diperhatikan saat melakukan backhand grip, diantaranya yitu :
  • Cara memegang raket backhand harus sedikit masuk ke dalam maksudnya ialah posisi ibu jari dipindahkan dari posisi melingkari sisi pegangan raket (forehand grip) menjadi posisi tegak sejajar dengan batang raket (backhand grip).
  • Kekuatan utama dalam teknik backhand grip terletak pada posis ibu jari.
  • Cara memegang raket dengan backhand juga berguna untuk melemaskan jari telunjuk, karena jari telunjuk akan bergerak mendekati jari tengah. Sehingga anda bisa bergantian dalam menggunakan forehand dan backhand.
  • Teknik backhand grip akan menghasilkan pukulan yang sulit bagi lawan untuk memperkirakan arahnya, namun dengan menggunakan teknik yang benar, diantaranya yaitu ketepatan dalam menempatkan posisi ibu jari pada bagian pegangan reket yang luas.

Kelebihan teknik backhand grip

Kelebihan pada teknik backhand yaitu pukulan shuttlecock yang dihasilkan akan sulit ditebak arahnya oleh musuh. Selain itu, dengan menggunkan teknik backhand ini, pukulan yang diihasilkan cukup keras dan cepat sehingga cocok untuk mengembalikan shuttlecock yang arah datangnya berlawanan dengan tangan yang memegang raket.

Kelemahan teknik backhand grip

Kelemahan dari teknik backhand grip yaitu pada pukulan ini akan lebih memerlukan kekuatan saat memukul shuttlecock, terlebih pada bagian pergelangan tangan dan pergelangan sendi bahu. Selain itu, teknik ini juga akan membuat pemain kesulitan dalam mengembalikan bola yang keras yang arah datangnya sama dengan tangan yang memegang raket.

Misalnya, Anda memegang raket di tangan kanan menggunakan teknik backhand. Saat ada shuttlecock yang arah datangnya di sebelah kiri, tidak masalah bagi anda untuk mengembalikannya. Namun, lain halnya jika arah datangnya shuttlecock di sebelah kanan, maka anda akan kesulitan untuk mengembalikannya menggunakan teknik backhand ini.

3. Cara Memegang Raket American Grip


Cara Memegang Raket Bulutangkis (Kelebihan dan Kekurangan)
Gambar via : perpustakaan-id
Cara memegang raket american grip juga dapat disebut dengan teknik frying pan. Seperti namanya, teknik ini biasanya di pakai oleh atlet-atlet bulutangkis amerika. Teknik ini ibu jari dan jari telunjuk diposisikan pada bagian pegangan raket yang luas.

Teknik ini dapat digunakan dalam melakukan dan mengembalikan pukulan servis serta dalam permainan net (netting) yang membutuhkan pukulan pendek untuk menghasilkan pukulan yang berkualitas.

Berikut cara memegang raket bulutangkis dengan teknik american grip :
  • Pertama, posisikan ibu jari dan jari telunjuk agar menempel di bagian pegangan raket yang lebar atau luas (posisinya seperti memegang stik drum).
  • Kemudian, pegang dan angkat raket sampai bidang raket sejajar dengan tubuh dan hingga ujung raket akan menonjol keluar di bawah telapak tangan untuk menjaga keseimbangan saat memukul.
  • Posisi kaki saat berdiri harus sesuai dan seimbang, hal ini bertujuan agar berat badan saat akan smash lawan akan lebih seimbang dan juga pukulan yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan maksimal.

Kelebihan teknik american grip

Kelebihan dari teknik American grip yaitu mempermudah untuk mengarahkan bola, baik ke kanan maupun ke kiri. Selain itu, teknik American grip mudah juga digunakan untuk memukul shuttlecock ke atas, sehingga pukulan ini biasanya digunakan untuk memancing lawan untuk melakukan pukulan smash.

Kelemahan teknik amerika grip

Kelemahan dari teknik American grip yaitu saat melakukan backhand, pukulan yang dihasilkan akan sedikit kurang efektif. Selain itu, teknik American grip juga akan menghasilkan pukulan yang tidak maksimal dan kurang efektif untuk mengembalikan shuttlecock yang berada di kanan atau kiri net (permainan netting).


4. Cara Memegang Raket Combination Grip

Combination grip yaitu teknik memegang raket yang merupakan kombinasi dari beberapa teknik di atas. Penyesuaian pegangannya tergantung dari arah datangnya shuttercock. Sehingga skill dari sang pemainlah yang sangat menentukan teknik ini.

Pada umumnya kombinasi yang sangat sering digunakan oleh para pemain yaitu antara forehand dan backhand. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan teknik lain sesuai dengan kondisi yang ada. Combination grip biasanya digunakan oleh  pemain yang sudah kewalahan saat strategi yang digunakan sudah ditebak oleh lawan. 

Berikut cara memegang raket dengan combination grip :
  • Raket yang dipegang dalam posisi yang miring.
  • Letakkan jari telunjuk pada bagian depan dengan menghadap ke arah ujung raket, lalu ibu jari memangkul di tangkai (handle) raket di sisi belakang dan jari yang lainnya ditekuk di bagian bawah tangkai raket.
  • Untuk memperoleh hasil yang maksimal saat memakai teknik combination grip, diperlukan latihan yang lebih. Sehingga saat menggunakan teknik combination grip, refleks tubuh menjadi terbiasa dengan teknik tersebut. 

Kelebihan teknik combination grip

Kelebihan dari teknik combination grip yaitu mudahnya untuk mengubah pegangan pada tangkai raket dengan cepat sesuai arah datangnya shuttlecock (karena merupakan kombinasi dari beberapa teknik memegang raket). Dengan perpaduan berbagai teknik, pemain akan merasakan kenyamanan saat menerima bola dari berbagai arah. 

Selain itu, pada dasarnya teknik combination grip sangat mudah untuk digunakan saat menerima shuttlecock yang arah datangnya ke arah tubuh. Hal ini disebabkan karena ibu jari yang memegang akan mudah di geser. Dengan demikian, teknik ini akan menghasilkan pukulan yang berkualitas dan efektif, karena terdapat berbagai macam tekik untuk memegangnya raket.

Kelemahan teknik combination grip

Sama seperti di atas yang menyatakan bahwa teknik combination grip sangat mudah untuk digunakan saat menerima shuttlecock yang arah datangnya ke arah tubuh, karena ibu jari yang memegangnya mudah di geser. Nah, jadi kekurangan dari combination grip yaitu jika shuttlecock yang datang bukan mengarah ke tubuh, maka akan sulit untuk mengembalikannya ke lawan.


5. Cara Memegang Raket ala Inggris (English Grip)

Cara Memegang Raket Bulutangkis (Kelebihan dan Kekurangan)
Gambar via : ibuguruolahraga
English grip yaitu raket dipegang pada tangkainya, kemudian bagian ibu jari dan telunjuk menempel pada bagian permukaan tangkai raket yang sempit.

Teknik English grip ini hampir sama dengan American grip. Namun yang membedakan yaitu, jika pada American grip pegangan yang dilakukan di permukaan yang sempit. Sedangkan teknik English grip pegangannya berada pada permukaan yang luas, sehingga lawan akan sulit menebak gerakan perlawanan yang akan Anda lakukan. 

Teknik English grip  harus dilakukan dengan pegangan yang kuat dan dorongan yang sesuai untuk mengelabuhi lawan, serta arahkan pukulan shuttlecock pada area yang dituju.

Kelebihan teknik ala Inggris

Teknik memegang raket ala inggris memiliki kelebihan yaitu pegangannya yang diletakkan pada permukaan pipih akan membuat lawan sulit menduga gerak-gerik Anda. Teknik ini cukup berkualitas untuk digunakan saat berlangsungnya pertandingan, karena akan mudah bagi anda untuk menipu lawan dengan gerak-gerik yang sulit ditebak.


Kelemahan teknik ala Inggris

Kelemahan teknik memegang raket ala inggris yaitu dimungkinkan akan mudah lepas saat memegang raket dengan teknik ini, karena pegangannya berada pada permukaan yang pipih. Sehingga Anda harus memegangnya dengan erat untuk mengantisipasi lepasnya raket.

6. Smash grip


Cara Memegang Raket Bulutangkis (Kelebihan dan Kekurangan)
Gambar via : wikihow
Pada dasarnya, pegangan smash grip atau cara memegang raket saat smash bisa menggunakan teknik forehand atau backhand. Namun, perbedaanya terdapat pada smash yang harus dilakukan dengan tenaga yang lebih kuat dan cepat.

Berikut ini beberapa cara memegang raket dengan teknik smash grip, diantaranya :
  • Sebelum melakukan samash, kondisi tangan dalam keadaan rileks karena hal tersebut akan membuat tubuh untuk memaksimalkan pergelangan tangan saat melakukan smash.
  • Genggam erat raket menggunakan jari (bisa forehand ataupun backhand). Pastikan juga Anda tepat berdiri dengan arah datangnya shuttlecock. 
  • Saat melakukan smash, dapat disertai loncatan atau tidak. Hal ini tergantung pada gaya bermain dan kondisi di lapangan.
  • Saat sudah siap dan shuttlecock sudah datang, lakukan smash dengan memaksimalkan kekuatan lengan, tangan, dan tubuh. Targetkan shuttlecock pada posisi yang kosong dan sulit untuk dijangkau lawan.

Itulah macam-macam cara memegang raket beserta kelebihan dan kelemahannya

Semoga ulasan mengenai jenis-jenis cara memegang raket di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajari materi ini. Sekian dan teima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memegang Raket Bulutangkis (Kelebihan dan Kekurangan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel