Teknik Pukulan Bulutangkis (Gambar & Penjelasannya Lengkap)

Teknik pukulan bulutangkis beserta gambar & penjelasannya lengkap : pukulan servis, lob, drive, dropshot, dan netting

Jenis-jenis pukulan dalam bulutangkis merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bulutangkis. Dari tujuan permainan bulutangkis sendiri yaitu menempatkan shuttlecock di lapangan lawan sehingga mendapatkan poin, untuk merealisasikannya harus ada beberapa pukulan, baik untuk menyerang ataupun bertahan.

Teknik Pukulan Bulutangkis (Gambar & Penjelasannya Lengkap)


Teknik Pukulan Bulutangkis (Gambar & Penjelasannya Lengkap)


Seperti yang disebutkan di atas bahwa teknik macam-macam pukulan bulutangkis pada dasarnya dapat dilakukan dengan cara forehand maupun backhand. Seperti apa penjelasannya? Yuk simak ulasan di bawah ini :

1. Pukulan Servis 


Teknik Pukulan Bulutangkis (Gambar & Penjelasannya Lengkap)
Gambar via kajianpustaka
Service adalah pukulan yang mengawali atau sajian pukulan pertama sebagai permulaan permainan. Servis merupakan pukulan yang sangat menentukan dalam awal perolehan nilai karena hanya pemain yang melakukan service yang dapat memperoleh angka.

Tempat service yang baik, kira-kira satu meter dari garis service depan, dekat garis tengah. Tata cara dalam melakukan servis adalah sebagai berikut :
  • Berdirilah biasa dengan kedua kaki terpisah antara 35 cm
  • Kaki kiri di depan kaki kanan, agar lengan kanan dapat diayunkan dengan leluasa. 
  • Peganglah shuttlecock dengan ibu jari dan jari telunjuk dan angkatlah ke depan badan sampai hampir setinggi bahu (pundak). 
  • Kemudian ayunkan raket ke belakang badan, dan saat bersamaan tangan kiri melepas shuttlecock, arah ayunkan raket ke depan untuk memukul shuttlecock. 
  • Bersamaan dengan gerak ayunan raket itu, pindahkan berat badan kaki belakang ke kaki depan dan turunkan atau kembalikan tangan kiri ke samping badan. 
Nah, semua gerakan di atas merupakan satu irama gerak pukulan dan dilakukan secara bersamaan. Jadi mengayun raket ke depan, memindahkan berat badan dari belakang ke depan dan menurunkan tangan kiri ke samping badan seketika setelah shuttlecock terlepas.

Ketentuan dalam melakukan service adalah :
  • Posisi kaki server (yang melakukan service) dan reciever (penerima service) harus berdiri di dalam batas lapangan service masing-masing (yang dikelilingi oleh garis service panjang dan pendek, garis tengah dan garis samping).
  • Sebagian dari kedua kaki pemain itu harus tetap kontak atau menyentuh lantai dalam posisi tidak bergerak sampai sesudah service dilakukan. 
  • Kaki server atau receiver yang berada di atas atau menyentuh garis harus dianggap berada di luar lapangan service.
  • Bila dalam permainan ganda, masing-masing pasangannya boleh mengambil posisi tempat di mana saja asal mereka tidak menghalang-halangi penglihatan atau tidak merintangi lawannya. 
  • Berdasarkan peraturan, apabila pada saat melakukan service letak shuttlecock harus lebih rendah dari pinggang serve shuttlecock dipukul, badan raket diarahkan ke bawah sedemikian rupa sehingga seluruh bagian kepala raket secara jelas dan nyata berada di bawah tangan server yang sedang memegang raket.
Service di atas dilakukan pada sebelah kanan badan (forehand). Kecuali service forehand, ada juga service backhand yang dilakukan dari sebelah kiri (backhand).

Cara memukul service forehand. Perbedaannya, posisi kaki harus diubah, yaitu kaki kanan di depan kaki kiri, agar dapat memukul dengan leluasa, dan setelah shuttlecock terlepas, tangan kiri tidak diturunkan, tetapi ditarik ke samping.

Pemukul service (server) yang mampu dan mahir menentukan waktu, arah, kecepatan serta ketajaman yang tepat akan dapat melakukan service yang baik. Adapun service yang baik adalah service yang betul dan dapat mematikan lawan, atau setidak-tidaknya dapat mengacaukan posisi atau kedudukan lawan.

Jenis-jenis pukulan service 

a.  Service Pendek (Short Service)

Untuk melakukan service pendek hanya memerlukan sedikit tenaga, seolah-olah shuttlecock cukup dengan didorong saja menggunakan perpindahan berat badan dari belakang ke depan secara berirama, sedangkan gerak pergelangan tangan hanya dipakai untuk menentukan arah saja.

Saat melakukan short service, usahakan agar jalannya shuttlecock sedekat mungkin dengan ketinggian net sehingga akan menyulitkan lawan untuk mengambilnya. Sebagai kombinasi service pendek perlu juga dipelajari flick service (service dengan jentikan).

Gerakan awal flick service sama seperti pada service pendek. Hanya saja shuttlecock dijentik dengan pergelangan tangan ke atas sehingga melewati lawan dan jatuh di garis service belakang (long service line). Servis ini sangat menguntungkan dalam permainan ganda karena biasanya pemain lawan menyerobot shuttlecock ke depan.

Flick service, seperti halnya service pendek juga memerlukan kekuatan atau tenaga pergelangan tangan. Hasil flick service tergantung pada gerakan pergelangan tangan yang cepat, pendek dan bersifat tiba-tiba. Baik service pendek maupun flick service pada umumnya dilakukan dengan backhand.

Jenis servis di atas sering digunakan dalam permainan ganda, karena dalam permainan ganda laju shuttlecock harus rendah.

b. Service Tinggi (Lob Service)

Lob service biasanya digunakan dalam permainan tunggal. Lob service shuttlecock sampai ke dekat garis belakang, dan menukik tajam lurus ke bawah. Oleh karena itu, pukulan lob service membutuhkan banyak tenaga.

Caranya melakukannya yaitu :
  • Pasanglah kaki kiri di depan dan kanan di belakang agak lebar
  • Ayunkan lengan dari belakang ke depan dengan disertai penerusan keras sehingga pada akhir gerakan dari seluruh pukulan, raket berada di atas badan.
  • Jadi ayunan raket beserta perpindahan berat badan dari belakang ke depan harus dilakukan secara optimal.
  • Sementara itu, Anda Segera menurunkan tangan kiri kembali sesaat shuttlecock terlepas dari tangan.
c. Drive Service

Pada saat akan melakukan drive service persiapan yang dilakukan yaitu :
  • Berdiri agak di belakang dan agak jauh dari garis tengah.
  • Pukullah shuttlecock sejauh- jauhnya dari samping badan agar supaya lengan dapat bergerak dengan leluasa.
  • Walaupun lawan telah siap menantikannya, tetap tidak mudah bagi lawan mengembalikan shuttlecock apabila drive service dilakukan dengan tepat dan sempurna.
Pukulan drive service tidak mengutamakan kecepatan laju shuttlecock, melainkan kedataran terbangnya (seperti dalam pukulan drive shuttlecock dipukul rendah hampir menyentuh net) dan arah lajunya shuttlecock.

Apabila melakukan service dari bagian kiri lapangan, pukullah shuttlecock ke arah forehand lawan, pukullah shuttlecock sedatar mungkin. Yang harus diperhatikan pengembalian/babatan lawan dengan dropshot.

Drive service banyak digunakan dalam permainan ganda oleh pasangan yang bermain dengan cara berdampingan. Pukulan drive ini pada permainan tunggal sering dilakukan agar bermain lebih tajam atau bila berhadapan dengan lawan yang sukar melayaninya.

Drive service dapat pula dilakukan dengan backhand, terutama dari sebelah kiri lapangan. Dalam backhand drive service ini, utamakanlah sentakan atau jentikan dengan pergelangan tangan.

2. Lob


Teknik Pukulan Bulutangkis (Gambar & Penjelasannya Lengkap)
Gambar via pustakamadani

Pukulan lob adalah pukulan yang melambung ke atas dan biasanya diarahkan ke bagian belakang lapangan lawan. Pukulan lob dapat dilakukan baik dari bawah (under head lob) maupun dari atas kepala (over head lob). Pukulan lob digunakan pada saat menyerang (offensive) dan bertahan (defensive).

Jenis-jenis pukulan lob

a. Lob serang

Lob serang dapat dilakukan baik dari atas maupun dari bawah. Lob serang dari atas adalah shuttlecock diambil dari depan badan di atas kepala, dilambungkan rendah dan cepat. Sedangkan lob serang dari bawah adalah shutlecock diambil dari bawah, dilambungkan agak rendah dan cepat. Kedua pukulan lob serang atas dan bawah digunakan saat menyerang.

Lob serang ini dilakukan, misalnya pada saat lawan sudah kehilangan keseimbangan atau salah posisi atau terpaksa harus maju ke depan net mengejar suatu drop yang dilancarkan.

b. Lob Penangkis

Lob penangkis dari atas adalah shuttlecock dipukul dari depan badan di atas kepala, dilambungkan tinggi dan jauh sampai ke garis belakang. Lob penangkis dapat dibedakan menjadi dua, yaitu lob penangkis atas dan bawah.

Lob penangkis atas biasanya untuk mempertahankan serangan kepada lawan. Sedangkan lob penangkis bawah untuk bertahan dengan cara mengecoh lawan. Caranya dengan mengambil shuttlecock dari bawah, kemudian dilambungkan tinggi dan jauh sampai garis belakang. Dengan lob penangkis bawah kita mendapatkan waktu untuk memperbaiki posisi.

Selain mendapat waktu untuk memperbaiki posisi, shuttlecock yang tinggi juga akan membuat lawan kelelahan dan saat di bagian belakang lawan tidak berbahaya.

Cara memukul lob dari atas kepala baik lob serang dan lob penangkis yaitu :
  • Pada saat hendak memukul shuttlecock dari atas kepala, raket harus berada tepat di bawah shuttlecock sehingga Anda selalu dapat mengambil shuttlecock di depan badan Anda dengan lengan lurus.
  • Berat badan menekan ke depan untuk membantu ketajaman pukulan.
  • Posisi kaki yaitu kaki kiri harus di depan kaki kanan (bagi yang memegang dengan tangan kanan).
Kecuali lob dari atas kepala seperti tersebut di atas, ada pula lob dari atas kepala yang lain, yaitu overhead backhand flick lob.

Untuk melatih pukulan ini, hendaknya pelatih memberi lob setengah lapangan (tanggung) di sebelah backhand (kiri badan). Caranya melakukannya yaitu :
  • Letakkan kaki kanan di depan, dan kaki kiri di belakang.
  • Pinggang diputar ke kiri, sehingga hampir membelakangi net untuk menunggu shuttlecock.
  • Siku dibengkokkan, agar pergelangan tangan dapat dipercepat meluruskan siku dan pada saat memukul seolah-olah shuttlecock didorong dengan siku.
  • Sebelum memukul shuttlecock, pindahkan berat badan dari belakang (kaki kiri) ke depan (kaki kanan) dan lengan diluruskan.
  • Kemudian pukullah shuttlecock dengan pergelangan tangan yang pendek dan bertenaga karena pukulan ini mengutamakan pergerakan lengan dan pergelangan tangan.
  • Posisi badan saat memukul lob serang atau penangkis harus berdiri menyampingi shuttlecock sehingga lebih leluasa mengambil shuttlecock dari samping.

3. Pukulan drive


Teknik Pukulan Bulutangkis (Gambar & Penjelasannya Lengkap)
Gambar via bacaterus
Drive adalah pukulan yang bertujuan untuk menekan lawan agar lawan tidak memperoleh kesempatan untuk menyerang. Drive digunakan untuk shuttlecock yang datangnya mendatar atau sehingga tidak ada kesempatan untuk memukul overhead.

Manfaat drive adalah mempercepat tempo permainan dengan meluncurkan shuttlecock serendah-rendahnya dan rata dengan net. Selain itu pukulan drive juga dapat mengacaukan posisi lawan.

Cara melakukan pukulan drive yaitu :
  • Ambil dan pukullah shuttlecock dari samping badan pada ketinggian pinggang.
  • Apabila Anda mengambil shuttlecock dari tempat lebih rendah, misalnya setinggi lutut maka pukulan drive akan kehilangan daya serangnya, lagi pula amat mudah dicegat dan ditebas oleh lawan.
  • Berlatihlah memukul drive cukup dengan pergelangan tangan. Usahakan jangan tergesa-gesa agar tajam dan kencang. Lakukan secara bertahan.
  • Jika sudah mahir, cobalah memukul lebih keras dengan bantuan seluruh lengan dan gerak kaki yang tepat serta perpindahan berat badan dari belakang ke depan, kemudian tahap demi tahap berlatihlah mengambil shuttlecock lebih cepat dari tempat yang lebih tinggi.
  • Pada saat memukul drive di bagian depan lapangan dari dekat badan, cukuplah Anda menggunakan pergelangan tangan.
  • Akan tetapi, apabila Anda memukulnya dari bagian belakang lapangan hendaknya dibantu dengan ayunan lengan dan berat badan. Mengambil shuttlecock makin jauh dari badan, makin keraslah pukulan Anda.
  • Jika sudah bisa drive dari bagian kanan badan (forehand drive) maka tekunilah pula melatih pukulan backhand drive, yaitu pukulan drive yang dilakukan dari sebelah kiri badan (untuk pegangan raket tangan kanan).
Pukulan drive banyak digunakan dalam permainan ganda, dan lebih banyak lagi dalam ganda campuran. Umumnya pukulan drive diarahkan sepanjang garis samping. Hindari untuk melakukan cross drive (drive menyilang) sendiri mudah untuk dikembalikan lawan.

4. Dropshot


Teknik Pukulan Bulutangkis (Gambar & Penjelasannya Lengkap)
Gambar via tutorial olahraga 
Dropshot adalah pukulan yang dilakukan dengan tujuan menempatkan shuttlecock secepatnya dan sedekat-dekatnya pada lapangan lawan.

Dropshot memerlukan lebih banyak keterampilan kelentukan. tujuan dropshot agar shuttlecock jatuh tajam ke bawah lapangan lawan (biasanya di sisi depan dekat net). Waktu yang tepat untuk mengambil pukulan ini yaitu saat shuttlecock berada di ketinggian maksimum. Dan jangan menunggu shuttlecock turun ke bawah.

Jenis-jenis pukulan dropshot

Jenis pukulan dropshot dapat dilakukan baik dari atas maupun dari bawah. Cermat penjelasannya di bawah ini :

a. Drop dari atas

Pukulan dropshot atas hampir sama dengan servis, bedanya hanya saat shuttlecock mengenai raket. Dropshot atas shuttlecock tidak dipukul keras, tapi gerakan tangan tiba-tiba ditahan, seperti berhenti sekejap, selanjutnya sentuh shuttlecock sedikit sehingga jatuh di lapangan lawan dekat dengan net.

Teknik pukulan dropshot atas akan mengecoh lawan, karena lawan akan menduga-duga pukulan apa yang dilakukan (smash, loh, atau drop). Dengan demikian lawan akan terlambat mengetahui secara pasti gerakan yang sebenarnya.

Jenis-jenis pukulan dropshot atas
  • Drop Penuh
Drop penuh banyak digunakan dalam permainan tunggal, terutama apabila lawan sudah tampak letih. Pukul shuttlecock dengan melompat setinggi-tingginya, agar shuttlecock dapat menukik tajam dan sulit mengembalikannya.

Tetapi, jangan terbiasa mengembalikan lob mendalam dari lawan dengan drop penuh dari atas karena justru akan memberi kesempatan lawan untuk melakukan pukulan smash. Dalam permainan ganda drop penuh dapat pula membahayakan kedudukan lawan.

Apabila pukulan masih bisa dikembalikan oleh lawan, pasti pukulan shuttlecocknya lemah (karena hampir jatuh ke lantai) dan shuttlecock biasanya melambung di depan net, sehingga mudah untuk disambar.
  • Drop Potong
Tekniknya hampir sama dengan drop penuh, hanya saja saat raket menyentuh shuttlecock tidak ada gerak tertahan seperti drop penuh. Sehingga laju terbang shuttlecock menjadi lambat, namun shuttlecock akan jatuh melampaui net.

Drop potong dari atas tepat pula dilakukan dalam permainan tunggal, yaitu untuk mengembalikan lob mendalam dari lawan. Namun, karena shuttlecock jatuh agak jauh dari net lapangan lawan, hindari untuk menyambar di depan net. Pasti lawan bisa memukulnya lebih keras.

Apabila  shuttlecock di depan net, pikullah dengan drop potong dari atas. Shuttlecock yang dipukul dengan tebasan akan menghasilkan gerakan memutar sehingga sulit dikembalikan lawan.

b. Drop dari Bawah

Shuttlecock yang meluncur tajam di dekat net dan nyaris jatuh ke lantai itu, masih dapat Anda usahakan mengembalikannya dari bawah. Teknik yang tepat yaitu drop dari bawah, caranya yaitu ketika shuttlecock hampir jatuh, ambillah dengan tidak memukulnya sekuat tenaga. Sehingga shuttlecock akan melambung hampir menyentuh net dan jatuh di lapangan lawan dekat net.

Pukulan drop dari bawah mengandalkan keterampilan gerak pergelangan tangan dan keseimbangan badan yang terjaga. Drop dari bawah digunakan pada permainan di depan net. Ketika lawan berada di bagian belakang lapangan.

Pasti lawan akan menduga bahwa Anda akan melakukan lob tinggi, sehingga lawan akan mundur untuk mengembalikan shuttlecock. Nah, pada saat itulah lawan akan tertipu karena shuttlecock akan jatuh di bagian depan dekat net.

5. Smash


Teknik Pukulan Bulutangkis (Gambar & Penjelasannya Lengkap)
Gambar via galena
Smash merupakan pukulan yang dilakukan sekeras-kerasnya sehingga laju shuttlecock akan cepat dan menukik ke lapangan lawan. Smash sebenarnya hampir sama dengan lob, perbedaannya yaitu pada pukulan loh shuttlecock dipukul ke atas, sedangkan smash dilakukan dengan memukul keras untuk menghasilkan laju shuttlecock yang cepat dan menukik.

Pukulan smash bertujuan untuk serangan cepat sehingga akan mendapatkan poin. Berbeda dengan jenis pukulan lainnya yang bertujuan untuk memancing atau membuka daerah permainan lawan.

Jenis-jenis pukulan smash

Macam-macam pukulan smash dalam permainan bulutangkis, cermati ulasan di bawah ini :

a. Smash Penuh

Smash penuh ini dilakukan dengan daun raket seluruhnya, dan smash penuh memiliki kekuatan yang penuh tetapi biasanya shuttlecock menjadi kurang terarah. Smash penuh pada umumnya harus sepanjang garis atau tertuju penuh badan lawan.

b. Smash Potong (smash menyilang)

Yaitu pukulan smash yang tidak terlalu keras dibandingkan dengan smash penuh, tetapi shuttlecock lebih tajam dan lebih terarah. Pada umumnya smash potong dilakukan secara menyilang sebagai smash silang atau cross smash ke lapangan lawan. Jika akan mensmash dari lini belakang maka lebih baik jika dilakukan smash potong dari pada smash penuh.

c. Around the Head Smash

Yaitu pukulan smash dengan cara memutar lengan mengitasi atas kepala terlebih dulu, kemudian baru memukul shuttlecock.
Smash ini cocok dilakukan ketika lawan dapat mengembalikan smash dengan pukulan lob ke posisi backhand, atau mengembalikan service ke arah bagian kiri lapangan (bagi pegangan tangan kanan).
Apabila Anda terlambat di bawah shuttlecock dalam posisi yang baik maka smashlah shuttlecock yang meluncur di depan pundak kiri atau bahkan lebih ke kiri (bagi pegangan tangan kanan).

Mensmash di depan pundak kiri atau bahkan lebih ke kiri itulah yang disebut around the head smash yaitu smash dengan lengan memutar mengitari atas kepala.

Cara melakukannya yaitu :
  • Miringkan tubuh ke kiri dan putarlah lengan di atas kepala untuk memukul shuttlecock yang meluncur di sebelah kiri.
  • Pukulan smash ini memerlukan keterampilan terutama keterampilan gerak pergelangan tangan dan keseimbangan badan untuk menjaga posisi agar bisa tetap berdiri dengan tegak dan tidak sempoyongan.

d. Backhand Smash

Tidak setiap smash harus dilakukan dengan forehand, tapi dapat dilakukan dengan backhand smash, yaitu smash yang dilakukan dari sebelah kiri.

Backhand smash banyak menggunakan  pergelangan tangan, sehingga diperlukan pergelangan tangan yang kuat. Tujuan backhand smash agar shuttlecock yang sudah melewati tubuh Anda dapat dipukul.
Karena menggunakan pergelangan tangan, backhand smash tepat untuk menyambar shuttlecock di dekat net. Cukup dengan keterampilan pergelangan tangan yang cepat akan menghasilkan poin.

Dalam permainan, pukulan smash penuh tidak selalu dapat mematikan lawan, sering kali pukulan setengah smash yang dilakukan pada saat yang tepat dan terarah lebih berhasil mematikan permainan lawan.

Pukulan setengah smash sering kali sangat produktif, digunakan untuk mengacaukan tempo permainan. Pukulan setengah smash akan menghasilkan kecepatan shuttlecock yang sulit untuk dikontrol.

Pukulan smash setengah adalah cara yang sangat efektif untuk menempatkan shuttlecock pada suatu titik tertentu yang berada di luar kekuasaan lawan. Cara melakukannya hampir sama dengan smash penuh, hanya pada saat shuttlecock akan menyentuh daun raket, shuttlecock sedikit agak dipotong.

Fungsi pergelangan tangan dapat menentukan dalam melakukan smash setengah. Dengan putaran atau lekukan di pergelangan tangan Anda akan mendapatkan arah shuttlecock yang melengkung sehingga jarak pukulan menjadi pendek dan sulit untuk ke luar di garis belakang.

6. Permainan Net (Net Play)


Teknik Pukulan Bulutangkis (Gambar & Penjelasannya Lengkap)
Gambar via walpaperhd
Pukulan net merupakan teknik pukulan yang sulit karena permainan net ini banyak memerlukan kecermatan dengan penuh perasaan atau insting. Dalam permainan net ini faktor tenaga hampir tidak diperlukan sama sekali, dengan tenaga yang bersifat lentur, shuttlecock yang ringan itu dengan sendirinya akan memantul.

Beberapa prinsip dalam permainan net adalah :
  • Shuttlecock harus diambil di atas atau setinggi mungkin.
  • Lambungan shuttlecock harus serendah mungkin dengan net.
  • Jatuhnya shuttlecock harus serapat mungkin dengan net.
  • Shuttlecock harus diambil sewaktu masih di atas, sehingga akan menyulitkan lawan karena terlalu mepet dengan net.
  • Apabila shuttlecock diambil setelah di bawah akan memperlambat tempo permainan dan dapat memberi kesempatan lawan lebih siap untuk maju.

Kesimpulan

Itulah teknik permainan bulutangkis mengenai macam-macam pukulan bulutangkis, mulai dari servis, pukulan lob, drive, dropshot, smash, dan netting. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Pukulan Bulutangkis (Gambar & Penjelasannya Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel