Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)

Teknik dasar bola voli merupakan hal yang harus Anda pelajari dan praktekan untuk menjadi seorang pemain bola voli yang profesional. Perlu diingat bahwa bola voli adalah salah satu olahraga yang populer di seluruh dunia. Baik untuk anak kecil maupun orang dewasa, Anda juga suka bermain bola voli.

Dapat dikatakan bahwa olahraga ini cukup sulit, terutama untuk pemula. Nah, jika Anda masih pemula dan ingin mahir dalam permainan bola voli, Anda setidaknya harus menguasai teknik dasar bola voli dan tahu bagaimana melakukannya dengan benar.

Daripada penasaran, mari kita simak ulasan berikut ini.  


A. Definisi Permainan Bola Voli

Bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari enam pemain. Olahraga voli ini bertujuan untuk melemparkan bola ke area lawan dan mencegah bola voli jatuh ke area tim tim sendiri.

Di tingkat internasional, permainan bola voli ini dinaungi oleh Federation Internationale de Volleyball (FIVB). Sedangkan di dalam negeri sendiri, organisasinya yaitu Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI).

Selain perlunya daya tahan fisik yang kuat, ternyata permainan bola voli juga membutuhkan ketangkasan pemain. Meskipun tim kami memiliki ketahanan fisik yang kuat, tetapi saat menerima bola dari lawan masih kerepotan, tim kami tidak gesit dalam hal mendapatkan bola. Dapat dipastikan tim kami akan kalah.

Karena dalam permainan bola voli, pemainnya lebih dari satu orang. Maka ada satu hal yang penting, yaitu kerja tim.
Kerja tim ini adalah hal terpenting dalam permainan bola voli. Kurangnya koordinasi antara pemain akan enyebabkan tim  mengalami kekalahan. Jadi jangan lupa untuk berkoordinasi dengan pemain satu tim dalam sebuah pertandingan.

B. Sejarah Singkat Permainan Bola Voli

Sebelum Anda memulai dengan teknik bola voli dasar dan benar, Anda harus terlebih dahulu mengetahui asal usul olahraga ini, yang disukai oleh sebagian besar penduduk dunia, terutama Indonesia. 

1. Sejarah permainan bola voli di dunia

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : volleycountry

Menurut pandangan Arifin Saddoen, bola voli adalah kombinasi basket ball, handball. Sejarah awal mula penemuan permainan bola voli ini berasal dari organisasi pemuda yang mengajarkan ajaran dasar orang Kristen. Organisasi ini disebut Young Cristian Association (YMCA).

Organisasi ini, didirikan di London pada 6 Juni 1884, diprakarsai oleh William G. Morgan. YMCA menyediakan fasilitas untuk kaum muda Kristen seperti perumahan, pendidikan dan olahraga.

Ketika William G. Morgan bertemu James Naismith (penemu permainan bola basket) pada 9 Februari 1895 di Holyoke, Amerika, Morgan telah terinspirasi untuk mengembangkan permainan yang hampir serupa.

Dapat disimpulkan bahwa permainan bola voli ini ditemukan dan dikembangkan oleh William G. Morgan.

William G. Morgan adalah seorang guru olahraga (Direktur Pendidikan Jasmani) di organisasi YMCA. Guru olahraga yang juga merupakan lulusan dari Springfield Collage of YMCA, lahir pada tahun 1870 dan meninggal pada tahun 1942.

Awalnya, permainan bola voli ini hanya untuk anggota YMCA yang tidak lagi muda, sehingga olahraga ini tidak seaktif basket. Meskipun mirip dengan bola basket, teknik dasar voli sangat berbeda dengan teknik bola basket.

Anda mungkin belum tahu bahwa game ini awalnya bernama Mintonette, yang kemudian berubah nama menjadi bola voli pada tahun 1896. Perubahan nama ini berasal dari direktur Pusat Pendidikan Fisik Profesional, Dr. Luther Hasley Gulick mengundang William G. Morgan untuk memperkenalkan olahraga yang baru saja ia temukan.

Morgan juga membawa 10 orang yang dipecah menjadi dua tim untuk memperagakan bola voli.  Sejak diperkenalkannya olahraga baru ini di acara tersebut, game ini menjadi semakin populer.

Karena banyaknya penggemar dalam olahraga ini, organisasi IVBF (International Volley Ball Federation) didirikan pada tahun 1947, yang menjadi tuan rumah pertandingan bola voli kelas dunia.

2. Sejarah Permainan Bola Voli di Indonesia

Sejarah bola voli di Indonesia berasal dari periode kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1928. Selama periode kolonial, tentu saja, permainan ini seharusnya hanya dimainkan oleh Belanda dan kaum bangsawan. Tentara juga berkontribusi pada penyebaran olahraga ini.

Para prajurit biasanya bermain bola voli di asrama dan di lapangan terbuka, jadi ini sering diamati oleh masyarakat sekitar saat ini.

Karena itu, hanya dibutuhkan waktu singkat bagi permainan bola voli ini untuk menyebar ke seluruh Indonesia. Memang, karena popularitas olahraga ini, klub bola voli telah bermunculan di banyak kota besar di Indonesia.

Untuk meningkatkan potensi bangsa Indonesia dalam bola voli, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) didirikan di Jakarta. Lebih tepatnya, pada Oktober 1951, olahraga ini secara resmi terdaftar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) II di Jakarta.
Kegiatan PBVSI tidak hanya berlangsung di Indonesia, tetapi organisasi ini juga aktif di bola voli di tingkat internasional. Hingga hari ini, PBVSI terus berkontribusi untuk nama bangsa Indonesia melalui bola voli.

C. Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik dasar bola voli tentu saja menjadi momok bagi pemula yang belum menguasainya. Menempatkan posisi tubuh dan tangan yang tepat saat menerima umpan dari teman akan sangat sulit jika kita tidak tahu tekniknya. Oleh karena itu penting bagi pemula untuk mempelajari teknik dasar dalam permainan bola voli.

Nah, di bawah ini kita akan membahas teknik dasar bola voli mulai dari melakukan servis, mengoper, mensmash hingga memblok.

Berikut adalah beberapa teknik bola voli dasar dengan gambar mereka.

a. Teknik dasar servis bola voli

Servis adalah serangan pertama sebagai pertanda bahwa permainan dimulai. Sebagai serangan, maka para pemain pasti akan menghadiahkan bola yang sulit untuk lawan sehingga dapat mencuri poin dengan mudah.

Dalam bola voli, servis menjadi suatu hal yang penting. Sebab apabila kegagalan servis akan membuat kehilangan satu poin dan bola pun akan pindah ke pihak lawan. Oleh karena itu, teknik servis merupakan sebuah dasar yang harus dikuasai sempurna oleh pemain voli.

Biasanya, target atau sasaran servis ini yaitu area lawan yang kosong atau pemain lawan yang kurang gesit sehingga lawan tidak bisa mengendalikan bola dan bola jatuh ke area lawan, yang memberikan poin tambahan kepada timnya.

Macam-macam servis dalam bola voli

Servis bawah

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : moondoggiesmusic


Servis bawah merupakan teknik servis dengan posisi awal tangan tetap di samping badan, kemudian diayuknkan dari bawah dengan batas maksimal tangan mengenai bola yaitu rata dengan lengan atas.

Langkah-langkah melakukan servis bawah dalam permainan bola voli :
  • Berdiri di belakang garis lapangan, kedua kaki dibuka selebar bahu dan telapak kaki menghadap ke depan.
  • Bola dipegang dengan tangan kiri (bagi yang kidal maka sebaliknya) 
  • Lambungkan bola pelan, saat bola di ketinggian pinggang, pukul dengan mengayunkan tangan dari bawah belakang hingga mengenai bola. 
  • Usahakan ayunan tangan tidak melebihi sejajar lengan atas, supaya bola tidak hanya tinggi melainkan juga agar melaju ke depan (agar tidak jatuh di lapangan sendiri).
  • Setelah bola mengarah ke lapangan lawan, pemain servis (server) bisa bergabung kembali dengan regunya. 
Servis atas

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : aanwijzing


Servis atas adalah servis yang dilakukan dengan melambungkan bola hingga di atas kepala, kemudian tangan akan memukulnya dari atas. Servis atas sering digunakan dalam permainan, alasannya karena kecepatan bola yang dihasilkan jauh lebih cepat dari servis bawah.

Servis atas terbagi lagi menjadi dua yaitu tennis servis dan servis mengapung (Floating servis).

1. Tennis servis

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : aturanpermainan


Tennis servis adalah teknik servis yang dilakukan dengan mengayunkan satu lengan kemudian memukul bola dari atas menggunakan telapak tangan, sehingga seperti melakukan smash.

Cara melakukan Tennis Servis adalah sebagai berikut :
  • Berdiri dengan kaki kiri di depan dan sedikit ditekik. 
  • Pegang bola dengan kedua tangan, dengan posisi tangan kanan di atas bola dan tangan kiri di bawah bola untuk menyangga. 
  • Lambangkan bila ke atas menggunakan tangan kiri, selanjutnya tarik tangan kanan ke belakang atas kepala dan bersiap-siap untuk memukul bola. 
  • Ketika posisi bola di atas kepala, ayunan tangan kanan untuk memukul bola. 
  • Lecutan tangan bisa dikombinasikan agar bola yang dihasilkan kencang, tetapi tidak menukik seperti melakukan smash. 
2. Servis mengambang (floating service)

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : gurupenjaskes


Servis mengambang adalah teknik memukul bola dimana bola yang dihasilkan akan meluncur mengambang di udara dan tidak berputar serta biasanya bola bisa berubah arahnya.

Teknik melakukannya tidak jauh berbeda dengan tennis servis, hanya saja saat tangan mengenai bola server boleh dengan tangan yang menggenggam. Sehingga seperti gerakan memukul bola.

Cara melakukannya pun tak jauh berbeda dengan tennis servis, seperti di bawah ini :
  • Berdiri di tempat servis dengan menghadap lapangan.
  • Lambangkan bola di depan atas hingga ketinggiannya melebihi kepala.
  • Pukul dengan tangan kanan atau kiri, perkenalan tangan berada di tengah-tengah bola
Servis samping

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : moondoggiesmusic

Servis samping merupakan teknik servis dengan posisi awal berdiri menyampingi lapangan atau net. Cara melakukan servis samping adalah sebagai berikut :
  • Berdiri dengan posisi badan menyampingi lapangan atau net.
  • Pegang bola dengan tangan kiri, kemudian tangan kanan menggenggam untuk memukul bola (jika kidal, maka sebaliknya).
  • Kaki kiri melangkah ke samping, kemudian lambangkan bola di depan pundak kiri.
  • Ayunkan tangan kanan dengan gerakan melingkar ke arah bola sambil memindahkan berat badan ke kaki kiri 
Jumping Service

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : penjas.co.id

Jumping service atau servis loncat merupakan teknik servis yang dilakukan seperti hendak melakukan smash, dengan 
demikian bola yang dihasilkan pun akan keras, cepat, dan menukik. Servis ini mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi, sehingga hanya pemain-pemain tertentu yang bisa melakukannya

Cara melakukan jumping service :
  • Berdiri dengan posisi beberapa meter dari garis belakang dan badan menghadap ke lapangan.
  • Pegang bola menggunakan kedua tangan.
  • Lambangkan bila kurang lebih setinggi 3 m di depan badan. 
  • Setelah bola mencapai ketinggian yang diinginkan, kejar bola dan lakukan loncatan kemudian pukul bola seperti melakukan smash. 
  • Lecutkan pergelangan tangan agar bola yang dihasilkan bisa berputar dan secepatnya turun ke lapangan lawan.Teknik dasar untuk bermain bola voli
b. Teknik dasar passing bola voli 

Setelah menguasai teknik servis bola voli, Anda selanjutnya akan mempelajari passing (mengoper) dalam bermain bola voli. Passing adalah salah satu teknik untuk memberikan atau meneruskan bola ke rekan satu tim. Jika Anda dapat mengoper dengan sempurna, rekan satu tim Anda yang lain akan dengan mudah menerima umpan Anda.

Teknik dasar passing dalam bola voli terbagi menjadi dua macam, yaitu passing bawah dan passing atas. 

1. Passing bawah

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : moondoggiesmusic


Passing bawah yaitu gerakan penerimaan bola dan mengoper dengan mengunakan kedua lengan secara bersamaan.

Langkah-langkah untuk melakukan teknik passing bawah :
  • Berdiri dengan posisi badan tegak dan rileks
  • Buka kedua kaki lebar-lebar dan sejajarkan
  • Tekuk lutut Anda dalam posisi yang nyaman
  • Sejajarkan ibu jari dan lurus dan rapatkan kedua lengan 
  • Letakkan Kedua tangan Anda di depan badan 
  • Ayunkan lengan Anda saat mengenai bola hingga sejajar dengan leher
  • Saat berayun, perkenaan bola harus pas di pergelangan tangan bagian atas
2. Passing atas

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : moondoggiesmusic


Passing atas adalah gerakan pemain untuk menerima dan mengoper bola yang berada di atas kepala menggunakan jari-jari tangan.

Langkah-langkah untuk melakukan passing bawah :
  • Berdiri dengan posisi tegak dan tetap rileks
  • Buka kedua kaki selebar bahu dan sejajarkan
  • Arahkan pandangan pada bola yang akan datang 
  • Tekunlah kedua lutut
  • Posisikan kedua tangan Anda tepat di depan wajah dan buka jari-jari tangan dengan rileks
  • Tekuk kedua siku 
  • Saat bola datang, dorong bola dengan melecutkan jari-jari tangan sambil meluruskan kedua tangan ke atas. 
c. Teknik dasar smash bola voli 

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : moondoggiesmusic


Smash adalah serangan berupa pukulan keras dan menukik yang dutujukan ke daerah pertahanan lawan untuk mendapatkan poin. 

Macam-macam pukulan smash

Jenis-jenis smash secara umum dapat dibedakan berdasarkan arah datangnya bola, diantaranya yaitu :

Smash lurus 

Smash lurus adalah pukulan keras dengan mengarahkan bola lurus ke area lawan yang rawan kehilangan poin. 

Smash silang (cross smash) 

Cross-smash adalah pukulan smash yang dilakukan ke kiri atau kanan area lawan yang rawan kehilangan poin.

Selain jenis pukulan smash si atas, ada juga beberapa pukulan smash yang wajib dikuasai oleh spiker atas smasher, diantara yaitu :
  • Open smash yaitu gerakan awal yang dilakukan saat menerima bola dari set upper. Pukulan dilakukan saat smasher melakukan lompatan maksimal dan jangkauan lengan yang tertinggi.
  • Quick smash adalah pukulan smash dengan umpan sekitasr 30 centimeter di atas net.
  • Semi smash adalah pukulan smash dengan ketinggian umpan sekitar 50 centimeter di atas net.
  • Straigh smash merupakan teknik pukulan smash yang dilakukan saat bola umpan berada di tepi jarring.
  • Drive smash adalah pukulan smash dengan mengarahkan bola ke jarak yang panjang (mengincar daerah belakang).
  • Dummy smash adalah gerakan tipuan smash dengan cara menyentuh bola dengan jari-jari tangan.
  • Smash bola 3 meter merupakan teknik pukulan smash yang dilakukan dari belakang garis 3 meter (garis serang).
  • Smash kijang atau umpan bola back adalah smash yang dilakukan dengan melakukan langkah panjang dan meloncat menggunakan satu kaki, dimana tangan yang digunakan untuk memukul harus berlawanan dengan kaki tumpu loncatan. Misal tangan kanan untuk memukul, maka kaki tumpunya kaki kiri.
  • Smash double step merupakan teknik smash tipuan, dimana smasher melakukan dua kali gerakan untuk melakukan tolakan meloncat. Pertama untuk mengecoh blocker lawan dan yang kedua untuk melakukan smash.
  • Smash step L merupakan teknik smash dengan melakukan gerakan 3 langkah. Pertama melangkah ke depan, kemudian kesamping, dan melompat naik untuk melakukan pukulan smash.
Cara melakukan smash

Secara umum, langkah-langkah melakukan smash  terdiri dari empat bagian :

Awalan
  • Posisikan tubuh sekitar 2-3 m dari posisi bola yang melambung
  • Ambil satu langkah ke depan, kemudian diikuti oleh kaki lainnya
  • Julurkan tangan terkuat Anda ke depan, kemudian ayunkan kembali ke belakang 
Lompatan
  • Lakukan loncatan setinggi mungkin
  • Pastikan tangan Anda terayun ke depan saat Anda bersiap untuk melakukan smash
Pukulan
  • Pukullah bola sekeras mungkin sambil mengontrol arahnya ke area lawan
  • Pukul bola pada bagian tertentu sehingga bola bisa menukik tajam ke area lawan
Pendaratan
  • Mendaratlah dengan lutut sedikit ditekuk untuk mengurangi risiko cedera
  • Pastikan posisi tubuh dalam kondisi yang nyaman
d. Teknik dasar blocking bola voli 

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
 Gambar via : moondoggiesmusic

 
Teknik dasar selanjutnya dalam bola voli yaitu blocking. Blocking adalah teknik untuk membendung atau mencegah pukulan smash lawan agar kembali ke daerah lawan itu sendiri. Biasanya pemain yang melakukan blocking memiliki postur tubuh yang tinggi, sehingga hasilnya maksimal.

Teknik blocking ini harus dikuasai oleh semua pemain bola voli. Teknik blocking terbagi menjadi beberapa macam, berdasarkan jumlah pemain yang melakukannya, blocking terbagi menjadi dua yaitu blocking tunggal dan blocking berkawan.

Blocking tunggal dilakukan oleh satu pemain, sedangkan blocking berkawan dilakukan oleh lebih dari satu pemain, biasanya terdiri dari 2-3 pemain. Selain itu ada jenis blocking lainnya, yaitu :
  • Block bola open yaitu teknik block dengan cara pemain mendekati smaher lawan dan posisi tangan berada di bawah dada. Kemudian merandahkan posisi untuk persiapan melakukan tolakan, lalu melompat setinggi mungkin setelah smasher lawan dengan arah lompat vertikal ke atas.
  • Block bola semi adalah teknik block dengan cara pemain mendekati smaher lawan dan posisi tangan dinaikkan di depan dada. Kemudian merandahkan posisi untuk persiapan melakukan tolakan, lalu melompat setinggi mungkin setelah smasher lawan dengan arah lompat vertikal ke atas.
  • Block bola quick yaitu teknik block dengan cara pemain mendekati smaher lawan dan posisi tangan diluruskan ke atas. Kemudian merandahkan posisi untuk persiapan melakukan tolakan, lalu melompat setinggi mungkin bersamaan dengan smasher lawan dengan arah lompat vertikal ke atas.
Langkah-langkah melakukan blocking :
  • Posisikan tubuh dalam keadaan tegap dan santai di depan net
  • Sejajarkan kedua kaki Anda dengan telapak tangan membuka di depan dada dan arahkan ke net
  • Kemudian lakukan lompatan dan julurkan kedua tangan ke net mengikuti arah bola dari serangan tim lawan

D. Keuntungan Menguasai Teknik Dasar Bola Voli

Permainan bola voli ternyata tidak hanya mengandalkan pada fisik yang kuat, fleksibilitas dan strategi yang baik, tetapi juga harus menguasai teknik bermain bola voli. Tentu tujuannya untuk mengetahui porsi teknik dari masing-masing posisi dalam bola voli. Baik sebagai set upper, libero, smasher maupun blocker.

Misalnya, saat kita menjadi set upper, kita harus menguasai teknik passing dan blocking, ini karena pemain ini berada di depan net dan harus selalu siap untuk memblokir serangan dari lawan.

Contoh lain seperti pemain smasher, tentu saja pemain ini juga harus menguasai teknik smashing dan blocking yang baik. Para smasher harus menguasai betul teknik smash agar bisa menghasilkan pukulan yang keras dan tajam sehingga dapat mematikan lawan. 

E. Aturan Permainan Bola Voli 

  • Sistem permainan bola voli itu sendiri menggunakan sistem semi kompetisi, di mana permainannya terdiri dari 8 tim, yang kemudian dibagi menjadi 2 grup.
  • Setiap grup terdiri dari 4 tim. Setiap tim terdiri dari 10 pemain, terdiri dari 6 pemain inti dan 4 pemain cadangan.  Substitusi atau pergantian antara pemain inti dan pemain cadangan tidak terbatas.
  • Di akhir sesi, setiap tim yang bersaing harus bertukar posisi lapangan. Ketika sudah ditetapkan babak penentuan, tim dengan skor terendah dapat meminta untuk bertukar lapangan ketika tim lawan mencapai skor 13.
  • Dalam permainan bola voli ada tiga putaran permainan atau yang disebut best of three. Namun, jika pada akhir babak ketiga sudah diketahui siapa yang memenangkan pertandingan, maka babak yang ke empat tidak akan dimainkan.
  • Sedangkan jika sudah di babak ke tiga skor menunjukkan kedudukan 2-1, maka babak ke empat dan kelima akan dimainkan sampai keluarnya pemenang. 
a. Aturan Permainan Bola Voli (bagian 1)

Berikut peraturan permainan bola voli :
  • Setiap tim itu terdiri dari 10 pemain, yaitu 6 pemain inti yang bermain di lapangan dan 4 cadangan
  • Setiap pemain bola voli dalam satu tim harus mengenakan pakaian olahraga dengan warna yang sama, ada nomor punggung serta nomor dada.
  • Pergantian melakukan servis di setiap tim searah dengan jarum jam
  • Ada 25 rally point
  • Lama permainan tergantung pada total poin dalam satu set (rally point hanya diperoleh jika skor mencapai 15).
  • Jika hasilnya seri, misalnya 24-24, permainan akan diperpanjang 2 poin (Dauce point). Apabila tim unggul dengan selisih 2 poin, tim memenangkan pertandingan.
  • Setiap menang di babak penyisihan, tim akan mendapatkan poin satu.
b. Aturan bola voli (bagian 2)
  • Jika bola memasuki area lawan / terkena area di dalam lawan / garis pas di lapangan, maka akan mendapatkan poin
  • Permainan ini dipimpin oleh 1 wasit dibantu oleh 4 asisten wasit yang bertindak sebagai penjaga garis dan 1 wasit sebagai pengatur 
  • Setiap tim hanya dapat melakukan 3 kali sentuhan
  • Timeout hanya dilakukan satu kali dalam setiap babak dengan durasi satu menit
  • Kualitas skor untuk setiap set yang dimainkan akan digunakan untuk menentukan juara pertama dan kedua ketika ada kasus di mana dua atau lebih tim mendapatkan poin yang sama.

F. Kesalahan dan Pelanggaran Dalam Permainan Bola Voli 

Sama dengan cabang olahraga lainnya, yaitu kita dilarang untuk melakukan hal-hal tertentu yang apabila kita langgar, maka konsekwensinya akan mendapatkan foul atau pelanggaran. Berikut beberapa kesalahan dan pelanggaran dalam bermain bola voli.

a. Kesalahan selama servis
  • Pemain terlalu lama mengulur-ulur waktu saat melakukan servis
  • Saat servis, bola tidak dipukul dengan tangan dan tidak melambung ke atas
  • Bola tidak menyebrangi net, bola lewat di bawah net, dan bola keluar lapangan
  • Pemain melangkah atau menginjak garis batas servis
b. Pelanggaran net
  • Pemain dengan sengaja atau tidak sengaja menyentuh net atau tiang net selama pertandingan
  • Tangan pemain menyentuh net dan menyentuh bola ketika tim lawan belum menyelesaikan serangan
  • Kaki pemain dengan sengaja atau tidak sengaja melewati garis batas selama pertandingan
c. Kesalahan posisi
  • Saat melakukan servis, pemain tidak dalam posisi yang seharusnya
  • Pukulan servis dilakukan secara bergilir oleh pemain dalam satu tim. Aturan servis harus searah dengan arah jarum jam. Jika ada pemain yang mmlakukan servis di luar urutannya, mereka dianggap melakukan kesalahan bahkan bisa dikenai foul atau pelanggaran.
  • Pemain belakang baik sengaja atau tidak melakukan blocking dekat net
  • Pemain cadangan yang menggantikan pemain inti selama pertandingan berlangsung, tidak menempati posisi pemain sebelumnya
d. Pelanggaran saat bermain
  • Pemain yang sama menyentuh bola dua kali secara berurutan 
  • Saat sentuhan, bola dihentikan. Saat bermain dilarang menghentikan bola. 
  • Pemain sibstitusi saat menggantilan pemain inti tidak melapor ke wasit
  • Pemain sengaja atau tidak sengaja memasuki lapangan lebih dari tiga kali
e. Pelanggaran perilaku
  • Semua tim terdiri pemain inti, pelatih, pemain substitusi ataupun manajer, berbicara secara tidak pantas dan menyela tim lawan.
  • Pemain substitusi, pelatih, manajer, dan pendukung kedua tim memasuki lapangan ketika permainan berlangsung. 
  • Berteriak keras untuk mengganggu konsentrasi lawan dalam bermain 

G. Posisi Pemain Bola Voli 

Tak hanya mengetahui aturan dan teknik dasar permainan bola voli. Anda sebaiknya juga memahami posisi masing-masing pemain sehingga nantinya Anda bisa menyesuaikan tugas-tugasnya sehingga saat bermain dapat terkoordinir dan meraih kemenangan.

Secara umum, posisi pemain dalam bola voli terbagi menjadi 4 posisi, yaitu :

1. Server 

Server adalah posisi pemain yang melakukan servis atau menyajikan bola. Server harus melakukan servis sampai bola itu melewati net dan menuju ke daerah lawan.

Setelah server melakukan servis, pemain ini akan kembali bertugas seperti semula, baik itu defender/libero, smasher, ataupun set upper. Kesimpulannya server itu dilakukan oleh setiap pemain dalam sebuah tim tanpa terkecuali. Seorang server harus menguasai teknik servis, minimal teknik servis bawah dan servis atas.

2. Set Upper atau Tosser

Set Upper atau tosser yaitu posisi pemain yang tugasnya memberi umpan kepada rekan setimnya untuk membangun sebuah serangan. Otak serangan dalam bola voli terdapat di posisi tosser. Jika umpan-umpan tossernya baik, maka serangan yang dibangunpun akan mematikan dan menghasilkan poin.

Tosser juga memiliki tugas untuk mengatur pola, ritme, dan tempo permainan bola voli. Seperti kapan waktunya bertahan dan menyerang, sehingga tosser bisa dikatakan gelandang dalam permainan bola voli. Selain itu, tosser juga harus menguasai teknik blocking untuk membendung serangan lawan. 

3. Posisi Libero

Libero adalah pemain yang bertugas untuk menahan bola dari serangan musuh. Dalam permainan bola voli, posisi ini paling mudah untuk dikenali, karena pemain di posisi ini akan mengenakan kaos yang berbeda dari rekan setimnya.

Seorang libero juga harus berkewajiban menerima bola pertama dari lawan untuk diberikan kepada set upper. Oleh karena itu, seorang libero harus memiliki dan menguasai teknik yang baik, mulai dari passing bawah dan passing atas.

Libero mepunyai kebebasan untuk keluar masuk pertandingan dengan menggantikan pemain lain tanpa pemberitahuan kepada wasit. Akan tetapi libero tidak boleh melakukan smash dan blocking serta tidak boleh berada dan maju di depan garis serang. Artinya hanya bisa bermain di posisi 1, 6, dan 5 saja.

Jadi saat rotasi, dan libero akan berpindah dari posisi 5 ke posisi 4, maka libero akan digantikan pemain lain selain libero.

4. Posisi Spiker / Smasher

Smash adalah serangan berupa pukulan keras dan menukik yang dutujukan ke daerah pertahanan lawan untuk mendapatkan poin. Jadi smasher atau spiker adalah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan smash.

Posisi smasher berada di samping set upper, artinya saat set upper menerima bola kedua dan melakukan umpan, smasher harus bersiap untuk melakukan smash. Pemain inilah yang sering menyumbang poin, sehingga seorang spikker harus jeli dan pandai menempatkan bola ke pertahanan lawan.

Selain menyerang, smasher juga memiliki tugas untuk melakukan blocking atau membendung serangan lawan.


H. Lama Permainan Bola Voli 

Dalam cabang olahraga lain, seperti basket, sepak bola, dan sejenisnya, mereka biasanya memiliki durasi waktu dengan batasan tertentu.  Namun, untuk permainan bola voli, waktunya tidak tetap.

Pertandingan ditentukan oleh jumlah 25 poin yang didapatkan oleh salah satu tim yang sedang bertanding (atau dengan rally point di mana permainan akan berakhir).
Untuk menentukan tim mana yang akan memenangkan pertandingan, dalam bola voli menggunakan dua sistem, yaitu two winning set (satu tim mendapatkan poin tertinggi dalam dua set kemenangan) dan three winning set (satu tim memenangkan dari tiga set langsung).

I. Ukuran Lapangan, Tinggi Net, dan Ukuran Bola Voli

Dalam permainan bola voli, ternyata ukuran lapangan tidak sembarangan dibuat. Ada standar khusus untuk ukuran lapangan bola voli, begitu juga dengan tiang dan net serta ukuran bola voli.  Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : moondoggiesmusic


Berikut adalah ukuran standar untuk lapangan voli :
  • Panjang : 18 m
  • Lebar : 9 m
  • Panjang garis serang dari garis net : 3 m
  • Area servis pemain bola voli : 3 m
  • Lebar garis lapangan voli adalah 5 cm
Berikut adalah ukuran standar untuk tiang dan net bola voli :
  • Tinggi net putra : 2,43 m
  • Tinggi net putri : 2,44 m
  • Panjang net  : 9 m
  • Lebar net : 1 m
  • Tinggi antena diatas net : 80 cm
  • Tinggi tiang net bola voli : 2,55 m
  • Jarak tiang dengan garis tepi samping kanan dan kiri : 0,5 – 1 meter (arah keluar garis)
  • Pita yang menempel di bagian atas net : 5 cm
  • Pita yang menempel di bagian samping net : 5 ccm dan panjang 1 m
  • Ukuran lubang jala netter yang berbentuk persegi : 10 cm
Ukuran bola voli

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)


Sama dengan cabang olahraga lain, dalam bola voli alat yang digunakan berupa bola pun tidak sembarangan. Berikut ini ukuran bola voli standar :
  • Bentuk bola voli harus bulat dan memiliki kombinasi warna
  • Diameter bola voli : 65 - 67 cm 
  • Keliling bola : 65 cm – 67 cm
  • Massa bola voli : 260 - 280 gram
  • Tekanan udara dalam bola voli : 294,3 - 318,82 mbar / hPa
  • Terbuat dari kulit lembut atau bisa menggunakan bahan sintetis. 

I. Formasi Permainan Bola Voli

Formasi bola voli adalah sebuah susunan atau barisan sebagai pola penyerangan dan pertahanan, dimana setiap pemain dalam sebuah tim voli mempunyai tugas masing-masing dalam formasi.

Formasi penyerangan bola voli

1. Formasi bola voli : 4 Sm-2 Su (4 smasher dan 2 set upper)

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Formasi ini merupakan formasi yang paling banyak dipakai, terlebih pada sebuah tim yang beranggotakan pemain pemula karena formasi yang mudah diterapkan. Formasi bola voli ini akan memakai 4 smasher dan 2 set upper.

Komposisi pemainnya adalah sebagai berikut :
  • Su1 dan Su2 : Set upper 1 dan 2
Biasanya set upper 1 dan 2 akan melakukan set dari posisi tengah yaitu posisi 3 dan 6. Setelah melakukan rotasi, maka set upper akan tetap berada di depan satu dan di belakan satu. Sehingga mudah untuk melakukan serangan dari manapun. Nah inilah yang menjadi salah satu kelebihan formasi ini.
  • Sm1 – Sm4 : Smasher 1,2,3, dan 4
Dalam formasi bola voli ini, posisi 4 orang smasher berlawanan, dimana Sm1 akan berlawanan dengan Sm4 dan Sm2 akan berlawanan dengan Sm3. Hal ini dikarenakan untuk pemerataan kemampuan dalam melakukan serangan.

2. Formasi bola voli : 4Sm – 1Su – 1U (4 Smasher – 1 Set Upper – 1 Universal)

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Formasi ini memiliki susunan pemain yang lengkap, yaitu ada Set Upper, Smasher, dan Universal. Pada formasi 4-1-1 terdapat komposisi pemain sebagai berikut :
  • 4 Pemain sebagai Smasher : Sama seperti formasi lainnya posisi 4 smasher selalu berlawanan, dimana Sm1 akan berlawanan dengan Sm4 dan Sm 2 akan berlawanan dengan Sm3.
Sm1 memiliki kemampuan lebih baik dari Sm4, sehingga diposisikan di depan garis serang pada posisi 4

Sedangkan Sm3 memiliki kemempuan menyerang yang lebih baik dari Sm2, sehingga diposisikan di depan garis serang pada posisi 2
  • 1 Pemain sebagai universal : Pemain universal memiliki kemampuan serba bisa baik untuk mengumpan maupun menyerang. Namun, saat mengumpan kemampuannya tidak sebaik set upper, begitu pula saat menyearang kemampuannya tidak sebaik smasher. Bisa dikatakan sebagai back up dalam kekosongan posisi pemain.
  • 1 Pemain sebagai Set Upper : Pemain yang betugas mengumpan ini, posisinya selalu berlawanan dengan Universal. Hal ini bertujuan agar saat set upper berada di belakang garis serang, Universal dapat membantu atau menggantikan Set Upper untuk memberikan umpan.
3. Formasi bola voli : 5 Sm- 1 Su (5 Smasher dan 1 Set Upper)

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Susunan pemain formasi ini yaitu 1 Set Upper dan 5 Smasher. Saat Set Upper berada di depan garis serang maka tim akan memiliki 2 Smasher. Sedangkan ketika Set Upper berada di belakan garis serang, maka tim tersebut akan memiliki 3 Smasher di barisan depan.

Komposisi bermain adalah sebagai berikut :
  • Posisi Set Upper harus berlawanan dengan Sm5, pada gambar di atas yaitu pada posisi 3 dan 6
  • Pada formasi ini tugas Set Upper sangat berat
  • Selama Set Upper berada di posisi depan ( posisi 2,3, dan 4), salah satu dari Sm1 atau Sm2 harus ada di posisi depan sebagai andalan
  • Apabila Set Upper tidak dapat mengumpan, maka Smasher terdekatlah yang akan bertugas memberi umpan.
4. Formasi bola voli : 6-2

Formasi 6-2, berarti pemain volinya delapan? padahal kan cuma lima? Nah itu mungkin hal yang pertama kali muncul ketika menemukan formasi bola voli seperti ini. Inilah penjelasan dan susunan pemainnya :
  • 6 Pemain berperan sebagai smasher, dan salah dua diantaranya  juga sebagai sett upper (Istilahnya yang dua rangkap jabatan­čśé) 
  • Formasi ini hampir memiliki kesamaan dengan 4-2 yaitu memiliki 4 smasher dan 2 set uppercut. Namun perbedaannya kalau 4-2, pemain set uppernya sejati, sedangkan formasi 6-2, pemain set uppernya samar-samar (artinya bisa passing dan juga salah).
  • Selain itu, posisi set upper pada formasi 6-2 ini adalah pemain yang berada di barisan belakang. Nah, pada saat menyusun serangan salah satunya akan maju untuk menjadi set upper. 
Formasi pertahanan bola voli 

1. Formasi pertahanan bola voli saat menerima servis

Sistem pertahanan 2 : 4

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Artinya terdapat 4 pemain yang siap untuk menerima bola servis lawan (berada di belakang garis serang) dan 2 pemain yang bersiap menerima bola ke dua atau bersiap untuk mengumpan (berada di depan garis serang).

Sistem pertahanan 1 : 5

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Pola pertahanan ini terdiri dari 5 pemain yang bersiap untuk menerima servis (berada di belakang garis serang) dan 1 pemain yang bersiap menerima bola kedua atau bersiap untuk mengumpan (berada di depan garis serang).

2. Formasi pertahanan bola voli terhadap smash, plessing, dan dink

Dalam permainan bola voli, serangan yang dibangun tim lawan pasti selalu dinamis (berubah-ubah). Nah, itulah sebabnya suatu tim harus siap dalam membendung serangan lawan bukan hanya servis melainkan juga smash, plessing, dan dink.

Formasi pertahanan 1 : 3 : 2 (1 blocker, 3 pemain tengah, dan 2 pemain belakang)

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Formasi ini digunakan untuk menghadapi smash lemah, plessing, dan dink. Formasi ini menekankan pada kekuatan pertahanan lini tengah oleh 3 pemain dan lini belakang oleh 2 pemain. Jikalau bola smash tidak memungkinkan untuk di block, maka formasi ini digunakan.

Keterangan :
X3 : Pemain depan yang bertugas mem-block atau tanpa block
X2, X6, dan X4 : Pemain pertahanan lini tengah
X5 dan X1 : Pemain pertahanan lini belakang

Formasi pertahanan 2 : 1 : 3 

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Formasi ini memiliki masing-masing 2 blocker, 1 pemain tengah, 3 pemain belakang.

Keterangan dan susunan :
X2 dan X3 : Pemain yang bertugas melakukan block
X6 : Pemain pertahanan lini tengah
X4, X5, dan X1 : Pemain pertahanan lini belakang

Formasi pertahanan 2 : 2 : 2

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Formasi ini mempunyai 2 pemain yang melakukan block, 2 pemain pertahanan lini tengah, dan 2 pemain pertahanan lini belakang.

Susunan dan keterangan pemain :
X3 dan X4 : Pemain blocker
X2 dan X5 : Pemain pertahanan lini tengah
X1 dan X6 : Pemain pertahanan lini belakang

Formasi pertahanan 2-0-4

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Formasi ini mempunyai 2 pemian blocker dan 4 pemain pertahanan lini belakang, sedangkan pemain pertahanan tengahnya tidak memiliki.

Susunan dan keterangan pemain :
X3 dan X4 : Pemain blocker
X5, X6, X1, dan X2 : Pemain pertahanan lini belakang

3. Formasi pertahanan terhadap pantulan block lawan (cover smash)

Seiring berjalannya waktu, peraturan permainan bola voli juga ikut berkembang. Contohnya sekarang block boleh melewati batas net, dan perkenaan bola blocker boleh mendahului pukulan smasher lawan sehingga akan membuat bola memantul kembali ke daerah pertahanan sendiri.
Untuk mengantisipasi hal itu, terdapat formasi pertahanan cover smash di bawah ini :

  • Formasi cover smash serangan posisi 4
Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157


Artinya yang melakukan smash berada di posisi 4, sedangkan pemain lainnya akan bersiap melakukan pemyelamatan bola pantulan smash.

Susunan dan keterangan pemain :
XX (warna merah) : 2 pemain blocker tim lawan
X4 : Pemain yang melakukan smash dari posisi 4
X3 dan X6 : Pemain depan yang akan menyelamatkan bola pantulan smash di daerah depan
X2, X1, dan X5 : Pemain belakang yang bertugas menyelamatkan pantulan bola smash di daerah belakang
  • Formsi cover smash serangan di posisi 3 (tengah)

Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Artinya yang melakukan smash berada di posisi 3, sedangkan pemain lainnya akan bersiap melakukan pemyelamatan bola pantulan smash.

Susunan dan keterangan pemain :
XXX (warna merah) : 3 Pemain blocker tim lawan
X3 : Pemain yang melakukan smash dari posis 3
X2 dan X4 : Pemain yang bertugas melakukan penyelamatan di daerah depan
X6, X5, dan X1 : Pemain yang melakukan penyelamatan smash di daerah belakang
  • Formasi cover smash saat tim melakukan variasi serangan
Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)
Gambar via : rahhindra157

Susunan dan keterangan pemain :
X3 : Pemain yang melakukan variasi smash dengan X4 (smash silang dari posisi 3)
X4 dan X2 : Pemain yang melakukan variasi bersamaan dengan X3, dimana X3 melakukan gerakan smash di posisi 3, sedangkan X2 melakukan gerakan smash untuk semi smash pada posisi 2.

J. Istilah Dalam Bola Voli  

1. Istilah posisi pemain dalam bola voli
  • Ace spiker adalah pemain bola voli yang bertugas untuk menyerang dengan bola-bola buka atau bola open dan tinggi di atas net.
  • Quicker  yaitu pemain yang bertugas untuk menyerang bola-bola cepat dengan keadaan bola yang tidak tinggi (0-50 cm) di atas net.
  • Smasher yaitu pemain yang bertugas melakukan smash dalam melakukan serangan. Smasher merupakan salah satu pemain utama dalam bola voli.
  • All round spiker adalah pemain dengan kemampuan menyerang dan bertahan yang baik, pemain ini harus cerdik dalam mengolah bola-bola semi tanggung.
  • Toser yaitu pemain yang bertugas memberi umpan kepada smasher.
  • Universal adalah pemain dengan kemampuan yang serba bisa.
  • Libero adalah pemain bertahan yang hanya bisa bermain pada barisan belakang. Kuberi tidak boleh memberikan umpan pada garis depan atau garis serang. Serta tidak diperbolehkan melakukan serangan dari bola di atas puncak net.
  • Cross spike merupakan pemain yang memiliki kemampuan dalam melakukan cross smash (smash silang).
  • Straight spike adalah pemain dengan kemampuan dalam melakukan smash lurus.
  • Quick smash merupakan pemain yang memiliki kemampuan melakukan smash cepat.
  • Blocker merupakan pemain yang bertugas dalam membendung smash dari serangan lawan.
2. Istilah teknik dalam permainan bola voli 
  • Service adalah pukulan pertama yang menandai dimulainya permainan.
  • Semi smash merupakan smash dengan menggunakan atau memanfaatkan umpan bola tanggung.
  • Spike atau smash yaitu sebuah pukulan keras dan kuat dan arahnya menukik ke lapangan lawan dengan tujuan mematikan permainan lawan sehingga mendapatkan poin.
  • Jumping service yaitu teknik servis yang dilakukan dengan melompat.
  • Push smash adalah teknik smash dengan melakukan umpan dorongan bola smash.
  • Out ball adalah momen ketika bola voli keluar atau meninggalkan lapangan.
  • Frontal smash adalah teknik dalam melakukan smash depan.
  • Run up  adalah gerakan lari menjangkau bola untuk melakukan smash.
  • Take off adalah gerakan lompatan saat akan melakukan pukulan smash.
  • Hitt adalah gerakan memukul saat melakukan smash.
  • Digging adalah teknik untuk menjaga bola dengan berbagai cara agar kembali naik dan dapat dimainkan.
  • Dum play adalah teknik tipuan dalam melakukan smash, yaitu gerakan smash dengan bola yang ternyata malah dipukul dengan pelan, tidak dipukul dengan keras.
  • Landing merupakan teknik mendarat setelah melakukan smash.
  • Cover close adalah teknik untuk menutup wilayahnya sendiri dengan rapat, hal ini terjadi karena serangan lawan yang bertubi-tubi. 
  • Cover of attack yaitu teknik menahan atau menutupi daerah serangan.
3. Istilah pelanggaran (foul) dalam bola voli 
  • Over ball adalah kesalahan umum pada saat melakukan servis, dimana bola akan berpindah ke pihak lawan dan  pemain lawanlah yang kemudian melakukan servis.
  • Lift yaitu pelanggaran yang disebabkan karena pemain memegang bola.
  • Double foul adalah istilah yang menggambarkan adanya kesalahan bersama dalam tim.
  • Double hit merupakan istilah pukulan ganda yang dilakukan oleh salah satu pemain.
  • Screen adalah tindakan yang tidak sah dengan melibatkan satu pemain atau lebih yang dilakukan untuk menghalangi pemain yang akan melakukan servis.
  • Side out yaitu momen ketika tim penerima servis berhak melakukan servis dengan kondisi memenangkan rally.
  • Loss of rally yaitu hukuman kepada tim saat melakukan servis yang melanggar peraturan, hal ini mengakibatkan lawan diberi poin dan kesempatan servis.
4. Istilah lain dalam permainan bola voli 
  • Change of court adalah istilah penukaran tempat dalam permainan bola voli.
  • Change of position merupakan pertukaran posisi pemain yang terjadi setelah pukulan servis.
  • Deciding game adalah istilah yang bermakna sebagai pertandingan penentuan atau pertandingan terakhir.
  • Deciding set yaitu istilah yang berarti waktu akhir dari pertandingan.
  • Driving service adalah bola servis yang melengkungkan keras tepat di atas net.
  • Floating service adalah pukulan servis yang bergelombang.
  • Downt of the line yaitu serangan dari garis tepi penyerang dan melaju lurus di sepanjang garis tepi lawan yang sama.
  • Line up adalah daftar dan posisi pemain dalam sebuah pertandingan.
  • Pepper yaitu latihan dalam mengumpan, passing, dan memukul bola balik ke arah satu sama lain yang digunakan dalam pemanasan.
  • Roll shot adalah pukulan yang lemah atau off speed yang dilakukan pemain.
  • Substitusi yaitu pemain yang masuk ke pertandingan untuk menggantikan pemain lain.
  • Transisi adalah tim melakukan pergantian posisi, misalnya dari bertahan ke posisi menyerang dan sebaliknya.
  • FIVB yaitu Federation International De Volley Ball (induk organisasi bola voli dunia).
  • PBVSI yaitu Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (induk organisasi bola voli nasional)

Itulah teknik dasar permainan bola voli dan penjelasan lengkapnya 


Setelah mengetahui mengenai sejarah, teknik dasar bola voli, ukuran lapangan, dan lainnya. Tentu  saja hal yang harus Anda lakukan adalah rajin berlatih untuk menjadi pemain bola voli yang profesional. 

Sekian pembahasan mengenai teknik dasar bola voli beserta tambahan informasi lainnya. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Dasar Bola Voli Beserta Gambar & Penjelasan (Lengkap)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel