Al-Adab Qoblatholab, Inilah Beberapa Adab dalam Mencari Ilmu

Adab itu penting sebelum mencari ilmu, Al-Adab Qoblatholab “ beradablah sebelum mencari ilmu”. Kita harus mempunyai adab yang baik terhadap ulama-ulama kita. Ulama dalam artian seorang guru adalah pewaris nabi yang akan mencontohkan berbagai hal dari Rosulullah SAW.

Dalam kesempatan ini, guru kita yiatu Gus Hilmy Muhammad akan menyampaikan materi mengenai adab mencari ilmu dan adab atau perilaku pencari ilmu terhadap gurunya. Seperti yang dilansir dalam gushilmy.id, guru kita ini merupakan pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta yang pastinya akan memberikan materi yang sangat bermanfaat bagi kita sebagai tholabul ilmi.

Seperti apa adab seorang pencari ilmu dalam mencari ilmu, dan bagaimana adab pencari ilmu terhadap guruny? Yuk cermati ulasan di bawah ini !

Adab Pencari Ilmu 

Berikut beberapa adab yang harus dilakukan dari seorang tholabul ilmi atau pencari ilmu, diantaranya yaitu :

1. Niat mencari ilmu karena Allah

Hal ini dilakukan supaya kita pencari ilmu akan disayang Allah dalam mencari ilmu. Sehingga akan mempermudah dalam berbagai hal mencari ilmu.

2. Belajar dengan sungguh-sungguh

Manjadda-Wajadda, siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Begitu pula halnya seorang tholabul ilmi yang harus bersungguh-sungguh, fokus, dan serius dalam proses belajar. Segala sesuatu yang jauh atau sulit, jika dengan kesungguhan maka akan didekatkan dan dimudahkan.

3. Disiplin waktu

Time is money, waktu itu tidak bisa diulang. Maka dari itu harus pintar-pintar dalam mengatur waktu.

4. Teman belajar yang baik

Memilih teman belajar bertujuan untuk menyupport kita dalam belajar. Carilah teman belajar yang bisa menginspirasi dan bisa mengajak ke hidup yang berkualitas. Jangan berteman dengan seorang yang akan menjauhkan kita dari ilmu.

Adab pencari ilmu terhadap gurunya

Di bawah ini terdapat beberapa adab yang harus dilakukan oleh seorang tholabul ilmi terhadap mualim. Diantaranya yaitu :

1. Mengikuti petunjuk guru

Guru adalah “Mursyid” atau pembimbing, jadi kita sebagai pencari ilmu harus mengikuti apa yang menjadi petunjuk guru. Meskipun kita lebih tahu dalam beberapa hal.

2. Sabar terhadap guru

Terdapat berbagai macam latar belakang dari guru kita, hal ini akan membuat typikal dan perilaku dari setiap gurunya pun berbeda. Kita harus sabar akan berbagai perilaku guru-guru yang berbeda-beda, sabar inilah yang menjadi kunci kesuksesan. Yakinkan dalam hati bahwa guru adalah jalan petunjuk kita. 

3. Jangan malu untuk bertanya

Materi yang disampaikan guru pasti ada kalanya masuk telinga kanan, keluar telinga kiri. Nah, bagi seorang pencari ilmu itu harus bertanya jika terdapat hal-hal yang belum paha. Jangan malulah untuk bertanya, kebodohan akan lanjut jika tidak bertanya.

4. Posisikan guru sebagai orang tua

Orang tua sebagai penjaga jasad, sedangkan guru merupakan penjaga ruh. Dan ruh sendiri sifatnya langgeng, jadi seorang pencari ilmu harus menghormati dan menjajga guru layaknkya orang tua sendiri. Contohnya bersalaman, mohon doa dan nasehat, tidak mengecewakannya, dan lainnya. Ilmu itu diperoleh dari belajar, sedangkan barokah ilmu harus diperoleh dari khidmat atau melayani guru.

Itulah beberapa adab mencari ilmu dan adab pencari ilmu terhadap gurunya

Semoga dengan menerapkan adab di atas kita akan selalu mendapatkan ridho dari guru-guru kita. Sehingga akan dimudahkan dalam ilmu yang kita pelajari, Amin. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya, Wassalamualaikum. Wr. WB.

Belum ada Komentar untuk "Al-Adab Qoblatholab, Inilah Beberapa Adab dalam Mencari Ilmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel