Materi Futsal Lengkap: Pengertian, Sejarah, Peraturan, dan Teknik

Materi permainan futsal yang meliputi pengertian, sejarah, teknik, peraturan, dan ukuran lapangan futsal (lengkap).

Pada dasarnya, olahraga futsal tidak berbeda jauh dengan sepak bola. Bisa dikatakan juga bahwa futsal merupakan versi mini dari sepak bola itu sendiri. Jika sepak bola dilakukan di luar ruangan, futsal dilakukan di dalam ruangan.

Materi Futsal Lengkap: Pengertian, Sejarah, Peraturan, dan Teknik

Berbagai hal dalam permainan futsal sama persis dengan sepak bola, hanya saja, ada beberapa aspek permainan yang disesuaikan. Peraturan permainan futsal mengikuti peraturan permainan sepak bola, artinya peraturan futsal juga telah ditetapkan oleh FIFA.

Adapun beberapa hal yang mengalami perubahan seperti ukuran lapangan, berat dan bahan bola, jumlah pemain, waktu permainan, tinggi tiang dan mistar gawang, dan beberapa lainnya.

Materi Futsal : Pengertian, Sejarah, Peraturan, Teknik, Ukuran Lapangan


A. SEJARAH FUTSAL 

Permainan futsal dipopulerkan oleh Juan Carlos Ceriani di Montevideo, Uruguay, tahun 1930. Saat itu, bersamaan dengan Piala Dunia di Uruguay.
Baca juga : Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugas & Penjelasannya Lengkap
Pada awalnya permainan ini bernama futebol de salao (bahasa Portugis) atau futbol sala (bahasa Spanyol) dengan makna yang sama, yaitu sepak bola ruangan. Kemudian dari kedua bahasa tersebut muncullah sebutan, yaitu futsal.

Untuk pertama kalinya, pertandingan futsal diselenggarakan dalam Piala Amerika Selatan I, tahun 1965. Dalam pertandingan tersebut, Paraguay keluar sebagai juara. Kemudian Piala Amerika terus berlanjut sampai 1979, dengan juara berturut-turut yaitu Brasil.

Tahun 2002, olahraga futsal mulai masuk ke Indonesia. Olahraga ini mendapat sambutan, terutama mereka pecinta sepak bola. Kompetisi resmi tingkat Nasional di Indonesia, mulai diadakan tahun 2008 oleh Badan Futsal Nasional (BFN).

B. DASAR PERMAINAN 

1. Jumlah Pemain

Futsal dimainkan oleh dua tim. Jumlah pemain setiap tim maksimal lima orang, dengan salah satunya adalah penjaga gawang. Jumlah pemain cadangan maksimal sebanyak 7 orang. Dua regu saling berhadapan, bersaing untuk mencetak gol terbanyak di akhir pertandingan.

2. Perlengkapan

Pemain Perlengkapan pemain futsal sama dengan perlengkapan yang dipakai pemain sepak bola, yaitu meliputi:
  • Seragam atau pakaian
  • Celana pendek
  • Kaos kaki
  • Pengaman kaki (shinguard)
  • Sepatu

Hanya saja untuk sepatu pemain futsal tidak menggunakan pul, karena alas lapangannya berupa lantai yang dilapisi rumput sintesis atau berbahan kayu.

3. Lapangan Permainan


Lapangan futsal berbentuk persegi panjang. Permukaan lapangan harus rata dan tidak licin. Lantai lapangan futsal biasanya dilapisi dengan rumput sintetis atau bahan dari kayu.
  • Ukuran lapangan futsal :
  • Panjang lapangan 25-42 meter, lebar lapangan 15-25 meter. 
  • Lapangan ditandai dengan garis-garis yang berfungsi sebagai pembatas, yaitu dua garis pembatas luar yang lebih panjang, dan dua garis gawang yang lebih pendek. Lebar seluruh garis adalah 8 cm. 
  • Sama halnya sepak bola, lapangan futsal juga dibagi menjadi dua bagian, titik tengah lapangan ditandai dengan sebuah titik. 
  • Titik tengah lapangan berada pada lingkaran tengah lapangan dengan jari-jari 3 meter. 
  • Titik penalti berada 6 meter dari garis gawang. 
  • Titik penalti kedua berada 10 meter garis gawang busur sudut lapangan memiliki jari-jari 25 cm. 
  • Ukuran gawang : tinggi 2 m x lebar 3 m. 

4. Bola yang Dipakai 

Bola futsal berbentuk bulat sempurna. Bahan yang dipergunakan adalah dari bahan kulit atau bahan lain yang layak untuk digunakan.
Baca juga : Formasi Bola Voli : Gambar, Keterangan, dan Penjelasan Lengkap
Dengan keliling 62-64 cm dan berat sekitar 400-440 gram serta tekanan bola 0,4-0,6 atm. Lambungan bola 55-65 cm pada pantulan pertama.

5. Aturan permainan

Aturan permainan futsal mengikuti olahraga sepak bola. Hal inipun telah disepakati oleh asosiasi sepak bola internasional, FIFA. Hanya saja, tidak semua aturan sepak bola diberlakukan dalam futsal.
Ada beberapa aturan yang diubah, yaitu :
  • Pertandingan futsal berakhir dalam dua babak. 
  • Durasi setiap babak adalah 20 menit
  • Durasi dari salah satu babak dapat diperpanjang untuk menentukan pemenang jika terjadi seri
  • Waktu untuk time-out hanya selama 1 menit dalam sebuah babak pertandingan. 

Kondisi-kondisi untuk mendapatkan time-out sebagai berikut :
  • Pelatih meminta untuk time-out selama 1 menit 
  • Time-out akan diberikan hanya untuk tim yang sedang menguasai bola. Artinya tim yang sedang bertahan (tidak menguasai bola) tidak bisa meminta time-out.
  • Penjaga waktu akan memberi izin untuk time-out ketika bola keluar dari permainan dengan menggunakan tanda lain yang berbeda dengan tanda wasit pertama.
  • Saat time-out pemain berada di lapangan. Jika menerima instruksi dari official maka dilakukan pada garis pembatas sejajar dengan lapangan. Hal tersebut dikarenakan official tidak boleh memasuki batas lapangan. 
  • Setiap babak hanya ada satu kali time-out. Apabila tim pada babak pertama tidak meminta time-out, maka timnya hanya dapat kesempatan satu kali di babak kedua.

6. Wasit Pertandingan

Wasit dalam pertandingan futsal terdiri atas dua orang dan satu penjaga waktu. Wasit memiliki tugas memimpin pertandingan agar sesuai dengan peraturan permainan, sejak ia memasuki sampai meninggalkan lapangan permainan.
Baca juga : 5 Formasi Sepak Bola Terbaik Beserta Keunggulan & Kelemahan
Berbeda dengan sepak bola, wasit futsal tidak boleh memasuki arena lapangan, hanya boleh di luar garis lapangan saja, terkecuali jika ada pelang- garan-pelanggaran yang memang menuntut wasit memasuki lapangan.


D. TEKNIK DASAR FUTSAL

Teknik dasar pada permainan futsal sebenarnya sama dengan teknik dasar pada sepak bola. Meliputi teknik menendang bola, mengumpan bola, menggiring bola, menyundul bola, merebut bola, dan lainnya.


C. INDUK ORGANISASI FUTSAL 

Olahraga futsal bisa dikatakan hasil sepak bola versi mini, maka organisasi yang menaungi futsal pun sama dengan sepak bola, baik tingkat nasional maupun internasional.
Artinya, futsal internasional berada di bawah naungan Federation Internationale de Football Association (FIFA). Sedangkan secara nasional, futsal berada di bawah naungan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Penutup

Itulah ulasan mengenai sejarah futsal, dasar permainan, dan induk organisasi futsal. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Materi Futsal Lengkap: Pengertian, Sejarah, Peraturan, dan Teknik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel