Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugas & Penjelasannya Lengkap

Posisi pemain bola voli merupakan salah satu teknik pembagian tugas dalam menyusun formasi penyerangan maupun pertahanan menghadapi tim lawan.

Posisi pemain bola voli juga akan menentukan tugas dan fungsi mereka masing-masing. Pengetahuan akan posisi pemain bola voli merupakan hal yang sangat penting agar saat pertandingan bisa bermain dengan efektif sesuai arahan sang pelatih.

Untuk memenangkan pertandingan, setiap pemain dalam tim harus mengetahui posisi dan tugasnya masing-masing. Nah, apa saja posisi pemain dalam permainan bola voli? Yuk simak ulasannya di bawah ini :

Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugas & Penjelasannya Lengkap

Sebelum kita bahas satu-persatu posisi pemain bola voli beserta tugasnya, sobat perlu mengetahui seperti apa letak pemain dalam permainan bola voli. Cermati gambar di bawah ini :

Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugas & Penjelasannya Lengkap
Foto : bangunbadan

Pada gambar di atas merupakan letak 6 pemain bola voli yang diberi nomor 1-6. Adapun nama-nama dari setiap pemain tersebut yaitu :

1. Server
2. Smasher atau Spiker
3. Set Upper atau Tosser atau Setter
4. Smasher atau Spiker
5. Libero atau Difender
6. Libero atau Difender

Untuk memperjelas seperti apa tugas dan fungsi dari posisi pemain di atas, cermati ulasan di bawah ini :

1. Posisi pemain bola voli : Server


Posisi Pemain Server Bola Voli
Foto : volleyballtrainingdills

Terlebih dahulu kita pahami apa itu servis?

Servis adalah penyajian bola berupa pukulan pertama dalam permainan bola voli saat permainan dimulai. Jadi server adalah posisi pemain yang melakukan servis atau menyajikan bola. Server harus melakukan servis sampai bola itu melewati net dan menuju ke daerah lawan.
Baca juga : Formasi Bola Voli : Gambar, Keterangan, dan Penjelasan Lengkap
Setelah server melakukan servis, pemain ini akan kembali bertugas seperti semula, baik itu defender/libero, smasher, ataupun set upper. Kesimpulannya server itu dilakukan oleh setiap pemain dalam sebuah tim tanpa terkecuali.
Seorang server harus menguasai teknik servis, minimal teknik servis bawah dan servis atas :
  • Servis bawah adalah Pukulan pertama yang dilakukan dengan memukul bagian bawah bola dengan tangan yang menggenggam sehingga arah bola akan melambung ke atas.
  • Servis atas yaitu pukulan pertama yang dilakukan dengan cara bola dilambungkan terlebih dahulu dan dipukul bagian samping belakang dengan telapak tangan sebelum melewati kepala. Sehingga arah bola akan lurus agak melambung serta menukik.

2. Posisi pemain bola voli : Smasher atau spiker


Posisi pemain smasher bola voli
Foto : pastiguna
Smash adalah serangan berupa pukulan keras dan menukik yang dutujukan ke daerah pertahanan lawan untuk mendapatkan poin. Jadi smasher atau spiker adalah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan smash.

Posisi smasher berada di samping set upper, artinya saat set upper menerima bola kedua dan melakukan umpan, smasher harus bersiap untuk melakukan smash. Pemain inilah yang sering menyumbang poin, sehingga seorang spikker harus jeli dan pandai menempatkan bola ke pertahanan lawan.
Baca juga : Formasi Bola Voli : Gambar, Keterangan, dan Penjelasan Lengkap
Selain menyerang, smasher juga memiliki tugas untuk melakukan blocking atau membendung serangan lawan. Seorang smasher dituntut untuk menguasai jenis-jenis smash dalam bola voli berikut ini :
  • Open smash yaitu gerakan awal yang dilakukan saat menerima bola dari set upper. Pukulan dilakukan saat smasher melakukan lompatan maksimal dan jangkauan lengan yang tertinggi.
  • Quick smash adalah pukulan smash dengan umpan sekitasr 30 centimeter di atas net.
  • Semi smash adalah pukulan smash dengan ketinggian umpan sekitar 50 centimeter di atas net.
  • Straigh smash merupakan teknik pukulan smash yang dilakukan saat bola umpan berada di tepi jarring.
  • Drive smash adalah pukulan smash dengan mengarahkan bola ke jarak yang panjang (mengincar daerah belakang).
  • Dummy smash adalah gerakan tipuan smash dengan cara menyentuh bola dengan jari-jari tangan.
  • Smash bola 3 meter merupakan teknik pukulan smash yang dilakukan dari belakang garis 3 meter (garis serang).
  • Smash kijang atau umpan bola back adalah smash yang dilakukan dengan melakukan langkah panjang dan meloncat menggunakan satu kaki, dimana tangan yang digunakan untuk memukul harus berlawanan dengan kaki tumpu loncatan. Misal tangan kanan untuk memukul, maka kaki tumpunya kaki kiri.
  • Smash double step merupakan teknik smash tipuan, dimana smasher melakukan dua kali gerakan untuk melakukan tolakan meloncat. Pertama untuk mengecoh blocker lawan dan yang kedua untuk melakukan smash.
  • Smash step L merupakan teknik smash dengan melakukan gerakan 3 langkah. Pertama melangkah ke depan, kemudian kesamping, dan melompat naik untuk melakukan pukulan smash.
Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa seorang smasher juga harus memiliki kemampuan blocking yang baik. Adapun macam-macam teknik blocking yaitu :
  • Block bola open yaitu teknik block dengan cara pemain mendekati smaher lawan dan posisi tangan berada di bawah dada. Kemudian merandahkan posisi untuk persiapan melakukan tolakan, lalu melompat setinggi mungkin setelah smasher lawan dengan arah lompat vertikal ke atas.
  • Block bola semi adalah teknik block dengan cara pemain mendekati smaher lawan dan posisi tangan dinaikkan di depan dada. Kemudian merandahkan posisi untuk persiapan melakukan tolakan, lalu melompat setinggi mungkin setelah smasher lawan dengan arah lompat vertikal ke atas.
  • Block bola quick yaitu teknik block dengan cara pemain mendekati smaher lawan dan posisi tangan diluruskan ke atas. Kemudian merandahkan posisi untuk persiapan melakukan tolakan, lalu melompat setinggi mungkin bersamaan dengan smasher lawan dengan arah lompat vertikal ke atas.

3. Posisi pemain bola voli : Set Upper


Posisi pemain set upper bola voli
Foto : volleyballadvise

Set Upper atau tosser yaitu posisi pemain yang tugasnya memberi umpan kepada rekan setimnya untuk membangun sebuah serangan. Otak serangan dalam bola voli terdapat di posisi tosser. Jika umpan-umpan tossernya baik, maka serangan yang dibangunpun akan mematikan dan menghasilkan poin.

Tosser juga memiliki tugas untuk mengatur pola, ritme, dan tempo permainan bola voli. Seperti kapan waktunya bertahan dan menyerang, sehingga tosser bisa dikatakan gelandang dalam permainan bola voli.

4. Posisi pemain bola voli : Libero atau defender


Posisi pemain Libero atau defender bola voli
Foto : volleyverse

Libero adalah pemain yang bertugas untuk menahan bola dari serangan musuh. Dalam permainan bola voli, posisi ini paling mudah untuk dikenali, karena pemain di posisi ini akan mengenakan kaos yang berbeda dari rekan setimnya.

Seorang libero juga harus berkewajiban menerima bola pertama dari lawan untuk diberikan kepada set upper. Oleh karena itu, seorang libero harus memiliki dan menguasai teknik yang baik, mulai dari passing bawah dan passing atas.

Passing bawah yaitu gerakan penerimaan bola dan mengoper dengan mengunakan kedua lengan secara bersamaan.

Passing atas adalah gerakan pemain untuk menerima dan mengoper bola yang berada di atas kepala menggunakan jari-jari tangan.

Libero mepunyai kebebasan untuk keluar masuk pertandingan dengan menggantikan pemain lain tanpa pemberitahuan kepada wasit. Akan tetapi libero tidak boleh melakukan smash dan blocking serta tidak boleh berada dan maju di depan garis serang. Artinya hanya bisa bermain di posisi 1, 6, dan 5 saja.

Jadi saat rotasi, dan libero akan berpindah dari posisi 5 ke posisi 4, maka libero akan digantikan pemain lain selain libero.

Cara pergeseran posisi (Rotasi) pemain bola voli
Rotasi atau pergeseran posisi dilakukan untuk mendapatkan giliran servis saat tim memenangkan rally (satu kali bola mati). Rotasi dilakukan searah dengan putaran arah jarum jam. Untuk lebih jelasnya cermati posisi atau letak pemain di atas (Gambar pertama)!

Dari gambar di atas, posisi servis berada di posisi nomor 1. Saat memenangkan rally atau mendapatkan poin maka posisi 1 akan bergeser ke posisi 6 dan seterusnya diikuti oleh seluruh posisi. Dengan begitu servis akan dilakukan pemain yang berada di posisi 2.

Penutup

Itulah ulasan singkat mengenai posisi pemain bola voli beserta tugas dan fungsinya. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Posisi Pemain Bola Voli Beserta Tugas & Penjelasannya Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel