Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar dan Keterangannya

Ukuran lapangan bola voli menjadi salah satu prasyarat sebelum berlangsungnya sebuah permainan. Kita ketahui bersama bahwa bola voli menjadi salah satu permainan yang populer di dunia. Jadi, hampir semua orang pasti sudah pernah memainkan olehraga ini. Namun, pernahkah sobat mengamati secara detai lapangan bola voli saat bermain? berapa ukuran lapangan bola voli? berapa tinggi net bola voli?

Bola voli ini dimainkan oleh dua regu dengan jumlah pemain masing-masing enam orang. Teknik dasar permainan bola voli ini menggunakan tangan, dimana setiap tim akan berusaha menjatuhkan bola di lapangan bagian dalam garis daerah lawan untuk mendapatkan poin.

Nah, bagi sobat yang belum mengetahui ukuran bola voli standar bola voli secara detail. Di bawah ini akan di bahas mengenai ukuran lapangan bola voli standar nasional (PBVSI) dan ukuran lapangan bola voli internsional (FIVB) beserta komponen lengkap dengan gambar dan keterangannya. Check this out !

Gambar Lapangan Bola Voli beserta Ukuran dan Keterangannya 


Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar dan Keterangannya
Gambar Via : kitchenumhaykoosib
Seperti pada permainan lainnya, permainan bola voli pun membutuhkan sebuah arena berupa lapangan untuk melaksanakan pertandingan. Lapangan yang digunakan untuk bola voli ini mempunyai ukuran standar yang perlu sobat ketahui. Ukuran standar ini pastinya diperoleh dari pertimbangan berbagai pihak hingga menghasilkan suatu perjanjian yang sudah dikukuhkan untuk dipakai saat pertandingan bola voli.

Pada umumnya, ukuran lapangan bola voli yang sesuai dengan standar nasional yaitu hanya 1/5 dari ukuran lapangan sepak bola. Tentunya ukuran standar inilah yang harus digunakan setiap negara dalam membangun lapangan bola voli, meskipun masih ada kalangan yang tidak menaatinya.

Baca Juga : Formasi Bola Voli : Gambar, Keterangan, dan Penjelasan Lengkap
 
Ukuran baku lapangan bola voli ini berukuran 18 × 9 meter, dimana ukuran inilah yang secara resmi menjadi standar nasional maupun internasional. Untuk lebih jelasnya, cermati gambar lapangan bola voli beserta ukuran dan ketrangannya di bawah ini !
  • Panjang lapangan bola voli : 18 meter
  • Lebar lapangan bola voli : 9 meter
  • Luas lapangan bola voli : 162 meter² (18m x 9m)
  • Panjang garis serang lapangan bola voli : 3 meter
  • Area servis lapangan bola voli : 3 meter
  • Lebar garis dalam lapangan bola voli :  5 sentimeter
Nah, ukuran lapangan bola voli di atas digunakan dalam standar nasional dan internasional. Jadi, sudah tidak ada lagi perbedaan ukuran lapangan bola voli secara nasional dan internasional. Karena pada dasarnya, ukuran lapangan bola voli nasional ini selalu berpedoman pada peraturan internasional.

Ukuran Net Bola Voli beserta Ukuran dan Keterangannya 


Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar dan Keterangannya
Gambar Via : qudsfata
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bola voli dimankan menggunakan tangan (handball). Nantinya, bola akan dimankan dengan cara dilambungkan diantara kedua sisi lapangan. Sebuah serangan akan berhasil jika sudah melewati net yang menjadi pembatas kedua sisi lapangan. 

Jadi, ukuran net menjadi salah satu komponen yang penting dalam permainan bola voli. Ukuran net tersebut tidak boleh dibuat sembarangan karena sudah ada aturan baku, baik secara nasional maupun internasional. 


Ukuran net bola voli yang digunakan oleh pemain laki-laki dan perempuan mempunyai perbedaan, dimana keduanya harus menggunakan aturan yang sudah ditentukan. Lalu, berapa tinggi net bola voli? Berapa tinggi net voli untuk putra? Berapa tinggi net voli putri?

Tinggi net bola voli untuk laki-laki yaitu 2.43 meter. Sedangkan ukuran tinggi net bola voli untuk perempuan yaitu 2.24 meter. Cermati uraian detail berikut mengenai ukuran net dalam permainan bola voli baik untuk putra maupun untuk putri :
  • Tinggi net bola voli putra : 2,43 meter
  • Tinggi net bola voli putri : 2,24 meter
  • Panjang net bola voli : 9 meter
  • Lebar net bola voli : 1 meter
  • Tinggi tiang net bola voli : 2,55 meter
  • Jarak antara tiang net dengan garis tepi samping lapangan : 0,5  1 meter
  • Tinggi antena net bola voli : 80 cm (di ukur dari atas net)
  • Pita tepian samping net bola voli : 5 cm (dengan panjang 1 meter)
  • Pita tepian atas net bola voli : 5 cm
  • Ukuran mata jala net bola voli (berbentuk persegi) : 10 cm 

Ukuran Bola Voli 



Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar dan Keterangannya
Gambar Via : kitchenumhaykoosib
Sama hanya dengan komponen lain yang digunakan dalam pertandingan bola voli. Bola voli juga mempunyai ukuran standarnya sendiri. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai ukuran bola voli sesuai standar nasional dan internasional :
  • Berat bola : 260  280 gram
  • Diameter bola : 18  20 cm
  • Keliling bola : 65  67 cm
  • Tekanan bola : 0.30  0.325 kg/cm² atau 294.3  318.82 mbar atau 4.26  4.61 hPa/psi
Ukuran yang sudah di paparkan di atas merupakan ketentuan yang resmi sesuai dengan standar nasional (PBVSI) dan standar internasional (FIVB). 

Contoh Lapangan Bola Voli Indoor


Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar dan Keterangannya
Gambar Via : percepat 

Contoh Lapangan Bola Voli Outdoor


Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar dan Keterangannya
Gambar Via : kitchenumhaykoosib

Contoh Lapangan Bola Voli Pantai


Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar dan Keterangannya


Posisi Pemain Bola Voli beserta Tugasnya 


Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar dan Keterangannya
Gambar Via : bangunbadan
Pada gambar di atas merupakan letak 6 posisi pemain bola voli yang diberi nomor 1-6. Adapun nama-nama dari setiap pemain tersebut yaitu :

1. Server
2. Smasher atau Spiker
3. Set Upper atau Tosser atau Setter
4. Smasher atau Spiker
5. Libero atau Difender
6. Libero atau Difender

Untuk memperjelas seperti apa tugas dan fungsi dari posisi pemain di atas, cermati ulasan di bawah ini :

1. Server


Terlebih dahulu kita pahami apa itu servis?

Servis adalah penyajian bola berupa pukulan pertama dalam permainan bola voli saat permainan dimulai. Jadi server adalah posisi pemain yang melakukan servis atau menyajikan bola. Server harus melakukan servis sampai bola itu melewati net dan menuju ke daerah lawan.

Setelah server melakukan servis, pemain ini akan kembali bertugas seperti semula, baik itu defender/libero, smasher, ataupun set upper. Kesimpulannya server itu dilakukan oleh setiap pemain dalam sebuah tim tanpa terkecuali.


2. Smasher atau spiker


Smash adalah serangan berupa pukulan keras dan menukik yang dutujukan ke daerah pertahanan lawan untuk mendapatkan poin. Jadi smasher atau spiker adalah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan smash.

Posisi smasher berada di samping set upper, artinya saat set upper menerima bola kedua dan melakukan umpan, smasher harus bersiap untuk melakukan smash. Pemain inilah yang sering menyumbang poin, sehingga seorang spikker harus jeli dan pandai menempatkan bola ke pertahanan lawan.

Selain menyerang, smasher juga memiliki tugas untuk melakukan blocking atau membendung serangan lawan. 

3. Set Upper


Set Upper atau tosser yaitu posisi pemain yang tugasnya memberi umpan kepada rekan setimnya untuk membangun sebuah serangan. Otak serangan dalam bola voli terdapat di posisi tosser. Jika umpan-umpan tossernya baik, maka serangan yang dibangunpun akan mematikan dan menghasilkan poin.

Tosser juga memiliki tugas untuk mengatur pola, ritme, dan tempo permainan bola voli. Seperti kapan waktunya bertahan dan menyerang, sehingga tosser bisa dikatakan gelandang dalam permainan bola voli.

4. Libero


Libero adalah pemain yang bertugas untuk menahan bola dari serangan musuh. Dalam permainan bola voli, posisi ini paling mudah untuk dikenali, karena pemain di posisi ini akan mengenakan kaos yang berbeda dari rekan setimnya.

Seorang libero juga harus berkewajiban menerima bola pertama dari lawan untuk diberikan kepada set upper. Oleh karena itu, seorang libero harus memiliki dan menguasai teknik yang baik, mulai dari passing bawah dan passing atas.

Libero mepunyai kebebasan untuk keluar masuk pertandingan dengan menggantikan pemain lain tanpa pemberitahuan kepada wasit. Akan tetapi libero tidak boleh melakukan smash dan blocking serta tidak boleh berada dan maju di depan garis serang. Artinya hanya bisa bermain di posisi 1, 6, dan 5 saja.

Jadi saat rotasi, dan libero akan berpindah dari posisi 5 ke posisi 4, maka libero akan digantikan pemain lain selain libero.

Itulah gambar dan ukuran lapangan bola voli

Semoga ulasan di atas mengenai gambar lapangan bola voli, ukuran lapangan bola voli, tinggi net bola voli, dan ukuran bola voli dapat bermanfaat bagi sobat dalam menambah wawasan mengenai olah raga yang satu ini. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap Gambar dan Keterangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel