11+ Macam-Macam Energi beserta Jenis & Contoh Penggunaan

Macam-macam energi dalam dunia ini ada beragam jenisnya. Macam-macam energi yang sering kita jumpai diantaranya energi otot, energi listrik, energi bunyi, hingga energi yang skalanya besar seperti nuklir. 

Macam-macam energi di atas dangat dibutuhkan oleh manusia, misalnya untuk bergerak pasti membutuhkan energi otot, untuk menggunakan alat elektronik pasti akan membutuhkan energi listrik, dan masih banyak lainnya.

11+ Macam-Macam Energi beserta Jenis & Contoh Penggunaan


11+ Macam-Macam Energi beserta Jenis & Contoh Penggunaan


Secara umum, energi adalah daya atau power (kekuatan) yang digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Selain itu, energi juga dapat dikatakan sebagai kemampuan untuk melakukan kerja (usaha) atau melakukan suatu perubahan.

Dalam hukum kekekalan energi disebutkan bahwa energi itu tidak bisa diciptakan ataupun dimusnahkan, melainkan hanya dapat diubah atau dikonversikan menjadi bentuk lain. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber-sumber energi harus dijaga dan dimanfaatkan dengan optimal guna menunjang aktivitas manusia sehari-hari.

Jenis-Jenis Energi dan Contohnya 


Di dunia ini terdapat berbagai jenis energi, untuk lebih lengkapnya simak ulasan di bawah ini mengenai macam-macam energi beserta pengertian, sumber energi, contoh, dan penjelasannya.

1. Energi Otot

Energi otot adalah jenis energi yang berasal dari otot dalam tubuh makhluk hidup, misalnya otot manusia dan hewan. Dengan adanya energi otot inilah mahluk hidup dapat menggerakkan organ tubuhnya untuk melakukan akktivitasnya sehari-hari.


Contoh energi otot pada manusia yaitu saat tangan mengangkat beban atau berlari dengan menggerakkan kaki.

2. Energi Kalor (Panas)

Energi kalor atau panas atau termal adalah jenis energi yang dapat mengakibatkan adanya perubahan suhu ataupun perubahan wujud dari sebuah zat tertentu. Pada umumnya, energi kalor ini adalah hasil sampingan dari perubahan bentuk-bentuk energi lainnya.

Contoh energi kalor yaitu saat memanaskan air menggunakan api, suhu akan berpindah dari api ke air sehingga membuat air mendidih.

3. Energi Kinetik (Gerak)

Energi kinetik atau energi gerak merupakan jenis energi yang ada terdapat dalam gerakan. Bisa dikatakan juga bahwa energi kinetik yaitu energi yang berhubungan dengan pergerakan suatu benda. Apabila kecepatan benda semakin besar, maka energi kinetik yang dihasilkan akan semakin besar pula.

Contoh energi kinetik yaitu mobil yang bergerakk, bola yang menggelinding, aliran air di sungai, dan lainnya.

4. Energi Potensial

Energi potensial yaitu jenis energi yang dimiliki oleh suatu benda karena kedudukan atau posisinya terhadap suatu acuan.  Pada dasarnya, semua benda yang berada di atas permukaan bumi ini mempunyai energi potensial yang diakibatkan adanya gaya gravitasi bumi.

Contoh energi potensial yaitu batu yang terletak di ketinggian tertentu memiliki energi potensial untuk jatuh, begitu pula pada contoh lainnya seperti anak panah dan pegas.

5. Energi Bunyi

Energi bunyi adalah jenis energi yang dihasilkan dari suatu benda yang bergetar. Bunyi ini kemudian akan merambat melalui perantara udara. Partikel-partikel udara yang bergetar akan menimbulkan getaran bunyi. Suatu benda yang bisa menghasilkan bunyi disebut sebagai sumber bunyi.

Getaran yang bergerak lambat akan membuat gelombang suara lebih pendek dan nada yang didengar jadi rendah. Sebaliknya, jika getaran bergerak cepat maka akan menghasilkan gelombang suara yang lebih panjang dan nada yang dingerkan pun akan tinggi.

Contoh energi bunyi yaitu gitar yang dipetik kemudian berbunyi, lonceng yang berbunyi, petir yang menggelegar, dan masih banyak lainnya.

6. Energi Cahaya

Energi cahaya ialah jenis energi yang dihasilkan dari benda-benda yang mampu memancarkan cahaya. Energi cahaya ini merupakan sejenis energi radiasi elektromagnetik yang dapat berpindah dalam bentuk gelombang. Energi cahaya menjadi energi yang dapat kita lihat wujudnya, karena pada energi lain kita hanya dapat melihat hasil energinya saja.

 
Dalam alam semesta, sumber energi cahaya terbesar yaitu berasal dari cahaya matahari. Kemudian dapat diubah dengan sel surya menjadi energi listrik.
Contoh energi cahaya yaitu cahaya matahari, dan benda-benda lain yang dapat memancarkan cahaya misalnya lampu pijar, lilin, dan lainnya.

7. Energi Listrik

Energi listrik merupakan jenis energi yang dihasilkan karena terjadinya perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain. Energi listrik inilah menjadi jenis energi yang paling banyak digunakan untuk menunjang aktivitas manusia sehari-hari. Seperti untuk mengoperasikan alat-alat elektronik dalam rumah tangga.

Contoh energi listrik yaitu sumber penerangan berupa lampu, lemari pendingin, televisi, mesin cuci, dan masih banyak lainnya.

8. Energi Kimia

Energi kimia ialah jenis energi yang dihasilkan dari adanya sebuah proses reaksi kimia. Energi ini dihasilkan dari zat yang membentuk proses reaksi kimia untuk diubah menjadi energi-energi tertentu. Misalnya, makanan yang sering kita makan pum mengandung unsur kimia di dalamnya, kemudian akan diubah menjadi energi otot guna menunjang aktivitas manusia.

Contoh energi kimia yaitu reaksi pada aki kendaraan, senter yang dapat menyala karena terjadi reaksi kimia pada baterai, dan lainnya.

9. Energi Nuklir

Energi nuklir merupakan jenis energi yang dihasilkan karena adanya proses reaksi pada nuklir. Reaksi nuklir ini terjadi di dalam inti atom yang mengalami reaksi berupa penggabungan atau pemecahan menjadi inti atom yang lain dan partikel lain. Umumnya, energi yang dihasilkan reaksi nuklir sangatlah besar sehingga dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir.

Contoh energi nuklir yaitu terdapat pada reaktor-reaktor nuklir, proses terjadinya ledakan pada bom atom, dan lainnya.


10. Energi Pegas

Energi pegas merupakan jenis energi yang terdapat pada semua benda yang memiliki sifat elastis dan lentur. Ketika kita memberikan gaya pada benda yang lentur dan elastis tersebut, maka energi yang dihasilkan yaitu berupa energi potensial. Namun, ketika kita melepaskan benda tersebut, maka energi yang dihasilkan berubah menjadi energi kinetik.


Contoh energi pegas yaitu berupa benda-benda lentur dan elastis seperti ketapel, busur, trampolin, per, dan lainnya.

11. Energi Mekanik

Energi mekanik ialah jenis energi yang dimiliki oleh benda-benda dikarenakan sifat geraknya. Jenis energi ini terdiri dari dua energi yaitu berupa energi potensial dan energi kinetik. Sehingga besarnya energi mekanik adalah hasil penjumlahan antara besarnya energi kinetik dengan energi potensial. 

Contoh energi mekanik yaitu ketika kaki kita akan teraasa sakit saat kejatuhan buah dari atas pohon.

Itulah macam-macam energi beserta jenis dan contoh penggunaannya  

Semoga ulasan dia atas mengenai macam-macam energi beserta contoh dan pengertiannya bisa bermanfaat bagi sobat yang sedang menpelajarinya. Terdapat beberapa jenis-jenis energi yang memiliki karakteristik dan ciri-ciri berbeda. Dan yang pasti sumber-sumber energi ini harus mampu dimanfaatkan secara optimal untuk kebutuhan manusia. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "11+ Macam-Macam Energi beserta Jenis & Contoh Penggunaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel