Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya

Penyerbukan adalah suatu proses jatuhnya serbuk sari pada permukaan kepala putik yang terjadi pada bunga dari sebuah tumbuhan. Dengan kata lain, penyerbukan adalah proses menempelnya sel jantan pada sel jantan pada tanaman. Dalam prosesnya, terdapat macam-macam penyerbukan yang dilakukan oleh tumbuhan.

Proses penyerbukan menjadi bagian yang sangat penting dalam proses reproduksi dari tumbuhan berbiji. Hal ini disebabkan karena pada tumbuhan generative memiliki alat reproduksi yaitu berupa benang sari (jantan) dan putik (betina).

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya

Macam-macam penyerbukan tumbuhan dapat dikelompokkan berdasarkan asal serbuk sarinya dan melalui serbuk sari dari bunga tumbuhan lain yang sejenis. Tak hanya itu saja, macam-macam penyerbukan juga diklasifikasikan berdasarkan perantaranya, yaitu bisa melalui perantara komponen abiotik seperti air maupun angin.

Selain itu melalui komponen abiotik, penyerbukan juga bisa melalui perantara komponen biotik makhluk hidup seperti melalui bantuan manusia atau hewan. Nah, untuk macam-macam penyerbukan tumbuhan, cermati ulasan di bawah ini :

Pengertian Penyerbukan Pada Tumbuha 

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya
Gambar via : idschool
Sebelum melangkah ke penjelasan macam-macam penyerbukan, alangkah baiknya sobat mengetahui apa itu penyerbukan?. Penyerbukan adalah suatu proses jatuhnya serbuk sari di permukaan kepala putik pada bunga dari sebuah tanaman.

Istilah ilmiah dari penyerbukan yaitu polinasi. Proses penyerbukan yang berhasil akan diikuti dengan tumbuhnya buluh serbuk yang selanjutnya akan memasuki saluran putik yang mengarah ke bakal biji. Kemudian, di bakal biji inilah terjadinya proses pembuahan.

Macam-Macam Penyerbukan Pada Bunga

Saat melakukan proses penyerbukan, terdapat macam-macam penyerbukan yang dilakukan pada tanaman. Secara umum, pengelompokkan penyerbukan bisa dibedakan dari asal serbuk sarinya. Apakah dari bunga itu sendiri ataupun dari bunga lain yang sejenis. Macam-macam penyerbukan juga dapat  dikategorikan berdasarkan perantaranya, yaitu melalui komponen abiotik seperti air atau angina dan melalui komponen biotik  (makhluk hidup) seperti hewan atau bantuan manusia.

Macam-macam Penyerbukan Berdasarkan Asal Serbuk Sari

Terdapat empat macam penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya, yaitu :

  • Penyerbukan sendiri (autogami)
  • Penyerbukan tetangga (geitonogami)
  • Penyerbukan silang (alogami)
  • Penyerbukan bastar (hybridogamy).

Untuk penjelasan dari masing-masing jenis penyerbukan di atas, cermati ulasan berikut ini !

1. Penyerbukan Sendiri (Autogami)

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya
Gambar Via : idschool
Macam-macam penyerbukan yang pertama yaitu penyerbukan sendiri (autogomi) ialah jenis proses penyerbukan pada suatu bunga yang serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri.

Baca Juga : Macam Macam Simbiosis dan Contohnya + penjelasan [Lengkap]

Dengan kata lain, serbuk sari akan jatuh ke permukaan kepala putih pada bunga itu sendiri. Oleh karena itu, ciri-ciri penyerbukan sendiri yaitu memiliki kelamin jantan dan kelamin betina dalam satu bunga atau biasa disebut bunga sempurna. Jenis penyerbukan ini secara tidak umum tidak akan menghasilkan keturunan yang bervariasi

Contoh tumbuhan yang melakukan proses penyerbukan sendiri yaitu rambutan,jambu, mangga, bunga sepatu, bunga turi, bunga telang, dan lainnya.

2. Penyerbukan Tetangga (Geitonogami)

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya
Gambar Via : idschool
Macam-macam penyerbukan selanjutnya yaitu penyerbukan tetangga atau disebut dengan geitonogami. Penyerbukan tangga adalah jenis proses penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan tersebut, namun bunga tersebut masih terdapat pada bunga itu sendiri. 

Dengan kata lain, serbuk sari akan jatuh ke permukaan kepala putik pada bunga lain, tetapi bunga tersebut masih terletak pada tumbuhan itu sendiri. Penyebab penyerbukan tetangga ini terjadi yaitu karena bunga kelamin jantan dan kelamin betina pada tumbuhan tersebut tidak berada dalam satu bunga, sehingga membutuhkan dua bunga dalam tumbuhan yang sama untuk melakukan penyerbukan.

Contoh tanaman yang melakukan penyerbukan tetangga yaitu padi, kelapa, jagung, kelapa sawit, mawar putih, mawar merah, dan lainnya.

3. Penyerbukan Silang (Alogami)

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya
Gambar Via : idschool
Penyerbukan silang atau alogami yaitu jenis proses penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lainnya, namun masih dalam jenis yang sama. Dengan kata lain, serbuk sari akan jatuh ke permukaan kepala putik bunga lain yang berbeda tumbuhan, tetapi antara kedua tumbuhan tersebut masih sejenis.

Penyerbukan silang ini lebih dikenal masyarakat dengan istilah kawin silang atau persilangan. Penyerbukan silang ini umumnya akan menghasilkan variasi keturunan karena perpaduan atau percampuran dari dua sifat tumbuhan induk.

Contoh tumbuhan yang melakukan proses penyerbukan silang yaitu pinus, kamboka, mawar, melinjo, dan lainnya. Namun, pada umumnya semua tumbuhan dapat melakukan penyerbukan silang, khususnya dengan adanya bantuan dari manusia.

4. Penyerbukan Bastar (Hybridogamy)

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya
Gambar Via : idschool
Penyerbukan bastar (hybridogamy) adalah jenis proses penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tumbuhan lainnya yang jenisnya berbeda atau setidaknya memiliki satu sifat yang berbeda. Dalam prosesnya, serbuk sari akan jatuh ke permukaan kepala putik bunga lain yang berbeda varietas. Umumnya penyerbukan bastar ini akan menghasilkan varietas maupun spesies baru.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan bastar yaitu jambu batu merah dan jambu batu putih, lili kuning dan lili merah muda, mawar merah dengan  mawar putih, dan lainnya.

Macam-macam Penyerbukan Berdasarkan Perantaranya

Terdapat empat macam penyerbukan berdasarkan perantaranya, yaitu sebagai berikut :

  • Penyerbukan dengan Angin (Anemogami)
  • Penyerbukan dengan Hewan (Zoidiogami)
  • Penyerbukan dengan Air (Hidrogami)
  • Penyerbukan Bantuan Manusia (Antropogami)
Untuk lebih jelasnya mengenai macam-macam penyerbukan berdasarkan perantaranya, cermati ulasan berikut ini !

1. Penyerbukan dengan Angin (Anemogami)

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya
Gambar Via : ebiologi
Penyerbukan dengan bantuan angin dengan istilah anemogami atau anemofili. Bantuan angina sangat bermanfaat untuk melakukan proses penyerbukan. Urutan proses penyerbukan ini yiatu angin akan meniup serbuk sari sehingga terlepas dari tangkainya, kemudian serbuk sari akan masuk ke dalam kepala putik. 

Ciri-ciri umum dari bunga yang melakukan proses penyerbukan dengan bantuan angin yiatu :

  • Bunga yang memiliki mahkota kecil
  • Warnanya yang tidak mencolok
  • Biasanya tidak mempunyai kelenjar madu (nektar)
  • Memiliki serbuk sarinya ringan dan kepala putiknya besar
  • Mempunyai tangkai sari yang panjang, dan jumlah serbuk sarinya banyak.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan angin yaitu padi, jagung, kelapa, kelapa sawit, rumput, dan lainnyya.

2. Penyerbukan dengan Hewan (Zoidiogami)

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya
Gambar Via : ebiologi 
Sama seperti namanya, penyerbukan dilakukan melalui bantuan hewan yang mempunyai istilah zoidiogami atau zoidofili. Macam penyerbukan ini dapat terjadi pada bunga tumbuhan karena bantuan hewan seperti lebah, kupu-kupu,  burung, siput, kelelawar, dan jenis serangga lainnya.

Ciri-ciri Bungan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan hewan yaitu :

  • Tumbuhan memiliki bunga yang menarik, hal ini untuk memancing hewan agar melakukan proses penyerbukan.
  • Mahkotanya besar dan warnanya mencolok serta berwarna-warni
  • Memiliki kelenjar mamdu atau nectar
  • Memiliki Bungan yang berbau harum

Macam penyerbukan melalui bantuan hewan merupakan jenis penyerbukan yang paling sering terjadi. Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan hewan yiatu bunga sepatu, bunga mawar, bunga melati, bunga kenanga, dan lainnya. 

3. Penyerbukan dengan Air (Hidrogami)

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya
Gambar Via : ebiologi
Penyerbukan melalui bantuan air atau disebut dengan istilah hidrogami atau hidrofili. Jenis penyerbukan ini dapat terjadi pada bunga sebuah tumbuhan karena bantuaan air, kemudian air inilah yang membuat serbuk sari jatuh ke kepala putik.

Penyerbukan air ini bisa terjadi karena bunga tumbuhan tersebut terendam air, atau bisa juga karena terkena air hujan, ataupun karena tumpahan air lainnya. Karena hal inilah kemudian membuat serbuk sari rontok dan mendekati kepala putik. Untuk jenis tanamannya tidak ada ciri khusus bunga yang melakukan penyerbukan jenis ini.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan air yiatu hydrilla, ganggang, dan lainnya.

4. Penyerbukan Bantuan Manusia (Antropogami)

Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya
Gambar Via : ebiologi
Macam-macam penyerbukan yang terakhir yaitu penyerbukan yang dibantu oleh bantuan manusia atau antropogami. Macam penyerbukan ini dapat terjadi pada bunga tumbuhan karena adanya campur tangan dari manusia.

Terdapat beberapa tumbuhan yang tidak bisa melakukan proses penyerbukan jika tidak dibantu oleh manusia. Ciri-ciri tumbuhannya yaitu mempunyai serbuk sari dan kepala putik yang letaknya tidak dalam satu bunga tunggal, serta serbuk sarinya sulit rontok.

Contoh tumbuhan yang melakukan penyerbukan dengan bantuan manusia yiatu semangka, salak, buah naga, vanili, dan lainnya.

Tanaman yang tidak bisa melakukan penyerbukan 

Di bawah ini terdapat beberapa jenis tumbuhan tidak bisa melakukan penyerbukan secara mandiri karena beberapa alasan, diantaranya yaitu :

1. Dioseus

Yaitu adanya alat kelamin jantan dan betina yang terdapat di dalam individu yang berbeda. Contohnya yaitu tanaman mlinjo.

2. Dikogami

Yaitu keadaan dimana putik dan serbuk sari dari suatu bunga yang masaknya tidak dalam waktu yang bersamaan. Terdapat dua kemungkinan dalam dikogami yaitu :

  • Protandri yaitu keadaan dimana serbuk sari masak terlebih dahulu dari putik, disebut dengan Protandri. Misalnya seperti seledri, bunga jagung, dan bawang bombay. 
  • Protagini yaitu keadaan dimana putik suatu bunga lebih masak lebih dulu dari serbuk sari. Contohnya yaitu alpukat dan bunga coklat. 

3. Herkogami

Yaitu keadaan dimana serbuk sari tidak bisa jatuh di permukaan kepala putik tanpa adanya bantuan atau perantara hewan maupun manusia. Contohnya yaitu vanili dan anggrek. 

4. Heterostili

Yaitu bunga yang memiliki putik dan benng sari yang panjangnya tidak sama. Misalnya yaitu, kina, kopi, dan kaca piring. 

Itulah macam-macam penyerbukan pada tumbuhan

Semoga ulasan di atas mengenai macam-macam penyerbukan dapat bermanfaat bagi sobat semua. Dapat disimpulkan macam-macam penyerbukan terbagi berdasarkan asal serbuk sarinya dan berdasrkan perantaranya. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Penyerbukan beserta Penjelasan & Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel