2 Gaya Lempar Cakram beserta Cara Melakukan dan Gambarnya

Lempar cakram adalah salah satu olahraga nomor lempar dalam cabang atletik. Lempar cakram dapat diartikan sebagai bentuk gerakan melempar suatu alat (cakram) menggunakan satu tangan dari samping badan untuk mencapai jarak yang sejauh mungkin, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sama seperti namanya, media yang digunakan dalam olahraga ini yaitu berupa cakram. Cakram ini terbuat dari bahan kayu atau bahan lain yang sesuai dengan badan cakram, dengan pinggirannya terbuat dari logam yang tepinya dibuat membulat. 

Bentuk cakram yaitu bulat pipih dan cembung ke tengah dengan penampang melintangnya dari tepi atau pinggiran cakram berbentuk lingkaran penuh. Ukuran standar diameternya yaitu 220 mm untuk putra dan 181 mm untuk putri. Sedangkan untuk berat standar cakram yaitu 2 kg untuk putra dan 1 kg untuk putri.

Macam-Macam Gaya Lempar Cakram beserta Cara Melakukan & Gambarnya 


2 Gaya Lempar Cakram beserta Cara Melakukan dan Gambarnya

Gaya lempar cakram menjadi salah satu teknik yang harus dikuasai oleh setiap atlet. Dalam lempar cakram, pengambilan awalan lempar cakram dilakukan di dalam lapangan lempar cakram. Untuk pengambilan awalan dilakukan dengan dua cara, yaitu gaya menyamping dan gaya membelakangi. Simak penjelasan berikut ini :


1. Gaya Lempar Cakram Menyamping

2 Gaya Lempar Cakram beserta Cara Melakukan dan Gambarnya
Gambar Via : ensiklopediaasli
Gaya samping dalam lempar cakram dapat dilakukan dengan persiapan menghadap ke samping atau searah dengan tangan yang memegang cakram. Pada umumnya arah samping yang digunakan yaitu samping kanan, karena kebanyakan atlet menggunakan tangan kanan untuk memegang cakram. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi atlet yang kidal (tangan kiri), maka arah hadapnya yaitu ke samping kiri.


Dengan gaya ini, pemain dapat mengambil ancang-ancang atau persiapan berupa ayunan dari arah samping ke depan beberapa kali. Setelah itu pemain dapat melepas cakram sejauh mungkin ke depan.

Cara melakukan gaya menyamping dalam lempar cakram 

  • Posisi badan berdiri dalam lapangan, arah hadap sesuai dengan tangan yang melempar cakram. (Kali ini saya akan melakukan lemparan dengan tangan kanan, maka hadapnya pun ke arah kanan).
  • Kaki kiri menuju ke arah lemparan, sedangkan kaki kanan berada di samping kaki kiri dengan posisi kedua lutut agak ditekuk. Untuk berat badan ditopang pada di kaki kanan. 
  • Tangan kanan yang memegang cakram dalam posisi lengan yang lurus ke bawah dan berada di samping kanan badan.
  • Saat ayunan cakram yang terakhir, kepala menengok ke arah kanan dan posisi cakram berada di belakang kanan di bawah bahu dengan posisi lengan tetap lurus. Sambil memindahkan kaki kanan ke samping kaki kiri, badan diputar ke kiri sehingga menghadap ke belakang. Tangan kanan tetap berada di belakang dengan posisi lengan tetap lurus.
  • Ketika kaki kanan menginjak tanah, kaki kiri segera diluruskan ke depan yaitu ke arah lemparan. Ketika kaki kiri mendarat, secepat mungkin cakram dilepaskan atau dilemparkan dari belakang melalui samping badan, kemudian ke depan atas. Gerakan lemparan dibantu dengan menolakkan kaki kanan dan melonjakkan badan ke arah atas depan.
  • Cakram dilepaskan ketika lengan tangan kanan lurus di depan badan serong ke atas. Saat melempar, pergelangan tangan kanan diputar ke luar, kemudian jari tangan memutar pinggiran atau tepi cakram ke dalam.
  • Sikap akhir pendaratan yaitu dengan posisi kaki kanan di depan, kaki kiri dan lengan kiri di belakang.  Sedangkan lengan kanan diposisikan dengan siku ditekuk berada di depan badan dan posisi badan membungkuk ke arah lemparan untuk menjaga keseimbangan.

2. Gaya Lempar Cakram Membelakangi

2 Gaya Lempar Cakram beserta Cara Melakukan dan Gambarnya
Gambar Via : ensiklopediaasli
Gaya membelakangi dalam lempar cakram hampir sama dengan gaya samping. Hanya saja posisi tubuh yang membedakan dalam melakukan awalan. Gaya membelakangi ini dilakukan dengan cara memutar badan satu setengah lingkaran (dari belakang ke arah lemparan). 


Gaya membelakangi lempar cakram memiliki kelebihan tersendiri, yaitu momentum pengambilan lemparan yang lebih luas. Sehingga secara teori akan menghasilkan lemparan yang lebih jauh. Namun, gaya ini lebih sulit dilakukan dan mempunyai risiko yang lebih besar. Hal ini dikarenakan saat pelempar menghadap ke belakang, ia tidak bisa menentukan titik lemparan sebaik mungkin.

Cara melakukan gaya membelakangi dalam lempar cakram 

  • (Kali ini saya akan mempraktekkan posisi lempar cakram dengan tangan kanan).
  • Posisi badan berdiri membelakangi sektor lemparan.
  • Ketika akan berputar, lengan kanan diayunkan jauh kebelakang.
  • Pandangan mata mulai melirik sektor lemparan, untuk sumbu putar menggunakan ujung kaki kiri.
  • Tolakkan saat melempar menggunakan kaki kiri dan badan meluncur ke arah sektor lemparan.
  • Ayunkan kaki kanan memutar ke kiri yang nantinya akan digunakan untuk tumpuan saat pendaratan.
  • Kaki kanan dan kaki kiri saling bertukan posisi untuk berputar dan menyeimbangkan badan.
  • Ketika cakram dilemparkan, kaki kanan segera berpindah ke depan (kea rah sektor lemparan) sedangkan kaki kiri di pindah ke belakang.

Itulah 2 gaya lempar cakram beserta cara melakukan dan gambarnya 

Semoga ulasan di atas mengenai gaya lempar cakram menyamping dan membelakangi bisa bermanfaat bagi sobat yang sedang mempelajari materi lempar cakram. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Belum ada Komentar untuk "2 Gaya Lempar Cakram beserta Cara Melakukan dan Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel