Macam-Macam Gaya Renang beserta Gambar dan Tekniknya

Macam-macam gaya renang menjadi salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh para perenang. Macam-macam gaya renang memang bervariasi, sobat bisa memilik gaya renangnya sesuai dengan kemampuan yang sobat miliki. 

Renang memang menjadi salah satu alternatif olahraga yang menyehatkan, salah satunya untuk membantu dan memperbaiki postur tubuh. Tak hanya itu, renang juga menjadi salah satu olahraga yang kompleks untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan, pada saat berenang seluruh anggota tubuh akan bergerak sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Macam-Macam Gaya Renang beserta Gambar dan Tekniknya

Macam-Macam Gaya Renang beserta Penjelasan dan Cara Melakukannya 


Untuk teknik dasar berenang memang harus mengapung atau mengambang di air. Jika sudah menguasai teknik tersebut, maka sobat bisa dengan mudah untuk mempelajari dan mempraktekkan macam-macam gaya renang. 

Umumnya macam-macam gaya renang terdapat 7 gaya, diantaranya yaitu :
  • Gaya Renang Bebas
  • Gaya Renang Punggung
  • Gaya Renang Dada
  • Gaya Renang Kupu-Kupu
  • Gaya Renang Samping
  • Gaya Renang Anjing
  • Gaya Renang Trudgen
Seperti apa macam-macam gaya renang? Simak ulasannya berikut ini :
 

1. Gaya Renang Bebas

Macam-Macam Gaya Renang beserta Gambar dan Tekniknya
Gambar Via : img:prezi
Macam-macam gaya renang yang sangat populer di kalangan masyarakat yaitu teknik renang gaya bebas. Teknik renang ini menekankan kebebasan pada pergerakan kaki dan tangan saat meluncur di air. Sekalipun namanya gaya bebas, teknik ini masih mempunyai aturan loh.

Pada saat akan melakukan gaya bebas, posisi badan berda di permukaan. Selanjutnya ayunkan tangan ke depan dan kaki menendang seperti gerakan gunting.
Dalam gaya bebas ini, teknik pernafasan memanfaatkan posisi tangan yang dianggat ke atas. Jika tangan diangkat ke atas untuk mengayun, kemudian kepala digelengkan ke samping kanan atau kiri. Nah pada saat itu pula lakukan teknik pengambilan nafas baik dengan mulut maupun dengan hidung.

2. Gaya Renang Punggung

Macam-Macam Gaya Renang beserta Gambar dan Tekniknya
Gambar Via : perpustakaan-id
Macam-macam gaya renang selanjutnya yaitu gaya punggung. Gaya punggung merupakan teknik renang dengan posisi tubuh yang terlentang ke atas, sehingga posisi punggu berada di dalam air. Dalam gaya ini juga menekankan pergerakan tangah dan kaki sehingga mirip seperti renang gaya bebas.

Namun, terdapat perbedaan antara gaya renang bebas dan gaya renang punggung yaitu terletak pada arah renang yang berbeda. Jika gaya bebas mengayunkan tangan ke depan, maka arah renangnya pun ke depan. Begitu pula dengan gaya punggung, ayunan tangan ke belakang, maka arah renangnya pun ikut ke belakang.

Teknik pengambilan nafas pada renang gaya punggung sangat mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan posisi wajah yang menghadap atas, sehingga pengambilan nafas dapat dilakukan kapan saja. Manfaat renang gaya punggung yaitu guna melatih kekuatan otot punggung dan otot lengan.

3. Gaya Renang Dada

Macam-Macam Gaya Renang beserta Gambar dan Tekniknya
Gambar Via : google image
Renang gaya dada merupakan salah satu teknik berenang yang mirip dengan pergerakan katak. Sehhingga teknik ini juga disebut sebagai renang gaya katak. Dalam dunia internasional, teknik renang gaya dada disebut dengan istilah breaststroke swim. 

Pergerakan renang gaya dada memiliki tempo pergerakan yang lambat, bahkan lebih lambat dari renang gaya bebas. Sehinga gaya ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan renang dengan tempo pergerakan yang santai.
Renang gaya dada ini menitik beratkan pada kekuatan kaki dan tangan guna menggerakkan badan ke depan. 

Pergerakkan kedua kaki akan menendang-nendang ke arah luar, selanjutnya kedua tangan lurus ke arah depan. Lalu gerakan tangan akan membuka ke arah  samping guna mendorong tubuh bergerak maju ke depan. Dalam renang gaya dada ini, posisi dada menghadap ke permukaan air.
Untuk teknik pengambilan nafas bisa dilakukan setelah satu kali atau dua kali gerakan tangan dan kaki. Karena memiliki pergerakan yang lambat dan temponya santai, renang gaya dada ini umumnya diajarkan pada perenang yang masih awam.


4. Gaya Renang Kupu-Kupu/Lumba-Lumba

Macam-Macam Gaya Renang beserta Gambar dan Tekniknya
Gambar Via : ensiklopedia 
Dalam dunia internasional, gaya ini disebut dengan istilah butterfly stroke. Gaya renang kupu-kupu ini sudah diakui pada tahun 1933. Sehingga gaya renang ini pun telah dipertandingkan dalam kejuaraan renang.
Sesuai namanya, gaya renang kupu-kupu memiliki gerakan yang menyerupai kupu-kupu. Tak hanya itu, ada juga yang menyebutkan gaya ini mirip dengan lumba-lumba. 

Dalam teknik renang gaya kupu-kupu atau lumba-lumba. Posisi dada menghadap ke air, selanjutnya kedua lengan secara bersamaan ditekan ke bawah, ke belakang, ke arah luar, baru kemudian kembali ke depan di atas permukaan air. Pada waktu tangan di tarik ke arah belakang, kedua kaki juga harus menekan ke bawah. Untuk teknik pengambilan nafas dapat dilakukan saat posisi kaki dan tangan bergerak seperti ini.

Gaya renang kupu-kupu ini membutuhkan kekuaatan perenang guna menggerakkan tubuh. Selain itu, irama antara tangan dan kaki dalam melakukan gaya ini sangat penting karena berguna untuk mengontrol kecepatan saat berenang. Dengan demikian, gaya renang ini dapat dikatakan cukup sulit dibanding gaya renang yang lain. 

5. Gaya Renang Samping

Macam-Macam Gaya Renang beserta Gambar dan Tekniknya
Gambar Via : youtube
Gaya ini mengunakan sisi samping dari bagian tubuh perenang. Satu tangan berada di dalam air guna melakukan ayunan melingkar untuk menggerakkan tubuh. Sedangkan tangan yang satunya lagi berad di atas air dengan gerakan yang rileks dan lurus di atas kepala.

Kemudian pergerakan kaki dilakukan seperti gerakan menggunting. Dan posisi kepala yaitu setengah masuk ke air ataupun melayang di air. Perpaduan gerakan kaki dan tangan dalam gaya ini akan menghasilkan kecepatan yang maksimal.

Gaya renang samping ini memang tak sepopuler dengan teknik gaya renang lainnya, gaya renang samping merupakan gaya renang yang jarang dipakai atau diperlombakan dalam berbagai kejuaraan. Sehingga tak heran jika gaya renang ini memang jarang diketahui. Namun apa salahnya jika sobat mempelajari gaya ini, skill dan kemempuan berenang pun akan bertambah.


6. Gaya Renang Anjing

Macam-Macam Gaya Renang beserta Gambar dan Tekniknya
Gambar Via : bbci.co
Sama seperti namaya, gaya renang anjing ini menyerupai gerakan anjing saat berenang. Dalam gaya ini, posisi kepala berada di atas permukaan air. Sedangkan kedua tangan dan kaki melakukan gerakan menendang menyerupai posisi anjing yang sedang berenang. 

Gaya renang ini juga sangat cocok bagi sobat yang masih pemula. Karena gaya ini memang sangat mudah dilakukan bagi pemula yang belum bisa berenang ataupun melayang di permukaan air.

7. Gaya Renang Trudgen

Macam-Macam Gaya Renang beserta Gambar dan Tekniknya
Gambar Via : isloefdogslife
Gaya trudgen hampir mirip dengan teknik renang gaya bebas, namun yang membedakan kedua gaya terebut yaitu terletak pada gerakan kaki. Pada gaya trudgen, gerakan kedua kaki seperti menggunting. Sedangkan untuk pergerakan tangan menyerupai gerakan kincir air.

Kedua tangan melakukan gerakan secara bergantian yaitu satu tangan diayunkan keluar, kemudian tangan yang satunya lagi masuk ke dalam air. Untuk memperoleh dorongan yang maksimal, ayunan tangan harus kuat dan tangan pun harus lurus sampai paha saat tangan mendorong di dalam air. Untuk teknik pengambilan nafas dapat dilakukan kapan saja, sesuai dengan kemampuan perenannya masing-masing.

Itulah macam-macam gaya renang beserta gambar dan penjelasannya

Semoga ulasan di atas mengenai macam-macam gaya renang beserta penjelasan dan cara melakukannya dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang belajar berenang. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Gaya Renang beserta Gambar dan Tekniknya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel