10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]

Apa saja wisata di Jogja yang dekat Malioboro? Wisata dekat malioboro yang jalan kaki? Berikut ulasan lengkapnya!

Yogyakarta, siapa sih yang tidak tahu kota pelajar yang manawarkan berbagai destinasi wisata yang menawan ini. Pasti sobat wisata sudah familiar dengan kota istimewa yang memiliki banyak keunikan di dalamnya ini.

Selain memiliki nilai budaya yang masih dipegang erat oleh masyarakatnya, Yogjakarta juga memawarkan berbagai macam destinasi wisata yang patut sobat wisata kunjungi. Salah satunya yaitu wisata yang letaknya di dekat Malioboro. sApa saja tempat wisata di area Malioboro yang lagi hits, berikut ulasan lengkapnya.

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Populer dan Lagi Hits Dikunjungi

Objek wisata di sekitar area Malioboro ini tidak hanya menawarkan keindahannya saja. Sobat wisata bisa belajar mengenai nilai budaya, sejarah, dan edukatif saat mengunjunginya. 

Inilah tempat wisata di sekitar area Malioboro yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Wajib Dikunjungi [Bisa Jalan Kaki] 

1. Tugu Jogja

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]
foto : inews

Pada saat liburan ke Jogja, belum afdol kalau belum ke Tugu Jogja. Tugu ini merupakan Landmark dari kota Jogja, apalagi kalian ingin ke kawasan Tugu Jogja paling tepat adalah malam hari ketika cuaca sudah tidak panas dan kendaraan lebih lengang.

Tugu Jogja ini boleh dibilang tempat yang sangat asyik untuk menghabiskan malam bagi para wisatawan. Disini, para wisatawan bisa melakukan foto dengan latar belakang Tugu Jogja atau sekedar duduk di taman.

Selain itu, terdapat banyak kuliner di sekitar kawasan Tugu Jogja, mulai dari gudeg, cafe, angkringan, ataupun sekedar minuman ringan semuanya ada disini. Lokasi Tugu Jogja sangat mudah diakses oleh para wisatawan karena letaknya yang terletak di pusat kota Yogyakarta.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Solo dan Sekitarnya (Terbaru dan Lagi Hits)

Untuk bisa menikmati tugu keindahan Tugu Jogja, kalian tidak perlu membayar uang sepeserpun alias gratis. Hal ini karena tugu ini tidak berada pada arah yang private, namun jika kalian menggunakan kendaraan pribadi, kalian hanya perlu membayar uang parkir.

Untuk letak Tugu Jogja sangat strategis yaitu terhubung dengan garis dari titik nol KM Jogja ke sebelah utara, sehingga sangat mudah untuk menemukan spot wisata yang satu ini. Pemandangan saat matahari terbit dan matahari terbenam dapat terlihat mempesona di lokasi ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

2. Jalan Malioboro

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]
foto : indozone

Jalan paling populer yang ada di Jogja yaitu Jalan Malioboro. Jalan sepanjang 2,5 KM ini memang tidak pernah lengang dilewati para wisatawan yang berkunjung juga Yogyakarta.

Jalan Malioboro menjadi pusat oleh-oleh khas Yogyakarta, di sepanjang jalan kalian bisa menemukan berbagai souvenir khas seperti batik, kaos, blangkon, sandal, kerajinan tangan, sampai bakpia patok, dan makanan jajanan khas Yogyakarta lainnnya.

Di jalan Malioboro ini juga banyak terdapat delman atau becak yang siap mengantar kalian keliling sekitar Jalan Malioboro, bahkan ada juga yang menawarkan paket keliling empat wisata. Hal yang bakal bikin kalian betah di depan ini yaitu selalu ada alunan gamelan jawa yang diputar oleh para seniman jalanan maupun dari kaset.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

3. Pasar Beringharjo

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]
foto : niagatour

Pusat oleh-oleh Jogjakarta yang lainnya yaitu Pasar Beringharjo. Sebuah pasar di daerah Jogja yang merupakan pasar pertama yang menjual kebutuhan primer sampai tersier, seperti barang-barang antik. 

Di sini, sobat bisa membeli pakaian batik dan cinderamata lainnya, seperti uang kuno, barang antik yang tidak akan ditemukan di pasar lainnya. Di kawasan pasar Beringharjo mulai dari pintu gerbang utama yang berada tepat di sisi selatan Jalan Malioboro, sobat akan menemukan berbagai pedagang kuliner yang menjajakan kuliner tradisional. 

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Purwokerto Terbaru & Hits untuk Dikunjungi

Jika sobat sudah puas untuk menelusuri pasar Beringharjo, sobat dapat keluar kearah utara untuk melewati jalan yang merupakan Kampung Pecinan Ketandan. Di sini, sobat bisa melihat para pedagang yang menjual barang-barang unik seperti kaset-kaset dari penyanyi maupun band jaman dulu.

Selain itu, terdapat juga barang-barang seperti dupa serta batu-batu kecil yang cukup unik. Pokoknya kalian bakalan betah deh untuk main-main ke pasar Beringharjo ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

4. Museum Benteng Vredeburg

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]
foto : pikiran-rakyat

Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu wisata edukasi yang menyajikan wisata edukasi berupa diorama. Wisatawan akan diajak berkeliling 4 diorama yang menyajikan sejarah perjuangan Indonesia dari masa penjajahan hingga pasca kemerdekaan. 

Ada pula foto pahlawan hingga replika meriam dan replika Tugu Jogja yang bisa dijadikan sport berfoto. Museum Benteng Vredeburg ini terletak tidak jauh dari Malioboro, justru lokasinya terletak di nol KM kota Jogja atau lebih tepatnya terletak di Jl. Margomulyo 65, Pasangan, Kecamatan gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain sebagai wisata edukasi, banyak pengunjung datang ke museum Benteng Vredeburg ini untuk berfoto-foto di berbagai spot foto yang tersedia.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

5. Nol Kilometer

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]
foto : alodiatour

Titik nol kilometer ini sebenarnya merupakan sebuah persimpangan di tengah kota Yogyakarta yang menjadi favorit wisatawan untuk nongkrong menjelang malam tiba.

Persimpangan ini bisa dibilang sebagai titik tengah kota Jogja karena lokasinya yang benar-benar di depan Keraton Yogyakarta sebagai pendiri daerah yang istimewa ini. Lokasinya yang terdapat diantara gedung tua peninggalan Belanda membuat tempat ini menjadi bernuansa eropa klasik.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang Paling Hits Terbaru

So, jika sobat sedang berada di Yogyakarta, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi dan nongkrong di titik nol ini, karena ditempat ini kalian bisa melihat para seniman jalanan yang kerap menggelar konser mininya untuk menemani kalian nongkrong.

Selain itu, sobat juga bisa menemukan beberapa pedagang makanan kecil yang menjajakan jualannya dengan berkeliling disekitar area ini.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

6. Taman Pintar

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]
foto : dolanyok

Sesuai namanya, Taman Pintar merupakan sarana liburan yang juga sekaligus menawarkan media edukasi yang pastinya akan menambah wawasan dan pengetauan bagi para wisatawan yang mengunjunginya.

Objek wisata Taman Pintar ini sangat cocok untuk berlibur bersama anak. Di dalamnya, terdapat sembilan wahana. Pada setiap wahananya mengusung tema dan tujuan yang berbeda-beda, namun masih tetap mengandung unsur edukasi.

Untuk langsung ke tempat wisata ini, kalian tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Namun, untuk menikmati wahana yang tersedia di dalamnya, tentunya kalian akan dikenakan biaya yang bervariasi.

Taman Pintar ini lokasinya dekat dengan Jalan Malioboro dan juga titik nol kilometer. Untuk hari buka Taman Pintar yaitu hanya di hari Selasa sampai Minggu. Jadi, sobat  jangan ke sana pada hari Senin karena ke dilakukan perawatan berbagai alat didalamnya.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

7. Keraton Yogyakarta

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]
foto : penginapan

Keraton Yogyakarta adalah salah satu dari sekian banyaknya wisata sejarah di Yogyakarta. Kraton ini merupakan Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang sebenarnya masih berfungsi menjadi kompleks tempat tinggal Sultan.

Namun, sebagian area sudah dialihkan menjadi museum peninggalan benda-benda koleksi milik Kesultanan. Jika sobat datang ke Keraton Yogyakarta, sobat akan diperlihatkan beragam pertunjukan yang berbeda-beda setiap harinya.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Palembang (Paling Hits & Wajib Dikunjungi)

Terdapat juga sebuah bangunan dimana kalian bisa melihat film dokumenter tentang Yogyakarta dengan suasana ala bioskop. Keraton ini juga masih digunakan sebagai tempat perayaan upacara besar. Misalnya, seperti upacara penobatan Sultan, Pernikahan putra Sultan atau mengantar jenazah Sultan ke tempat peristirahatan terakhir.

Untuk lokasinya, sobat tidak akan kesulitan mencari Keraton Yogyakarta. Cukup berbekal Google Maps atau dengan bantuan warga lokal kalian akan sampai ke sana dengan mudah. Keraton Yogyakarta berada di tengah kota, selain itu dekat dengan pusat keramaiandi jalan Malioboro pastinya.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

8. Museum Kereta Kuda Jogja

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]
foto : jogjaupdate

Seperti namanya, museum kereta kuda Yogyakarta ini menyimpan beragam koleksi kereta kuda milik Keraton Kesultanan Yogyakarta yang umurnya mencapai ratusan tahun.

Di dalamnya, terdapat sekitar 23 koleksi kereta kuda. Dari semua koleksi tersebut, 18 kereta masih dipergunakan untuk kepentingan upacara-upacara kebesaran keraton. 

Hal yang unik di Museum Kereta Kuda Yogyakarta ini, ada sebuah kereta yang dianggap keramat yaitu kereta Kyai Garuda. Karena dipercaya keramat, maka kereta ini dimandikan setiap satu tahun sekali pada bulan Syura dan kereta ini juga masih sering digunakan sampai sekarang.

Nah, dengan adanya kereta ini menjadikan salah satu daya tarik atau alasan wisatawan datang ke museum ini demi melihatnya. Tiket untuk masuk ke museum kereta kuda Yogyakarta ini sangat amat murah.

Selain itu, lokasinya pun mudah ditemukan karena museum kereta kraton Yogyakarta, terletak disebelah barat bangunan Keraton Yogyakarta atau di bagian barat daya Alun-Alun Utara, tepatnya di Jalan rotowijayan, Yogyakarta.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

9. Taman Sari

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]
foto : kratonjogja

Gaya arsitektur yang unik perpaduan antara arsitektur Jawa dan Portugis ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi Taman Sari.

Meski sudah tidak difungsikan seperti dulu, bangunan ini tetap menjadi pilihan para wisatawan. Taman sari ini banyak dikunjungi oleh anak muda karena tempatnya yang instagrameble untuk dijadikan spot foto. Bahkan, tak sedikit juga lo orang yang melakukan foto prewed di tempat ini. 

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Jepara Terbaru dan Terhits untuk Dikunjungi

Salah satu hal yang menarik di Taman Sari yaitu gedung Kenongo yang saat ini hanya berupa puing-puing yang eksotis. Gedung ini merupakan tempat tertinggi dari kompleks Taman Sari, jadi para wisatawan bisa menyaksikan kota Jogja maupun sunset yang indah dari gedung Kenongo ini.

Untuk bisa ke Taman Sari ini juga sangat mudah, lokasinya berada di dekat Alun-Alun Selatan Yogyakarta dan sekitar 1 km dari Keraton Yogyakarta.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

10. Alun-Alun Kidul

10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]
foto : pariwisataku

Kalau kalian mencari tempat nongkrong di Jogja saat malam hari, selain di Malioboro dan titik nol kilometer, sobat bisa lo berkunjung ke alun-alun Kidul. Di sana banyak terdapat pedagang-pedagang kecil yang menjual berbagai macam cemilan dan juga mainan. Jadi, sobat bisa menikmati makanan di tengah lapangan alun-alun Kidul. 

Dan yang membuat suasana semakin asyik sambil nongkrong dan menikmati cemilan yaitu adanya iringan lagu oleh para seniman jalanan.

Nah, hal yang menarik lagi dari alun-alun ini yaitu pohon beringin yang menjadi ikon alun-alun ini. Di samping keindahannya, pohon ini juga menyimpan mitos banyak orang yang percaya jika siapapun yang berhasil berjalan diantara kedua beringin tersebut dengan mata tertutup maka keinginan dan hajatnya akan terkabul.

Ritual berjalan diantara kedua pohon ini disebut dengan masangin. Meskipun terdengar sangat mudah, namun siapa sangka jika banyak orang yang gagal ketika mencobanya. Meskipun demikian masih ada juga yang berhasil setelah mencoba berkali-kali.

Di sana, mata kalian juga akan dibuat terpana oleh lampu warna-warni indah yang berasal dari kereta hias. Kereta ini dihiasi beragam rupa dengan keindahannya masing-masing. Nah,untuk sobat yang tertarik untuk mencobanya, bisa juga menyewa kereta hias ini untuk berkeliling melihat suasana alun-alun Kidul.

Klik Untuk Kembali ke Daftar Isi!

Itulah Tempat Wisata Dekat Malioboro yang lagi Hits untuk Dikunjungi

Demikian ulasan mengenai beragam destinasi wisata di sekitar area Malioboro. Selain memiliki pesona yang indah, tempat wisata di area Malioboro juga menyimpan berbagai nilai sejarah, budaya, dan edukasi. Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "10 Tempat Wisata Dekat Malioboro yang Terhits [Bisa Jalan Kaki]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel