9 Manfaat Luar Biasa Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh

Ciplukan menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Mungkin masih terdengar asing, apa sih manfaat ciplukan? Buah ciplukan memang tak sefamiliar buah kelengkeng ataupun anggur. Buah ini mudah ditemukan di kebun, pekarangan, dan pinggir sawah.

Seperti buah pada umumnya, ciplukan sebelum matang berwarna hijau dan rasanya asam dan jika sudah matang akan berwarna kuning dan manis. Pohon ciplukan pun seperti pohon cabai yang pendek sehingga mudah untuk dipetik.

Namun pada umumnya ciplukan sering dipandang sebelah mata, padahal menyimpan banyak manfaat didalamnya. Apa saja manfaatnya? Seperti yang dilansir liputan6.com inilah manfaat cilukan.

9 Manfaat Luar Biasa Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh

9 Manfaat Luar Biasa Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ternyata buah ciplukan banyak mengandung vitamin A yang baik untuk meningkatkan penglihatan dan kesehatan mata. Anda hanya cukup mengonsumsi buah ciplukan secara langsung untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Baca Juga : Jangan Dibuang! 8 Kulit Buah Dan Sayur Yang Punya Banyak Manfaat

Selain itu, ciplukan juga mengandung zat karotenoid yang berkhasiat mencegah terjadinya katarak dan memperlambat timbulnya degenerasi macula. Serta menjaga penglihatan tetap tajam seiring bertambahnya usia.

2. Ciplukan Mengandung antioksidan tinggi 

Ciplukan ternyata juga mengandung antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan dalam ciplukan berfungsi dalam menetralkan radikal bebas dan melindungi tubuh dari ancaman berbagai penyakit seperti rematik, tekanan darah tinggi bahkan kanker dan jantung koroner.

3. Membantu Kesehatan Otak

Perpaduan antara zat antioksidan dan vitamin C yang terkandung didalamnya ternyata mampu menghilangkan plak di jalur kognitif otak. Sehingga dapat meningkatkan fokus, daya ingat, dan konsentrasi. Ciplukan juga bisa membantu bagi penderita demensia dan Alzheimer.

Baca Juga : Makanan Untuk Diet Alami Yang Bikin Langsing

4. Menghilangkan Rematik

Kandungan buah ciplukan juga berkhasiat dalam menghilangkan nyeri radang sendi atau rematik. Hal ini disebabkan karena buah ciplukan mampu meningkatkan aliran darah ke daerah yang terasa nyeri sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan fleksibilitas sendi.


5. Ciplukan dapat mengurangi kadar kolesterol

Ciplukan memang rasanya agak masam, tapi siapa sangka bahwa dibalik rasa asam itu tersimpan banyak manfaat. Asam linoleat dan oleat dalam buah ciplukan berkhasiat dalam menurunkan jumlah kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Sehingga dapat dipastikan jantung Anda selalu sehat.


6. Menurunkan berat badan

Sebagai salah satu buah yang rendah kalori yaitu hanya sekitar 53 kalori per 100 gr, membuat buah ciplukan menjadi salah satu makanan alternatif bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

Baca Juga : Cara Ampuh Usir Lalat Di Rumah Dengan Cepat Tanpa Bahan Kimia

Nutrisi yang terkandung di dalamnya mampu mencukupi kebutuhan tubuh tanpa menyumbang lemak dan kalori berlebihan. Jadi Anda bisa mengonsumsi ciplukan secara langsung tiap hari tanpa rasa khawatir banyak kalori yang masuk ke tubuh.

7. Melindungi  hati dan ginjal dari kerusakan

Terganggunya atau rusaknya fungsi organ seperti hati dan ginjal biasa disebut fibrosis. Hal ini sangat berbahaya jika terjadi, oleh karena itu ciplukan merupakan salah satu obat penawarnya. Pada ginjal kandungan ciplukan dapat membuang racun, lemak, dan garam sisa melaui buang air kecil. Sehingga dapat mengoptimalkan fungsi ginjal.

Baca Juga : Manfaat Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok Bagi Kesehatan

Dalam buah ciplukan terkandung berbagai nutrisi, protein, vitamin, mineral, kalsium, serta zat besi yang berkhasiat melindungi organ seperti ginjal dan hati dari fibrosis atau kerusakan.

8. Ciplukan baik untuk wanita hamil

Makanan berupa sayuran, buah, dan biji-bijian yang mengandung zat besi memang sangat baik bagi ibu hamil. Ibu hamil bisa mengonsumsi ciplukan secara langsung setiap hari agar mampu memenuhi kebutuhan zat besi pada waktu hamil.

9. Memelihara sistem kekebalan tubuh

Kandungan asam karbonat dan vitamin C dalam buah ciplukan dapat merangsang proses produksi Leukosit atau sel darah putih yang mengandung sifat antioksidan yang berfungsi dalam sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga : 7 Manfaat Luar Biasa Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Selain itu, vitamin C juga berperan menjadi komponen utama pada pembentukan kolagen yang membantu memproduksi dan memperbaiki sel, jaringan, dan pembuluh darah yang rusak.

Penutup

Itulah ulasan mengenai beberapa manfaat buah ciplukan yang sering dianggap sebelah mata. Mulai sekarang jangan anggap remeh lagi ya! Karena sudah terbukti mempunyai manfaat yang luar biasa. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat Luar Biasa Ciplukan Untuk Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel