7 Manfaat Luar Biasa Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Bagi Kesehatan

Mandi menggunakan air dingin di waktu pagi memang menjadi suatu hal yang memalaskan, kenapa memalaskan? Pasalnya dinginnya air di pagi hari akan membuat orang enggan untuk membasahi tubuhnya. Akhirnya banyak orang yang tidak mandi sebelum melakukan aktivitas, apakah sobat termasuk juga?

mandi dengan air dingin

Namun dibalik dinginnya air di pagi hari ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan sebagai langkah awal untuk memulai hari. Selain itu mandi air dingin juga memiliki beragam manfaat lainnya yang belum banyak yang tahu mengenai hal ini. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti ulasan di bawah ini :

1. Membantu melawan penyakit

Mandi pagi ternyata bisa juga merangsang produksi dari sel darah putih ( leukosit ). Sel darah putih fungsinya sendiri adalah melawan kuman atau infeksi yang bisa memicu penyakit dalam tubuh. Dengan kata lain, mandi air dingin secara alami bisa berkhasiat dalam memerangi berbagai macam serangan penyakit yang masuk ke tubuh.

Baca Juga : Manfaat Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok Bagi Kesehatan

2. Menurunkan berat badan

Sobat yang melakukan mandi air dingin secara teratur akan membuat berat badan menurun secara alami dan tak terduga sama sekali.
Sebenarnya tubuh manusia terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak coklat dan lemak putih. Lemak putih yang biasanya terletak di pinggang, perut,dan leher umumnya digunakan untuk penghasil energi.

Sedangkan, lemak coklat merupakan lemak yang mempunyai manfaat sebagai penghasil panas untuk menjaga tubuh tetap hangat. Lemak ini akan aktif saat tubuh berada saat kondisi dingin. Jadi, ketika kita terkena air dingin, secara otomatis lemak ini akan terbakar untuk menghangatkan tubuh.
Dengan demikian mandi air dingin di pagi hari dapat mengurangi atau membakar lemak dari dalam tubuh sobat, sehingga bisa berpeluang untuk memiliki tubuh yang ideal kembali.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh dan sirkulasi darah

Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam proses pemompaan darah, maka dari itu sobat harus menjaga kesehatan jantung agar sirkulasi jantung menjadi lancar. Mandi air dingin ternyata menjadi salah satu caranya.

Rasa dingin dari guyuran air akan membuat jantung lebih efisien dalam bekerja memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga dapat membantu sistem sirkulasi darah menjadi lancar. Akibatnya pun bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi, menghilangkan penumpukan plak di pembuluh darah, dan membuat kerja sistem imunitas tubuh agar lebih baik.

Baca Juga : Jangan Dibuang! 8 Kulit Buah Dan Sayur Yang Punya Banyak Manfaat

4. Menghaluskan rambut dan kulit

Bagi sobat yang menginginkan kulit halus dan rambut yang sehat, kuat, dan tidak kusam, sobat perlu melakukan aktivitas yang ini secara rutin setiap paginya. Jika sobat mandi dengan air panas, sebenarnya memiliki sifat melucuti minyak alami dari kulit dan akan membuat kulit tampak kering dan kusam.

Namun tidak dengan air dingin, yang justru dapat mengencangkan kulit. Pori-pori kulit dan kulit kepala akan menutup, sehingga akan bisa mencegah kotoran atau partikel berbahaya masuk dan bisa menyumbat pori-pori kulit dan kulit kepala. Dengan demikian kulit dan rambut akan tampak lebih cerah, kuat, bersinar dan pastinya lebih sehat.

5. Meringankan stres

Secara fisik dan mental, membiarkan tubuh tersiram air dingin rupanya dapat membantu meningkatkan toleransi tubuh terhadap stres. Salah satu faktornya yaitu mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi antioksidan bernama gluathathione yang akan membuat zat antioksidan lainnya bekerja secara optimal. Sehingga membuat sobat lebih tahan akan tekanan stres yang datang tiba-tiba.

Baca Juga : Makanan Untuk Diet Alami Yang Bikin Langsing

6. Membantu mencegah depresi

Ternyata mandi dengan air dingin bisa membantu menghilangkan depresi , hal ni dikarenakan ketika kulit tersiram dinginnya air membuat reseptor saraf pada kulit mengirimkan sinyal ke otak.
Manfaatnya, otak akan merespon dengan menghasilkan efek seperti anti depresan, yang pastinya akan menghilangkan depresi dan memperbaiki suasana hati atau mood sobat dan bisa membuat lebih semangat menjalani hari.

7. Meringankan nyeri otot dan pegal linu

Setelah melakukan beberapa aktivitas berat mengkin membuat tubuh sobat menjadi pegal-pegal. Ternyata mandi dengan air dingin dapat mengurangi nyeri otot secara efektif , hal ini dikarenakan air dingin dapat membantu menenangkan nyeri otot setelah melakukan aktifitas yang berat dan melelahkan.

Itulah ulasan mengenai manfaat mandi dengan air dingin di pagi hari yang ternyata menyimpan manfaat yang tak terduga. Dengan catatan tidak semua orang atau umur mampu melakukan ini, bisa jadi seseorang yang sudah lanjut usia atau yang beresiko terkena serangan jantung dianjurkan untuk tidak melakukan hal ini, kenapa? Ditakutkan akan bisa menyebabkan rasa kaget yang bisa memicu kambuhnya serangan jantung.

Demikian semoga bermanfaat bagi sesama dan selamat mencoba. Terima kasih

Belum ada Komentar untuk "7 Manfaat Luar Biasa Mandi Air Dingin Di Pagi Hari Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel