Jangan Dibuang! 8 Kulit Buah Dan Sayur Yang Punya Banyak Manfaat

Kulit buah ataupun sayur bagi masyarakat awam memang seperti tidak ada manfaatnya. Namun realitanya terbalik, mungkin diantara Anda sangat tidak suka makan buah dengan kulitnya. Tapi dibalik ketidakenakan kulit buah ataupun sayur ternyata menyimpan berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan.

Mengupas kulit buah dan sayur

Kulit buah dan sayur yang akan dipaparkan di bawah ini, sesungguhnya menjadi limbah di dapur Anda. Namun Anda harus berpikir dua kali untuk membuangnya. Lebih baik memakan buah dengan kulitnya yang kaya akan kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Sehingga mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang lebih sempurna.

Baca Juga : Makanan Untuk Diet Alami Yang Bikin Langsing

Untuk lebih jelasnya, ikuti ulasan berikut ini mengenai kulit buah dan sayur yang masih bermanfaat bagi kesehatani, diantaranya :

1. Kulit nanas

Hah, kulit nanas dikonsumsi ? nanti gatal di mulut dong ?
Tenang, kulit nanas yang dikonsumsi merupakan kulit yang berada di bagian dalam sebelum daging buah.

Selain buahnya yang mengandung vitamin C dan serat, kulitnya pun ternyata mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kulitnya mengandung suatu enzim yang bernama bromalein. Enzi mini mempunyai sifat anti inflamasi yang sangat baik dikonsumsi saat Anda terkena demam, asam urat, dan peradangan pada sendi.

Kulit nanas juga baik dikonsumsi jika Anda sedang mengalami masalah pada sistem pencernaan. Loh kok bisa ya?

Tentu saja bisa, enzim yang terdapat dalm kulit nanas mampu memecahkan protein dengan cepat, sehingga makanan dengan cepat dan mudah diserap oleh tubuh. Selain itu, kulit nanas juga berkhasiat dalam mencegah perut kembung.

Baca Juga : Manfaat Makan Pakai Tangan Tanpa Sendok Bagi Kesehatan

2. Kulit jeruk

Kulit jeruk sendiri mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat, tanpa menurunkan kadar lemak baik dalam tubuh. Selain itu kulit jeruk juga bisa menangkal radikal bebas yang bisa memicu berbagai penyakit.

Tak hanya itu, kulit jeruk juga mengandung nutrisi yang dapat mencegah resiko penyakit jantung. Kulit jeruk juga bisa melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, menjaga kesehatan mulut, dan menghalau bau tak sedap.

3. Kulit apel

Makan buah apel paling nikmat jika dikupas kulitnya. Namun ternyata hal ini akan mengurangi kandungan nutrisi yang berada pada buah ini. Masa sih ?

Ternyata nutrisi tertinggi dari apel berada pada kulitnya, hal ini dikarenakan kulitnya sendiri mempunyai zat antioksidan yang bernama flavonoid. Antioksidan ini berkhasiat dalam menurunkan resiko kanker dan meningkatkan system imunitas tubuh.

Baca Juga : Jangan Lupa Tertawa, Bikin Sehat Loh!

4. Kulit Semangka 

Memang, dari penampilannya saja tak menarik. Kulit semangka pastinya keras dan rasanya hambar, ya memang benar. Jadi siapa yang suka dengan kulit buah yang satu ini. Tapi jangan heran dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan.

Jika berada ditangan orang dengan kreativitas tinggi, akan menjadi makanan yang enak dan menarik. Salah satunya dijadikan makanan awetan yang berbahan kulit buah semangka. Nah, dari sinilah pasti banyak orang yang suka dan ingin mencicipinya.

Di dalamnya mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk kesehatan, salah satunya yaitu vitamin C, vitamin B6 yang baik untuk imunitas tubuh, kesehatan kulit, dan penguatan sistem saraf.

Selain itu kulit semangka juga mampu melancarkan peredaran darah, hal ini disebabkan karena kulit semangka mengandung zat yang bernama citrulline yang diubah oleh tubuh menjadi asam amino sehingga dapat melancarkan peredaran darah.

5. Kulit pisang

Buahnya yang enak dan mengandung banyak vitamin, apalagi kulitnya. Penelitian menunjukkan bahwa kulit pisang mengandung antioksidan yang diperkirakan mampu mencegah diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Selain itu kulit pisang juga berkhasiat dalam menyembuhkan luka, seperti luka memar atau lecet. Caranya pun mudah Anda bisa menggosokkan sisi luar kulit untuk menghasilkan kalium agar luka cepat sembuh.

6. Kulit kentang 

Bagi Anda yang suka makan kentang, sebaiknya harus mengetahui rahasia dibalik kulit kentang. Ternyata kulit kentang memiliki kandungan nutrisi yang kaya akan vitamin B dan mineral lainnya, oleh karena itu makan kentang disarankan dikonsumsi dengan kulitnya. Tapi dengan catatan harus dicuci terlebih dahulu.

Selain itu kulit kentang juga berkhasiat bagi perawatan kulit. Kok bisa ya ?

Ya, memang bisa. Kunci utamanya terdapat pada kulit kentang yang memiliki enzim yang berkhasiat mencerahkan kulit. Contohnya untuk membantu meringankan lingkaran hitam di bawah mata. Bisa juga digunakan untuk menghilangkan atau memudarkan bintik-bintik penuaan dengan cara menggosokkan kulit kentang pada bintik tadi.

7. Kulit wortel

Wortel umumnya dikonsumsi dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu, jadi rasanya pun manis. Tapi Anda sebenarnya telah melakukan hal yang salah, kok salah sih?

Wortel juga kaya akan nutrisi yang tak hanya Anda temukan di buahnya saja tetapi juga dapat ditemukan tepat di bawah kulit, tepatnya bagian yang Anda buang. Dalam kulit wortel ternyata terdapat serat-serat yang baik bagi kesehatan. Selain itu terdapat pula antioksidan dan betakaroten serta vitamin A yang sangat baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Jadi Anda harus memanfaatkan kulit wortel ini, salah satunya dengan mencuci kembali dan dimasak menjadi sup dengan sayuran lain.

8. Kulit bawang 

Kulit bawang memang tidak dapat dikonsumsi, tapi apa salahnya Anda menambahkan pada kaldu sup atau semur. Anda akan menikmati rasa yang lezat dan aroma yang nikmat.

Tak hanya itu saja, kulit bawang ternyata banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, salah satunya ialah quercetin yang berkhasiat dalam menurunkan gula darah dan mengurangi  peradangan.

Itulah ulasan mengenai berbagai kulit buah dan sayur yang masih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jangan sampai Anda menyia-nyiakan manfaat yang dari kulit buah dan sayur di atas, yang sebearnya menjadi limbah di dapur Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.









Belum ada Komentar untuk "Jangan Dibuang! 8 Kulit Buah Dan Sayur Yang Punya Banyak Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel