Jangan Sepelekan, Inilah Manfaat Bersin Menurut Islam

Setiap orang pasti pernah merasakan bersin, bahkan hewan sekalipun pernah bersin. Bersin yaitu suatu aktivitas untuk menghentakkan udara keluar melalui lubang hidung dan mulut. Bersin terjadi ketika tubuh kita khususnya lapisan hidung bereaksi dengan iritan seperti debu yang masuk ke hidung. Sehingga otak akan merespon dengan memberi untuk menyingkirkan kotoran tersebut.

orang bersin

Dilihat dari sisi kesehatan bersin bermanfaat untuk mengeluarkan seluruh iritan atau partikel yang masuk ketubuh melalui hidung. Bersin merupakan suatu aktivitas untuk mereset rongga hidung dari partikel yang akan berbahaya jika terhirup ke paru-paru.

Baca Juga : Penjelasan Waktu Tidur Hailulah, Qailulah, Dan Ailulah Dalam Islam

Jika dilihat dari sisi agama Rasulullah SAW, bahwa Allah SWT  mencintai orang yang bersin dari pada orang yang menguap. Dalam hadistnya beliau bersabda :

“Sungguh Allah mencintai orang yang bersin dan membenci orang yang menguap , maka jika kalian bersin pujilah Allah, maka setiap orang yang mendengar pujian itu untuk menjawab dan apapun menguap itu dari setan, maka lawanlah itu sekuat tenagamu. Dan apabila seseorang menguap dan mengeluarkan bunyi aaaa…, maka setan pun tertawa karenanya.”
 (HR. Abu Hurairah)

Para peneliti mengamati bahwa semprotan atau udara buangan dari bersin dapat mencapai jarak lima kaki atau lebih. Dengan demikian jika seseorang yang menderita suatu penyakit dan orang tersebut bersin. Orang tersebut mengeluarkan udara buangan yang mengandung bibit-bibit penyakit, apabila dihurup orang lain maka akan tertular sakit.

Contohnya pada seseorang yang mengalami flu, jika orang itu bersin mengeluarkan udara buangan yang mengandung bibit penyakit. Memang udara tersebut cepat hilang ke udara, tapi kalau kita berada dekat maka akan terhirup kita dan akan menularkan penyakit flu

Dari kasus inilah kita diajarkan untuk menutup mulut kita dengan siku agar mencegah penyebaran penyakit. Hal tersebut disampaikan jelas oleh Rasulullah SAW, dalam hadistnya beliau bersabda :

“Nabi SAW bersin kemudian beliau menutup wajah (mulut) dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suara” (HR. Ahmad)

Dari itulah para ilmuan percarya dengan sabda Nabi yang menerangkan sedetail mungkin cara menjaga kesehatan dengan berpegang sunah Nabi. 

Itu merupakan manfaat bersin disisi kesehatan dan agama, semoga dapat menambah wawasan kita serta kecintaan kita terhadap Rasulullah SAW. Sekian, terima kasih.



Belum ada Komentar untuk "Jangan Sepelekan, Inilah Manfaat Bersin Menurut Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel