Penyebab Jerawat Akibat Kebiasaan Yang sepele dan tidak disadari

Jerawat merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh produksi kelenjar minyak yang berlebihan yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori dan folikel rambut. Jerawat juga disebabkan oleh bakteri yang bercampur dengan sebum atau tumpukan minyak pada kulit sehingga dapat menyebabkan jerawat. Selain memicu jerawat, bakteri juga menyebabkan peradangan pada kulit kita.

hal sepele penyebab jerawat

Tak hanya itu saja yang menyebabkan jerawat, terdapat beberapa hal sepele yang bisa menyebabkan jerawat bahkan ada juga yang akan menambah parah keadaan jerawat kita. Untuk lebih jelasnya, yuk ! ikuti ulasan di bawah ini :

1. Terlalu sering mencuci muka 

Terlalu sering cuci muka akan memicu timbunya jerawat. Kok bisa?, karena wajah akan teriritasi dan menjadi sensitif. Pada dasarnya kulit akan menghasilkan minyak untuk melembabkan  wajah, jadi jangan terlalu sering mencuci muka.

Disamping itu mencuci wajah dengan sabun yang mengandung bahan kimia akan menyebabkan jerawat, karena reaksi terhadap zat yang terkandung dalam sabun atau bahan kimia tadi. Selain itu bahan kimia akan membunuh bakteri baik yang aslinya melindungi kulit Anda. Sebenarnya Anda sudah cukup menjaga kebersihan muka dengan wudhu yang dilakukan sebanyak lima kali dalam sehari semalam, namun akan lebih baik jika mencuci wajah 2 kali sehari memakai pembersih yang cocok dengan kulit Anda.

2. Cara mencuci muka yang salah

Penggunaan produk pembersih wajah bukan jaminan untuk mendapatkan kulit bersih dan bebas dari jerawat, yang terpenting adalah Anda selalu manjaga kebersihan kulit muka dengan melakukan cuci muka dengan baik dan benar.

Baca Juga : Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami Agar Cepat Kering

Jika akan mencuci muka pastikan selalu mencuci tangan terlebih dahulu. Jila Anda pemakai make up, bersihkan riasan menggunakan pembersih yan sesuai dengan kulit Anda. Barulah Anda cuci muka dan menggunakan produk yang cocok dengan kulit Anda dan ada baiknya Anda memijat kulit wajah, kemudian bilas dengan air mengalir.

Jika menggunakan handuk, perhatikan apakah handuk Anda bersih dari bakteri yang dapat menimbulkan jerawat. Perlu diperhatikan juga saat Anda mengeringkan wajah, jangan menggosok handuk ke wajah karena akan membuat elastisitas wajah berkurang. Jadi caranya dengan menepuk-nepuk pelan wajah Anda dengan handuk atau biarkan mengering dengan sendirinya.

3. Memakai minyak rambut di sekitar dahi atau wajah

Penggunaan minyak rambut di sekitar dahi dan garis rambut, kemungkinan besar sisanya  akan mengenai kulit di sekitar dahi. Padahal produk tersebut tidak dibuat untuk kulit, sehingga dapat menyumbat pada pori-pori dan memicu timbulnya jerawat. Jadi gunakan minyak rambut secukupnya, kemudian atur jarak penggunaan di rambut dengan kulit wajah.

4. Memakai kosmetik yang tidak cocok dengan kulit

Kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit Anda akan meyebabkan penyumbat pori-pori sehingga akan memicu timbulnya jerawat. Jika kulit anda sangat rentan jerawat gunakan produk yang berlabel khusus untuk kulit berminyak dan pastikan kosmetik anda juga berlabel non komedo yang tidak bisa menyumbat pori-pori. Sehingga akan mencegah timbulnya jerawa.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Panu Di Muka Secara Alami Dalam Waktu Singkat

5. Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Tangan kotor  yang menyentuh wajah akan membuat kotoran menempel dari tangan ke kulit wajah. Hal inilah yang bisa menyumbatkan pori-pori. Sehingga masalah inilah yang paling banyak menyebabkan jerawat, khususnya bagi orang yang jarang cuci tangan. Selain itu benda-benda yang menempel pada wajah seperti make up, handphone, bahkan keringat dapat menyumbat pori-pori dan memicu tumbuhnya jerawat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Secara Alami Dan Cepat

Untuk mengatasinya, disarankan menggunakan tisu basah untuk menyentuh dan membersihkan wajah. Anda juga bisa mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Serta mengelap wajah Anda secara rutin untuk membersihkan bakteri yang dapat menimbulkan jerawat.

6. Rambut yang kotor

Orang yang jarang berkeramas akan menimbulkan banyak masalah, apalagi jika seseorang yang memiliki rambut panjang, tipis, dan berponi. Selain menjadikan rambut lepek dan bau, jarang keramas juga bisa menyebabkan jerawat, pasalnya kotoran dari rambut akan menempel di wajah. Cara mengatasinya yaitu jika memungkinkan cucilah rambut Anda secara rutin dan jangan gunakan produk rambut di area dahi.

7. Terlalu cepat menggunakan obat jerawat
Perawatan kulit wajah untuk mengobati jerawat tidak langsung sembuh, hal ini membutuhkan waktu penyembuhan. Jika dilakukan secara rutin dan teratur bukan tidak mungkin wajah akan cepat sembuh dari jerawat.

Mayoritas orang sangat tidak sabar untuk mengatasi jerawat, yang akhirnya memilih menggunakan produk-produk yang tanpa sepengetahuannya malah menimbulkan efek samping dan memperburuk jerawat Anda. Jadi jangan buru-buru ganti obat kalau belum terlihat efeknya.

8. Tekanan atau gesekan pada kulit

Tekanan pada kulit wajah akan memicu timbulnya jerawat. Jika Anda sedang telepon, meletakkan handphone di pipi juga menjadi penyebab jerawat muncul atau menjadi lebih parah, karena pada permukaan telephone bisa menjadi tempat subur untuk tumbuhnya bakteri.
Dengan menempelnya hanphone ke kulit pasti bakteri akan berpindah dan akhirnya bisa menyebabkan timbulnya jerawat, khususnya area pipi atau wajah.

9. Stres

Beberapa penelitian mengatakan bahwa stres dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, termasuk juga penyakit kulit. Stres bukan penyebab munculnya jerawat atau tidak secara langsung menyebabkan jerawat, tetapi dapat mendorong kepada kebiasaan yang buruk, seperti minum alkohol, terlalu banyak mengonsumsi gula yang bisa meningkatkan produksi insulin, sehingga dapat meningkatkan produksi minyak dan memperparah kondisi jerawat.

Itulah ulasan mengenai hal sepele yang bisa menyebabkan jerawat, mari kita selalu menjaga kebersihan badan maupun lingkungan kita agar terhindar jerawat. Semoga dapat membantu dan terima kasih.


Belum ada Komentar untuk "Penyebab Jerawat Akibat Kebiasaan Yang sepele dan tidak disadari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel