Waspada! Inilah Efek Berbahaya Minum Sambil Berdiri Bagi Kesehatan

Waspadalah orang yang minum sambil berdiri, karena terdapat efek yang merugikan bagi kesehatan tubuh kita. Air putih merupakan salah satu kebutuhan kita untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Ummumnya manusia harus minum  8 gelas (sekitar 2 liter) selama sehari.

minum sambil duduk akan lebih baik

Bukan cuma banyaknya air saja yang perlu diperhatikan tetapi juga cara atau posisi kita saat munum. Posisi tubuh saat minum ternyata bisa menimbulkan dampak yang cukup signifikan terhadap kesehatan tubuh.

Salah satu posisi yang berbahaya yaitu minum sambil berdiri. Hal ini memang sebenarnya sudah menjadi kebiasaan, misalnya setelah selesai olahraga lari, karena saking hausnya langsung meminum air dengan berdiri dan tidak secara perlahan.

Berikut ini bahaya yang ditimbulkan karena minum sambil posisi berdiri, diantaranya yaitu :

1. Ginjal tidak bisa menyaring air dengan maksimal

Jika seseorang minum sambil berdiri akan sangat berbahaya bagi kesehatan ginjal. Salah satu sebabnya yaitu kotoran akan menumpuk pada ginjal dan kandung kemih,karena ginjal tidak bisa menyaring air secara maksimal, akibatnya gangguan pada saluran kemih dan jika terjadi secara terus-menerus akan menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal.

2. Saraf-saraf akan menegang

Saat orang minum sambil berdiri saraf akan menegang. Sebaliknya  saat posisi duduk saraf tubuh akan marasa rileks sehingga saraf tidak tegang, sehingga proses penyerapan air bisa berjalan dengan maksimal.

3. Haus menjadi susah hilang

Orang yang minum sambil berdiri akan merasakan haus terus menerus atau haus susah hilang, sehingga ada baiknya kalau minum sambil duduk dan meminum air secara perlahan.

4. Asam sulit diencerkan

Minum air haruslah perlahan-lahan dan posisi duduk agar air dapat membantu mengencerkan kadar asam dalam tubuh.

5. Beresiko terkena artritis

Apa itu artritis?
Begini, artitis adalah peradangan pada bagian sendi dengan gejala rasa sakit, sendi kaku, kebengkakan, dan keterbatasan bergerak. Kok bisa ya minum sambil berdiri menyebabkan artitis?

Saat minum dengan posisi berdiri, cairan dalam tubuh akan mengalami ketidakseimbangan yang akan mengakibatkan terjadinya penumpukan cairan di persendian yang ada di tubuh. Sehingga dapat memicu terkena artitis.

6. Mengganggu sistem pencernaan

Saat minum dengan posisi yang normal atau duduk, seluruh sistem saraf dan otot dalam kondisi yang santai atau rileks, sehingga akan membuat cairan yang diminum bisa dicerna dengan baik.
Berbeda halnya dengan minum sambil berdiri, air akan masuk dan mengalir melalui usus dan memungkinkan dinding perut akan terciprat oleh air. Jika hal ini terjadi, maka akan terjadi kerusakan pada sistem pencernaan.

Itulah ulasan mengenai dampak buruk jika seseorang minum sambil berdiri. Nah, mari kita sekarang merubah kebiasaan yang buruk ini, yaitu dengan minum sambil duduk dan minum secara perlahan-lahan. Dengan tujuan selalu sehat dan pastinya terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Waspada! Inilah Efek Berbahaya Minum Sambil Berdiri Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel