12 Cara Ampuh Mengusir Tikus Curut Di Rumah Secara Alami

Cara mengusir tikus salah satunya yaitu dengan membunuhnya, namun tidak semuanya suka dengan cara ini. Pasalnya tikus biasanya akan mati tersembunyi sehingga bau bangkainya saja yang tercium. Cara lainnya yaitu dengan menggunakan bahan yang tidak disukai tikus, sehingga tikus akan merasa terganggu dan akhirnya pergi.

Tikus merupakan hewan kotor dan jorok yang suka merusak serta mengotori rumah. Selain itu, tikus juga bisa memicu beragam penyakit. Maka dari itu semua orang menginginkan rumahnya bebas dari tikus.

Beberapa cara yang biasa dilakukan yaitu menggunakan racun tikus, lem ataupun jebakan tikus lainnya. Namun ada juga loh! Cara mengusir tikus dengan bahan alami yang mudah didapat. Bagaimana caranya? Yuk cermati ulasan di bawah ini.

12 Cara Ampuh Mengusir Tikus Curut Di Rumah Secara Alami

Cara ampuh mengusir tikus curut di rumah dengan bahan alami

Nah, seperti yang dilansir liputan6.com, di bawah ini akan di jabarkan beberapa cara untuk mengusir tikus dan curut dari dalam rumah. Pastinya menggunakan bahan alami yang ampuh dan mudah didapat. Perhatikan ulasannya sebagai berikut :

1. Baking soda untuk membunuh tikus

Baking soda digunakan dalam makanan yang sering diincar oleh tikus, Anda tinggal mencampurkannya saja pada makanan.

Baca Juga : Cara Ampuh Usir Lalat Di Rumah Dengan Cepat Tanpa Bahan Kimia

Setelah tikus memakannya, badannya akan menggelembung karena tikus tidak bisa membuang gas yang dihasilkan soda. Setelah itu tikus akan pergi ke ruang terbuka untuk menahan gas tersebut, sehingga matinya pun tidak tersembunyi melainkan di tempat terbuka.

2. Kapur barus yang ampuh usir tikus

Sama halnya pada semut dan kecoa yang tidak suka dengan bau kapur baus yang menyengat. Tikus pun akan pergi saat mencium bau dari kapur barus. Caranya yaitu letakkan kapur barus pada tempat persembunyian tikus ataupun area yang sering dilalui tikus.

3. Menaburi lada bubuk sebagai cara mengusir tikus di rumah

Lada bubuk mengandung senyawa piperin yang mempunyai aroma yang sangat menyengat. Selain itu rasa pedasnya lada bisa membuat tikus sulit bernapas, sehingga tikus akan merasa terganggu dan akhirnya pergi.

Caranya cukup mudah, Anda hanya menaburkan lada bubuk di ptempat persembunyian tikus atau tempat yang sering menjadi jalur lalu lintas tikus di rumah.

4. Bau busuk mengkudu untuk mengusir tikus

Bau busuk dan menyengat pada buah mengkudu tidak hanya manusia saja yang tak suka, tikus pun sama tidak suka dengan bau dari buah mengkudu.

Caranya yaitu hancurkan mengkudu, kemudian larutkan dalam air dan taruh pada botol semprotan. Semprotkan pada tempat persembunyiannya ataupun area yang sering dilalui tikus.

5. Cara mengusir tikus dengan minyak peppermint

Salah satu minyak yang mengandung peppermint yaitu minyak serai atau jarak, pilih salah satu untuk digunakan. Minyak peppermint memang memiliki bau yang tajam sehingga tikus sangat tidak menyukainya.

Caranya yaitu dengan mencelupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint (serai atau jarak) dan kemudian letakkan pada daerah yang sering dilalui tikus ataupun saranngnya.

6. Daun mint yang memabukkan bagi tikus

Sama dengan minyak peppermint yang mengandung aroma tajam. Daun mint pun akan membuat tikus mabuk dan lemas saat menciumnya. Bau mint akan mengecilkan paru-paru tikusnya bahkan bisa membunuh tikus.

Caranya yaitu siapkan seikat daun mint, kemudian ambil sari-sarinya dan larutkan dalam air secukupnya. Setelah itu semprotkan pada daerah yang sering dilalui tikus.

7. Cara mengusir tikus dengan irisan bawang

Selain sebagai bumbu masak, bawang efektif digunakan dalam mengusir tikus dari rumah. Bau yang ditimbulkan bawang dianggap sangat menjijikan bagi tikus, sehingga tikus tidak menyukai aroma dari bumbu dapur ini. Khususnya bawang Bombay.

Caranya yaitu iris-irislah bawang bombay, kemudian letakan irisan bawang tadi di beberapa tempat persembunyiannya atau jalur lalu lintas tikus di rumah Anda. Tak butuh waktu lama, pasti tikus akan tidak akan betah di tempat itu.

8. Cara mengusir tikus dengan kantung teh celup

Bekas atau sisa dari the celup bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah. Teh yang termasuk peppermint mengandung bau yang menyengat sehingga dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus.

Dengan begitu indra penciumannya tidak berfungsi lagi dan akan meninggalkan rumah. Caranya mudah, Anda hanya menempatkan beberapa bekas the celup pada sarang tikus ataupun tempat yang sering dilalui tikus.

9. Campuran saus cabai, deterjen dan air untuk mengusir tikus

Campuran bahan di atas akan menimbulkan efek panas pada kulit tikus saat terkena campuran larutan itu. Caranya hanya mencampurkan ketiga bahan tadi kemudian taruh dalam botol semprot jarak jauh yang bertujuan untuk menyemprot tikus saat lewat. Saat tikus lewat atau muncul dari sarangnya sesegera mungkin semprotkan cairan itu ke kulit tikus dari jarak jauh.

10. Menggunakan kulit durian untuk mengusir tikus

Kulit durian yang merupakan limbah bisa digunakan sebagai media yang efektif dalam mengusir tikus. Aroma durian yang menyengat sangat ampuh dalam mengusir tikus. Selain itu durinya yang tajam akan membuat tikus takut.

Caranya yaitu dengan memotong kulit durian, kemudian letakkan pada tempat yang sering dilalui tikus. Dijamin tikus tidak akan betah berlama-lama di tempat itu.

11. Memanfaatkan cangkang telur untuk mengusir tikus

Cangkang telur menjadi salah satu limbah yang tak terpakai. Salah satu cara pemanfaatannya yaitu menjadikannya sebagai media dalam mengusir telur.

Caranya yaitu haluskan cangkang telur sampai menjadi bubuk, kemudian taburkan pada tempat yang sering dilalui tikus.


12. Memelihara kucing untuk memangsa tikus

Inilah cara yang paling ampuh dalam mengusir tikus. Memang sudah ditakdirkan bahwa kucing menjadi musuh bebuyutan tikus. Hal ini bisa dijadikan cara untuk mengusir tikus, yaitu dengan memelihara kucing di dalam rumah. Dengan begitu kucing akan memburu dan memangsa tikus di rumah Anda.

Penutup

Itulah beberapa ulasan mengenai cara mengusir tikus dan curut dengan bahan alami yang pastinya ampuh dan bahannya mudah didapat. Terima kasih semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "12 Cara Ampuh Mengusir Tikus Curut Di Rumah Secara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel