Rekomendasi Jurusan Kuliah Sepi Peminat Dengan Prospek Kerja Sukses

Pendaftaran masuk ke perguruan tinggi sudah dibuka, adakah dari sobat yang masih binging mau memilih jurusan apa? Apakah mau masuk ke jurusan favorit atau jurusan yang biasa-biasa saja?.

Jurusan yang menjadi favorit kini memang sangat banyak peminatnya, sehingga tak heran peluang masuknya menjadi semakin kecil. Nah, tahukan sobat bahwa ada sejumlah jurusan yang biasa-biasa saja dan sepi peminat justru malah berpotensi menghasilkan dan sukses di masa depan?

Jurusan ini memiliki sepi peminat, jadi peluang masuknya pun akan menjadi semakin besar. Selain itu jurusan ini juga memiliki karier yang cerah kedepannya, sehingga diharapkan akan mampu menghasilkan uang yang tak kalah dengan jurusan favorit yang banyak peminatnya.

Seperti yang dilansir di liputan6.com, inilah jurusan kuliah yang kurang diminati, namun berpotensi sukses di masa depan. Simak ulasan berikut ini :

Jurusan kuliah yang kurang diminati, namun berpotensi sukses di masa depan

Rekomendasi Jurusan Kuliah Sepi Peminat Dengan Prospek Kerja Sukses

1. Kehutanan

Pasti diantara sobat berpikir bahwa jurusan kehutanan, setelah lulus akan bekerja menjadi penjaga hutan? Tidak seperti itu juga kali. Tahukah sobat, bahwa presiden Jokowi juga dulunya merupakan sarjana di jurusan kehutanan UGM.

Baca Juga : Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Tips Memilih Jurusan Yang Tepat

Kita ketahui bahwa masih banyak bidang yang ditangani oleh kementrian kehutanan. Sehingga membutuhkan sarjana lulusan dari jurusan kehutanan.

Apalagi dengan keadaan hutan Indonesia yang sekarang menyempit, sehingga sangat membutuhkan ahli untuk mengantisipasi dan mengelola hutan. Peluang kerjanya pun semakin besar kan?

2. Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Dengan melihat potensi negara Indonesia sebagai negara agraris, dengan komoditasnya yaitu hasil pertanian. Membuat jurusan ini menjadi peluang yang besar bagi para calon mahasiswa, jadi jangan pandang jurusan ini sebelah mata.

Pastinya pemerintah akan membutuhkan seorang ahli untuk memberdayakan para petani terkait wabah suatu hama yang bertujuan memperbaiki kualitas pertanian di Indonesia. Dengan begitu, tak hanya menjadi penghasilan perseorangan saja ya.

3. Obat-obatan Tradisional

Jurusan yang mempelajari obat-obatan tradisional memang maasih sepi peminatnya. Nah, ini menjadi kesempatan bagi kita agar mudah diterima masuk ke perguruan tinggi dengan jurusan itu. Apa saja keuntungannya dari jurusan ini?

Baca Juga : Surat Lamaran Kerja, Cara Menulis Yang Baik & Benar Beserta Contoh

Tentu sangat jelas, Indonesia ini kaya akan rempah-rempah jadi sangat membutuhkan tenaga ahli dalam memafaatkan dan mengolahnya. Jika saja seorang ahli menemukan sebuah zat baru yang bisa mengobati berbagai penyakit, maka akan menjadi suatu prospek kerja yang menjanjikan.

4. Pendidikan Guru SLB

Memang lumayan sulit saat mengajar anak yang memiliki kebutuhan khusus, tapi masih ada kesempatan bagi sobat yang ingin memiliki peluang kerja yang besar, yaitu jurusan guru SLB.

Kita ketahui bahwa peminat jurusan PGSD (pendidikan guru sekolah dasar) sekarang ini semakin banyak. Namun jurusan PG-SLB (pendidikan guru sekolah luar biasa) masih sangat minim peminatnya. Inilah peluang yang besar bagi sobat yang ingin melanjutkan menjadi tenaga pengajar.

Jadi kedepannya sangat dibutuhkan banyak guru SLB yang kompeten. Sehingga peluang kerjanya pun semakin besar.

5. Sastra Jawa

Sastra jawa menjadi jurusan yang tak boleh dipandang sebelah mata, pasalnya jurusan ini mempelajari berbagai budaya jawa. Khususnya bentuk sastra jawa dalam bahasa jawa.

Dengan semakin rendahnya dan lunturnya budaya jawa membuat sarjana ahli di bidang kebudayaan jawa samakin banyak dicari. Sehingga bukan tidak mungkin bisa menjalin relasi dengan konglomerat-konglomerat di Jawa.

6. Seni Peran

Seni peran tidak hanya menghasilkan seorang actor dan aktris. Lapangan kerja yang ditawarkan jurusan seni peran justru tak sesempit itu.

Baca Juga : Ini Dia Tips Sukses Wawancara Kerja Yang Dijamin Diterima

Dengan mempelajari jurusan seni peran, sobat bisa memperdalam hal yang berkaitan dengan dunia peran. Contoh prospek kerja yang ditawarkan yaitu penulis naskah, bahkan menjadi seorang sutradara.

Seorang sutradara yang menciptakan sebuah film yang bagus dan akhirnya viral, bakal menjadi sorotan bagi lembaga yang memproduksi film. Hingga akhirnya menjadi sutradara yang terkenal.

7. Filsafat

Jurusan filsafat tidak semua orang bisa mendaftarnya, pasalnya ilmu ini menggunakan logika berpikir dan bahasa yang sangat dalam.

Jurusan filsafat umumnya sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang penasehat baik dalam penelitian maupun sebagai penasehat negara. Dengan jarangnya orang menguasai ilmu ini, menjadikan peluang kerja semakin besar.

8. Ilmu Astronomi

Ilmu astronomi yang mempelajari mengenai benda-benda luar angkasa membuat semua orang belum tentu menguasai ilmu ini. Pastinya dalam memilih jurusan ini haruslah mempunyai kemampuan berhitung dan logika yang baik.

Baca Juga : Pertanyaan Interview Yang Sering Muncul Beserta Tips Menjawabnya

Kemampuan mengamati luar angkasa membuat para lembaga antariksa menginginkan peranannya sebagai ahli di bidang tertentu dalam astronomi. Pastinya pemerintah juga akan menginginkan jasa sarjana astronomi dalam lembaga BMKG yang membantu meramalkan cuaca.

9. Sosiologi

Sosiologi yaitu suatu ilmu yang mempelajari kehidupan sosial. Jadi sarjana sosiologi pastinya akan mudah beradaptasi dan menjalani kehidupan sosialnya dengan lingkungan sekitar. Lebih lagi di zaman sekarang yang mengalami penurunan moral bansa, sehingga lulusan jurusan sosiologi pastinya akan semakin dibutuhkan.

Hal di atas menjadi kelebihan dan membuat mereka sangat mudah serta sukses menduduki jabatan penting di berbagai bidang pemerintahan, khususnya bidang sosial.

10. Ilmu Perpustakaan

Ilmu yang akan memberika pengalaman terkait pengumpulan, pengorganisasian, dan penyebaran informasi yang didapat dari perpustakaan. Dengan banyaknya buku-buku memungkinkan petugasnya akan bisa menguasai banyak ilmu karena rajin membaca.

Baca Juga : Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik, Dijamin Diterima Kerja

Jadi jangan anggap sebelah mata ya, karena wawasan sobat akan bertambah dengan jurusan ini. Alhasih dengan penguasaan ilmu dan wawasan serta pengalaman, diharapkan akan bisa mendirikan usaha lainnya denga ilmu yang dimilikinya.

Penutup

Itulah ulasan mengenai jurusan sepi peminat, namun berpotensi sukses di masa depan. Ayo terus belajar untuk meraih kesuksesan di masa depan. Sekian semoga bermanfaat, Terima kasih.


Belum ada Komentar untuk "Rekomendasi Jurusan Kuliah Sepi Peminat Dengan Prospek Kerja Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel