Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Tips Memilih Jurusan Yang Tepat

Jurusan kuliah memang memegang peranan yang signifikan, pasalnya akan menentukan arah dan tujuan yang diinginkan selama belajar di perguruan tinggi. Dengan jurusan kuliah yang tepat dan sesuai, alhasil bisa mendorong keberhasilan seseorang.

Jurusan kuliah seperti apa yang cocok untuk saya? Itulah sepenggal pertanyaan yang masih menghantui mereka yang kelas XII.

Meskipun terdapat berbagai tipe perguruan tinggi, memilih jurusan kuliah rupanya masih menjadi sebuah PR yang harus diselesaikan. Terdapat benyak pertimbangan agar sobat tidak salah masuk bidang kuliah.

Apabila sampai salah masuk bidang kuliah, sobat pasti akan susah menjalankan aktivitas kuliah dan akibatnya bisa mempengaruhi nilai. Oleh karena itu, sebelum menentukan bidang kuliah sobat harus membaca beberapa tips berikut ini :

Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Tips Memilih Jurusan Yang Tepat

Tips menentukan jurusan kuliah yang tepat 

Pastikan sobat membacanya sampai selesai untuk mengantisipasi salah jurusan kuliah yang akan berdampak buruk pada aktivitas kuliah.

1. Sesuai dengan minat

Setiap hal yang disukai maka akan dijalankan dengan mudah dan mulus. Maka dari itu, sobat harus menentukan apa yang benar-benar sobat sukai, mulai dari mata pelajaran sampai beberapa aspek lainnya. Ini merupakan salah satu kunci dalam memilih jurusan kuliah yang tepat.

Baca Juga : Tips Mengerjakan Soal HOTS (higher order thinking skill) Di Ujian

Contohnya, sobat menyukai materi pelajaran yang hitung-hitungan seperti IPA dan Matematika. Maka pilihlah jurusan kuliah yang banyak menemui masalah perhitungan, agar proses belajarnya menjadi lancar tanpa kendala.

Sama halnya bagi sobat yang lebih suka menghafal dari pada menghitung, maka pilihlan jurusan kuliah ilmu sosial yang mengandalkan hafalan dalam proses belajar.

Hal di atas merupakan petunjuk awal dalam menentukan jurusan kuliah. Dengan begitu sobat pasti tidak akan kebingungan mau pilih jurusan ini atau jurusan itu.

2. Mengetahui potensi diri

Selain mengetahui minat dan kesukaan, sobat harus mengenal dan mengetahui potensi diri yang sobat miliki. Memang biasanya potensi diri agak bertolak belaka dengan minat atu passion sobat. Artinya sesuatu yang sobat sukai belum tentu bisa dilakukan oleh diri sendiri dengan benar dan lancar.

Misalnya, sobat ingin menjadi seorang psikolog. Namun ternyata tidak mempunyai daya nalar, logika dan kepekaan terhadap suatu masalah. Maka sobat harus rela meninggalkannya dan harus memilih jurusan yang memang sobat sukai dan bisa melakukannya dengan benar dan lancar.

Dengan mengatahui potensi diri, akan memudahkan sobat dalam memilih jurusan yang tepat.

3. Riset kelebihan dan kekurangan jurusan tersebut

Sobat pun harus mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangan jurusan yang dipilih. Carilah keduanya agar bisa sobat analisis untuk menentukan jurusan kuliah. Jangan hanya mencari kelebihannya saja, karena dapat membuat sobat terbuai dan melalaikan kesulitan yang akan dihadapi.

Baca Juga : Ini Dia Tips Sukses Wawancara Kerja Yang Dijamin Diterima

Setelah mencari kelebihan dan kekurangan, sobat bisa menganalisis mengenai kuota penerimaan mahasiswa, materi yang akan dihadapi, dan kesulitan-kesulitan lainnya. Pastikan juga bahwa sobat memang sanggup mengikuti setiap mata kuliah yang akan dihadapi.

Dengan analisis ini, sobat diharapkan bisa menyusun sebuah strategi mengatasi masalah atau kesulitan yang mungkin dihadapi saat mulai kuliah.

4. Jangan ikut-ikutan pilihan teman

Ini menjadi sebuah poin penting bagi sobat yang masih merasa bingung dan bimbang memilih jurusan kuliah. Hindari memilih jurusan yang sedang nge-trend atau banyak teman yang memilihnya.

Ingat !!!
Memilih jurusan kuliah itu berdasarkan minat dan potensi yang sobat miliki, bukan karena ikut-ikutan teman.

Masalahnya bisa saja itu menjerumuskanmu, misalnya jurusan A cocok untuk temanmu, tapi bisa jadi sangat tidak cocok bagi sobat, rugi bukan?

Maka dari itu, Yakin dan percaya jurusan kuliah yang sobat pilih itu tepat. Selama masih sobat sukai dan memang sesuai dengan potensi yang sobat miliki. Ingat baik-baik, nasib sobat di tangan sobat sendir, bukan orang lain

5. Mengetahui tingkat akreditasi jurusan

Poin ini sangat penting bagi sobat yang akan memilih jurusan kuliah di universitas swasta. Sobat harus mengatahui tingkat akreditasi yang menggambarkan kredibilitas atau tingkat kepercayaan dari jurusan itu.

Baca Juga : Cara Belajar Efektif Dan Menyenangkan Yang Ampuh Atasi kebosanan

Semakin tinggi tingkat akreditasinya, maka akan semakin bagus. Artinya tingat kepercayaan terhadap jurusan tersebut memang tinggi.

Selain itu, tingkat akreditasi jurusan kuliah akan mempengaruhi saat sobat ingin melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Sama halnya jika sobat melamar pekerjaan, tingkat akreditasi jurusan menjadi salah satu pertimbangan penerimaan pekerja.

Ingat, jangan sampai sembarangan memilih jurusan. Pilihlan jurusan kuliah yang baik bagi masa depan sobat.

6. Perhatikan peluang kerja yang tersedia di masa depan

Di zaman sekarang sobat harus pandai dalam mengikuti perubahan di dunia. Termasuk juga memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan perkembangan, khususnya 5-10 tahun ke depan. Apakah memiliki peluang karier atau pekerjaan yang jelas?, Apakah ada perusahaan yang membutuhkan jasa sarjana dari lulusan jurusan tersebut?

Dengan demikian sobat bisa dengan mudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah. Meskipun tidak semua pekerjaan memperhatikan jurusan dalam merekrut pekerja.

7. Perhatikan biaya kuliah

Dalam hal ini sobat harus mengetahui seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk jurusan kuliah tersebut. Hitunglah keseluruhan, sehingga sobat bisa menaksirkan kuat atau tidak dalam menanggung biaya tersebut.

Baca Juga : Pertanyaan Interview Yang Sering Muncul Beserta Tips Menjawabnya

Biaya menjadi salah satu alasan memilih jurusan kuliah. Pasalnya setiap jurusan pasti akan berbeda biayanya. Misalnya jurusan tenaga pendidik akan lebih murah dibanding dengan jurusan kedokteran, memang jelas karena terdapat praktik-praktik yang banyak dan biaya yang tidak sedikit pada jurusan kedokteran.

Jikalau memang keluarga tidak mampu, lebih baik mencari alternatif jurusan lain yang sekiranya agak murah dan mata kuliahnya sesuai dengan passion dan potensi sobat. Memang sobat bisa mendapatkan beasiswa, tapi rata-rata yang mendapat hanya mereka yang memang tidak mapu dan memiliki nilai yang tinggi.

Ataupun sobat bisa menyambinya dengan bekerja sampingan, tapi disarankan untuk tidak bekerja dulu karena bisa mengganggu fokus dalam belajar. Tapi bagi sobat yang bisa membagi waktu bekerja dan belajar, tidak masalah untuk mencobanya.

8. Berkonsultasi orang lain

Sobat bisa berkonsultasi dengan orang tua, guru, ataupun kepada alumni dari jurusan tersebut. Langkah ini merupakan hal yang penting karena menjadi sebuah gambaran sudah cocokkah sobat kuliah dengan jurusan itu. Atau bisa saja mengerti apa saja kendala-kendala yang akan dihadapi sehingga dapat mengantisipasinya.

Cari tahu mengenai informasi jurusan yang sobat minati. Semakin banyak informasi yang sobat dapat, akan menambah kesiapan dalam menjalani aktivitas kuliah di jurusan tersebut.

Penutup

Itulah beberapa tips memilih jurusan kuliah yang tepat agar jangan sampai salah jurusan. Memang memilih jurusan itu tidak segampang seperti yang dibayangkan. Nah, semoga ulasan di atas dapat bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Tips Memilih Jurusan Yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel