Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah & Kerja Beserta Contoh

Surat izin bagi seorang pelajar, karyawan dan lainnya memang sangat penting.  Surat izin sendiri berguna untuk memberi tahu kepada instansi atau pihak terkait bahwa Anda sedang ada keperluan yang tidak bisa ditunda atau diwakilkan. Tapi alasan paling umum pembuatan surat izin yaitu sakit atau kepentingan keluarga.

Dengan datangnya surat izin, pasti pihak terkait atau sebuah instansi akan memberikan toleransi untuk mengizinkan tidak hadir dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, aktivitas bekerja, maupun kuliah. Dengan demikian, Anda tidak akan terkena sanksi.

Namun, kebanyakan orang begitu mudahnya membuat surat izin sehingga akan menyepelekan kaidah atau cara penulisannya. Memang surat ini sifatnya pribadi, tapi masalahnya surat ini diberikan kepada sebuah instansi formal. Oleh karena itu, Anda harus tahu mengetahui cara dan format penulisan yang benar.


Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah & Kerja Beserta Contoh

Cara menulis surat izin yang baik dan benar

Sebelum kita ke pembahasan inti yaitu contoh surat izin, alangkah baiknya Anda mengetahui penulisan surat izin yang baik dan benar. Simak ulasan berikut ini :

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
Dalam surat izin, tempat dan tanggal pembuatan surat diletakkan di pojok kanan atas. Selain itu, diakhiri tanpa titik karena bukan merupakan sebuah kalimat.

Contoh : Purbalingga, 27 Agustus 2017

Baca Juga : Surat Lamaran Kerja, Cara Menulis Yang Baik & Benar Beserta Contoh

2. Alamat surat
Alamat yang dituju dalam surat izin yaitu kepada sebuah instansi, yaitu dengan menuliskan wakil dari instansi tersebut seperti, wali kelas, dosen, ataupun petinggi di suatu perusahaan.Dalam penulisannya perlu memperhatikan :

  • Tidak menggunakan kata” kepada”
  • Alamat yang dituju atau disarankan tidak melebihi dari tiga baris
  • Tidak menggunakan tanda titik di masing-masing akhir baris

Contoh :

Yth,
Bapak/Ibu guru wali kelas XII Mipa 1
SMA N 4 PURBALINGGA

3. Salam Pembuka
Sama seperti surat bisa, surat izin pun menggunakan salam pembuka yang berfungsi sebagai sapaan bagi pimpinan atau pejabat dari suatu instansi tertentu. Salam pembuka bisa menggunakan kata “Dengan hormat”. Hal yang penting dalam penulisannya yaitu setelah kata “ Dengan hormat” digunakan tanda koma (,)

Contoh :
Dengan hormat,

4. Pembuka
Pembuka dalam surat izin harus menggunakan bahasa yang sopan supaya pihak terkait tidak merasa tersinggung. Isinya pun biasanya pendek.

Baca Juga : Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik, Dijamin Diterima Kerja

5. Isi
Isi dalam surat izin mencakup beberapa hal, diantaranya :
  • Identitas
Isi identitas dalam surat izin berisi nama, alamat, dan kelas.

Contoh :
Nama : Luqi Firmansyah
Kelas : XII MIPA 1
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 34 Purbalingga
  • Maksud dan tujuan
Maksud dan tujuan dalam surat izin merupakan keterangan mengenai alasan mengapa tidak bisa mengikuti pembelajaran di sekolah. Ataupun aktivitas pekerjan pada surat izin cuti bekerja.

Contoh :
“Memberitahukan bahwa anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon agar Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII MIPA 1, berkenan memberikan izin sampai anak saya sembuh.”

6. Penutup
Di dalam surat izin, penutup haruslah berisi kalimat yang menunjukkan terima kasih dan permohonan maaf kepada si penerima surat.

Baca Juga : Surat Kuasa - Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Membuat, Dan Contoh

Contoh :
“Demikian surat izin ini kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.”

7. Salam penutup
Jika di awal ada salam pembuka, sudah pasti harus diakhiri dengan salam penutup. Sebagai surat izin salam penutup menjadi sebuah etika, sopan santun, dan penghormatan kepada guru atau pemimpin dari perusahaan.

Contoh :
Hormat kami,

8. Tanda tangan dan nama terang
Tanda tangan surat izin biasanya untuk sekolah ditandatangani oleh wali murid atau orang tua, dan untuk izin pekerjaan ditandatangani langsung oleh karyawan yang tidak hadir. Posisinya diletakkan di pojok kiri bawah surat. Kemudian diberi spasi untuk tanda tangan dan dibawahnya ditulis nama lengkap.

Contoh :

Wali murid
(Ttd)
Reni Anggraeni

Baca Juga : Pertanyaan Interview Yang Sering Muncul Beserta Tips Menjawabnya

Contoh surat izin tidak lkut pembelajaran di sekolah dan tidak masuk kerja

1. Surat izin sakit tidak masuk sekolah

Purbalingga, 27 Agustus 2017

Yth,
Bapak/Ibu guru wali kelas XII Mipa 1
SMA N 4 PURBALINGGA

Dengan hormat,

Dengan ini saya selaku wali murid dari :

Nama : Luqi Firmansyah
Kelas : XII MIPA 1
Alamat : Jl. Ahmad Yani No. 34 Purbalingga

Memberitahukan bahwa anak saya tidak bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan sakit. Oleh karena itu, kami memohon agar Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XII MIPA 1, berkenan memberikan izin sampai anak saya sembuh.

Demikian surat izin ini kami buat, atas perhatian Bapak/Ibu Guru kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Wali murid
(Ttd)
Reni Anggraeni

Catatan : Jika tidak bisa masuk sekolah karena alasan lain silahkan Anda cukup menggantinya bagian yang bertulis merah. Karena tidak semua siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran hanya karena sakit saja. Alasan lain contohnya kepentingan keluarga, mengurus pembuatan KTP, dan lainnya.

2. Contoh surat tidak masuk kerja karena sakit

Purbalingga, 27 Agustus 2017

Yth,
Pimpinan PT Jaya Makmur
Jalan Ahmad Yani 32, Purbalingga

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Mustofa
Jabatan : Staff keuangan
Alamat : Jl. Aa. Maramis No. 23 Probolinggo

Dengan ini saya memberi tahu bahwa, pada hari Selasa, 23 Oktober 2018 saya tidak bisa masuk bekerja seperti biasanya dikarenakan sakit. Sehubungan dengan itu, saya bermaksud memohon kebijaksanaan pemimpin untuk berkenan memberikan saya izin tidak masuk bekerja hari ini. Jikalau besok kondisi saya belum baik, saya akan melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat izin ini saya buat, atas perhatian dan kebijaksanaanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(Ttd)
Ahmad Mustofa

Catatan : Untuk kebutuhan lain, Anda cukup mengubahnya dalam maksud dan tujuan pembuatan surat. Atau Anda cukup merubah alasan di bagian yang bertulis merah sesuai kebutuhan Anda membuat surat izin tidak masuk kerja.

Penutup 

Itulah ulasan mengenai cara pembuatan surat izin dengan baik dan benar dan contohnya. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah & Kerja Beserta Contoh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel