Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik, Dijamin Diterima Kerja

Curriculum vitae (CV) merupakan salah satu berkas yang harus dilampirkan sebagai syarat untuk melamar sebuah pekerjaan. Curriculum vitae atau disebut juga daftar riwayat hidup dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengevaluasi kemampuan dari si pelamar pekerjaan. Lalu bagaimana cara membuat curriculum vitae yang bisa memikat perhatian dari pihak HRD?

Tahukah Anda bahwa beberapa HRD pada suatu perusahaan tidak berminat pada surat lamaran kerja yang memiliki CV kurang berkualitas. Dengan begitu kemungkinan besar Anda akan tersingkir dari persaingan merebutkan lowongan pekerjaan. Maka dari itu, Anda harus dapat membuat CV yang dapat menarik perhatian dari HDR perusahaan. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Cara Membuat daftar riwayat hidup yang menarik agar diterima kerja


Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik, Dijamin Diterima Kerja

CV merupakan sebuah dokumen singkat yang berisi profil dari se pelamar pekerjaan, di dalamnya tercermin secara singkat mengenai pendidikan serta pengalaman kerja yang menjadi acuan bagi perusahaan. Langsung saja, mari kita simak ulasan mengenai cara membuat CV yang menarik untuk dibaca dan pastinya dapat memikat perhatian HDR, selengkapnya :

1. Cari tahu informasi tentang perusahaan tersebut

Membuat Curriculum Vitae, hal yang pelu diperhatikan adalah Anda harus mencari informasi secara mendetail tentang perusahaan dan jenis pekerjaan yang akan Anda lamar. Catatlah segala informasi penting seperti, tujuan, visi dan misi, serta info lainnya.

Baca Juga : Ini Dia Tips Sukses Wawancara Kerja Yang Dijamin Diterima

Setelah itu, Anda bisa membuat CV. Dan perlu diingat bahwa perusahaan senang dengan curriculum vitae yang relevan.

2. Ketahui Isi CV secara Umum

Bagian ini pada curriculum vitae mungkin sudah banyak yang mengetahuinya, namun tidak ada salahnya jika diingatkan kembali. Pastinya juga sangat dibutuhkan bagi orang yang masih pemula dalam melamar pekerjaan. Bagian ini berisi mengenai gambaran akan daftar riwayat hidup dari si pelamar.

Anda harus berhati-hati untuk mendapatkan perhatian dari HDR, pastikan juga penampilannya tidak membingungkan bagi pembacanya. Lalu bagaimana struktur atau konten dari sebuah CV yang disukai para HDR? Salah satunya yaitu :
  • Identitas pribadi :Nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan identitas lainnya.
  • Tingkat pendidikan : Pendidikan terakhir, jurusan, serta IPK yang disertai transkrip nilai
  • Deskripsi singkat mengenai Anda
  • Keterampilan : Potensi yang Anda miliki
  • Pengalaman kerja : Pencapaian dari pekerjaan sebelumnya (jika sudah pernah bekerja)
  • Pelatihan : Pernah atua tidak mengikuti kursus atau pelatihan selama beberapa tahun terakhir
  • Informasi tambahan dari diri Anda : hal yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar


3. Mulai Membuat CV

Curriculum vitae yang disukai oleh HDR perusahaan yaitu di tinjau dari relevansi isi dan juga tampilan design yang menarik, rapi, serta mudah dibaca.

Baca Juga : Pertanyaan Interview Yang Sering Muncul Beserta Tips Menjawabnya

Anda dapat mencari contoh dari design CV di internet. Settinglah tampilannya dengan sederhana dan memadukan beberapa kombinasi warna yang pantas. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan kemudahan orang dalam membaca, jadi gunakanlah simbol atau tanda yang mudah dipahami oleh para pembaca.

Jika dirasa sudah beres tampilannya, selanjutnya yaitu dengan mengisi format-format yang telah disebutkan di atas.

4. Baca ulang dan teliti apakah ada kesalahan pembuatan CV

Anda harus mambaca ulang CV Yang bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dan memastikan apakah ada atau tidak masalah yang ditemukan.

Cek dengan seksama dan teliti adakah beberapa kalimat yang kurang jelas, tidak efektif. Setelah itu rubah menjadi kata baku Indonesia yang baku. Anda bisa menemukan kata baku di KBBI yang tersedia beribu-ribu kata baku untuk membuat CV.

Baca Juga : Surat Kuasa - Pengertian, Manfaat, Jenis, Cara Membuat, Dan Contoh

Hal ini memang sepele, tapi bagaimana jadinya jika CV yang kita buat dengan susah payah ternyata ada beberpa kesalahan. Maka dari itu, pengecekan sangat bermanfaat sebagai lengkah mencegah kesalahan yang lebih parah lagi.

5. Menganalisis CV 

Analisis CV yang dibuat oleh sendiri bertujuan untuk mengetahui sudah pantaskan untuk dilampirkan bersama surat lamaran pekerjaan saat melamar kerja.
Analisis bisa dilakukan dengan meminta bantuan teman Anda untuk memberi masukan, apakah sudah pantas atau masih ada kekurangan mengenai CV yang Anda buat. Selain itu, Anda dapat memegang peran sebagai HRD dan meminta bantuan kepada teman Anda sebagai pelamar dengan membawa CV yang Anda buat.

Setelah itu, bandingkan penilaian yang dibuat teman Anda dengan penilaian Anda. Pastinya akan muncul beberapa kejanggalan yang nantinya akan dibenarkan dan disempurnakan menjadi CV yang siap dilampirkan saat melamar kerja.

Penutup

Itulah ulasan mengenai cara membuat curriculum vitae (CV) yang menarik perhatian pihak HDR suatu perusahaan. Semoga dengan membaca ini Anda akan bisa mengamalkan ilmunya dan semoga yang belum dapat pekerjaan, sesegera mungkin mendapat pekerjaan yang layak. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik, Dijamin Diterima Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel