Cara Menghapus Virus Di Flashdisk Secara Ampuh Dan Tanpa Hilang Data

Flashdisk merupakan salah satu media untuk menyimpan data ataupun sebagai alat perantara untuk memindahkan data dari satu komputer satu ke komputer lainnya. Sebagai alat penyimpaan yang simpel dan mudah dibawa membuat flashdisk menjadi salah satu alat andalan yang masih digunakan.

Flashdisk yang kita gunakan ternyata bisa terserang oleh virus yang bisa mengganggu bahkan bisa merusak data-data yang tersimpan di dalamnya. Namun, tenang saja kita bisa menghilangkan virus tersebut dengan beberapa cara.

Cara Menghapus Virus Di Flashdisk Secara Ampuh Dan Tanpa Hilang Data

Cara menghilangkan virus shortcut di flashdisk secara permanen

Flasdisk yang memiliki fungsi yang cukup signifikan menyebabkan virus membuatnya sebagai target utama. Ada banyak sekali jenis virus yang menyerang data di penyimpanan, tapi umumnya disebabkan oleh flasdisk yang sering berpindah dari satu PC ke PC lain.

1. Menghapus virus secara manual

Pertama mari kita pelajari cara menghilangkan virus secara manual. Flasdisk yang terserang virus bisa dihapus, namun Anda harus menggunakn sistem operasi lain yaitu Linux yang bisa digunakan dengan mudah.

Baca Juga : Fungsi Tombol F1 Sampai F12 Pada Keyboard Yang Wajib Kamu Ketahui

Virus dapat menyerang sistem operasi windows, artinya virus akan aktif jika flashdisk dipasang di sistem operasi windows. Dengan demikian virus tidak akan aktif dan dapat dihilangkan menggunakan sistem operasi Linux di perangkat lain. Secara otomatis Linux akan melakukan boot ketika flasdisk dipasang pada perangkat Linux.

Dengan begitu virus tidak akan bisa menyerang sistem operasi Linux dan kita pun bisa menghapus virus yang berada di flashdisk tanpa khawatir akan menyerang ke sistem windows di perangkat kita.

2. Menghapus virus dengan men-scan menggunakan antivirus

Cara ini membutuhkan aplikasi virus yang bisa menghilangkan serangan virus pada flashdisk kita. Ada beberapa aplikasi antivirus yang sudah banyak penggunanya, yaitu Smadav, Avast, AVG, Windows Defender, Kaspersky, dan aplikasi lainnya.

Cara meghilangkan virus di flashdisk dengan cara ini sangat mudah, Anda cukup men-scan flasdisk menggunakan salah satu aplikasi di atas. Jika terdapat indikasi virus, maka kita dapat menekan “delete” untuk menghapusnya secara langsung dan virus bakal hilang permanen.

3. Menghapus virus dengan CMD

Cara pada no 2 menghapus virus menggunakan aplikasi antivirus pada perangkat komputer. Lalu bagaimana cara menghilangkan virus di flashdisk jika kita tidak mempunyai aplikasi antivirus?

Pada umumnya virus yang paling banyak menyerang data di flashdisk yaitu virus shortcut. Jika kita menggunakan antivirus bisa menghapusnya denga smadav dan aplikasi lainnya. Nah sekarang kita akan menghapus virus tanpa aplikasi antivirus, yaitu dengan menggunakan CMD.

Baca Juga : Teknik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Tanpa Melihat Keyboard

Virus shortcut dapat merubah data dalam folder flasdisk menjadi shortcut yang kosong tanpa ada filenya. Kemungkinan besar file data kita telah disembunyikan oleh virus tersebut. Virus shortcut tidak bisa hilang dengan menekan delete ataupun delete + shift saja, lalu bagaimana cara menghapusnya?

Cara menghilangkan virus dengan CMD :
  • Pasang flashdisk pada perangkat PC ataupun laptop
  • Kemudian, aktifkan fitur show hidden file, dengan ini kita bisa mengamati file yang hilang (hidden)
  • Lalu jalankan program CMD, pada W10 kita ketik CMD pada search bar. Namun pada windows sebelumya kita bisa melakukannya dengan mengetik RUN kemudian klik CMD
  • Ketikan lokasi partisi flashdisk, misalnya jika flashdisk berada di partisi D maka ketik “d:” tanpa tanda petik
  • Kemudian ketik –s-r-h /s /d lalu tekan enter
  • Cek flashdis kita, biasanya data flashdisk kita akan kembali lagi meskipun virus shortcut belum hilang
Untuk menghilangkannya kita harus memformat flashdisk tersebut agar virus shortcut bisa hilang. Tapi dengan catatan kita telah memindahkan data file kita ke hardisk maupun pemyimpanan lainnya.

4. Menghapus virus dengan antivirus portable

Cara ini merupakan cara yang sangat praktis untuk menghilangan virus pada flashdisk. Antivirus ini sangat bermanfaat, apalagi jika Anda sering menggunakan flashdisk untuk bertukr data ke komputer lain. Anda cukup menjalankan fitur antivirus portable tanpa harus menginstall aplikasi antivirus terlebih dahulu.

5. Menghapus virus menggunakan Removal Tool

Jika Anda masih merasa khawatir mengenai virus yang masih ada pada flashdisk, Anda harus mencoba cara ini. Yaitu menghapus virus dengan memanfaatkan program Removal Tools.

Caranya Anda cukup mencarinya di Google, kemudian ikuti langkah-langkahnya secara berurutan. Namun perlu diperhatikan bahwa Anda sudah mengetahui jenis virus apa yang menyerang flashdisk Anda.

Program ini pun relative sangat ampuh menghapun virus di flashdisk dari pada menggunakan aplikasi antivirus. Selain itu kita pun tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi antivirus.

Kesimpulan

Itulah ulasan mengenai cara menghilangkan virus di flashdisk. Dari beberapa cara di atas, ada cara lagi yang paling ampuh dan sangat terjamin virus akan hilang permanen yaitu dengan memformat flashdisk. Namun file-file penting di flashdisk sudah dipindah dan flashdisk dalam keadaan yang kosong. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menghapus Virus Di Flashdisk Secara Ampuh Dan Tanpa Hilang Data"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel