Cara Belajar Efektif Dan Menyenangkan Yang Ampuh Atasi kebosanan

Cara belajar efektif dan menyenangkan, menjadi salah satu trobosan untuk meraih prestasi belajar yang membanggakan. Sebelum itu, cara ini juga dapat membantu sobat mengalahkan rasa bosan dan malas. Terkadang saat Anda belajar mungkin mengalami suasana yang membosankan, sehingga akan membuat Anda merasa malas akan belajar.

Belajar dikatakan berhasil jikalau Sobat telah menguasai dan mampu mengulang materi apa yang sudah Sobat pelajari. Artinya sobat pun harus serius dalam belajar supaya materi yang dipelajari dapat ditangkap oleh otak secara sempurna.

Namun realitanya berbeda, kebanyakan dari sobat saat belajar pasti merasa bosan kan? Apalagi kalau materinya banyak. Dan waktu belajarnya hanya sedikit, sudah dapat dipastikan belajar sobat menjadi tidak fokus dan akibatnya pemahaman materinya pun akan berkurang.

Cara Belajar Efektif Dan Menyenangkan Yang Ampuh Atasi kebosanan


Gimana cara belajar yang efektif, tapi juga menyenangkan?

Kemampuan pemahaman tiap orang berbeda, ada yang cepat memahami dan mengingat materi. Tapi ada juga yang memutuhkan waktu untuk memahami dan mengingat materi. Namun tenang saja, di artikel ini akan saya kasih tahu cara efektif dalam belajar untuk memahami dan mengingat materi. Diantaranya :

1. Cara belajar dengan mengulang

Cara ini merupakan salah satu cara tradisional yang masih mengandalkan tenaga dan waktu yang cukup banyak. Cara ini pun biasanya digunakan saat sobat belajar hafalan.

Baca Juga : Tips Mengerjakan Soal HOTS (higher order thinking skill) Di Ujian

Lewat cara belajar ini sobat akan dituntut untuk memahami terlebih dahulu materinya dengan cara membaca, kemudian sobat harus mampu untuk mengulangi kembali apa yang sudah dipelajari tanpa harus melihat catatan. Sehingga dapat diharapkan sobat hafal di luar kepala.

Cara ini mungkin pada sebagian orang akan berhasil, pasalnya meraka dilatih untuk menulis materi atau menyalin, kemudian membacanya, serta mengulanginya sampai hafal. Dengan demikian, itulah menjadi suatu hal kebiasaan dan tentunya jika dilakukan secara terus-menerus akan mudah untuk dipahami dan diingat.

2. Membuat catatan kecil

Cara belajar ini mungkin sudah mulai ditinggalkan, namun apa salahnya jika kita mencobanya sebagai cara yang bisa memahami dan menguasai materi dengan mudah.

Baca Juga : Ini Dia Tips Sukses Wawancara Kerja Yang Dijamin Diterima

Cara ini lebih diperuntukkan bagi seseorang yang lebih mengunggulkan metode visual dalam belajar. Sebab meraka akan mudah mengingat dengan melihat sesuatu, sehingga sobat bisa membuat sebuah catatan kecil dan menempelkannya di tempat yang sekiranya sering sobat lihat. Misalnya di dinding kamar agar selalu dibaca.

3. Menyanyikan kata kunci materi

Mungkin cara ini bisa dikatakan seperti anak kecil yang belajar dengan metode nyanyian agar mudah diingat, namun apa salahnya kita mencobanya. Untuk berhasil memahami sesuatu ngapain harus malu!

Mengapa kita lebih mudah menghafal lirik lagu, tapi susah untuk menghafal materi pembelajaran?

Kita bisa memadukan keduanya untuk dapat dengan mudah memahami dan menghafal suatu materi. Orang yang belajar dengan cara mengubah materi pembelajaran menjadi sebuah lirik dan menyanyikannya pasti akan cepat hafal dan menguasai materi. Pasalnya cara ini akan membuat sobat lebih santai dan easy-listening bagi pendengarnya.

Baca Juga : Pertanyaan Interview Yang Sering Muncul Beserta Tips Menjawabnya

Sobat dapat membuat suatu lirik dari kata kunci materi yang sobat pelajari, kemudian memadukannya dengan nada dari sebuah lagu yang sobat hafal dan sukai. Dengan begitu, akan memudahkan untuk memahami dan mengingat sebuah materi pembelajaran.

4. Membuat mind mapping

Cara belajar selanjutnya yaitu membuat mind mapping, yaitu sebuah metode untuk mengolah informasi atau materi dengan memetakan ke dalam bentuk gambar atau percabangan.

Cara ini menjadi trobosan untuk mencegah rasa bosan dalam belajar, misalnya jika sobat belajar hanya melihat tulisan yang banyak pasti akan merasa bosan dan malas. Ini sebenarnya mirip dengan kita membuat sebuah peta konsep, hanya saja kalau ini kita bisa menambahkan berbagai karakter dan bentuk supaya tampilan lebih menarik.

Baca Juga : Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik, Dijamin Diterima Kerja

Caranya kita menggambar objek yang sobat sukai, kemudian hiasi dengan kata kunci sebuah materi. Dengan begitu, sobat akan tertarik dengan gambarnya, apalagi kalau gambarnya unik, lucu, dan menggemaskan. Kemudian sobat pasti akan membaca tulisan yang menghiasi gambar tersebut, jika hal ini terus dilakukan akan bisa membantu dalam memahami materi.

Jika sobat lupa akan materinya, sobat cukup mengingat gambarnya dan kemudian pasti akan ingat dengan kata kunci yang ditulis pada gambar tersebut. Mudah bukan!

Penutup

Itulah ulasan mengenai beberpa teknik dan cara belajar hafalan yang efektif dan menyenangkan sehingga materi dapat ditangkap oleh otak secara sempurna. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Belajar Efektif Dan Menyenangkan Yang Ampuh Atasi kebosanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel