Tips Mengerjakan Soal HOTS (higher order thinking skill) Di Ujian

Cara dan tips supaya mudah mengerjakan soal HOTS (higher order thinking skills) merupakan salah satu tipe soal yang memiliki tingkat kesulitan dan perlu adanya pemahaman dan penalaran yang tinggi. Sistem ini diyakini dapat menjadikan siswa lebih mudah untuk memahami dan menyerap informasi.

Tips Mengerjakan Soal HOTS (higher order thinking skill) Di Ujian


Meskipun demikian, fakta di lapangan membuktikan bahwa kebanyakan siswa merasakan kesulitan. Banyak dari mereka juga menyesal mengenai soal HOTS yang bisa membuat nilai ujian semakin menurun. Faktanya pun demikian, bahwa setiap tahun ke tahun dengan ditingkatkannya kesulitan soal pasti nilainya pun akan menurun juga. Tentu hal ini akan sangat merugikan bagi pelajar tanpa adanya persiapan yang matang.

Tips sukses mengerjakan soal HOTS di ujian

1. Belajar dengan memahami konsep

Pastilah, sebuah soal yang memiliki tingkatan HOTS membutuhkan kemampuan yang mumpuni untuk mengerjakannya. Sobat harusnya mampu untuk menalar, menganalisis, kreatif dalam berpikir sehingga mampu memecahkan suatu permasalahan dalam soal.

Dengan demikian sobat harus benar-benar paham akan materi pembelajaran. Tidak hanya mengandalkan hafalan saja, namun juga harus mementingkan konsep materi. Misalnya, sobat mempelajari rumus matematika, sobat harus memahami asalnya dari mana hingga dapat memodifikasi sebuah rumus menjadi beberapa rumus turunan untuk memecahkan soal yang beraneka ragam bentuknya.

Baca Juga : Kumpulan Teks Pidato Hari Besar Nasional

Jika pada materi hafalan, sobat pun harus menguasai secara sungguh-sungguh dan mampu menalar serta menganalisis arti dari sebuah pengertian (definisi). Tak hanya itu, sobat pun harus bisa menghubungkan satu materi dengan materi lainnya yang saling berkaitan.

2. Sering latihan soal yang sulit

Soal bentuk HOTS tidak bisa dikerjakan dengan seketika tanpa adanya persiapan kebiasaan yang bisa mendukung kesuksesan. Maka dari itu sobat harus sering latihan soal yang memiliki tingkatan sulit agar mulai terbiasa dan mengasah kemampuan otak untuk lebih kreatif dan kecepatan dalam mengerjakan soal sulit.

3. Belajar sesuai dengan kisi-kisi ujian

Apa jadinya jika sobat belajar tentang suatu materi, tapi malah yidak keluar di ujian. Pasti akan merugi dengan habisnya waktu hanya untuk materi tersebut. Salah satu kunci sukses mengerjakan soal HOTS ataupun soal ujian lainnya yaitu dengan berpegang teguh pada kisi-kisi.

Dengan belajar menggunakan kisi-kisi, sobat akan mengetahui apa saja yang menjadi standar kompetensi lulusan (SKL) pada suatu mata pelajaran. Tak hanya itu sobat juga belajar secara urut dan tidak acak-acakan yang bisa membuat bingung karena tidak terstruktur.

Sobat juga bisa lebih fokus untuk memperdalam soal HOTS dan materi yang dianggap sulit. Dengan adanya kisi-kisi membuat sobat lebih efektif dan efisien dalam belajar, sehingga penguasaan materinya pun akan maksimal.

4. Mengkategorikan soal menurut kesulitannya

Ingat tidak semua soal ujian itu sulit atau bertipe HOTS. Biasanya soal menurut tingkat kesulitannya dibagi menjadi tiga, yaitu sulit, sedang, dan mudah. Tandai setiap nomor menurut kesulitannya pada selambar kertas, dengan demikian ini akan memudahkan sobat dalam mengerjakannya.

Baca Juga : Hidrokarbon Kelas 11 Kurikulum 2013 - pengertian, tata nama, contoh

Sobat pun akan bisa mencari mana soal yang berasa mudah yang harus dikerjakan dulu. Tak hanya itu, sobat pasti akan berpikir ulang atau meneliti setiap soal bertipe HOTS atau yang berasa sulit, dengan demikian pun akan bisa memanfaatkan waktu ujian dengan efektif dan efisien. Di akhir ujian pun sobat bisa memperkirakan berapa nilai yang didapat dengan melihat kemampuan sobat dalam mengerjakan soal.

Penutup

Itulah ulasan mengenai cara dan tips mengerjakan soal bertipe HOTS yang membuat otak pusing. Sebenarnya tidak ada yang sulit kalau adanya usaha belajar yang maksimal. Mulailah mempersiapkan bekal ilmu dan strategi dalam menghadapi ujian.Sering-seringlah latihan soal dan jangan lupa untuk selalu berdoa agar diberi kemudahan. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih. Semangat ujian!

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengerjakan Soal HOTS (higher order thinking skill) Di Ujian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel