7 Fungsi Wifi Smartphone Yang Jarang Diketahui Dan Digunakan Orang

Fungsi wifi sekarang ini sudah tidak asing lagi, pasalnya wifi akan menghubungkan penggunanya dengan jaringan nirkabel atau wireless untuk mendapatkan koneksi internet.

Namun banyak orang yang tidak mengetahui bahwa wifi pada smartphone mempunyai fungsi tambahan yang akan membuat kenyamanan dan keluwesan dalam menggunakan smartphone. Nah, apa saja fungsi wifi yang tersembunyi dan belum banyak orang yang mengetahui?

7 Fungsi Wifi Smartphone Yang Jarang Diketahui Dan Digunakan Orang

Fungsi lain wifi yang jarang diketahui ternyata banyak manfaatnya

Sekarang ini, wifi bukan hanya sebagai akses mendapat koneksi internet saja yang membuat sobat dapat berkomunikasi dengan dunia luar, tapi ada juga fungsi yang bakal memanjakan sobat. Simak ulasan di bawah ini :

1. Transfer File lebih Mudah

Pastinya jika sobat ingin memindahkan file dari laptop ke smartphone atau sebaliknya, dari smatphone ke laptop membutuhkan kabel data USB sebagai perantara untuk menghubungkan kedua perangkat.

Baca Juga : Inilah Fungsi Tersembunyi Dari Mode Pesawat Yang Jarang Diketahui

Namun kalau tidak ada kabel data USB, bagaimana caranya untuk mentransfer filE? Di sinilah fungsi wifi sangat diperlukan. Jika kedua perangkat menggunakan jaringan wifi yang sama, maka kedua perangkat pun akan bisa mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat yang lain.

Aplikasi yang mendukung kegiatan ini yaitu share it, sobat cukup menginstal share it pada smartphone dan laptop atau pc. Setelah itu transfer file dari smartphone ke laptop ataupun sebaliknya sudah bisa dilakukan. Mudah bukan, sobat tidak repot-repot mencari dan menggunakan kabel data USB.

2. Remote Televisi

Perkembangan teknologi yang semakin maju menjadikan bermunculan merk tv, salah satunya yang mempunyai fitur wifi. Bagi sobat yang sering berebut channel tontonan, sekarang tidak perlu lagi ebutan remot. Sobat dapat menjadikan smartphone menjadi remot, caranya gimana?

Hal yang harus dilakukan yaitu dengan mendownload aplikasi remote television, kemudian perhatikan langkah-langkahnya untuk mangubah smartphone manjadi remot. Jika semua berhasil artinya sobat tidak perlu lagi bertengkar merebutkan channel tontonan.

3. Smartphone dapat digunakan sebagai Mouse dan Keyboard

Salah satu fungsi tambahan wifi yang tak kalah pentingnya yaitu bisa digunakan sebagai mouse dan keyboard, smartphone akan berubah menjadi sebuah keyboard dan mouse yang akan mepermudah dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan pengetikan.

Baca Juga : 7 Benda Sekitar Yang Membuat Wifi Lemot Dan Cara Mengatasinya

Caranya cukup mudah, sobat hanya perlu download aplikasi bernama “wifi mouse” ataupun ” intel remote” di playstore atau app store. Kemudian sobat dapat menjalankan aplikasi ini untuk merubah layar menjadi keyboard atau mouse. Ini merupakan sebuah trobosan bagi sobat yang keyboard atau eusenya mengalami kerusakan.

4. Print dengan Smartphone

Pada umumnya printer hanya dapat bekerja dengan menghubungkannya dengan PC, ataupun menggunakan kabel data USB.  Namun tidak pada sekarang ini, ada beberapa tipe printer yang dilengkapi dengan fitur wifi. Sobat cukup mengaktifkan wifi printer dan sinkronkan sambungan wifi ke smartphone sobat. Dengan begitu sobat dapat mencetak foto ataupun dokumen yang hanya mengandalkan smartphone dan printer.

5. Menghubungkan smartphone ke Perangkat Lain

Wifi yang terdapat di smartphone dapat menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lain. Misalnya kita akan mengambil gambar dengan action camera dan tongsis. Sobat cukup mengaktifkan wifi dan menyinkronkan dengan perangkat yang ingin Sobat hubungkan. Ini merupakan salah satu fungsi dari wifi  yang belum banyak orang yang mengetahuinya.

6. Screen Mirroring

Screen mirroring merupakan salah satu pengaplikasian dari fungsi tambahan yang dimiliki wifi. Dengan ini sobat dapat menampilkan layar smartphone pada layar laptop. Untuk melakukannya sobat cukup menyambungkan wifi laptop dan smartphone ke dalam wifi yang sama, kemudian dapat juga dibantu dengan aplikasi screen mirroring. Salah satu aplikasinya yaitu Mobizzen Mirroring.

Baca Juga : Ciri-Ciri Smartphone Terkena virus & Cara Mengatasinya

7. WiFi di smartphone bisa jadi modem

Bagi sobat yang punya kouta limit, tenang saja. Sobat bisa memanfaatkan fungsi lain dari wifi untuk mendapatkan koneksi internet dari smartphone teman sobat maupun saudara. Hal yang dilakukan yaitu dengan memanfaatkan fitur tathering di smartphone. Dengan ini kita bisa berbagi kuota alias berbagi internet dengan saudara atau teman tanpa harus pasang router terlebih dulu atau membeli modem.

8. Menghubungkan kamera DSLR dengan smartphone

Mungkin sobat akan merasa malas dengan seringnya memindah foto dari DSLR ke smartphone untuk diedit, ya kan?

Namun sekarang, ada beberapa model kamera DSLR yang menyediakan aplikasi smartphone berbasisi wifi, sehingga akan membuat penyimpanan dan pengeditan foto dapat langsung dilakukan di smartphone. Sobat juga bisa mengendalikan kamera DSLR dari smartphone kamu.

Penutup

Itulah ulasan mengenai fungsi wifi smartphone yang jarang diketahui oleh orang banyak, dengan menerapkan fungsi wifi di atas pastinya akan membuat sobat mengalami kemudahan dan kenyamanan dalam mengoperasikan smartphone. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "7 Fungsi Wifi Smartphone Yang Jarang Diketahui Dan Digunakan Orang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel