Teknik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Tanpa Melihat Keyboard

Cara mengetik 10 jari bertujuan untuk kemampuan mengetik dengan cepat sehingga dapat menggunakan waktu dengan singkat. Salah satu untuk bisa menguasai cara mengetik 10 jari yaitu dengan mengikuti komputer. Mengetik 10 jari sekarang merupakan salah satu skill yang dibutuhkan, pasalnya saat ini kita hidup di era teknologi yang perkembangannya sangat pesat.

Dengan menguasai skill mengetik 10 cepat pastinya akan menunjang kemudahan karena banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan. Lebih-lebih jika Anda bekerja dengan menggeluti di dunia pekerjaan, seperti penulis bahkan seorang blogger. Pastinya dengan mengetik cepat semua pekerjaan pengetikan akan cepat selesai.

Selain itu mengetik 10 jari akan membuat kita lebih percaya diri, pasalnya Anda mengetik tanpa melihat keyboard. Sehingga tangan layaknya bergerak sendiri, keren bukan hehehehe.

Teknik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Tanpa Melihat Keyboard

Cara mengetik 10 jari dengan mudah dan cepat, cocok untuk pemula

Namun skill mengetik cepat banyak orang yang belum mempraktekannya, sehingga kebanyakan dari mereka menggunakan dua jari telunjuk kanan dan kiri untuk mengetik, miris bukan. Untuk itu, mari kita simak ulasan di bawah ini mengenai cara mengetik 10 jari dengan benar dan cepat :

Sebenarnya mengetik 10 jari bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan mau belajar dan terus berlatih. Misalnya seperti sering mengetik tanpa melihat keyboard, sehingga akan terbiasa dan pastinya akan menambah daya ingat mengenai letak huruf di keyboard.

1. Posisi duduk yang baik saat mengetik 10 jari

Teknik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Tanpa Melihat Keyboard
Foto : 40dots
Banyak orang yang melalaikan hal ini, padahal ini merupakan salah satu dasar dalam mengetik dengan cepat. Anda harus benar-benar duduk dengan tegak dan pandangan lurus kea ah layar, sehingga akan mendapatkan performa terbaik dalam mengetik 10 jari.

Selain itu, posisi di atas secara kesehatan juga akan berdampak baik, khususnya bagi kesehatan tulang. Jika salah posisi dan terus berlanjut bisa-bisa  Anda akan terkena gangguan pada tulang. Oleh karena itu, demi meguasai skill mengetik 10 jari dan pastinya terhindar dari masalah kesehatan mari kita perbaiki posisi duduk kita lebih dulu, sehingga akan mendapatkan performa yang maksimal dalam mengetik.

2. Penempatan posisi jari pada keyboard

Bagian ini merupakan bagian yang inti, Anda harus memfungsikan semua jari tangan mulai dari kelingking kanan sampai kelingking kiri. Tahapan ini merupakan tahapan yang penting, pasalnya jika hal ini dapat dikuasai, maka kedepannya akan mudah dan lebih gampang dalam menguasai skill mengetik cepat.

Tips agar semua jari dapat berfungsi

Anda dapat memperhatikan dua  tuts huruf yang berbeda dengan yang lainnya, yaitu tombol F dan J. Kedua huruf ini terdapat sedikit benjolan kecil, jika tidak percaya silakan cek keyboardmu sekarang juga. Kita akan menggunkan kedua tombol tersebut sebagai patokan posisi jari di keyboard untuk menguasai skill mengetik dengan cepat.
  • Tombol huruf F untuk jari telunjuk kiri
  • Tombol huruf J untuk jari telunjuk kanan
Patokan inilah yang benar-benar dipegang, artinya setelah kita menekan tombol manapun di keyboard, Jari telunjuk Anda harus kembali di tombol dua huruf tersebut. Untuk lebih memahami fungsi dari seluruh jari, perhatikan uraian tugas dari masing-masing jari di bawah ini, yaitu :

Teknik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Tanpa Melihat Keyboard
Foto : belajarkomputer

Cara mengetik 10 jari, tugas dan bagian dari jari tangan kiri

  • Ibu jari           : Menekan spasi
  • Telunjuk         : Menekan tombol huruf R, F, V, B, G, T dan menekan tombol angka 4 dan 5
  • Jari tengah      : Menekan tombol huruf E, D, C dan menekan tombol angka 3
  • Jari manis       : Menekan tombol huruf W, S, X dan menekan tombol angka 2
  • Kelingking      : Menekan tombol huruf Q, A, Z dan angka 1, serta tombol tab, caps lock, shift, CTRL, dan lainnya ( tombol windows, alt, fn )
Cara mengetik 10 jari, tugas dan bagian dari tangan kanan
  • Ibu jari : Menekan spasi
  • Telunjuk : Menekan tombol huruf Y, H, N, U, J, M dan angka 6 dan 7
  • Jari tengah : Menekan tombol huruf I dan K, tanda koma “,” tanda lebih kecil “<” serta angka 8
  • Jari manis : Menekan tombol huruf O, L, P angka 9, kurung buka “(“, tanda lebih besar “>” serta tombol alt
  • Kelingking : Semua tombol di sebelah kanan selain yang telah disebut di atas
Note :

Ibu jari difungsika untuk menekan spasi secara bergantian antara ibu jari tangan kanan dan kiri. Jika Anda mengetik dengan menekan tombol yang diketik terakhir oleh tangan kanan, maka spasi ditekan jari ibu jari tangan kanan. Misalnya Anda mengetik kata “AKU” berakhiran di huruf A (ditekan terakhir di jari kelingking), maka spasinya ditekan ibu jari tangan kanan. Ibu jari tangan kiri bisa difungsikan dengan kebalikan dari ibu jari tangan kanan.

Baca Juga : Fungsi Tombol F1 Sampai F12 Pada Keyboard Yang Wajib Kamu Ketahui

Catatan di atas hanya untuk mempermudah, Anda juga bisa merubahnya yang terpenting adalah mudah dilakukan serta tidak membingungkan, sehingga semua jari akan berfungsi. Bagi pemula, memang sangat sulit dan kaku saat menerapkan cara mengetik cepat ini, namun dengan terus dibiasakan dan teus berlatih bukan tidak mungkin menguasai skill mengetik 10 jari.

3. Rekomendasi aplikasi untuk latihan mengetik 10 jari 

Salah satu kunci sukses menguasai skill dalam mengetik 10 jari adalah seringnya melakukan kegiatan pengetikan, sehingga Anda akan merasakan jari kedua tangan Anda seperti bekerja secara sendiri. Untuk bisa berlatih Anda bisa memanfaatkan aplikasi di bawah ini, yaitu :
  • Type Racer
Teknik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Tanpa Melihat Keyboard
Foto : Youtube
Salah satu situs yang menampilkan latihan dalam mengetik cepat adalah type racer. Situs ini akan mengajak Anda bermain balapan dalam mengetik, penggambarannya yaitu mobil, jika Anda mengetik dengan cepat menurut teks yang telah disediakan, maka mobil akan melaju dengan cepat pula.
  • Touch Typing Study
Teknik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Tanpa Melihat Keyboard
Foto : thewindowsclub
Situs ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin menguasai skill mengetik jari 10. Di situs ini Anda akan dilatih memosisikan jari Anda dengan tombol tertentu, sehingga Anda harus mengikuti perintah mengenai jari mana yang harus diunakan untuk mengetikkan tombol tertentu pada keyboard.
  • Keybr. Com
Teknik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Tanpa Melihat Keyboard
Foto : cnet
Selanjutnya adalah situs keybr.com, di situs ini Anda akan berlatih mengetik kata yang telah disediakan dan di acak secara random. Kemudian situs ini akan menampilkan statistik mengenai area pada keyboard yang dikuasai. Situs ini juga dengan terbuka memberi tahu jika Anda melakukan kesalahan.

Penutup

Itulah ulasan mengenai cara mudah mengetik 10 jari dengan benar dan cepat, semua kesuksesan akan tercapai jika terus belajar dan berlatih. Artinya untuk bisa menguasai skill mengetik 10 jari kunci utamanya adalah Anda harus rajin berlatih dengan mengetik menggunakan cara di atas. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Teknik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Tanpa Melihat Keyboard"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel