7 Benda Sekitar Yang Membuat Wifi Lemot Dan Cara Mengatasinya

Wifi sebagai jaringan internet memegang peranan yang penting untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan dunia luar.

jaringan wifi lemot



Tak selamanya, Sobat puas dengan jaringan internet yang cepat dan kuat, Sobat pasti pernah merasa kesal sebab wifi sangat lemot kan? Padahal pemakainya sedikit, Kok bisa lemot ya?

Baca Juga : Ciri-Ciri Smartphone Terkena virus & Cara Mengatasinya

Tenang Sobat! Ternyata selain banyaknya pengguna, ada beberapa benda sekitar yang diyakini penyebab kecepatan internet wifi menurun, Yuk ikuti ulasan berikut ini :

1. Dinding berbahan batu bata 

Pernahkah Sobat mengalami jaringan wifi yang lemot saat digunakan di kamar ? Padahal jaringan sangat cepat di ruang tamu.

Penyabab dari masalah di atas adalah keberadaan dinding. Dinding ternyata dapat membuat sinyal wifi menjadi lemah, karena sinyal yang masuk akan terhalang oleh dinding. Apalagi jika dinding yang terbuat dari batu bata, batako, dan marmer serta bahan keras lainnya. Untuk mengantisipasinya Anda dapat meletakan router ke tempat terbuka yang tidak terhalang oleh dinding, tapi masih kategori tempat yang aman.

2. Cermin yang berukuran besar

Pasti di kamar Sobat terdapat cermin, untuk mengaca maka cerminnya pun harus besar. Jika letaknya jauh dari router memang tidak masalah, tapi kalau dekat dengan router itu yang beresiko membuat jaringan internet lemot.

Baca Juga : 9 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Baterai HP

Sifat kaca yang dapat memantul juga berlaku pada gelombang sinyal. Ketika router mamancarkan gelombang sinyal, cermin akan menjadi perisai yang dapat memantulkan gelombang sinyal tersebut. Hal ini akan berakibat sinyal internet menjadi lemah dan tidak stabil.

Jadi Sobat harus segera memindahkan router atau cermin agar tidak berdekatan, sehingga Sobat dapat menikmati kecepatan jaringan internet.

3. Jendela kaca 

Jendela merupakan suatu pelengkap rumah yang wajib dibuat untuk jalan fentilasi udara yang masuk.Karena memiliki sifat yang hampir sama dengan cermin, ternyata jendela kaca juga bisa memperburuk sinyal wifi.

Terus bagaimana, pilih fentilasi udara yang baik untuk kesehatan tapi sinyal wifi menjadi lemot ?
Ngga mungkin kan kalau rumah dibangun tanpa jendela.

Baca Juga : 6 Kerugian Menggunakan SD Card di Android, Smartphone jadi lemot?

Tenang Sobat, kita bisa menyiasati dengan memodifikasi jendela berbahan dari kayu, atau bisa menempatkan router agak jauh dari jendela agar sinyal wifi dapat bekerja secara maksimal.

4. Benda yang berlapis baja atau logam

Apabila ada barang yang berlapis baja atau logam segera Sobat singkirkan, pasalnya jika berdekatan dengan router akan membuat jaringan internet menjadi lemot. Kenapa ya ?

Logam merupakan konduktor yang sempurna, sehingga saat router memancarkan gelombang elektromagnetik akan diserap oleh benda sekitar yang berlapis logam.

5. Kulkas dan mesin cuci

Selain kulkas dan mesin cuci bahannya berlapis logam, benda ini ternyata mempunyai pipa untuk sirkulasi air yang dapat mempengaruhi sinyal. Sebenarnya semua benda elektronik yang memiliki pipa sirkulasi air dapat mempengaruhi sinyal, tidak terikat pada benda kulkas dan mesin cuci saja. Sifat air yang dapat menahan gelombang energi dan perangkat nirkabel, termasuk sinyal yang akan melemah.

6. Monitor 

Monitor juga bisa memperlambat kecepatan jaringan internet, dengan catatan monitor tersebut menggunakan teknologi nirkabel. Apalagi monitor yang menggunakan  frekuensi 2,4 GHz yang sama seperti wifi. Loh, kok bisa membuat jaringan internet menjadi lemot ?

Dua atau lebih perangkat elektronik yang memiliki frekuensi yang sama ternyata tidak bisa bekerja secara maksimal, sehingga jaringan internet menjadi lemot.

Sobat bisa mengakalinya dengan menggunakan laptop atau monitor yang mempunyai frekuensi lebih rendah dari frekuensi wifi yang Sobat pakai.

7. Microwave

Selain monitor yang mempunyai frekuensi hampir sama dengan wifi, microwave juga mempunyai frekuensi yang sama dengan wifi.

Solusinya, sobat bisa memindahkan router wifi agar tidak berdekatan dengan microwave dan usahakan meletakannya lebih tinggi dari microwave.

Itulah ulasan mengenai benda sekitar yang mampu membuat jaringan wifi menjadi lemot. Jadi Sobat harus menjauhkan router dari benda-benda di atas agar dapat mengakses wifi dengan kecepatan yang maksimal. Sekian, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "7 Benda Sekitar Yang Membuat Wifi Lemot Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel