Obat Sakit Gigi (Alami & Medis) Ampuh Atasi Ngilu Dan Gigi Berlubang

Sakit gigi bisa membuat penderitanya seperti merasakan tersiksa. Pasalnya sakit gigi bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri di gusi, dan sakit pada bagian pipi. Sakit gigi bisa disebabkan oleh keadaan gigi yang sensitive, tumbuhnya gigi geraham, dan bahkan akibat gigi yang berlubang. Akibatnya bisa mengurangi nafsu makan.

Obat sakit gigi menjadi salah satu solusi untuk meredakan sakit gigi, baik obat alami maupun obat yang dibeli di apotek. Untuk Anda yang sering mengalami sakit gigi karena gigi berlubang, beberapa obat di bawah ini bisa menjadi solusinya.

Obat Sakit Gigi (Alami & Medis) Ampuh Atasi Ngilu Dan Gigi Berlubang

13 Obat sakit gigi untuk mengatasi sakit gigi berlubang

Seperti yang dilansir dari detik.com, terdapat dua jenis obat yang bisa meredakan sakit gigi. Yaitu obat alami dan obat yang dibeli di apotek. Untuk lebih lengkapnya kita simak ulasan di bawah ini :

Obat sakit gigi alami

Obat alami masih menjadi salah satu andalan dalam meredakan rasa sakit gigi. Obat alami selain mudah didapat, juga tidak mengandung efek samping yang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Berikut bahan alami sebagai obat sakit gigi :

1. Garam dapur

Obat ini memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat untuk meredakan sakit gigi. Kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi menjadi obat yang ampuh. Garam juga bisa menjadi obat untuk perawatan gigi yang berlubang, cara penggunaannya yaitu :
  • Siapkan satu sdm garam dapur dan segelas air
  • Larutkan garam dapur pada air dan aduk hingga merata
  • Gunakan untuk berkumur-kumur hingga rasa sakitnya hilang

2. Jahe

Salah satu tanaman toga ( tanaman obat keluarga) ini mampu menghilangkan rasa nyeri pada sakit gigi. Jahr mengandung zat antibiotic yang mampu membunuh kuman-kuman pada gigi yang berlubang. Cara menggunakannya yaitu cukup dengan menumbuk satu suing jahe, kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Tunggu sampai rasa sakitnya hilang.

Baca Juga : Obat Luka Bakar Alami Supaya Cepat Kering Dan Tidak Berbekas

3. Bawang Merah

Bahan dapur ini selain bisa menjadi bumbu masakan, bisa juga digunakan untuk meredakan sakit gigi. Kandungan anti-septik dan anti mikroba akan membantu meredakan sakit gigi yang dialami. Anda bisa menggunakannya dengan memakannya langsung ataupun dengan menghaluskannya kemudian menempelkan pada bagian pipi gigi yang sakit.

4. Cuka Apel

Kandungan antibakteri dan antimikrobal dalam cuka apel berkhasiat sebagai obat untuk meredakan sakit gigi. Anda cukup melarutkan satu sdm cuka apel dengan segelas air, kemudian digunakan untuk kumur-kumur. Selain itu, Anda juga bisa menempelkan atau memasukan kapas yang sebelumnya ditetesi minyak cengkeh ke dalam gigi yang berlubang. Diamkan sampai rasa sakit pada gigi berkurang.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Panu Di Muka Secara Alami Dalam Waktu Singkat

 5. Bawang Putih

Kandungan anti-septik Bawang putih juga berkhasiat dalam meredakan sakit gigi. Bawang putih mampu menghasilkan minyak dan melepas allicin untuk melawan bakteri. Cara menggunakannya cukup mudah, Anda cukup mengunyahnya atau menghaluskannya kemudian ditempel di bagian pipi yang mengalami sakit gigi.

6. Daun Jambu Biji

Tak hanya buahnya yang enak dimakan, daunnya pun bekhasiat dalam menghilangkan rasa sakit gigi. Daun jambu biji mengandung anti mikroba, anti radang dan zat analgesik yang mampu menghilangkan rasa nyeri akibat gigi yang berlubang. Cara penggunaannya yaitu, tumbuk halus daun jambu biji. Kemudian tambahkan air secukupnya dan rebus sampai mendidih. Diamkan hingga dingin, kemudian gunakan dengan cara berkumur-kumur.

Baca Juga : Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami Agar Cepat Kering

7. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh mengandung eugenol yang berfungsi sebagai anetasi alami yang berkhasiat menghilangkan rasa sakit pada gigi. Minyak ini telah lama menjadi obat sakit gigi, Anda cukup menempelkan atau memasukan kapas yang sebelumnya ditetesi minyak cengkeh ke dalam gigi yang berlubang.

8. Es Batu

Cara ini memang agak sedikit aneh, masa sakit gigi obatnya es batu. Nanti malah bisa menyebabkan giginya nyilu. Gimana bisa ya?
Metode pengobatan sakit gigi menggunakan es batu yaitu dengan mengompres pada bagian pipi yang sakit gigi. Rasa dingin akibat es batu akan membebaskan saraf gigi untuk menghilangkan rasa nyerinya. Anda cukup mengkompresnya sekitar 15 menit.

Obat Sakit Gigi di Apotek

Obat sakit gigi yang dijual di apotek juga bisa sebagai allternatif yang bisa Anda gunakan disaat tidak tersedia obat alami dan rasa sakit pada gigi masih saja menyerang. Berikut obat sakit gigi yang bisa Anda beli di apotek terdekat, yaitu :

1. Ibuprofen

Ibuprofen ini menjadi salah satu obat yang ampuh menghilangkan rasa sakit gigi. Obat ini biasanya tersedia dalam bentuk sirup ataupun kaplet, namun saat mengonsumsi obat ini disarankan untuk mengikuti resep dokter agar mendapat dosis pemakaian yang tepat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Secara Alami Dan Cepat

2. Naproxen

Obat ini menjadi salah satu obat yang sering digunakan untuk meredakan sakit gigi. Obat ini biasanya tersedia dalam bentuk kaplet. Namun, Naproxen juga memiliki beberapa efek samping, diantaranya mulas, kembung, penglihatan kabur, dan lainnya. Oleh karena itu, disarankan menggunakan resep dokter agar dosis pemakaiannya tepat.

3. Acetaminophen

Acetaminophen atau sering kita kenal paracetamol ini mampu meredakan serta menghilangkan rasa nyeri pada gigi. Obat bergolongan NSAID ini juga cocok untuk gigi berlubang saat sakit gigi menyerang.

4. Dentasol

Dikenal sebagai obat sakit gigi bagi anak-anak yang aman dikonsumsi. Obat ini tersedia dalam bentuk gel atau cairan, sehingga pemakaiannya dengan mengoleskannya langsung pada gigi yang sakit.

Baca Juga : Cara menghilangkan jerawat secara alami dalam waktu singkat

5. Asamefenamat

Obat ini mungkin sering digunakan bagi Anda yang sering mengalami rasa nyeri pada gigi. Asamefenamat mengandung zat anti inflamasi yang berfungsi menghentikan rasa nyeri pada gigi dengan cepat.

Penutup

Itulah beberapa 13 jenis obat sakit gigi yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang, baik alami maupun obat yang tersedian di apotek yang dapat menghilangkan rasa sakit gigi Anda. Demikian ulasan semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.


Belum ada Komentar untuk "Obat Sakit Gigi (Alami & Medis) Ampuh Atasi Ngilu Dan Gigi Berlubang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel