Kuliah Kelas Karyawan, Inilah Tips & Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja

Kuliah sambil kerja, nanti ngga fokus belajar dan akhirnya kuliahnya berantakan dong?

Itulah pertanyaan yang mungkin terngiang-ngiang di pikiran Sobat. Memang waktu kuliah saatnya kita fokus untuk belajar, tapi bagaimana jadinya kalau orang tua mewajibkan anaknya untuk mandiri? Sehingga menanggung biaya kuliahnya sendiri, entah karena permasalahan ekonomi ataupun lainnya.

Jalan yang pasti sobat ambil adalah dengan menganbil kerja sampingan, sehingga mendapatkan gaji sebagai biaya untuk kuliah. Terus kuliahnya gimana? Pasti terganggu dan nanti malah berantakan.

Nah, di bawah ini akan dibahas tips kuliah sambil kerja agar semuanya dapat berjalan dengan normal, antara dunia perkuliahan dan dunia kerja. Simak ulasannya di bawah ini.

Kuliah Kelas Karyawan, Inilah Tips & Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja

Kuliah Kelas Karyawan, Ini Tips & Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja 

1. Fokus dan kuatkan mentalmu

Perlu diingat bahwa sobat bekerja hanya untuk mencari penghasilan guna mencukpi biaya kuliah dan mencari pengalaman di dunia kerja. Jadi sobat wajib fokus, jangan sampai terlalu asyik dengsn pekerjaannya bahkan sampai mengabaikan jadwal dan tugas kuliah.

Baca Juga : Bingung Memilih Jurusan Kuliah? Ini Tips Memilih Jurusan Yang Tepat

Berbeda dengan mahasiswa pada umumnya yang menggunakan waktunya untuk belajar, sobat harus menggunakan waktu sela kuliah untuk bekerja. Oleh karena itu, sobat harus sebisa mungkin menguatkan mental untuk menjalaninya. Itulah perjuangan yang dikorbankan untuk menuju kesuksesan.

Ingat : Usaha tak akan pernah mengkhianati hasil.

2. Pilih pekerjaan paruh waktu, agar tak mengganggu waktu kuliah

Pilihlah pekerjaan yang sekiranya tidak menggangu waktu belajar sobat, yaitu pekerjaan paruh waktu atau freelance dimana  sistemnya tidak bekerja setiap hari. Sobat bisa menjadi seorang penulis lepas, penjual barang di marketplace, dan membuka les privat.

Selain itu, lebih baik juga memilih pekerjaan sesuai jurusanmu supaya sobat bisa langsung mempraktekannya.

3. Memberi tahu kepada perusahaan, bahwa sobat adalah mahasiswa

Hal ini penting untuk dilakukan sebagai sarana negosiasi antara pekerja dan perusahaan. Seritakan tentang kondisi sobat saat ini khususnya dalam mengikuti dunia perkuliahan. Tidak dimungkinkan juga dari pihak perusahaan memberi keringanan dan kelonggaran saat bekerja.

Baca Juga : Rekomendasi Jurusan Kuliah Sepi Peminat Dengan Prospek Kerja Sukses

Misalnya, saat masuk kerja terlambat, pasti atasan perusahaan tidak akan marah. Pasalnya Ia mengerti bagaimana kondisi pekerjanya yang masih berurusan dengan bangku kuliah.

4. Petimbangkan kuliah reguler atau kelas karyawan

Kalau sobat ingin memprioritaskan pekerjaan bisa mengambil metode kuliah kelas malam atau kelas karyawan. Dimana waktu kuliahnya tergantung tersedianya waktu si mahasiswa itu sendiri.

5. Manfaatkan waktu sebaik mungkin

Hargailah waktu, karena waktu adalah uang. Itulah pepatah yang harus tertanam di benak hati sobat. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin, entah untuk merampungkan pekerjaan atau belajar.

Baca Juga : Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah & Kerja Beserta Contoh

Misalnya, saat jam istirahat kerja, bisa sobat gunakan untuk mencicil tugas ataupun mengikuti pembelajaran materi secara online. Dengan begitu, sobat tidak akan ketinggalan seperti teman yang fokus kuliah.

6. Meskipun sibuk, bukan berarti mengabaikan organisasi

Meskipun sobat adalah orang yang sibuk karena mengikuti kuliah sambil kerja. Usahakan dapat membagi waktu untuk membuat diri tetap produktif. Selain itu, hal ini dilakukan untuk menjalin pergaulan yang baik antar mahasiswa atau orang lain.

Misalnya dengan melakukan kebiasaan atau hoby dan bergabung dengan organisasi-organisasi tertentu. Asalkan sobat mampu membagi waktu dengan seimbang. Misalnya hari Senin sampai Rabu untuk bekerja, berarti cari organisasi yang aktivitas rutinnya diluar hari tersebut.

7. Jangan Pernah Menunda Tugas Kuliah

Seusai bekerja pastinya akan merasa lelah dan letih, wajar memang banyak orang yang menunda tugas karena alasan tersebut. Tapi jangan sampai terjadi pada sobat karena kebiasaan menunda tugas akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga : Syarat Dan Cara Membuat Akta Kelahiran,Kematian,Nikah,& Perceraian

Jika tidak bisa mengerjakan sepulang kerja, usahakan sobat harus merampungkannya di pagi hari. Disarankan juga untuk membuat jadwal tugas harian sehingga akan membuat sobat terbiasa menggarap tugas tanpa menunda-nunda.

8. Menjaga Kesehatan, walaupun jadwalmu padat

Dengan jadwal yang padat, sehabis kuliah bekerja pasti akan sangat lelah. Pastikan sobat senantiasa menerapkan pola hidup sehat seperti rajin berolahraga, tidur yang cukup, memakan makanan sehat dan bergizi.

Selain itu, lakukanlah kebiasaan atau hoby untuk menghindari kejenuhan dan stres. Ingat, jangan sampai lupa istirahat untuk menjaga tubuh tetap fit sehingga tidak mengganggu karier kerier kerja dan kuliah.

Penutup

Itulah ulasan mengenai tips sukses kuliah sambil kerja, selain mendapat penghasilan juga akan menambah pengalaman di dunia kerja. Selamat mencoba semoga sukses!

Belum ada Komentar untuk "Kuliah Kelas Karyawan, Inilah Tips & Cara Sukses Kuliah Sambil Kerja "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel