10 Cara Jitu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami & Cepat

Darah tinggi mungkin menjadi salah satu penyakit yang disandang sebagian besar masyarakat di Indonesia. Lalu bagaimana cara menurunkan darah tinggi?

Darah tinggi memrupakan keadaan tekanan darah yang berada di atas normal. Darah tinggi atau hipertensi dapat disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari faktor genetik atau keturunan sampai gaya hidup yang tidak sehat.

Darah tinggi dapat memicu penyakit lain seperti stroke dan jantung jika tidak ditangani dengan cepat dan serius. Oleh karena itu, ada beberapa cara alami dan ampuh menurunkan darah tinggi dengan cepat. Apa saja caranya? Seperti yang dilansir detik.com, cermati ulasan di bawah ini.

10 Cara Jitu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami & Cepat

10 Cara Jitu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami & Cepat

1. Rajin Berolahraga

Olahraga berupa gerakan fisik dapat meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru dan organ vital lainnya. Dengan inilah akan membuat pembuluh darah dan jantung akan bekerja dengan baik dan teratur karena sudah biasa terlatih.

Baca Juga : Obat Sakit Gigi (Alami & Medis) Ampuh Atasi Ngilu Dan Gigi Berlubang

Olahraga setidaknya 30 menit sehari sangat dianjurkan, mulai dari jogging, bersepeda dan lainnya. Anda juga dapat melakukan tugas-tugas rumah yang sama halnya seperti melakukan olahraga. Dengan begitu sirkulasi dan efisiensi jantung dan organ lainnya akan terjaga kesehatannya.

2. Mengurangi Berat Badan

Darah tinggi banyak dipicu dari kelebihan berat badan, hal ini menjadi salah satu tanda bahwa orang yang gemuk kemungkinan besar akan mengalami darah tinggi. Sebab penumpukan lemak jahat dalam tubuh akan meningkatkan kinerja jantung dalam memompa darah dan akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah.

Baca Juga : Cara Mengurangi Mata Minus Secara Cepat, Alami & Aman Tanpa Operasi

Jadi dangat disarankan untuk menjalani program diet supaya berat badannya turun. Jika seseorang menurunkan berat badannya, maka akan memberi pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan jantung.

3. Memperbanyak aktivitas fisik di Luar Ruangan

Hal ini merupakan hal yang sederhana dan menjadi salah satu kunci dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Jangan biarkan tubuh Anda diam saja, lakukan aktivitas rutininitas seperti menyapu, menyiram tanaman, mencuci baju, dan lainnyya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Panu Di Muka Secara Alami Dalam Waktu Singkat

Sangat disarankan jika Anda melakukannya dibawah sinar matahari pagi. Kulit yang terkena sinar matahari akan membuat pembuluh darah melebar dan yang terpenting adalah menurunkan tekanan darah.


4. Batasi Asupan Garam

Konsumsi garam yang melebihi batas dapat memicu menaikkan tekanan darah, hal ini sangat berbahaya jika dilakukan terus-menerus. Batas garam yang dikonsumsi setiap harinya yaitu sekitar 1 sendok teh.

Baca Juga : Obat Luka Bakar Alami Supaya Cepat Kering Dan Tidak Berbekas

Selain dianjurkan untuk mengurangi penggunaan garam, Anda juga harus cermat dalam membeli makanan di luar karena kita tidak tahu berapa jumlah penggunaan garamnya.

5. Kurangi Makanan Cepat Saji

Memilih menu makanan menjadi cara yang mudah dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu makanan cepat saji seperti mie instan, burger, pizza, dan lainyya harus dihindari karena dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Lebih baik mengonsumsi makanan segar seperti buah, sayuran, ikan dan makanan sehat lainnya.

6. Mengurangi Kafein

Meskipun tak sepenuhya berbahahya, mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi dapat memicu tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena peningkatan kinera jantung secara mendadak, sehingga detak jantung terasa lebih cepat dari biasanya setelah meminum kopi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Secara Alami Dan Cepat

Jadi solusinya bagi Anda penderita darah tinggi disarankan untuk mengurangi bahkan mencegah minuman yang mengandung kafein.

7. Berhenti Merokok

Rokok menjadi salah satu penyebab meningkatnya tekanan darah. Dalam rokok tersimpan zat berbahaya nikotin yang akan merusak fungsi organ dalam tubuh, seperti paru-paru, jantung, dan hati.
Selain itu, jika nikotin sampai terserap oleh otak akan menyebabkan terjadinya stroke dan serangan jantung secara mendadak. Jadi sangat disarankan untuk berhenti merokok.

8. Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih menjadi salah satu obat yang cukup populer. Selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga berkhasiat menurunkan hipertensi dan kolesterol.

Baca Juga : Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami Agar Cepat Kering

Cara penggunaannya cukup sederhana, Anda hanya perlu merebusnya kemudian memblendernya dan campurkan pada makanan yang akan Anda makan. Ingat jangan terlalu lama dalam merebusnya karena akan mengurangi kandungan nutrisinya.

Selain itu, sekarang juga sudah banyak beredar ekstrak bawang putih dalam bentuk bubuk maupun tablet yang sudah siap dikonsumsi.

9. Mengonsumsi Cokelat Hitam

Coklat hitam atau dark chocolate mengandung kakao 60-70 persen. Kandungan zat yang bernama flavonoid mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar. Sehingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah inflamasi.

10. Mengelola Stres

Stres merupakan tekanan pikiran yang bisa membuat tekanan darah seseorang meningkat. Saat stress keadaan detak jantung akan lebih cepat dan pembuluh darah menjadi terbatas. Jadi Anda harus menghindari stres melalui kegiatan-kegiatan yang sekiranya mampu menghibur, seperti mendengarkan musik ataupun aktivitas lainnya.

Penutup

Itulah beberapa cara alami yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih. Selamat mencoba semoga berhasil!

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Jitu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami & Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel