Cara Mengurangi Mata Minus Secara Cepat, Alami & Aman Tanpa Operasi

Mata minus memang tidak pandang usia, tak terkecuali pada anak-anak yang sudah memakai kacamata karena mengalami mata minus. Memakai kacamata minus memang bisa mengganggu aktivitas, bagaimana sih cara mengurangi mata minus?

Kesehariannya yang hanya berinteraksi dengan berbagai alat elektronik seperti gadget, laptop, dan televisi membuat dampak yang cukup buruk pada kesehatan mata, contohnya mata minus.

Penderita mata minus memang dituntut harus menggunakan alat bantu berupa kacamata supaya penglihatannya jelas dan jernih. Untuk mengobatinya, ada beberapa cara alami yang pastinya aman dan mudah dilakukan ketimbang harus menjalani operasi, apa saja caranya? Ini penjelasannya.

Cara Mengurangi Mata Minus Secara Cepat, Alami & Aman Tanpa Operasi

10 Cara mengurangi mata minus secara alami, aman dan mudah

Seperti yang dilansir detik.com, terdapat beberapa cara alami yang bisa mengurangi mata minus, yuk simak ulasannya di bawah ini :

1. Menjemur Mata di Pagi Hari

Cara ini merupakan sebuah cara tradisional yang dilakukan untuk bayi agar cepat melihat, namun apa salahnya jika untuk dicoba dalam meringankan mata minus.

Baca Juga : Obat Sakit Gigi (Alami & Medis) Ampuh Atasi Ngilu Dan Gigi Berlubang

Anda hanya cukup menutup kedua mata, kemudian arahkan ke matahari sehingga akan terasa hangat. Lakukan aktivitas ini selama beberapa menit, rutin setiap hari sehingga akan membantu mengurangi mata minus.

2. Terapi Lilin

Ini merupakan salah satu cara tradisional yang menggunakan media lilin. Ternyata lilin dipercaya dapat mengurangi serta menyembuhkan mata minus secara cepat. Cara pengobatannya yaitu nyalakan lilinnya, kemudian tatap apinya sampai beberapa menit, usahakan tidak berkedip sehingga air mata akan keluar. Jika sudah keluar hentikan terapinya.

Lakukan terapi ini rutin setiap hari, tapi harus diingat jangan malakukan terapi ini secara berlebihan atau terlalu lama.

3. Latihan Fokus Menggunakan Telunjuk

Memfokuskan penglihatan mata merupakan salah satu kunci dalam mengurangi bahkan menyembuhkan mata minus. Salah satu cara melatih kefokusan mata yaitu menggunakan jari telunjuk.

Caranya yaitu, cari posisi duduk yang nyaman, kemudian letakkan jari telunjuk Anda didepan hidung sekitar 10 cm dan mengarah ke mata Anda, Fokuskan kedua mata pada jari telunjuk, kemudian arahkan jari telunjuk ke bagian tengah hidung. (Ingat : kedua mata harus fokus pada jari telunjuk saat jari mulai maju ke depan hidung).

Baca Juga : Cara Jitu Memanjangkan Rambut Secara Alami, Cepat, Aman Dan Mudah

Kemudian alihkan pandangan pada objek yang jauh untuk melatih otot mata berkontraksi dengan baik. Lakukan ini rutin setiap hari.


4. Teknik Eye Palming

Teknik ini menjadi solusi bagi Anda yang merasa matanya lelah, karena dapat dilakukan setiap saat. Caranya hanya menggosok-gosok kedua mata dengan jari sampai terasa hangat (bukan mengucek mata), kemudian tutupi mata menggunakan kedua tangan. Jika diakukan rutin saat mata lelah akan bisa mambantu mengurangi mata minus.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Secara Alami Dan Cepat

5. Latihan Senam Mata

Mata minus umumnya disebabkan oleh mata yang lelah, sehingga mata akan mengalami kecatatan seperti mata minus. Untuk menguranginya salah satunya yaitu dengan melakukan senam mata. Anda dapat melakukan gerakan ringan pada mata untuk merangsang otot mata agar dapat berkontraksi dengan baik.

Misalnya Anda saat membaca, jangan terus menerus manatan tulisan saja, selingi dengan beberapa saat untuk manatap arah kejauhan. Hal ini akan membantu otot mata dalam berkontraksi dengan baik. Dan masih banyak senam mata lainnya.

6. Lepas Kacamata

Ternyata tanpa disadari saat menggunakan kacamata akan mambuat mata terbiasa terfokus pada pusat lensa. Hal ini akan membuat otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak, hanya berfokus dengan bagian tengah lensa.

Baca Juga : Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami, Cepat & Permanen

Jadi apa salahnya Anda untuk membiasakan tidak menggunakan kacamata sebagai sarana melatih otot dan bola mata sehingga tidak kaku. Sehingga akan membantu mengurangi mata minus.


7. Konsumsi Wortel

Tak diasingkan lagi bahwa wortel selain sebagai bahan sayuran kaya akan nutrisi juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata. Wortel merupakan sayuran yang kaya akan beta-karoten yang diperlukan untuk memproduksi vitamin A. Vitamin A inilah yang kemudian bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Panu Di Muka Secara Alami Dalam Waktu Singkat

Dengan mengonsumsi rutin dua gelas jus wortel setiap hari selama kurang lebih satu bulan akan membantu dalam mengurangi mata minus.

8. Konsumsi Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit maupun rambut, lidah buaya juga dapat menyembuhkan mata minus secara cepat. Kandungan nutrisi pada lidah buaya dapat membantu mengurangi mata minus. Anda cukup mengonsumsi jus lidah buaya rutin setiap hari selama kurang lebih satu minggu.

Baca Juga : Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami Agar Cepat Kering

9. Konsumsi Buah Bit

Kandungan nutrisi dalam buah bit ternyata dapat mengurangi mata minus yang sudah tinggi atau parah. Anda dapat menggunakannya sebagai jus dengan mencampurkan wortel atau belimbing untuk memperoleh manfaat yang lebih.

10. Daun Sirih

Bahan alami ini menggunakan dedaunan yang digunakan seperti mengkompres mata saat tidur. Anda hanya menyiapkan dua lembar daun sirih segar yang telah dicuci bersih. Sebelum tidur, tempelkan daun sirih pada mata kemudian lepaskan saat Anda bangun tidur di pagi harinya.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk mengurangi mata minus secara alami dan mudah serta pastinya aman dilakukan. Ingat “mencegah lebih baik dari mengobati” mari kita jaga kesehatan mata agar tidak terkena gangguan mata. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengurangi Mata Minus Secara Cepat, Alami & Aman Tanpa Operasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel