9 Tips & Cara Mudah Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

Laptop merupakan salah satu peralatan elektronik yang sering dipakai setelah smartphone. Hanya saja laptop memiliki masa hidup yang relative terbatas.

Pada umumnya laptop hanya akan bekerja secara maksimal selama beberapa tahun, setelah itu kinerjanya akan menurun dan akhirnya harus dibawa ke service center. Bahkan melakukan “lem biru” (lempar beli yang baru).

Sebenarnya laptop akan awet tergantung dari pemakaian dan perawatannya. Semakin baik perawatannya, maka laptop akan semakin awet juga. Selain itu, Anda juga harus menghindari kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan banyak orang. Nah apa saja ya? Simak ulasannya berikut ini!

9 Tips & Cara Mudah Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak

9 Cara mudah merawat laptop agar awet dan tidak cepat rusak

Seperti yang dilansir dalam jalantikus.com terdapat beberapa cara merawat laptop agar wet dan tidak cepat rusak, diantaranya menjauhi beberapa kesalahan sepele, diantaranya :

1. Jangan langsung menutup layar/LCD laptop setelah digunakan

Menutup layar sesaat sesudah mematikan laptop akan berdampak buruk bagi kinerja laptop. Kok bisa ya?

Sebenarnya boleh-boleh saja langsung menutup layar sesaat mematikan laptop, tapi dengan catatan menggunakannya di tempat ber-AC atau lingkungan dengan udara dingin.

Baca Juga : Cara Menghapus Virus Di Flashdisk Secara Ampuh Dan Tanpa Hilang Data

Untuk menjaga laptop agar awet, sangat disarankan untuk tidak menutup langsung layar. Pasalnya udara panas yang keluar dari keyboard akan mengenai LCD pada layar. Sehingga akan berdampak fatal pada LCD laptop tersebut. Jika Anda berada diruangan yang panas, sebaiknya tunggu setengah jam hingga laptop dingin.

2. Hindari kebiasaan memangku laptop di atas paha

Tahukah Anda bahwa memangku laptop akan berakibat fatal? Kira-kira kenapa ya?
Ini merupakan hal sepele, tapi jika terjadi akan menyababkan overheating karena ventilasi laptop berada pada bagian bawah. Pakaian atau kulit akan menghalangi keluar masuknya udara.
Jadi sebagai solusinya, lebih baik diletakkan pada bagian yang bertekstur keras seperti kayu sehingga tidak menyumbat ventilasi laptop.

3. Jangan menggunakan laptop terlalu lama

Laptop berbeda dengan komputer yang mampu dinyalakan selama 24 jam nonstop. Jika laptop digunakan secara berlebihan, maka akan terjadi panas yang berlebih atau overheat.

4. Matikan laptop dengan  benar

Hal ini menjadi kesalahan yang paling banyak dilakukan. Banyak orang yang hanya menutup layar laptop setelah menggunakan. Sebenarnya cara ini tidak mematikan laptop, melainkan hanya membuat laptop dalam keadaan sleep atau tidur.

Jika hal di atas terjadi, bisa berdampak pada baterai laptop menjadi boros bahkan speaker menjadi bermasalah. Jadi ingat harus mematikan laptop dengan benar setelah menggunakannya.

5. Menaruh laptop di tas yang longgar

Pernahkan Anda melihat tas yang khusus untuk laptop? Pasti ukurannya pas dengan bentuk laptopnya. Selain itu juga terdapat lapisan Velcro sebagai pelindung dari benturan. Tapi tas laptop bentuknya kurang menarik sehingga banyak orang yang menggunakan tas biasa untuk membawa laptop.

Baca Juga : Fungsi Tombol F1 Sampai F12 Pada Keyboard Yang Wajib Kamu Ketahui

Hal ini justru akan berdampak fatal karena laptop yang terbentur dengan benda sekitarnya, bahkan bisa jatuh. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan tas laptop khusus untuk membawa laptop.

6. Terlalu sering membuka banyak aplikasi sekaligus

Memang laptop merupakan alat elektronik yang multitasking, tapi tidak seperti handphone. Sebenarnya bukan berarti Anda dapat membuka berbagai software dalam satu waktu sekaligus.
Artinya jangan memaksakan laptop untuk membuka banyak sekali aplikasi sekaligus secara tidak wajar, karena akan menyebabkan laptop bekerja terlalu keras. Kemudian akan berdampak pada cepat panas dan kinerja lelet.
Jika terjadi secara berkepanjangan, laptop akan lebih cepat rusak. Jadi perhatikan juga pemakaiannya, jangan sampai terjadi hal di atas.

7. Jangan mengangkat laptop dalam keadaan menyala

Saat laptop dalam keadaan menyala, pastinya semua komponennya akan bekerja. Salah satunya yaitu hardisknya, sehingga mengapa tidak boleh mengangkat atau membawa laptop dalam kondisi menyala?

Baca Juga : Teknik Cara Mengetik 10 Jari Dengan Mudah Tanpa Melihat Keyboard

Yaitu karena ditakutkan dan bisa terjadi piringan hardisknya akan tergores, jika ini terjadi akan menyebabkan Bad Sector.


8. Jangan terlalu sering bermain laptop untuk game berat

Game berat disini yang dimaksud adalah game yang seperti Pes 2016, GTA V, Call of duty advanced warfare, dan lainnya. Jika terlalu lama dan terjadi berkepanjangan bermain game ini akan menyebabkan salah satunya yaitu baterai bisa bocor dan overheat.

Jadi untuk game di atas disarankan bermainnya di laptop khusus yang mempunyai spek khusus untuk bermain game. Kalau game Zuma atau Angry Birds di laptop kentangan ya ngga papa.

9. Sering menjaga dan membersihkan laptop

Nah, inilah yang menjadi intinya, kalau ingin laptopnya awet dan tidak cepat rusak ya harus rajin menjaga dan membersihkannya secara rutin.

Lakukan hal ini, minimal ya seminggu sekali lah, contohnya seperti membersihkan debu-debu di bagian layar dan sela-sela tombol keyboard. Tidak ketinggalan di bagian baterai dan sirkulasi udara. Karena debu-debu dapat menyebabkan laptop lelet dan mudah panas.

Jika kamu sudah mahir bongkar pasang laptop, disarankan juga untuk membersihkan bagian dalam laptop.

Penutup

Itulah ulasan mengenai beberapa hal sepele yang dapat merusak laptop. Jika Anda masih sering melakukan hal di atas, harus secepatnya dihentikan agar laptop menjadi lebih awet. Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "9 Tips & Cara Mudah Merawat Laptop Agar Awet Dan Tidak Cepat Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel