14 Cara Alami Memperbanyak Dan Melancarkan ASI Dengan Cepat

Bagaimana sih cara memperbanyak dan melancarkan ASI (Air Susu Ibu) pasca melahirkan?
ASI memang salah satu nutrisi penting yang diberikan oleh seorang ibu kepada anaknya, namun masalahnya tidak semua ibu memproduksi ASI yang cukup untuk bayinya.

Nah, dari situ ketika sang ibu tidak menghasilkan ASI yang cukup maka akan beralih ke susu formula. Padahal makanan utama bayi yaitu ASI, salah satu manfaat ASI yang sangat penting yaitu meningkatkan daya tahan tubuh dengan kandungan zat antibodinya.

Apakah Anda termasuk salah satu ibu yang tidak memproduksi ASI dengan jumlah cukup? Jangan bersedih dan jangan terburu-buru beralih ke susu formula. Di bawah ini akan dipaparkan cara alami untuk memperbanyak dan melancarkan ASI. Simak dengan seksama,

14 Cara Alami Memperbanyak Dan Melancarkan ASI Dengan Cepat

Cara alami untuk memperbanyak dan melancarkan ASI

Seperti yang terlansir dari merdeka.com, terdapat beberapa cara alami yang ampuh untuk menambah dan melancarkan produksi ASI para ibu. Bagaimana caranya? Cermati ulasan di bawah ini.

1. Makan makanan sehat dan bergizi

Syarat pertama menambah dan melancarkan ASI yaitu tercukupinya semua lebutuhan nutrisi sang ibu. Selama masa menyusui, ibu memerlukan asupan kalori kurang lebih sebesar 300-500 kalori setiap harinya.

Baca Juga : Cara Mengurangi Mata Minus Secara Cepat, Alami & Aman Tanpa Operasi

Dengan begitu sang ibu harus banyak mengonsumsi makanan bergizi dan sehat untuk meningkatkan prosukti dan kualitas ASI yang dihasilkan. Tidak ada keterangan makanan khusus apapun untuk dikonsumsi, yang terpenting sehat dan bergizi.

2. Memperbanyak konsumsi air mineral

Sama halnya makanan, bahwa ASI akan lancar dan bertambah jika kebutuhan nutrisi sang ibu juga baik, contohnya selalu menjaga ketersediaan air mineral dalam tubuh ibu. Hindari minuman yang mengandung bahan kimia seperti kopi yang mengandung kafein karena akan berdampak buruk pada bayi.

Baca Juga : Cara Jitu Memanjangkan Rambut Secara Alami, Cepat, Aman Dan Mudah

Selain itu, sang ibu juga dianjurkan untuk mengonsumsi berbagai macam jus baik sayur maupun buah dan tanpa menggunakan gula.

3. Menjaga kualitas dan waktu tidur

Bayi biasanya sering bangun tiba-tiba di malam hari, sehingga sangat mengagetkan bagi sang ibu. Jelas ini akan mengurangi waktu tidur sang ibu.

Jadi solusinya sang ibu harus cerdas dalam mengatur jadwal tidurnya, misalnya saat bayi tidur ibunya juga ikut tidur. Dengan kuantitas dan kualitas tidur yang baik akan menambah dan melancarkan produksi ASI.

4. Mengendalikan emosi dan menghindari stres

Tugas ibu memang tidak hanya mengurus rumah tangga, jadi banyak sekali urusan yang membuat stres. Ketika sang ibu tidak bisa mengendalikan emosinya hal ini akan membuat produksi ASI terganggu, karena hormon dalam tubuh akan terguncang.

Baca Juga : Cara Meluruskan Rambut Keriting Secara Alami, Cepat & Permanen

Jadi jangan sampai sang ibu stres saat masa menyusui, untuk urusan rumah bisa meminta tolong kepada keluarga dan teman kerja untuk mengurus kariernya.

5. Menciptakan suasana yang tenang dan nyaman saat menyusui

Bayi mempunyai sifat yang sensitif, apalagi dengan adanya kebisingan. Untuk itu, ciptakan suasana yang tenang sehingga bayi akan merasa rileks dalam menyusu sampai kenyang bahkan bisa tertidur. Selain itu, menciptakan suasana yang tenang, bisa membuat hubungan bayi merasa nyaman dengan ibunya.

6. Menyusui rutin setiap 2-3 jam

Pemberian ASI yang teratur dan terjadwal akan semakin merangsang payudara untuk memproduksi ASI. Karena bayi yang baru lahir membutuhkan asupan ASI sekitar 12 kali, maka disarankan untuk memberi ASI selama 2-3 jam.

7. Jangan menggunakan dot atau botol

Saat bayi menyusu menggunakan dot, dampaknya bayi akan kebingungan membedakan antara puting ibu ataukah dot. Selain itu aliran dot yang lancar dikhawatirkan akan bisa membuat sang bayi tidak mau disusui dengan puting susu ibu lagi bahkan menolaknya.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Panu Di Muka Secara Alami Dalam Waktu Singkat

Jadi menyusui harus menjadi satu-satunya cara yang digunakan untuk asupan nutrisi pada bayi. Saat menyusui menggunakan dot, bisa-bisa produksi ASI berkurang bahkan sampai berhenti memproduksi.

8. Jangan berhenti menyusui

Jumlah produksi ASI sedikit kok malah terus menyusui, nanti bisa habis dong?

Pertanyaan itu pasti muncul dipikiran Anda. Nah jadi begini, saat Anda merasa produksi ASI sedikit teruslah menyususi bayi Anda. Dengan rajin dan konsisten Anda dalam menyusui, nantinya payudara akan terangsang untuk selalu menghasilkan ASI yang lebih banyak lagi. Dan jangan lupa menyusui dengan kedua payudara secara bergantian.

9. Menempelkan kulit ibu dengan bayi

Ini merupakan hal yang sepele, namun dampaknya akan bisa meningkatkan ikatan emosional sang bayi dengan ibunya. Dengan saling bersentuhannya kulit bayi dan ibunya akan bisa merangsang produktivitas ASI. Jadi diusahakan jangan menutupi kulit dengan kain ataupun media lainnya.

10. Jangan menghentikan saat bayi menyusu

Saat bayi sedang menyusu dan dengan seketika sang ibu menghentikannya maka bayi biasanya akan terbiasa menyusu dalam jangka waktu pendek. Bayi pun akan merasa terganggu seperti hilangnya selera makan. Sehingga bayi belum merasakan kenyang dengan sempurna.

Baca Juga : Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami Agar Cepat Kering

Jika memang tidak ada kepentingan yang mendesak usahakan sang ibu terus menyusui sampai bayinya merasa kenyang, jika sudah kenyang ia akan berhenti menyusu dengan sendirinya.

11. Teknik memijat payudara

Pemijatanbertujuan untuk merangsang produksi dan melancarkan jumlah ASI. Pemijatan menggunakan dua jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah, lakukan dengan menekan payudara dan membentuk pola melingkar seperti  obat nyamuk. Arahnya dari pangkal payudara menuju puting.

Lakukan kegiatan ini rutin setiap hari kurang lebih selama 1 menit. Dan ingat pemijatan ini bertujuan untuk menambah dan melancarkan produksi ASI pada ibu.

12. Teknik memompa ASI

Cara ini bertujuan untuk merangsang payudara sehingga akan memproduksi ASI. Lakukan cara ini secara konsisten dan teratur. Pompa masing-masing payudara, sekitar 10 menit. Dianjurkan juga untuk memompa ASI saat 2-5 pagi, karena jam itulah jumlah ASI meningkat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Secara Alami Dan Cepat

13. Meminum suplemen penambah ASI

Solusi terakhir untuk menambah dan melancarkan ASI yaitu dengan meminum suplemen penambah ASI. Dengan catatan harus berkonsultasi dulu dengan ahlinya seperti dokter kandungan ataupun bidan, suplemen mana yang cocok untuk dikonsumsi.

14. Tidak mengonsumsi obat-obatan selain suplemen penambah ASI

Obat-obatan selain suplemen ASI biasanya akan memberi dampak bagi bayi akibat kandungan bahan kimia dalam obat. Terkecuali jika dalam keadaan darurat dan sesuai dengan petunjuk dari dokter kandungan ataupun bidan.

Penutup

Itulah beberapa cara ampuh dan alami dalam menambah dan melancarkan produktivitas ASI. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.


Belum ada Komentar untuk "14 Cara Alami Memperbanyak Dan Melancarkan ASI Dengan Cepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel