7 Gejala Cacingan Pada Anak dan Dewasa yang Perlu Diwaspadai

Cacingan merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing yang tinggal atau berada di usus manusia. Di dalam usus, cacing akan mengambil alih sari-sari makanan yang masuk. Sehingga tubuh akan mengalami masalah penyerapan sari-sari makanan.

cacingan

Anak-anak hingga dewasa lah yang menjadi korban dari parasit yang satu ini. Tapi, dari sekian banyaknya, anak-anak lah yang paling rentan terkena masalah cacingan. Pasalnya mereka pastinya senang jika bermain di luar yang telah terkontaminasi telur cacing.
Baca Juga : 
Anda Sering Lupa ? Inilah Penyebabnya

Namun cara yang paling efektif untuk mencegah cacingan yaitu dengan menjaga kebersihan, baik lingkungan maupun makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Gejala dan ciri-ciri umum dari seseorang yang cacingan

Cacing akan menyerang organ bagian dalam, bagaimana kita bisa mengetahui bahwa orang tersebut mengalami cacingan atau tidak? Jika dilihat dari penampilan fisik luarnya?  Yuk kita ikuti ulasan di bawah ini untuk memperjelasnya.

1. Badan Kurus 

Badan yang kurus bisa dikatakan sebagai salah satu indikator yang paling umum untuk mendeteksi apakah terkena cacingan atau tidak. Badan menjadi kurus ini disebabkan oleh penyerapan sari-sari makanan oleh cacing, padahal sari makanan tersebut akan digunakan sebagai zat yang dibutuhkan tubuh untuk tumbuh dan berkembang.

Baca Juga : Penyebab Jerawat Akibat Kebiasaan Yang sepele dan tidak disadari

2. Sering Meludah dan Nafsu Makan Berkurang

Meludah menjadi salah satu indikator Anda terkena cacingan. Peningkatan produksi air ludah akan meningkat karena infeksi dari cacing. Selain cacingan juga ditandai dengan gejala penurunan nafsu makan, sehingga berat badan anak akan menurun .

3. Tubuh tampak lemas, lesu, dan lemas

Keadaan tubuh yang lemas dan lesu merupakan dampak dari tubuh yang mengalami anemia. Anemia ini disebabkan karena cacing dalam tubuh memerlukan nutrisi untuk hidup, kemudian mereka akan mengambil nutrisi dengan menghisap darah. Sehingga jumlah darah dalam tubuh pun akan berkurang dan mengakibatkan penyakit anemia.

4. Permasalahan pada pencernaan

Cacing jahat biasanya berada pada area usus, bukan tidak mungkin lagi bahwa mereka akan menyerap segala sari-sari makanan untuk bertahan hidup. Bahkan mereka juga bisa merusak lapisan usus yang akan mengganggu proses pencernaan. Keluhan yang sering dialami yaitu :
  • Mual atau muntah
  • Diare
  • Sering mules/ sering BAB

5. Sakit Perut

Sakit perut di sini terjadi dalam kurun waktu tertentu atau bisa dikatakan muncul secara kambuh-kambuhan. Sakit perut ini disebabkan oleh infeksi cacing yang ada di dalam usus manusia. Penting untuk mencari tahu sebab sakit perut dan menanganinya dengan segera, dengan tujuan mencegah infeksi cacing yang semakin parah.

6. Gatal yang Terus Menerus di Area Anus


Gatal pada area sekitar anus merupakan salah satu ciri-ciri cacingan, hal ini disebabkan karena adanya cacing kremi. Cacing ini memang kebanyakan menyerang anak-anak, penyebabnya pun hanya perilaku yang kotor dan tidak menjaga kebersihan.

Baca Juga : Ternyata ini ! Cara penularan penyakit

Misalnya seorang anak yang bermain tanah, kemudian tidak mencuci tangan dan tubuhnya sebelum melakukan aktivitas lainnya. Peningkatan intensitas gatal terjadi di malam hari atau pagi hari, saat itu cacing akan mencapai anus untuk bertelur. Jika tidak segera diatasi, maka anus akan merasa nyeri dan bisa juga menyebabkan iritasi anus.

7. Mengalami Gangguan Tidur

Sebenarnya gejala ini adalah akibat dari sakit perut dan rasa gatal pada anus yang disebabkan cacing. Dengan gangguan tersebut membuat tidur anak-anak tidak nyenyak dan gelisah.

Penutup

Itulah ulasan mengenai ciri-ciri orang yang terkena cacing, mari kita jaga salalu kebersihan baik lingkungan maupun makanan dan minuman yang selalu kita konsumsi. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah yang efektif dalam mencegah datangnya penyakit cacing. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "7 Gejala Cacingan Pada Anak dan Dewasa yang Perlu Diwaspadai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel