Pengertian Demokrasi Pancasila (Ciri, Asas, Prinsip, dan Fungsi)

Apa yang dimaksud dengan demokrasi Pancasila? Apa ciri ciri demokrasi pancasila? Apa asas asas demokrasi pancasila? Apa prinsip demokrasi pancasila? Apa kelebihan demokrasi pancasila? Dan apa tujuan demokrasi pancasila? 

Pengertian Demokrasi Pancasila (Ciri, Asas, Prinsip, dan Fungsi)
 

Pengertian Demokrasi Pancasila (Ciri, Asas, Prinsip, dan Fungsi)


Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia menjadi negara yang menerapkan sistem demokrasi pancasila yang menjunjung tinggi keadilan rakyat dan HAM (hak asasi manusia). Dimana adanya penggabungan antara sistem demokrasi dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Dalam sistem demokrasi pancasila ini bersumber dan berasal dari kepribadian rakyat Indonesia sejak dahulu hingga sekarang.

Falsafah hidup bangsa Indonesia inilah yang kemudian melahirkan dasar falsafah Indonesia, yaitu Pancasila yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

A. Pengertian Demokrasi Pancasila

Definisi dari demokrasi pancasila yaitu sebuah paham demokrasi yang memiliki landasan pada nilai-nilai yang terkandung di dalam ideologi bangsa Indonesia yakni pancasila. Konsep dari demokrasi pancasila yaitu bersumber dan berasal dari falsafah hidup bangsa Indonesia berdasarkan pada kepribadian rakyat Indonesia secara umum.


Demokrasi pancasila ialah paham demokrasi yang konstitusional yang berdasarkan mekanisme kedaulatan rakyat pada setiap penyelenggaraan pemerintahan dan penyelenggaraan negara menurut landasan konstitusi yaitu UUD NRI Tahun 1945. Sehingga, demokrasi Pancasila ini memiliki keterikatan yang erta dengan UUD 1945 dan implementasinya atau penerapannya harus sesuai dengan apa yang terdapat dalam UUD 1945 pula.

B. Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Ahli

Di bawah ini merupakan beberapa definisi atau pengertian demokrasi pancasila dari para ahli. Diantaranya yaitu :


1. Prof. Dardji Darmo Diharjo

Berdasarkan pendaat beliau pengertian dari demokrasi pancasila ialah paham demokrasi yang berasal dan bersumber dari kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia sendiri, yang pengimplementasiannya harus seperti ketentuan yang tertuang dalam Pembukaan UUD NRI 1945.

2. Prof. R.M. Sukamto Notonagoro

Berdasarkan pendapat beliau, pengertian dari demokrasi pancasila ialah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan yang ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, yang berkemanusiaan yang adil dan beradab, yang mempersatukan Indonesia, dan yang mempunyai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

3. Drs. C.S.T. Kansil, SH.

Demokrasi Pancasila ialah sila keempat dari pancasila yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan. Sila ini juga tercantum dalam alinea ke 4 pembukaan UUD NRI 1945.

4. Garis Besar Haluan Negara (GBHN)

Pengertian mengenai demokrasi pancasila sendiri terdapat pada GBHN tahun 1978 dan 1983. Dimana pengertian dari demokrasi pancasila adalah sebuah tujuan dari adanya pembangunan politik di Indonesia, yang pelaksanaannya memerlukan pemantapan kehidupan konstitusional, kehidupan demokrasi, dan tegaknya hukum.

5. Ensiklopedia Indonesia

Demokrasi pancasila ini meliputi bidang ekonomi, politik, dan sosial serta untuk menyelesaikan masalah nasional selalu berusaha menempuh jalan musyawarah guna mencapai mufakat atau sepakat.


Jadi, poin penting mengenai demokrasi pancasila yaitu :
  • Demokrasi pancasila dilaksanakan berdasarkan kekeluargaan dan musyawarah mufakat untuk kesejahteraan rakyat.
  • Pelaksanaan sistem organisasi negara sesuai dengan persetujuan rakyat.
  • Terjaminnya kebebasan individu, namun tidak bersifat mutlak dan harus disesuaikan dengan tanggung jawab sosial.
  • Tidak ada dominasi antara mayoritas atau minoritas dalam pelaksanaan demokrasi ini, namun dijiwai semangat kekeluargaan guna mewujudkan cita-cita hidup bangsa ini.

C. Ciri-Ciri Demokrasi Pancasila

Ciri-ciri atau karakteristik pada sistem demokrasi pancasila hampir memiliki kesamaan dengan sistem demokrasi secara umum di negara lain. Namun, dalam demokrasi pancasila juga terdapat beberapa nilai kearifan lokal yang tetap dilaksanakan sehingga membuat demokrasi pancasila memiliki ciri khasnya sendiri.

Di bawah ini merupakan ciri-ciri demokrasi pancasila yang khas dan secara umum. Diantaranya yaitu :
  • Pemerintahan diselenggarakan sesuai dengan ketentuan dalam konstitusi negara yaitu UUD NRI 1945. 
  • Pemilu (pemilihan umum) dilaksanakan secara berkesinambungan dari tingkat pusat sampai tingkat daerah.
  • Perlindungan dan penegakan terhadap HAM (hak asasi manusia ) berlaku untuk semua warga negara.
  • Perlindungan terhadap hak-hak kaum minoritas.
  • Proses demokrasi bisa dijadikan sebagai ajang kompetisi untuk menuangkan berbagai ide dan cara dalam menyelesaikan masalah.
  • Segala permasalahan harus diselesaikan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat.
  • Kekuasaan tertinggi ialah berada di tangan kedaulatan rakyat.

D. Asas Demokrasi Pancasila

Terdapat dua asas utama dalam pelaksanaan asas demokrasi pancasila di Indonesia. Asas utama ini harus dianut dan dijalankan, kedua asas ini yaitu asas kerakyatan dan asas musyawarah. Berikut penjelasannya :


1. Asas Kerakyatan

Asas pertama dari demokrasi pancasila yaitu asas kerakyatan. Asas ini bertujuan agar bangsa Indonesia ini mempunyai kesadaran bersama atas dasar rasa padu dan cinta dengan rakyat, sehingga mampu untuk mewujudkan cita-citanya secara nasional.


2. Asas Musyawarah

Asas musyawarah bertujuan agar bangsa Indonesia dapat memperhatikan kehendak dan aspirasi dari seluruh rakyat melalui musyawarah guna mencapai mufakat atau kesepakatan bersama. Sehingga mampu mempersatukan pendapat dari semua golongan di Indonesia.

E. Prinsip Demokrasi Pancasila

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya bahwa sistem demokrasi pancasila ini sesuai dengan karakter dan budaya bangsa Indoensia. Adapun beberapa prinsip sistem demokrasi pancasila yaitu sebagai berikut :
  • Memastikan adanya perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM).
  • Keputusan untuk menyelesaikan masalah diambil berdasarkan musyawarah mufakat.
  • Adanya suatu badan peradilan independen yang terbebas dari intervensi pemerintah ataupun kekuasaan lainnya.
  • Adanya parpol dan organisasi sosial politik lainnya sebagai media untuk menyalurkan aspirasi dan kehendak rakyat.
  • Rakyat adalah pemegang kedaulatan dan dilaksanakan menurut UUD NRI 1945.
  • Rakyat berperan sebagai pelaksana dalam Pemilihan umum (Pemilu).
  • Terdapat keseimbangan antara hak dan kewajiban.
  • Kebebasan setiap individu harus bertanggungjawab secara moral kepada Tuhan YME, diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.
  • Selalu menjunjung tinggi cita-cita dan tujuan nasional.
  • Pemerintah diselenggarakan berdasarkan hukum, sistem konstitusi, dimana pemegang kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat.

F. Keunggulan Demokrasi Pancasila 

Di bawah ini merupakan beberapa keunggulan dari Demokrasi Pancasila. Diantaranya yaitu :

  • Lebih mengutamakan pengambilan keputusan melalui musyawarah mufakat dalam semangat kekeluargaan.
  • Lebih mengutamakan keseimbangan dan keselarasan antara hak dan kewajiban, antara kepentingan pribadi dan sosial atau umum. 
  • Mengutamakan kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan yang bersifat pribadi dan golongan tertentu. 

G. Fungsi dan Tujuan Demokrasi Pancasila

Di bawah merupakan beberapa fungsi dan tujuan dari pelaksanaan demokrasi Pancasila di Indonesia. Diantaranya yaitu :
  • Guna memastikan rakyat untuk terlibat dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Untuk memastikan berdirinya dan berjalannya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
  • Untuk memastikan tegaknya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam sistem konstitusional.
  • Untuk memastikan tegaknya proses hukum dengan berlandaskan pada Pancasila dan UUD NRI 1945.
  • Untuk memastikan adanya relasi atau hubungan yang seimbang dan serasi antar lembaga atau pihak negara yang berkesinambungan.
  • Untuk memastikan terselenggaranya pemerintahan yang jujur, adil, dan bertanggungjawab.

Itulah pengertian demokrasi pancasila beserta ciri-ciri, asas, fungsi dan tujuan

Semoga ulasan di atas mengenai pengertian demokrasi pancasila, ciri-ciri demokrasi pancasila, asas demokrasi pancasila, serta fungsi dan tujuan dari demokrasi pancasila ini menjadi referensi bagi sonat yang sedang mempelajari materi ini. Sekian dan terima kasih atas kunjunganya.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Demokrasi Pancasila (Ciri, Asas, Prinsip, dan Fungsi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel