Cara Dan Tips Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama Saat Mati Lampu

Cara menghemat baterai menjadi sebuah trobosan baru, khususnya bagi orang yang setiap waktu menggeluti  HP. Pasalnya baterai  menjadi sumber pengoperasian HP, jika baterai HP habis maka seluruh sistem kerja HP akan tidak berjalan, termasuk internet. Oleh karena itu banyak orang yang mencari bagaimana sih cara menghemat baterai HP? apalagi kalau keadaan mati lampu, pasti sangat dibutuhkan. Pada prinsipnya cara menghemat baterai menjadikan jangka waktu pemakaian HP menjadi tahan lama karena pemakaian baterai HP lebih awet.

Cara Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama

Cara Dan Tips Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama Saat Mati Lampu

Sebenarnya untuk melakukan hal di atas, Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada HP Anda. Ada beberapa trik menghemat baterai dan cukup untuk menghemat baterai sampai sekiranya di charger kembali. Ada beberapa trik menghemat baterai yang sederhana dan mudah dilakukan. Apa saja cara dan trik untuk menghemat baterai, yuk ikuti ulasan di bawah ini :

Cara menghemat baterai HP saat mati lampu agar tahan lama

1. Aktifkan Mode Pesawat

Tak hanya berguna bagi keselamatan penerbangan. Mode pesawat menjadi salah satu cara menghemat baterai, pasalnya mode pesawat akan memutuskan seluruh sambungan jaringan, termasuk menonaktifkan data seluler, wifi, dansinyal kartu sim, dan jaringan lainnya. Sehingga penggunaan baterai akan lebih hemat dan tahan lama. Untuk lebih lengkapnya baca juga : Inilah Fungsi Tersembunyi Dari Mode Pesawat Yang Jarang Diketahui

2. Menggunakan tema atau wallpaper gelap

HP yang menggunakan layar amoled bisa Anda manfaatkan untuk mengaktifkan wallpaper gelap atau hitam. Hal tersebut dapat menjadi cara menghemat baterai, pasalnya layar amoled membutuhkan daya atau tenaga yang sangat kecil untuk pengoperasiannya.

Selain itu pada Anda juga bisa mengaktifkan night mode sebagai trik menghemat baterai, fitur ini akan membuat seluruh tampilan sistem di HP menjadi berwarna hitam.

3. Mengatur mode sleep agar layar mati lebih cepat 

Layar merupakan salah satu faktor yang paling banyak menggunakan daya. Semakin lama layar menyala maka daya yang digunakan semakin besar, dan sebaliknya. Untuk itu kita harus mengoptimalkan layar untuk menghemat baterai. Anda perlu mengatur kunci layar HP supaya mati secepat mungkin. Misalnya pada jangka waktu 15 detik, layar akan mati.

4. Mengatur tingkat kontras atau kecerahan layar

Memang jika tingkat kecerahannya rendah akan menggangu kenyamanan Anda dalam mengoperasikan ponsel. Namun dibalik layar yang tingkat kecerahannya rendah ternyata dapat membantu untuk menghemat penggunaan baterai. Jika semakin cerah atau terang layarnya, maka daya yang terpakai pun akan semakin besar pula. Ada baiknya Anda menggunakan kecerahan yang rendah untuk memperpanjang jangka baterai sampai cukup lama.

5. Gunakan fitur penghemat baterai atau power saving

Fitur yang sangat berguna bagi Anda sebagai salah satu cara menghemat baterai. Biasanya fitur ini sudah tersedian pada beberapa merk HP. Dengan fungsinya yang bisa mengatur aplikasi latar belakang dan membatasi kemampuan HP seperti hanya mengaktifkn fitur-fitur penting saja. Walaupun mengurangi kemampuan HP, ternyata sangan berpengaruh secara signifikan dalam menghemat baterai.

Baca Juga : 9 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Baterai HP

6. Mencopot widget yang tidak penting 

Widget adalah fitur yang dibuat dengan tujuan memudahkan pengguna menerima berbagai informasi dalam HP. Memang widget sangat bermanfaat bagi penggunanya sebagai suatu fitur yang akan menyajikan perkembangan informasi ter-updet. Contohnya widget cuaca, bookmark, gmail, manager tugas, dan lainnnya. Tapi dibalik kenyamanan itu, terdapat kekuranyan yaitu dapat menguras daya baterai. Bagaimana caranya untuk menghemat baterai?

Ya mudah saja, Anda cukup mencopot widget yang ada pada tampilan HP Anda, dengan begitu widget tidak melakukan sinkronisasi atau peng-update an setiap waktu. Semakin banyak widget maka daya yang terpakai semakin banyak pula. Jadi disarankan untuk mencopot widget yang tidak penting, sehingga dapat menghemat penggunaan baterai.

7. Menonaktifkan mode getar

Mode getar rupanya menjadi salah satu faktor penggunaan daya baterai yang banyak. Pasalnya getaran yang menandakan ada notifikasi yang masuk ternyata membutuhkan daya yang tidak sedikit. Hal ini dikarenakan perangkat HP akan mengaktifkan mesin atau motor yang membuat HP Anda bergetar. Sehingga sangat disarankan untuk menonaktifkan mode getar untuk menghemat baterai.

8. Membatasi aplikasi di background

Ternyata aplikasi yang telah Anda keluarkan masih saja aktif di background.Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk membatasi aplikasi agar tidak berjalan di background, sehingga dapat menghemat baterai. Gimana caranya?
  • Masuk ke pengaturan
  • Pilih menu aplikasi atau apps dan klik mana aplikasi yang ingin diatur
  • Kemudian pilih baterai atau konsumsi daya
  • Pilih opsi larang berjalan di latar belakang atau redireck in the background
Selain itu untuk lebih mudah dan praktis Anda juga bisa mengggunakan aplikasi khusus yang bisa menidurkan aplikasi secara otomatis. Sehingga dapat menghemat baterai. Anda dapat mengunduh aplikasi Greenify di playstore. Baca Juga : Cara Memperbaiki Baterai HP Ngedrop Dengan Kalibrasi

9. Menonaktifkan fitur pintar

Fitur pntar ternyata dapat menguras daya baterai yang lumayan banyak, contohnya saja fitur rotasi otomatis. Fitur ini akan selalu memperbarui atau membuat layar menyesuaikan dengan posisi penggunanya. Selain itu pada beberapa merk HP, ada juga fitur air gesture yang bisa juga mengonsumsi daya baterai cukup banyak. Jadi ada baiknya Anda mematikan fitur tersebut untuk menghemat baterai.

Penutup


Itulah ulasan mengenai cara menghemat baterai HP, supaya tahan lama. Cara di atas bisa digunakan di berbagai merk HP. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.








Belum ada Komentar untuk "Cara Dan Tips Menghemat Baterai HP Agar Tahan Lama Saat Mati Lampu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel