Macam-Macam Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan

Investasi jangka panjang memang sangat menguntungkan bagi para investor di masa depan. Dengan berinvestasi jangka panjang, para investor akan merasakan bahwa uangnya terus mengalami kenaikan dan keuntungan di masa depan. 

Selain itu, dengan melakukan investasi jangka panjang ini, kamu tidak hanya mengamankan uangmu, tetapi bisa menambah nilai mata uang di masa depan. Hasil dari investasi jangka panjang ini sangat memuaskan karena bisa menjamin kondisi finansial yang sehat. Finansial yang sehat pasti diinginkan oleh semua orang, terutama ketika usia sudah produktif lagi. Oleh karena itu, kamu dapat memulai berinvestasi jangka panjang dengan jumlah yang terjangkau agar tidak membaratkan pengeluaran.

Macam-Macam Investasi Jangka Panjang dan Contohnya 


Macam-Macam Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan



Seiring berjalannya waktu, dana tersebut akan terus bertambah tanpa disadari. Dengan demikian saat menginjak masa-masa senja dan produktifitas menurun, kondisi keuangan kamu sudah terjamin dengan adanya investasi di masa mudamu.  Apa saja macam-macam investasi jangka panjang? Cermati ulasan di bawah ini !

Jenis Investasi Jangka Panjang yang Menjanjikan & auto Kaya di Hari Tua


Jika dilihat dari waktunya, investasi jangka panjang berjalan selama lebih dari 5 tahun. Oleh karena itu, semakin awal atau muda kamu melakukan investasi, akan semakin banyak juga keuntungan yang kamu dapat di masa depan.

Namun, seorang investor pun harus berhati-hati. Mengingat bahwa setiap investasi pasti memiliki risiko di dalamnya. Nah, di bawah ini ada beberapa jenis investasi jangka panjang yang dapat kamu pilih, diantaranya yiatu :

1. Emas

Memang sudah tak diragukan lagi bahwa emas adalah salah satu instrumen investasi yang menguntungkan. Sudah banyak yang mengklaim jika investasi emang akan lebih stabil dari nilai mata uang. Oleh karena itu, instrumen investasi ini menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Berinvestasi emas juga dapat dikatakan cukup mudah. Kamu hanya perlu membeli emas di toko pilihan, kemudian menyimpan baik-baik di rumah. Jangan lupa juga, kamu harus berhati-hati saat ingin membeli sebuah emas. Karena sekarang banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menawarkan emas palsu. Maka dari situlah, kamu harus tahu cara membedakan emas asli dan emas palsu.

2. Properti

Tak kalah berinvestasi dengan emas, para investor pun mulai melirik investasi properti. Baik tanah maupun bangunannya dijadikan sebagai instrumen investasi yang menguntungkan di masa depan. Hal ini sudah terbukti karena harga tanah akan naik setiap tahunnya.

Sebagai sampel, coba perhatikan harga rumah di sekitar kamu tinggal, pasti harganya sudah tinggi dibandingkan saat dibeli. Jika dicermati lebih detail lagi, nilai investasi properti mengalami peningkatan hingga 20% setiap tahunnya. 

Menguntungkan bukan?
Namun sayangnya, sekarang ini banyak anak muda yang enggan melakukan investasi dengan instrument ini. Mereka memilai bahwa investasi ini membutuhkan modal yang besar. Harga dari sebuah properti dapat mencapai ratusan bahkan miliaran rupiah per unitnya, apalagi jika terletak di kawasan perkotaan.

Namun, walaupun properti memiliki harga yang mahal, tentu saja return yang nantinya diberikan di masa depan pun akan sangat besar.


3. Saham Bluechip

Saham menjadi salah satu jenis investasi jangka panjang. Investor yang memiliki investasi berupa saham, dapat dikatakan telah memiliki sebuah perusahaan meskipun hanya 0,00000001%. Saham merupakan sebuah bukti kepemilikan atau penyertaan seseorang dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Dengan kepemilikan saham tersebut, kamu berhak menerima dividen atau pembagian laba dari perusahaan setiap tahunnya. Salah satu saham papan atas dengan angka kapitalis di atas Rp 40 triliun adalah saham bluechip. Biasanya saham ini berasal dari perusahaan yang mempunyai reputasi tinggi di industrinya serta pendapatan yang stabil dalam memberi dividen.

Namun, perlu diperhatikan bahwa saham termsuk instrumen dengan tingkat fluktuatif yang agresif, maka dari itu risikonya pun tinggi. Namun, jangan terlalu khawatir dengan risikonya, return yang diberikan dengan berinvestasi saham di masa depan pasti akan besar juga. 

Untuk menghindari beberapa risiko tersebut, seorang investor sebelum terjun ke investasi saham haru smengetahui analisis fundamental dan analisis teknikal.

4. Reksa Dana Saham

Di era sekarang ini, reksa dana menjadi salah satu instrument investasi yang populer di kalangan milenial. Pasalnya kamu dapat memilihnya sesuai dengan tujuan keuangannya masing-masing. Terdapat 4 jenis reksa dana yang bisa dipilih, yaitu reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham.

Reksa dana saham menjadi  salah satu jenis investasi jangka panjang yang patut untuk dipertimbangkan. Memang sama dengan melakukan investasi saham biasa, namun yang membuat reksa dana ini berbeda berbeda yaitu ketika berinvestasi nanti, kamu akan dibantu oleh MI (Manajer Investasi) dalam memilih produk saham terbaik dan yang pasti menguntungkan.
Tentu saja hal ini lebih mudah dilakukan dan sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin berinvestasi saham. Apalagi bagi seorang pemula yang belum begitu paham seluk-beluk investasi saham, tetapi mereka ingin merasakan bermain dalam instrumen investasi ini.

Bukan tidak mungkin, nantinya kamu akan bisa menjalankan investasi ini sendiri saat sudah terjun di dalamnya dan lebih paham dan mengerti cara bermainnya. Perlu digaris bawahi juga bahwa investasi ini sama dengan investasi saham biasa, yaitu jenis investasi jangka panjang yang memiliki sifat high risk-high return.

So, kamu harus bijak sebelum memulai jangan sampai memaksakan diri untuk berinvestasi, tetapi dengan mengambil uang dari pos-pos kebutuhan lain.

5. Tabungan Berjangka

Memang tak sepopuler tabungan biasa, namun tabungan berjangka ini menawarka keuntungan masa depan yang menggoda. Sama seperti namanya, nantinya tabungan ini akan memaksa kamu untuk menabung secara rutin dalam waktu yang sudah disetujui di awal. 

Tabungan berjangka ini memiliki bunga yang cukup tinggi dibanding tabungan biasa. Tetapi, kekurangan tabungan berjangka ini yaitu tidak bisa sembarangan dalam mencairkan uangmu, melainkan akan cair sesuai dengan tempo yang telah disepakati di awal.

Itulah macam-macam investasi jangka panjang yang menguntungkan

Dari ke-5 jenis investasi di atas, apakah kamu sudah menetukan akan mengambil instrument investasi mana? Ingat kebahagiaan masa tuamu tergantung masa mudamu. 

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Investasi Jangka Panjang yang Menguntungkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel