Jenis-Jenis Penginapan di Indonesia dan Penjelasannya [Terbaru]

Jenis-jenis penginapan memang menjadi hal yang wajib bagi para traveler yang sedang berlibur. Dengan mengetahui jenis penginapan, maka para traveler akan mendapatkan penginapan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. Sehingga pengalaman saat bermalam di penginapan menjadi hal yang terkesan.

Memilih penginapan saat liburan memang menjadi sebuah hal yang gampang-gampang susah untuk sobat lakukan, apalagi jika sobat sedang berlibur di kawasan wisata yang baru.

Jenis-Jenis Penginapan di Indonesia dan Penjelasannya [Terbaru]



Jenis-Jenis Penginapan di Indonesia dan Penjelasannya [Terbaru]


Dari banyaknya jenis penginapan, terkadang menimbulkan sejumlah pertanyaan mengenai hal apa saja yang membedakannya. Masih bingung dalam memahami perbedaan dari masing-masing jenis penginapan? Yuk cermati ulasan singkat di bawah ini !

Inilah Jenis Penginapan dan Penjelasannya yang ada di Indonesia 

1. Hotel

Sobat pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis penginapan yang satu ini. Hotel merupakan jenis penginapan yang paling banyak kita jumpai. Tidak hanya di kawasan sekitar wisata saja, tetapi sudah mulai kita temui di sudut-sudut kota. Hotel biasanya berbentuk bangunan bertingkat yang terdiri dari banyak kamar di dalamnya.

Untuk jenis-jenis hotel umumnya terbagi menjadi beberapa macam. Namun, yang paling dikenal yaitu berdasarkan bintangnya. Dimana hotel akan memiliki predikat berbintang mulai satu sampai lima. Semakin banyak bintangnya, maka kualitas hotel berupa jumlah kamar, pelayanan, luasnya, dan lain-lain akan semakin baik pula. Fasilitas yang umumnya dapat dijumpai di hotel yaitu terdiri dari restoran, kolam renang, pusat olahraga (gym), ruang meeting, spa, dan masih banyak lainnya.

Nah, untuk sobat yang penasaran mengenai jenis-jenis hotel, cermati ulasan di bawah ini !


2. Boutique Hotel

Jenis penginapan yang satu ini mungkin bisa dibilang baru populer sekitar 4 tahun belakangan. Boutique hotel ini mempunyai standar tidak jauh berbeda dengan jenis penginapan lain pada umumnya, hanya saja boutique hotel ini lebih eksklusif. Sebab kamar yang tersedia hanya sekitar 100-150.

Di dalamnya terdapat tema-tema tertentu yang umumnya diusung setiap Boutique Hotel. Sasaran tamu atau pengunjung dari Boutique hotel yaitu para traveler atau wisatawan muda yang menyukai petualangan dan menginginkan sensasi menginap yang private, unik, dan tanpa fasilitas yang berlebihan.

3. Hostel

Pada umumnya wisatawan atau traveler yang memilih hostel adalah para backpacker. Di jenis penginapan yang satu ini, desain kamarnya seperti asrama yang umumnya disebut dengan istilah dormitory. Untuk satu dormitory ini diisi 4 hingga 10 orang. Fasilitas hotel yang didapatkan di hostel ini juga cukup banyak, misalnya seperti wifi 24 jam, loker penyimpanan, dapur umum, dan laundry. 

Di balik fasilitas yang di dapat, jenis penginapan ini tidak disarankan untuk sobat yang ingin bepergian atau berlibur dengan keluarga dan membawa anak-anak. Pasalnya, semua fasilitas yang serba sharing akan membuat privasi sobat semua menjadi berkurang. Oleh karena itu, tak mengherankan jika tarifnya pun begitu murah, yaitu hanya sekitar 150-300 ribu saja per malam.

4. Guesthouse

Guesthouse merupakan jenis penginapan yang konsepnya bermula dari rumah pribadi yang kemudian dijadikan penginapan. Penginapan ini sangat cocok bagi mereka yang datang bersama rombongan, sehingga mereka tidak harus membayar kamar hotel yang harganya lumayan mahal.

Namun, sobat juga harus memperhitungkan berapa jumlah orang yang menginap. Hal ini karena terbatasnya ketersediaan kamar. Fasilitas, standar tempat tidur, dan sarapan ala hotel akan jarang ditemui dalam sebuah guesthouse ini.  Sobat tidak perlu khawatir mengenai keamanannya. Sebab sang pemilik rumah juga tinggal di situ dan akan selalu standby dalam melayani 24 jam.

5. Cottage

Cottage adalah akomodasi yang tidak jauh berbeda dengan villa. Namun, pada umumnya bangunan penginapan ini lebih sederhana dan tradisional. Sehingga, kebanyakan lokasi cottage dibangun dekat dengan kawasan yang memiliki pemandangan yang asri dan indah. Misalnya di daerah gunung, danau, pantai, dan sungai. Nah, karena di tempat ini memiliki pemandangan alam yang dindah, sobat akan dengan mudah menemukan cottage.
 

6. Glamping

Untuk jenis penginapan yang satu ini memang sangat unik, namanya yaitu glamping. Glamping sendiri merupakan kependekan dari glamorous camping. Di dalamnya tidak seperti tempat camping biasa, namun glamping memiliki beragam fasilitas sekelas hotel berbintang.
Dengan adany glamping ini, para tamu tidak repot-repot lagi untuk membawa perlengkapan tenda dan mendirikannya. Hal lain yang bisa kita lakukan yaitu dengan memasak, dimana para traveler atau wisatawan tidak perlu membawa kompor dan peralatan lain. Pasalnya sudah dipersiapkan semuanya secara lengkap.

7. Resort

Karakteristik utama dari resort yaitu mempunyai bangunan yang luas dan menawan. Biasanya, resort juga diangun dengan  terletak di sekitar lokasi wisata seperti pegunungan atau pantai. Dengan lebih mengedepankan fasilitas rekreasi, resort pada standarnya paling tidak harus memiliki restoran, salon, spa, kolam renang, water sport, dan reflexology, playground.

Beragam fasilitas yang ditawarkan itulah yang menjadikan tarif kamar cenderung mahal. Namun, pastinya akan sebanding ddan terkesan dengan pengalaman yang didapat. Dengan lingkungan sekitar yang indah, cukup berjalan-jalan di sekitar resort akan menjadi hal yang memuaskan.

8. Villa

Villa adalah jenis penginapan yang berbentuk rumah dengan fasilitas yang lebih memadai. Untuk satu kompleks villa biasanya terdiri dari beberapa unit. Isinya satu kamar atau lebih, ruang keluarga, kolam renang, dapur, dan masih banyak lagi.

Sejak  tren honeymoon merebak, sekarang banyak  villa yang sudah menyediakan kamaar berkonsep private. Sehingga apapun aktivtias yang dilakukan selama berada di villa menjadi terasa nyaman tanpa adanya orang lain berlalu-lalang. Selain itu, lingkungan villa yang memiliki keasrian dan kesejukan sangat cocok untuk menyegarkan pikiran.

9. Bungalow

Bungalow memiliki kemiripan yang hampir sama dengan cottage, yaitu bentuknya yang menyerupai pondok-pondok yang terpisah. Kemudian, apa perbedaan dari bungalow dan cottage ? kita simak ulasan singkat di bawah ini ! 

Jika diperhatikan lebih detail lagi, bungalow selalu memakai ornamen kayu untuk dinding dan jerami sebagai aksen pada atapnya. Di bungalow, sobat dapat merasakan sensasi menginap seperti berada di pedesaan yang dekat dengan kawasan wisata alam.

10. Bed & Breakfast

Bed & breakfast merupakan jenis penginapan untuk akomodasi yang lebih sederhana tujuannya. Istilah ini mungkin masih kurang populer di Indonesia . Namun di luar negeri , jenis penginapan ini sudah sudah banyak digunakan.

Seperti hanya tidur dan sarapan saja. Tidak ada fasilitas lain yang ditawarkan selain itu. Untuk jumlah kamar pada bed & breakfast yaitu berkisar antara 5-10 buah dan yang akan melayani para tamu yaitu pemilik hotel sendiri.

Itulah Jenis-Jenis Penginapan di Indonesia dan Penjelasannya 


Semoga ulasan di atas mengenai jenis penginapan bisa bermanfaat bagi sobat yang berencana ingin bepergian.  Semoga ulasan di atas mudah dipahami dan bisa menjawab kebingunga sobat mengenai perbedaan antar jenis penginapan. Jadi, sekarang tidak perlu bingung untuk menemukan jenis penginapan yang sesuai dengan kita. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Penginapan di Indonesia dan Penjelasannya [Terbaru]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel