15 Jenis Kamar Hotel Berdasarkan Fasilitas dan Tempat Tidur

Jenis-jenis kamar hotel mungkin menjadi hal yang wajib diketahui oleh sobat semua. Hal ini mungkin bersangkutan apabila sobat sedang travelling, pastinya mau menginap di kamar hotel yang seperti apa. Jenis-jenis kamar hotel dapat berdasarkan fasilitasnya, jenis kamar hotel berdasarkan jumlah tempat tidurnya, dan jenis kamar hotel berdasarkan letaknya.

15 Jenis Kamar Hotel Berdasarkan Fasilitas dan Tempat Tidur


Jenis-Jenis Kamar Hotel berdasarkan Fasilitas dan Jumlah Tempat Tidur


Seperti yang sudah kita ketahui, hotel atau tempat menginap merupakan salah satu hal penting yang menentukan nyaman atau tidaknya sewaktu kita berpergian ke luar kota. Apabila salah dalam memilih hotel, bisa jadi liburan kita berantakan dan tidak sesuai ekspektasi. Sayangnya, meskipun sudah memilih hotel yang sesuai, masih banyak orang yang keliru dalam memilih jenis kamar hotel.

Akibatnya, sobat pasti akan merasakan tingkat kenyamanan yang berkurang karena jenis kamar hotel tersebut tidak sesuai kebutuhan dan keinginan kita. Oleh karena itu, sebelum memesan hotel, sebaiknya sobat mengetahui jenis dan tipe kamar hotel yang umumnya sudah tersedia di dunia. Yuk simak penjelasannya di bawah ini !

Tipe dan Jenis Kamar Hotel berdasarkan Fasilitas dan Jumlah Tempat Tidur


A. Jenis Kamar Hotel berdasarkan Fasilitasnya


Sesuai pembahasan sebelumnya bahwa salah satu kamar hotel terbagi berdasrkan fasilitasnya. Sudah barang tentu, setiap pemesanan hotel pasti akan memperhatikan fasilitasnya. Semakin baik, nyaman, dan mewah fasilitasnya, harganya pun akan semakin mahal. Nah, berikut urutas jenis kamar hotel dari fasilitas standard sampai yang peling mewah.

1. Standard Room

Sama seperti namanya, jenis kamar hotel yang satu ini merupakan tipe kamar hotel yang paling dasar di sebuah hotel. Umumnya, jenis kamar hotel ini dibanderol dengan harga yang relatif murah. Namun, penawaran harga yang diberikan tergantung pada masing-masing hotel. Misalnya harga standard room di hotel bintang 1 dan hotel bintang 5 pastinya akan berbeda. Fasilitas yang ditawarkan pun standar pada umumnya, seperti kasur ukuran king size atau dua queen size. 

2. Superior Room

Pada dasarnya, superior room merupakan jenis kamar hotel yang sedikit lebih baik dari jenis kamr hotel standard room. Perbedaannya hanya terdapat pada interior kamar, fasilitas yang diberikan, atau pemandangan dari kamar.

3. Deluxe Room

Jenis kamar hotel di atas superior room yaitu deluxe room. Di tipe kamar hotel ini tentunya terdapat kamar yang ukurannya lebih besar. Fasilitasnya pun tersedia kasur yang bisa kamu pilih, yaitu double bed atau twin bed. Selain itu, jika dilihat dari segi interior, jenis kamar ini terkesan lebih mewah.

4. Junior Suite Room

Jenis kamar hotel junior suite room umumnya terdapat ruang tamu di dalamnya. Letak ruang tamu tersebut pun masih berada dalam satu ruangan dengan tempat tidur. Ruang tamu ini biasanya dibatasi atau disekat dengan lemari yang ukurannya besar supaya tempat tidur tidak terlihat.

5. Suite Room

Jenis kamar hotek di atas hotel junior suite room yaitu suite room. Berbeda dengan junior suite room yang letak ruang tamu dan tempat tidur berada dalam satu ruangan, tipe kamar hotel suite room ini memiliki ruang tamu yang letaknya terpisah dengan kamar tidur. 
Jika dilihat dari segi fasilitasnya, tentu sangat berbeda dengan tipe junior suite room. Selain dilengkapi ruang tamu, dalam jenis kamar hotel ini juga terdapat dapur.

6. Presidential Suite

Presidential suite merupakan jenis kamar hotel yang terbaik dengan harganya yang paling mahal. Bahkan, tidak semua hotel mempunyai jenis kamar presidential suite ini. Fasilitas yang ditawarkan pun tentu yang terbaik, misalnya mulai dari interior ruangan, pemandangan kamar, dan masih banyak fasilitas tambahan lainnya.

Jenis Kamar Hotel berdasarkan Jumlah Tempat Tidurnya


1. Single Room

Seperti namanya, single room merupakan jenis kamar hotel memiliki satu single bed, sofa, dan kamar mandi. Sehingga ukuran kamarnya pun tidak terlalu besar. Pada umumnya, tipe kamar hotel ini dipilih oleh para solo traveler atau backpacker karena fasilitasnya memang sesuai untuk satu orang dan harganya pun relatif murah.

2.Twin Room

Sama seperti namanya, twin room adalah jenis kamar hotel ini mempunyai dua tempat tidur dengan ukuran single yang terpisah. Oleh karena itu, tipe kamar hotel ini cocok digunakan oleh pasangan suami istri ataupun untuk menginap bersama teman dengan jumlah orang 2 sampai 3 orang.

3. Double Room

Ingin cari jenis kamar hotel yang sangat cocok untuk berbulan madu? Sobat bisa menginap di tipe kamar double room dengan kenyamanan dan fasilitas yang lebih baik. Jenis kamar hotel ini umumya memiliki ukuran kasur yang besar seperti king size. 

4. Family Room/Triple Room
 
Family room merupakan jenis kamar hotel untuk keluarga, jadi sangat cocok digunakan sobat saat traveling bersama keluarga besar atau teman-teman. Jika dilihat dari segi ukuran kamar, tentunya akan luas daripada tipe kamar hotel lainnya. Tipe kamar hotel family room ini umumnya tersedia satu tempat yang memiliki ukuran king size dan satu tempat tidur lain dengan ukuran yang lebih kecil.

5. Connecting Room

Jenis kamar hotel connecting room ini cocok untuk sobat yang sedang traveling bersama keluarga besar atau rombongan namun ingin mempunyai kamar tidur masing-masing. 


Dalam kamar hotel ini, kamar kamu dan anggota keluarga atau teman lainnya akan bersebelahan dan terdapat pintu yang menghubungkan kamar satu dengan yang lainnya. Sehingga, apabila kamu atau anggota keluarga lainnya ingin ke kamar satu sama lain, dapat melalui connecting door dan tidak harus repot melalui pintu depan.

6. Murphy Room 

Murphy room merupakan jenis kamar hotel yang menyediakan sofa bed di kamar. Sofa bed ini umumnya digunakan untuk tempat tidur pada malam hari dan difungsikan sebagai ruang tamu di siang hari. Ukuran jenis kamar Murphy Room ini sekitar 20-40 meter. 

7. Accessible Room/Disabled Room

Jenis kamar Accessible Room/Disable Room adalah tipe kamr hotel yang dikhususkan untuk para tamu yang memiliki keterbatasan. Salah satu alasan adanya tipe kamar ini yaitu karena diwajibkan oleh hukum, tepatnya untuk menghindari diskriminasi. Selain itu, kamar jenis ini juga dibuat untuk memudahkan tamu-tamu tersebut saat menginap di hotel.

8. Smoking/Non Smoking Room

Smoking/Non Smoking Room yaitu tipe kamar hotel yang memiliki lisensi atau izin untuk merokok atau tidak di dalam kamar. Sekarang ini, banyak hotel yang sudah menyediakan jenis kamar hotel Smoking/Non Smoking Room. Salah satu tujuannya yaitu agar tidak mengganggu tamu selanjutnya karena aroma rokok yang masih terdapat dalam kamar. Jadi, apabila kamu seorang perokok, sekarang dapat memesan kamar dengan jenis smooking room.

9. Cabana Room

Jenis kamar cabana room ini sangat cocok bagi sobat yang ingin langsung berenang hanya dengan membuka pintu kamar?. Jenis kamar hotel ini memang didesain khusus dengan adanya kolam renang private untuk pemesan kamar tersebut. Ukuran luas kamar Cabana Room biasanya sekitar 30  40 meter.

Itulah Tipe dan Jenis Kamar Hotel berdasarkan Fasilitas dan Jumlah Tempat Tidur


Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari informasi mengenai jenis-jenis kamar hotel. Ingat, jangan sampai salah dalam memilih jenis kamar hotel yang akan membuat ketidaknyamanan dalam travelingmu. Sekian dan terima kasih.

Belum ada Komentar untuk "15 Jenis Kamar Hotel Berdasarkan Fasilitas dan Tempat Tidur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel