Jenis Hotel dan Fasilitasnya (dari Standar Sampai yang Mewah)

Jenis-jenis hotel mungkin menjadi hal yang wajib diketahui oleh sobat semua. Hal ini mungkin berkaitan apabila sobat sedang travelling, pastinya mau menginap di hotel yang seperti apa. Jenis-jenis hotel dapat berdasarkan bintangnya, jenis hotel berdasarkan jumlah tempat tidurnya, dan jenis hotel berdasarkan letaknya.

Jenis-jenis hotel tentunya perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki. Oleh karena itu, terdapat banyak jenis-jenis hotel yang di dalamnya ada karakteristik dan fasilitas yang berbeda agar mampu mengakomodir berbagai jenis kebutuhan dari tamu-tamu yang berbeda satu sama lain.

Jenis Hotel dan Fasilitasnya (dari Standar Sampai yang Mewah)



Jenis-Jenis Hotel dan Klasifikasinya (Lengkap) 


Seperti yang sudah kita ketahui, hotel atau tempat menginap merupakan salah satu hal penting yang menentukan nyaman atau tidaknya sewaktu kita berpergian ke luar kota. Apabila salah dalam memilih hotel, bisa jadi liburan kita berantakan dan tidak sesuai ekspektasi. 

Akibatnya, sobat pasti akan merasakan tingkat kenyamanan yang berkurang karena jenis hotel tersebut tidak sesuai kebutuhan dan keinginan kita. Oleh karena itu, sebelum memesan hotel, sebaiknya sobat mengetahui jenis dan tipe hotel yang umumnya sudah tersedia di dunia. Yuk simak penjelasannya di bawah ini !

Jenis Hotel dan Fasilitasnya (dari Standar sampai yang Mewah)


A. Jenis Hotel berdasarkan Bintangnya


Jika ditinjau berdasarkan bintangnya, hotel dapat diklasifikasikan menjadi lima. Mulai dari hotel berbintang satu dengan harga dan fasilitas standar hingga hotel berbintang lima yang memiliki fasilitas termewah. Semakin banyak bintangnya, artinya akan semakin lengkap pula fasilitas, serta lokasinya yang terjangkau.

Umumnya, faktor yang digunakan sebagai pengukur dalam membedakan sebuah hotel berdasarkan bintangnya yaitu kapasitas atau jumlah kamar yang dimilikinya dan fasilitas yang tersedia di dalamnya. Apa saja macam-macam hotelnya? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Hotel Bintang Satu

Jenis hotel bintang satu ini sangat cocok bagi sobat yang memiliki anggaran minim, namun ingin menginap di hotel. Harga untuk menginap di hotel yang memiliki klasifikasi bintang satu merupakan harga yang paling murah. Hotel bintang satu juga memiliki lokasi yang tidak jauh dari tempat-tempat ramah, sehingga mudah dijangkau. Pada umumnya, hotel berbintang satu dikelola langsung oleh pemiliknya.

Berikut klasifikasi hotel bintang satu :
  • Hotel tersebut mempunyai jumlah kamar minimal 15 kamar dengan tipe standar
  • Untuk luas kamarnya minimum 20 meter persegi
  • Mempunyai fasilitas kamar mandi di dalam
2. Hotel Bintang Dua

Jenis hotel selanjutnya yaitu hotel bintang dua. Hotel bintang dua ini memiliki fasilitas penginapan yang lebih beragam dan akomodasi yang lebih baik dari hotel bintang satu. Oleh karena itu, harganya pun dipatok lebih tinggi. Untuk lokasinya, hotel bintang dua ini letaknya berada di daerah strategis dan lingkungan sekitar yang bebas polusi.

Nah, berikut syarat fasilitas yang harus dipenuhi agar sebuah hotel mendapat predikat hotel bintang dua. Diantaranya yaitu :
  • Setidaknya mempunyai 20 kamar dengan tipe standar.
  • Mempunyai minimum satu kamar dengan tipe suite
  • Fasilitas yang tersedia di dalam kamar seperti kamar mandi, telepon, TV, dan AC
  • Terdapat lobi yang berada di ruang depan hotel
  • Memiliki tata udara dan pengaturan udara yang baik
  • Untuk kamar tipe standar memiliki luas 22 meter persegi, dan untuk kamar tipe suite memiliki luas 44 meter persegi 
  • Terdapat pengaman pada pintu masing-masing kamar
  • Di dalamnya terdapat fasilitas olahraga, rekreasi, dan bar
3. Hotel Bintang Tiga

Naik ke tingkat selanjutnya yaitu terdapat jenis hotel bintang tiga. Dalam hotel bintang tiga ini, memiliki fasilitas yang kian banyak dan lebih baik dari jenis hotel sebelumnya. Untuk lokasi hotel bintang tiga ini terletak dekat tempat wisata, pusat bisnis, pusat perbelanjaan. Selain itu, hotel bintang tiga juga terletak di dekat jalan tol, sehingga sangat cocok untuk pebisnis yang sedang melakukan perjalanan usaha.

Jika melihat pelayanannya, kualitas pelayanannya sudah sangat responsif karena karyawan dan pegawai hotel di bintang tiga sudah dilatih secara profesional, rapi, dan siap dalam melayani penginap dengan ramah.

Berikut minimal klasifikasi sebuah hotel agar dapat menyandang hotel bintang tiga, berikut diantaranya : 
  • Memiliki lobi dengan desain yang apik.
  • Minimal memiliki 30 kamar dengan tipe standar
  • Minimal mempunyai 2 kamar dengan tipe suite 
  • Di setiap kamar harus ada kamar mandi dalamnya
  • Untuk kamar standar memiliki luas minimal 24 meter persegi dan untuk kamar suite minimal seluas 48 meter persegi
  • Terdapat toilet sendiri
  • Di salamnya terdapat sarana olahraga dan rekreasi
  • Setiap kamar dilengkapi AC dan jendela
  • Di dalamnya, tersedia restoran yang menghidangkan makanan dan minuman untuk makan pagi, makan siang, dan makan malam
  • Hotelnya juga harus memiliki valet parking
4. Hotel Bintang Empat

Beranjak ke jenis hotel selanjutnya yaitu hotel bintang empat. Hotel yang mendapatkan klasifikasi bintang empat merupakan hotel dengan penginapan yang berkelas. Pegawai dan karyawan yang bekerja di hotel bintang empat tentunya lebih professional. Selain itu, hotel bintang empat ini biasanya menyediakan informasi mengenai tempat-tempat wisata di daerah sekitar hotel. Untuk lokasinya sendiri, dekat dengan tempat hiburan atau rekreasi, pusat perbelanjaan, dan restoran.

Berikut syarat untuk hotel agar bisa dikategorikan sebagai hotel bintang empat, diantaranya yaitu :
  • Minimal memiliki 50 kamar dengan tipe standar
  • Minimal memiliki tiga kamar dengan tipe suite
  • Di dalam setiap kamar terdapat fasilitas, seperti kamar mandi dalam, toilet, TV, AC, Kulkas kecil, Wifi, binatu, dan lain lainnya.
  • Untuk kamar tipe standar memiliki luas 24 meter persegi, dan untuk kamar tipe suite memiliki luas 48 meter persegi 
  • Di dalamnya tersedia pemanas air
5. Hotel Bintang Lima

Jenis hotel dengan klasifikasi paling mewah yaitu hotel bintang lima. Di dalamnya tersedia fasilitas yang lengkap dan memanjakan tamu yang menginap. Sehingga para tamu-tamu penting seperti pejabat negara sampai rekan bisnis umumnya akan bermalam di hotel bintang lima. Untuk lokasinya biasanya terletak di daerah pusat kota, dekat denganpusat perbelanjaan, kawasan bisnis, dan tempat hiburan. 

Nah, berikut syarat sebuah hotel dikategorikan menjadi hotel berbintang lima, diantaranya yaitu :
  • Minimal memiliki 100 kamar dengan tipe standar
  • Minimal memiliki 3 kamar dengan tipe suite
  • Fasilitas yang tersedia di setiap kamar tentunya kualitas nomor 1, seperti tempat tidur, kamar mandi, toilet, TV, AC, Kulkas, hingga fasilitas jacuzzi.
  • Di dalam hotel terdapat restoran yang memiliki fasilitas pesan-antar ke kamar 24 jam
  • Untuk kamar tipe standar memiliki luas 26 meter persegi, dan untuk kamar tipe suite memiliki luas 52 meter persegi 
  • Di dalam hotel tersedia fasilitas olahraga, valet parking , kolam renang, tempat bermain anak, hingga concierge

B. Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Lokasi

Berdasarkan lokasinya, hotel dapat dikelompokkan menjadi :

1. City Hotel

City Hotel adalah jenis hotel yang lokasinya berada di daerah pusat perkotaan dan biasanya lebih banyak dijumpai di kota-kota besar. Hotel jenis ini umumnya berukuran besar yang memiliki gedung-gedung bertingkat. Di dalamnya tersedia berbagai fasilitas, bahkan terdapat fasilitas bisnis yang digunakan untuk penginapan para business traveler. Oleh karena itu, jenis hotel ini biasa disebut juga dengan hotel bisnis atau business hotel.

2. Motel (Motor Hotel)

Motel atau motor hotel adalah jenis hotel yang diperuntukkan sebagai persinggahan atau penginapan sementara bagi orang yang sedang melakukan perjalanan jauh. Lokasi motel umumnya berada di pinggiran jalan-jalan penghubung antar kota atau daerah.

3. Resort Hotel

Resort Hotel merupakan jenis hotel yang letaknya berada jauh di luar pusat pekotaan dan umumnya berada di kawasan wisata dan rekreasi seperti di pegunungan, pantai, tepi danau atau sungai dan lainnya. Jenis hotel ini menjadi hotel yang mungkin sudah cukup populer bagi kamu penggemar traveling. 

4. Residential Hotel

Sama seperti namanya, residential hotel merupakan jenis hotel yang lokasinya berada di kawasan residential atau perumahan yang jauh dari keramaian. Jenis hotel ini biasanya dijadikan pilihan untuk para tamu yang ingin tinggal dalam jangka waktu yang cukup lama. Meskipun hotel ini letaknya jauh dari keramaian, namun tetap memiliki akses yang mudah untuk menjangkau pusat di kota.

5. Downtown Hotel

Kebalikan dari residential hotel, downtown hotel merupakan jenis hotel yang lokasinya justru berada di pusat keramaian, yakni kawasan bisnis, perdagangan, dan perbelanjaan. Biasanya jenis hotel ini ditujukan untuk para business traveler yang sedang dalam perjalanan bisnis menyangkut perdagangan dan jual-beli.

6. Suburban hotel

Suburban hotel (hotel pinggir kota) yaitu jenis hotel terletak di daerah pinggiran kota, biasanya trafik pengunjung akan naik saat akhir pekan. Hotel ini sangat cocok bagi pelancong yang memiliki anggaran terbatas karena tarifnya cukup terjangkau.

7. Hotel bandara (Airports hotels)

Sama seperti namanya, hotel bandara terletak di daerah dekat bandara karena itu seringkali menawarkan antar-jemput ke dan dari bandara. Pada umumnya, para tamu yang menginap hanya sebagai transit untuk menunggu jeda penerbangan. Di dalamnya, terdapat fasilitas bisnis dan restoran untuk memanjakan para tamu. Pergantian tamu yang menginap terhitung tinggi dalam kurun waktu yang singkat.

8. Hotel terapung (Floating hotels)

Hotel terapung adalah jenis hotel yang dibangun di atas kapal mewah dan terletak di daerah perairan, seperti laut, danau besar, dan sungai. Di kapal pesiar ini, para tamu yang datang akan tinggal lebih lama. Sama seperti hotel pada umumnya, namun di kapal pesiar ini para tamu menikmati tempat-tempat baru tanpa perlu mengemas kembali barang bawaannya. Kapal pesiar pun memiliki kamar dengan beberapa kategori dan ukuran yang berbeda.

9. Hotel kapal (Boatels)

Hotel rumah kapal ini umumnya akan menawarkan akomodasi mewah bagi para traveler.

10. Hotel di atas roda (Rotels)

Rotels merupakan jenis hotel yang terletak atas roda kereta, hotel ini menawarkan suasana hotel mewah dengan interior yang sama seperti pada hotel mewah. Namun, hotel ini biasanya hanya bisa digunakan oleh sekelompok kecil wisatawan.

C. Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Plan

Berdasarkan plannya, hotel dapat dibedakan menjadi :

1. Full American Plan (FAP)

Full American Plan merupakan jenis hotel yang menggunakan sistem, dimana harga sebuah kamar sudah termasuk 3 kali makan.

2. Modified American Plan (MAP)

Modified American merupakan jenis hotel yang menggunakan sistem dimana harga sebuah kamar sudah termasuk 2 kali makan.

3. European Plan (EP)

European Plan merupakan jenis hotel yang menggunakan sistem dimana harga kamar tidak termasuk makan.

4. Continental Plan (CP)
Continental Plan merupakan jenis hotel yang menggunakan sistem dimana harga kamarnya sudah termasuk makan pagi.

D. Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Ukuran Properti

Berdasarkan ukuran propertinya, hotel dapat diklasifikasikan menjadi :

1. Hotel kecil (Small hotel)

Small hotel atau hotel kecil merupakan jenis hotel yang memiliki kapasitas 100 kamar atau kurang.

2. Hotel sedang (Medium sized hotel)

Medium sized hotel atau hotel sedang merupakan jenis hotel berukuran sedang yang memiliki kapasitas antara 100-300 kamar.

3. Hotel besar (Large hotels)

Large hotel atau hotel besar merupakan hotel yang mempunyai kapasitas lebih dari 300 kamar.

4. Mega hotel

Mega hotel merupakan hotel-hotel yang memiliki lebih dari 1.000 kamar.

5. Hotel berantai (Chain hotels)

Chain hotel atau hotel berantai merupakan grup yang memiliki hotel yang letaknya di banyak lokasi.

E. Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Tingkat Layanannya

Berdasarkan tingkat layanannya, hotel dapat dikelompokkan menjadi :

1. Hotel ekonomis (economy hotels atau budget hotels)

Hotel ekonomis atau hotel budget ini memenuhi kebutuhan dasar dari para tamu yaitu dengan menyediakan fasilitas yang terbatas dengan harga yang relatif murah. Hotel ekonomi hanya menawarkan akomodasi kamar yang sifatnya mendasar dan kebanyakan tidak mempunyai layanan restoran. Namun, hotel ekonomis ini biasanya juga menyediakan sarapan kontinental gratis untuk para tamu.

2. Hotel pasar menengah (Mid market hotels)

Hotel pasar menengah merupakan jenis hotel suite yang menawarkan kamar tidur kecil dengan tempat tidur king dan ruang tamu kecil dengan furnitur yang sesuai.

3. Hotel mewah (Luxury hotel)

Hotel mewah ini menawarkan layanan dan fasilitas kelas dunia. Di dalamnya bisa ditemukan fasilitas restoran dan lounge, layanan serbaguna, ruang pertemuan, dan fasilitas makan. Kamar-kamarnya pun berisi perabotan, karya seni, dan lainnya.

Jika dilihat berdasarkan bintangnya, hotel ini termasuk ke dalam hotel bintang empat dan lima. Dimana para tamu akan mendapatkan fasilitas dan layanan penuh 24 jam. Sehingga tak heran jika hotel ini dibanderol dengan harga yang mahal. Untuk targetnya, rata-rata dari kalangan selebritis, pebisnis eksekutif, dan tokoh yang berpangkat tinggi.

F. Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Tujuan Kunjungan Tamu

Berdasarkan tujuan kunjungannya, hotel dapat dikategorikan menjadi :

1. Business Hotel

Sama seperti namanya, business hotel merupakan jenis hotel yang sebagian besar tamunya dari business traveler. Pada umumnya, jenis hotel ini  memiliki lokasi yang berada di pusat kota atau pusat keramaian seperti City Hotel atau 

2. Downtown Hotel
Hotel konvensi (Convention hotels)
Hotel konvensi adalah jenis hotel yang target tamunya dari kegiatan konvensi besar dan melayani para tamu yang menghadiri konvensi tersebut.

3. Resort/Tourism Hotel

Resort hotel merupakan jenis hotel yang kebanyakan tamunya adalah wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Hotel jenis ini umumnya terletak di kawasan wisata, dan di dalamnya lengkap dengan fasilitas-fasilitas leisure.

4. Cure Hotel

Cure hotel merupakan jenis hotel yang sebagian besar tamunya adalah orang yang sedang dalam proses pengobatan atau perawatan. Oleh karena itu, lokasi cure hotel ini umumnya berdekatan dengan rumah sakit, atau pusat pengobatan.

5. Casino Hotel

Sama seperti namanya, casino hotel merupakan jenis hotel yang ditujukan untuk para tamu yang ingin melakukan casino. Tak hanya lokasinya yang dekat dengan tempat casino, hotel ini juga memiliki banyak fasilitas casino di dalamnya.

6. Pilgrim Hotel

Pilgrim hotel merupakan jenis hotel yang ditujukan untuk mengakomodir para tamu yang sedang dalam perjalanan ibadah ataupun ziarah.


G. Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Tema

Berdasarkan temanya, hotel dapat dikelompokkan menjadi :

1. Heritage hotel

Heritage hotel merupakan jenis hotel yang di dalamnya menawarkan sejarah dari wilayah tertentu, misalnya terdapat masakan tradisional dan hiburan dari seniman lokal. Hotel ini berusaha sebaik mungkin untuk memberikan gambaran dan mengenalkan sekilas tentang wilayah mereka.

2. Ecotels

Ecotels hotel merupakan jenis hotel yang biasanya memakai barang-barang yang sifatnya ramah lingkungan di dalam kamar.

3. Hotel butik (Boutique hotels)

Hotel butik yaitu hotel yang cenderung lebih kecil dan dekorasi interior yang unik, terkadang juga bersejarah. Setiap kamar dapat didekorasi secara individual. Terdapat hotel butik yang berdiri sendiri atau berafiliasi dengan merek hotel tertentu.

4. Spa

Spa adalah resor hotel yang menawarkan pemandian terapi dan pijat dilengkapi dengan fasilitas lain dari hotel-hotel mewah.

H. Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Lama Menginap

Berdasarkan lama menginapnya, hotel dapat diklasifikasikan menjadi:

1. Hotel transien (Transient hotel)

Transient Hotel atau hotel transit adalah hotel yang biasanya digunakan para tamu untuk menginap selama sehari atau bahkan kurang, dan mereka umumnya hotel bintang lima. Tingkat hunian biasanya sangat tinggi. Hotel-hotel ini terletak dekat bandara.

2. Hotel residen (Residential Hotels)

Berbeda dengan hotel transit, di hotel residen para tamu akan tinggal selama periode minimal satu bulan sampai satu tahun. Untuk ongkos sewanya dapat dibayar secara bulanan atau triwulanan. Di dalamnya juga tersedia fasilita, seperti kamar tidur, ruang duduk, dan dapur kecil.

3. Hotel semi residen (Semi residential hotels)

Hotel semi hunian ialah jenis hotel menggabungkan fitur hotel sementara dan hunian.

Itulah jenis-jenis hotel beserta penjelasannya lengkap

Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi sobat dalam memilih jenis-jenis hotel saat bepergian atau berwisata. Jangan sampai salah dalam memilih hotel ya, yang dampaknya akan merusak momen saat berlibur. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

Belum ada Komentar untuk "Jenis Hotel dan Fasilitasnya (dari Standar Sampai yang Mewah)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel